Biaya Penanganan Shopee PayLater 2022 : Cara Menghitung & Eskalasi

Biaya Penanganan Shopee PayLater – Pilihan berbelanja memakai Shopee PayLater memang memiliki keuntungan bunga lebih rendah dibanding pinjol lainnya. Bagi pengguna situs e-commerce bisa menikmati fasilitas belanja kemudian bayar bulan berikutnya.

Terlebih Shopee PayLater sudah terdaftar serta diawasi Otoritas Jasa Keuangan sehingga pengguna bisa lebih nyaman. Seperti cara mengaktifkan PayLater LinkAja, pengguna Shopee juga dapat mendaftar layanannya dengan persyaratan yang mudah.

Citayam

Shopee PayLater menerapkan suku bunga 2,95% perbulan dengan tambahan biaya penanganan dan juga denda jika telat bayar. Ketika menggunakan Shopee PayLater pengguna bisa membeli berbagai jenis produk maupun layanan digital secara lebih mudah.

Shopee PayLater juga menyediakan tenor cicilan 3, 6 sampai 12 bulan sehingga lebih leluasa dalam pelunasannya. Kali ini kami akan membahas tuntas biaya penanganan Shopee PayLater dan bagaimana cara menghitungnya seperti dibawah ini.

Apa itu Biaya Penanganan?

Biaya penanganan adalah biaya yang dikenakan pada saat pengguna memakai limit Shopee PayLater disetiap transaksi. Disebut juga eskalasi penanganan Shopee PayLater karena termasuk kedalam penambahan atau peningkatan biaya ketika terjadinya transaksi.

Jadi eskalasi penanganan Shopee adalah biaya tambahan yang dikenakan pada tiap transaksi dengan prosentase tertentu. Semua biaya penanganan Shopee PayLater muncul ketika awal transaksi sehingga pengguna bisa melihatnya dan ditambahkan ke total cicilan.

Misalnya kamu ingin membeli barang ataupun produk memakai Shopee PayLater maka sebelum pembayaran akan tampil informasi tarif penanganan yang ditambahkan diawal. Keuntungannya biaya penanganan hanya dibayarkan sekali saja sehingga tidak masuk kedalam cicilan bulan berikutnya.

Biaya Penanganan Shopee PayLater

Kemudian untuk tarif penanganan Shopee PayLater sebesar 1% tiap transaksi jadi nominalnya dirasa tidak begitu besar. Biaya eskalasi akan diluar dari bunga ataupun denda meskipun pada pembayarannya dijadikan satu kedalam cicilan awal.

Apabila diperhitungkan maka ketika memakai Shopee PayLater kamu akan dikenakan bunga cicilan minimal 2,95% perbulan. Kemudian ditambahkan biaya eskalasi 1% per transaksi dan juga denda 5% apabila kalian terlambat membayar tagihan.

Besaran biaya penanganan akan dipengaruhi oleh nominal transaksi yang dilakukan pengguna. Semakin besar jumlah pembelian maka secara otomatis biaya penanganan juga bertambah banyak, sehingga tetap perhatikan perhitungannya.

Cara Menghitung Biaya Penanganan Shopee PayLater

Kita misalkan mengambil cicilan sebesar Rp.1.000.000 maka secara otomatis akan dikenakan bunga 2,95%. Selain itu perhitungan untuk tenor cicilannya akan berbeda beda mulai dari 1 sampai maksimal 12 bulan. Agar bisa mengetahui biaya yang harus dibayarkan simak perhitungan dibawah ini.

  • Penggunaan Limit : Rp.1.000.000.
  • Biaya Penanganan : Rp.1.000.000 x 1% = Rp.10.000.
  • Bunga = Rp.1.000.000 x 2,95% = Rp.29.500.

Setelah mendapatkan perhitingan bunga perbulan kalian tinggal menghitung berdasarkan tenornya. Untuk tenor 1 bulan maka biaya penanganan secara otomatis ditambahkan, kemudian tenor 3, 6 atau 12 bulan perhitungannya sebagai berikut.

TenorCicilan Bulan 1Bulan Berikutnya Sampai Lunas
Cicilan 1 Bulan Rp.1.0000.000 + Rp.10.000 + Rp.29.500 = Rp.1.039.500
Cicilan 3 Bulan Rp.333.333 + Rp.29.500 + Rp.10.000 = Rp.372.833Rp.362.833
Cicilan 6 BulanRp.166.666 + Rp.29.500 + Rp.10.000 = Rp.206.166Rp.196.166
Cicilan 12 Bulan Rp.83.333 + Rp.29.500 + Rp.10.000 = Rp.122.833Rp.112.833

Jadi biaya penanganan hanya dikenakan pada awal transaksi saja, untuk bulan berikutnya pengguna hanya perlu membayar bunga cicilan. Khusus untuk tenor 1 bulan kalian harus membayarnya langsung sehingga wajib untuk diperhatikan.

Bunga Shopee Paylater Jika Telat Bayar

Untuk bunganya serta biaya penanganan tidak mengalami perubahan, namun jika kalian telat bayar maka akan ditambahkan dengan denda sebesar 5%. Nominalnya memang cukup besar terutama apabila kalian bertransaksi dengan limit diatas 500 ribu rupiah.

  • Penggunaan Limit : Rp.1.000.000.
  • Denda: Rp.1.000.000 x 5% = Rp.50.000.

Nominal dendanya dapat berubah berdasarkan limit penggunaan, kemudian denda diterapkan ketika pengguna melebihi pembayaran tanggal jatuh tempo. Perlu diketahui untuk tanggal jatuh tempo Shopee PayLater adalah pada tanggal 5 sertiap bulannya.

Biaya Transaksi

Beberapa orang menjumpai informasi biaya transaksi, hal inilah yang kadang membuat rancu karena tidak muncul pada kebijakan Shopee. Sebagaian orang yang menjumpai biaya transaksi diluar dari bunga, penanganan ataupun denda sehingga cukup membingungkan.

Sistem Shopee PayLater bagi sebagian pengguna dinilai kurang transparan karena adanya biaya tambahan lain diluar transaksi. Meskipun begitu nominalnya tidak terlalu besar sehingga mungkin masih dapat termaafkan oleh sebagian banyak orang.

Kesimpulan

Seperti pembahasan cara menaikkan limit Indodana, pengguna juga dapat mencoba beberapa langkah untuk bisa mendapatkan fasilitas pinjaman dengan nominal lebih besar. Terlebih saat ini sistem Shopee PayLater memang masih mengutamakan riwayat transaksi dan skor kredit pengguna.

Apabila kita bandingkan dengan pinjaman online lainnya, Shopee PayLater termasuk memiliki bunga lebih rendah sehingga cukup menguntungkan pelanggan. Meskipun pada transparansi biaya kadang terjadi perubahan seperti munculnya biaya transaksi ataupun penambahan bunga.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles