Shopee PayLater Hilang? Ini Penyebab & Cara Mengembalikan Akun

Shopee PayLater Hilang – Karena kemajuan teknologi kini fasilitas paylater semakin banyak dijumpai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Shopee PayLater termasuk salah satunya yang memberikan kemudahan belanja dengan sistem cicilan sampai tenor 12 bulan.

Namun belakangan ini banyak keluhan Shopee PayLater hilang sehingga tidak dapat digunakan untuk berbelanja online. Tindakan seperti cara mencairkan Shopee PayLater ke DANA dianggap sebagai gestun sehingga menjadi salah satu penyebab limit menghilang.

Meskipun cara daftar Shopee PayLater sangat mudah namun untuk mendapatkan limit yang besar membutuhkan proses verifikasi lebih lama. Selain permasalahan menu Shopee PayLater hilang ada pula yang limitnya berubah menjadi Rp.0 sehingga tidak tersisa untuk transaksi.

Cara mengembalikan Shopee PayLater yang hilang memang dibutuhkan proses dan juga waktu sehingga kita perlu tahu langkahnya. Jika tidak membayar Shopee PayLater ada kemungkinan akun kalian akan dibekukan, dinonaktifkan bahkan sampai fasilitas paylater dikunci.

Kenapa Shopee PayLater Hilang?

Salah satu alasan limit hilang adalah karena kebijakan dari Shopee melihat riwayat pembayaran penggunanya. Dengan cara memunculkan tagihan Shopee PayLater kamu bisa memeriksa terlebih dahulu apakah ada yang tidak dibayar atau terlunasi.

Masalah juga bisa jadi muncul dari sistem Shopee dimana membaca ada pelanggaran oleh akun pengguna. Apabila kalian mengalami limit Shopee PayLater hilang dan bingung mengatasinya, maka dapat simak penyebabnya sebagai berikut.

1. Akun Shopee PayLater Tergolong Baru

Salah satu penyebab Shopee PayLater hilang adalah akun baru dimana berusia dibawah 3 bulan. Secara otomatis akun tersebuit akan dianggap memiliki loyalty rendah dan belum ada banyak catatan transaksi didalamnya. Setelah aktivasi jika pengguna tidak memakai fasilitas paylater maka Shopee akan beranggapan bahwa kurang layak memperoleh limit transaksi.

2. Pengguna Belum Pernah Pakai Shopee PayLater

Karena catatan transaksi sangat penting fungsinya untuk menentukan skor kredit maka pengguna diharapkan meningkatkan volume transaksinya. Apabila ternyata akun tidak pernah dipakai sama sekali maka Shopee menganggap bahwa pengguna tidak membutuhkan fasilitas paylater sehingga dihilangkan.

3. Verifikasi Data Tidak Lengkap

Kemudian penyebab lainnya Shopee PayLater hilang adalah pelanggan tidak melakukan verifikasi data secara benar. Ada yang tidak lengkap bahkan salah memasukkan informasi, paling sering verifikasi KTP gagal karena tidak sesuai foto, NIK ataupun namanya.

4. Tidak Membayar Shopee PayLater

Jika tidak membayar Shopee PayLater ancaman utamanya adalah akun bisa hilang dan akan sulit untuk mendaftar kembali. Kebanyakan pelanggan mengalami gagal bayar sehingga masuk ke blacklist BI Checking atau SLIK OJK sehingga akan dihilangkan akunnya.

5. Aplikasi Shopee Masih Versi Lama

Penyebab lainnya adalah aplikasi Shopee masih memakai versi lama sehingga fitur paylater tidak bisa dipakai secara optimal. Keamanan juga menjadi perhatian karena update terbaru aplikasi Shopee dipastikan membuat pengguna lebih aman dalam bertransaksi.

6. Adanya Pelanggaran

Shopee PayLater hilang bisa jadi karena tindakan pelanggaran dari akun pengguna seperti misalnya gestun, memalsukan data dan juga penipuan transaksi. Karena ingin mendapatkan uang cepat tak heran beberapa orang memilih melakukan gesek tunai padahal beresiko menyebabkan akun hilang.

7. Gangguan Sistem Shopee PayLater

Terakhir adalah gangguan dari sistem Shopee PayLater yang menyebabkan akun hilang ataupun limitnya menjadi Rp.0. Jadi ketika saldo kalian hilang jangan panik terlebih dahulu, bisa jadi karena memang ada kesalahan dari sistem pusatnya.

Cara Mengembalikan Shopee PayLater yang Hilang

Ketika akun ataupun limitnya hilang kita memang tidak bisa melakukan berbagai jenis transaksi pembayaran. Apalagi jika dibutuhkan dalam keadaan darurat pastinya cukup menyusahkan. Masih ada beberapa cara mengembalikan Shopee PayLater hilang yang dapat kalian coba sebagai berikut.

1. Kontak CS Shopee

Cara pertama adalah dengan menghubungi call center Shopee di nomor 1500702 kemudian sampaikan permasalahan Shopee Paylater hilang. CS dapat dihubungi 24 jam penuh namun kamu harus mempersiapkan pulsa secukupnya supaya panggilan tidak terputus.

Apabila ingin gratis maka silahkan gunakan fasilitas live chat Shopee pada aplikasi atau websitenya. Kamu cukup membuka menu Saya kemudian tekan Pusat Bantuan dan Chat dengan Shopee. Sampaikan keluhan lewat chat dan minta supaya akun dibuka kembali.

2. Cara Membayar Shopee PayLater Jika Akun Hilang

Dari penyebab tidak membayar tagihan tepat waktu bisa membuat akun hilang, jadi penyelesaiannya yaitu dengan pelunasan. Kamu bisa melakukan pembayaran tagihan menggunakan berbagai fasilitas perbankan ataupun dompet digital.

  • Masuk ke menu Saya.
  • Akses ke Total Tagihan.
  • Tekan Bayar Sekarang.
  • Pilih metode pembayaran kemudian tekan Konfirmasi.

3. Meningkatkan Transaksi di Shopee

Berikutnya adalah kamu bisa meningkatkan transaksi ataupun aktivitas belanja di Shopee untuk mendapatkan loyalty member gold. Pada Shopee terdapat sistem member meliputi classic, silver, gold serta platinum. Dengan minimal akun gold maka kalian sudah berhak mendapatkan fasilitas Shopee Paylater. Apalagi untuk akun baru yang berusia dibawah 3 bulan, lakukan sesering mungkin transaksi belanja supaya limit paylater bisa kembali.

4. Verifikasikan Data Ulang

Silahkan kalian upload foto KTP dan selfie dengan KTP ulang, kriterianya gambar harus jelas serta tidak blur. Perbaharui informasi kontak nomor handphone dan email aktif supaya tidak kehilangan akses ke paylater. Selain itu lengkapi juga informasi pribadi kalian mencakup lokasi tinggal maupun domisili terkini.

5. Bersihkan Cache Aplikasi Shopee

Seringkali Shopee PayLater hilang disebabkan karena cache menumpuk sehingga menyebabkan fungsi dari aplikasi ataupun menunya terganggu. Untuk pengguna Android ataupun iOS bisa melakukan beberapa cara menghapus cache sebagai berikut.

Android

  • Masuk ke aplikasi Shopee kemudian tekan Saya.
  • Masuk ke Pengaturan Akun.
  • Pilihlah Informasi.
  • Tekan Bersihkan Cache.
  • Konfirmasi dengan menekan Ya.

iOS

  • Buka Shopee dan tekan Saya.
  • Masuk Pengaturan Akun.
  • Pilih Tentang.
  • Tekan Hapus Cache lalu Ya

6. Update Shopee ke Versi Terbaru

Langkah terakhir untuk mengatasi Spaylater hilang adalah dengan update aplikasinya ke versi paling baru. Kamu bisa mengunjungi Google PlayStore ataupun AppStore kemudian tekan update untuk memperbaharui ke versi terbaru.

Kesimpulan

Selain Shopee PayLater terdapat jenis pinjaman lainnya seperti misalnya penawaran tabel KUR Bank Jateng ataupun lembaga perbankan lainnya. Dengan adanya kemajuan jaman kini memang pelanggan bisa memperoleh fasilitas kredit secara cepat.

Apabila kalian mengalami permasalahan paylater hilang dapat diselesaikan selama akun belum diblacklist ataupun diblokir permanen. Untuk langkah pencegahannya silahkan gunakan paylater secara bijak dan lunasi tagihannya tepat waktu.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.