Bunga Shopee Paylater Perbulan, 3, 6 Bulan & Perhitungan 2021

Bunga Shopee Paylater – Layanan paylater saat ini bisa dikatakan merupakan salah satu alternatif paling tepat untuk bisa digunakan. Terutama ketika kalian ingin melakukan pembelian barang dengan metode cicilan / tempo 30 hari tanpa menggunakan kartu kredit.

Layanan paylater sendiri telah masuk di berbagai sektor bisnis, termasuk toko online. Dan satu dari sekian banyaknya toko online yang telah menerapkan sistem pembayaran paylater adalah Shopee. Bahkan produk paylater yang ditawarkan pun merupakan produk sendiri dengan nama Shopee Paylater atau SPaylater.

Dengan adanya fasilitas pembayaran cicilan / tempo Shopee Paylater, apapun barang yang ingin dibeli di Shopee dapat kalian bayar dengan skema angsuran mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 9 bulan dan 12 bulan. Menariknya meski tenor yang dipilih paling lama, namu suku bunga Shopee Paylater ini tetap sama.

Nah bicara mengenai suku bunga, hampir semua jenis produk pinjaman termasuk Paylater menetapkan ketentuan adanya suku bunga. Dan tentu saja besaran suku bunga setiap produk pinjaman pun akan berbeda-beda. Untuk kalian yang saat ini bertanya berapa bunga Shopee Paylater perbulan, 3 dan 6 bulan, berikut detail penjelasannya.

Besaran Suku Bunga Shopee Paylater

Fasilitas Shopee Paylater merupakan fasilitas undangan, jadi tidak semua pengguna Shopee akan mendapatkan fasilitas yang satu ini. Undang tersebut sendiri kemungkinan besar akan dapat kita peroleh ketika kita sering melakukan pembelian di Shopee apa pun itu produknya.

Ketika undangan sudah di dapat, para pengguna harus melakukan aktivasi untuk mendapatkan besaran limit Shopee Paylater. Dengan limit tersebutlah kita bisa melakukan pembayaran dengan skema Beli Sekarang Bayar Nanti (bulan depannya) atau dengan skema angsuran per bulan.

Baik kalian memilih metode bayar bulan depan ataupun menggunakan metode pembayaran secara cicilan. Maka kalian akan tetap dikenai bunga pinjaman Shopee Paylater sebesar 2.95% dan bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan Shopee.

Selain adanya bunga 2.95% tersebut. Shopee Paylater juga menetapkan adanya biaya penanganan yang harus dibayar ketika melakukan transaksi. Besaran biaya penanganan tersebut yakni sebesar 1%.

Perhitungan Bunga Shopee Paylater

Seperti di atas kami sampaikan bunga Shopee Paylater ini bisa dikatakan flat atau stabil selama periode tagihan berlangsung. Dengan begitu selama bunga pinjaman masih sama, kita akan bisa dengan mudah melakukan perhitungan suku bunga Shopee Paylater perbulan, 3, 6, 9 dan 12 bulan.

Untuk memudahkan pemahaman terkait cara menghitung bunga SPaylater, berikut akan rkonline.id buatkan simulasi perhitungan bunga pinjaman Shopee Paylater.

Sebagai contoh, kalian melakukan pembelian barang di Shopee dengan harga barang sebesar Rp 250.000 ribu rupiah

Sedangkan ongkos kirim yang dibayar sebesar Rp 20.000

Maka, total belanjaan tersebut sebesar Rp 270.000.

Ketika kalian menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater, maka perhitungan bunga Shopee Paylater perbulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan adalah sebagai berikut.

  • Total Belanja + Ongkir : Rp 270.000
  • Bunga Pinjaman SPaylater : 2.95%

Dari contoh kasus di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa besaran bunga yang harus di bayar setiap bulannya yakni sebesar Rp 270.000 x 2.95% = Rp 7.965. Maka berapa total besaran suku bunga yang harus dibayar perbulannya?

  • Cicilan Shopee Paylater 1x = Rp 277.965
  • Cicilan Shopee Paylater 3x = Rp 97.695 x 3 = Rp 293.085
  • Cicilan Shopee Paylater 6x = Rp 52.965 x 6 = Rp 317.790
  • Cicilan Shopee Paylater 12x = Rp 30.465 x 12 = Rp 365.580

Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Sama seperti jenis pinjaman lainnya, Shopee Paylater juga menetapkan tanggal jatuh tempo per bulan sesuai dengan lamanya tenor pinjaman yang kalian pilih. Dan batas tanggal jatuh tempo Shopee Paylater sendiri setiap tanggal 1 atau 5 perbulannya.

Sementara itu tanggal cetak tagihan muncul biasanya akan terlihat per tanggal 11 atau 25 di setiap bulannya. Jadi jika kalian memilih menggunakan Shopee Paylater, pastikan bayar tepat waktu angsurannya agar tidak terkena denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan yang ada.

Cara Bayar Bunga Shopee Paylater

Apabila kalian memilih menggunakan Shopee Paylater dengan metode cicilan tiap bulan sebagai metode pembayaran belanjaannya. Maka agar terhindar dari denda bunga telat pembayaran. Maka kami sarankan untuk segera melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Bahkan kalian juga bisa MELUNASI CICILAN SHOPEE PAYLATER sebelum jatuh tempo. Namun hal ini dilakukan jika memang kalian telah memiliki budget atau dana untuk melunasinya. Jika tidak kami sarankan untuk tetap membayar tiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo.

Adapun untuk proses pembayaran bunga Shopee Paylater sendiri bisa dibilang cukup mudah.

  1. Pertama silahkan masuk akun Shopee pada HP masing-masing.
  2. Kemudian tap menu profil di bagian pojok kanan bawah.
  3. Pilih menu Shopee Paylater.
  4. Detail tagihan yang harus dibayar pun akan terlihat.
  5. Silahkan pilih Bayar Sekarang.
  6. Dan pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, baik menggunakan ShopeePay, Mobile banking, ATM, Alfamart / Indomaret.
  7. Kemudian selesaikan pembayaran tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa besaran suku bunga Shopee Paylater tergolong rendah. Hal inilah yang membuat popularitas Shopee Paylater begitu tinggi dan bahkan bisa dibilang salah satu paylater paling banyak digunakan saat ini. Sekian informasi yang dapat rkonline.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *