7 Sebab KTA Asetku Akulaku Tidak Bisa Pinjam & Mengatasi 2022

KTA Asetku Akulaku Tidak Bisa Pinjam – Sebagai pengguna Akulaku pastinya sudah mengenal fasilitas KTA Asetku karena memberikan pinjaman jangka pendek dengan bunga terjangkau. KTA Asetku pada aplikasi Akulaku berubah menjadi menu Pinjaman dimana merupakan produk keuangan Dana Tunai yang ditawarkan bersamaan Dana Cicil.

Lantas mengapa KTA Asetku Akulaku atau fitur pinjaman tidak bisa digunakan? Ada beberapa penyebab utama yang menjadi faktor mengapa pelanggan tidak bisa pinjam KTA Asetku Akulaku. Sebelumnya kami juga sudah membahas berapa lama bisa pinjam lagi di Akulaku apabila membayar pelunasan diawal ataupun mengalami keterlambatan cicilan.

Citayam

Sesuai aturan dari Akulaku, pengguna dapat mengajukan kembali KTA Asetku setelah melakukan pelunasan sesuai tanggal jatuh temponya. Namun pada beberapa akun dijumpai KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam dimana kemungkinan ada riwayat pembayaran yang tidak beres, skor kredit tidak memenuhi, dokumen tidak lengkap atau bahkan pelanggaran.

Sebagian juga melakukan pengajuan KTA Asetku Akulaku tanpa BPJS dimana akan membuatnya sulit dalam tahapan verifikasi. Kadang juga dijumpai limit KTA Asetku Akulaku turun sampai Rp.0 sehingga tidak dapat mengajukan pinjaman. Untuk penyebab dan cara mengatasi KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam silahkan simak rangkuman dibawah ini.

Setelah Melunasi KTA Akulaku Apa Bisa Pinjam Lagi?

Jawabannya adalah bisa asalkan akun Akulaku kalian memiliki riyawat pembayaran baik dan poin kredit memenuhi syarat. Akulaku menerapkan aturan setelah pelunasan pada tanggal jatuh tempo pelanggan dapat mengajukan kembali peminjaman. Dalam hal ini ketika terjadi pelunasan lebih awal maka harus menunggu sampai tenor pinjamannya berakhir.

Untuk KTA Asetku Akulaku tersedia tenor 15, 22 serta 30 hari sehingga kalian harus menunggu sampai dengan masa pinjamannya berakhir baru bisa mengajukan lagi. Seringkali karena membutuhkan uang cepat maka pengguna Akulaku melakukan pelunasan diawal, padahal pinjaman berikutnya tidak dapat dilakukan langsung dan harus menunggu hingga periode berakhir.

Penyebab KTA Asetku Akulaku Tidak Bisa Pinjam

Lantas kenapa tidak bisa pinjam lagi di Akulaku? Masalah ini memang sering dihadapi terutama bagi akun yang tidak memiliki penilaian kredit baik. Seringkali ketika pengajuan ditolak pelanggan akan mendapatkan notifikasi berisi beberapa penyebab serta bagaimana cara untuk dapat mengajukannya kembali.

Memang sebab KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam ada beragam, namun kadang kala ada notifikasi yang tidak menjelaskan penyebabnya. Supaya kalian lebih paham berikut ini ada beberapa sebab kenapa KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam.

1. Ada Tagihan Akulaku yang Belum Lunas

Sebab pertama dan yang paling sering terjadi adalah pelanggan memiliki pinjaman berjalan dan belum melunasinya. Semisal kamu sudah pinjam KTA Asetku Akulaku ataupun Dana Cicil sebelumnya maka secara otomatis belum bisa mengajukan kembali.

setelah melunasi kta Akulaku apa bisa pinjam lagi

Notifikasinya akan seperti pada gambar diatas sehingga sangat jelas, tinggal menekan tombol Tagihanku maka akan muncul nominal yang sudah di pinjaman sebelumnya. Jadi ketika pelanggan masih ada tagihan maka tidak bisa pinjam KTA Asetku Akulaku.

2. Daya & Persyaratan Tidak Lengkap

Kemudian ketika dijumpai notifikasi pengajuan gagal serta disuruh melengkapi data maka dipastikan bahwa syarat yang kalian berikan tidak lengkap. Silahkan lengkapi semua informasi data diri, nomor telepon, rekening bank, dokumen pendukung (KTP&BPJS) serta email aktif.

KTA Asetku Tidak Bisa Pinjam

Akulaku memang melakukan verifikasi untuk setiap akun pengguna dengan data yang asli dan juga valid. Jadi kalian dapat melengkapi dengan mengisi semua informasi pada aplikasi Akulaku, untuk beberapa kasus wajib menghubungkan juga dengan beberapa akun marketplace online.

3. KTA Asetku Tidak Bisa Pinjam Karena Kekurangan Poin Kredit Akulaku

Tidak Bisa Pinjam KTA Asetku

Kemudian sebab lainnya adalah akun kalian tidak memenuhi kriteria kredit poin Akulaku sehingga tidak bisa pinjam KTA Asetku. Untuk meningkatkan poin kredit silahkan lakukan limit untuk bertransaksi di Akulaku minimal 2 kali sebulan, membayar tagihan tepat waktu serta melengkapi semua informasi pribadi.

4. Akun Akulaku Sedang Diverifikasi

Akun Akulaku Sedang Diverifikasi

KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam pada umumnya dijumpai pada akun baru dimana membutuhkan proses verifikasi. Waktu untuk Akulaku mengecek data pelanggannya memang cukup beragam, bisa dalam hitungan hari bahkan minggu. Untuk mempercepatnya kalian dapat melengkapi data pelanggan di aplikasi Akulaku.

5. KTA Asetku Akulaku Tidak Bisa Pinjam Karena Terdeteksi Pelanggaran

KTA Akulaku Tidak Bisa Pinjam

Saat muncul peringatan diatas maka dipastikan pelanggan melakukan pelanggaran aturan Akulaku sehingga sementara waktu fiturnya tidak bisa digunakan. Tindakan yang bisa memicu pelanggan seperti gestun/gesek tunai, memalsukan transaksi, memberi barang yang tidak memiliki isi/fraud serta berbagai tindakan yang mengarah ke kriminal.

6. Pemeliharaan Sistem Akulaku

Pemeliharaan Sistem Akulaku

Penyebab lainnya adalah Akulaku sedang melakukan pemeliharaan sistem dimana semua atau sebagian layanan tidak bisa dipakai. Jadi kalian dapat sabar menunggu sampai dengan perbaikan pada server ataupun sistem selesai kemudian kembali normal.

Pada beberapa kasus juga muncul pesan Error 502 Gateway dimana disebabkan DNS jaringan yang sedang gangguan. Oleh karena itu penggunanya dapat mengecek koneksi internet serta jaringannya apakah provider juga mengalami trouble.

7. KTA Asetku Akulaku Telat Bayar & Alasan Lainnya

kta asetku Akulaku telat bayar

Berikutnya adalah notifikasi pinjaman gagal namun tidak disertai penjelasan secara detail. Pada umumnya disebabkan karena KTA Asetku Akulaku telat bayar sehingga menyebabkan akun penggunanya cukup sulit untuk mengajukan kembali. Namun bisa jadi ada alasan lainnya mengapa tidak bisa pinjam misalnya data tidak valid, memakai rekening milik orang lain bahkan sampai pemalsuan identitas.

Cara Mengatasi KTA Asetku Akulaku Tidak Bisa Pinjam

Kenapa pinjaman Akulaku menurun juga sering disebabkan pembayaran terlambat dan tidak sesuai tanggal jatuh tempo. Sebelumnya kami juga sudah membahas cara membayar Shopee Paylater lewat Indomaret dimana juga dapat dilakukan oleh Akulaku.

Secara langsung akan ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelanggan untuk menyelesaikan permasalahan tidak bisa pinjam di Akulaku. Kalian dapat mengecek kembali notifikasi yang didapatkan dari aplikasi apakah dijelaskan mengapa pengajuannya ditolak. Kemudian dapat mengambil langkah penanganan berdasarkan pemberitahuannya.

1. Melakukan Pelunasan

Langkah pertama adalah dengan melunasi tunggakan atau cicilan Akulaku. Kami sarankan melunasi berdasarkan tanggal jatuh temponya supaya dapat dipastikan kapan kalian dapat mengajukan pinjaman kembali. Dengan melunasi tagihan tepat waktu maka secara otomatis riwayat pembayaran akan tercatat baik kemudian bisa mengajukan lagi.

2. Melengkapi Informasi Pelanggan

Berikutnya silahkan lengkapi semua informasi pelanggan di aplikasi Akulaku mulai dari nama lengkap, alamat, nomor HP, email serta banyak lainnya. Kemudian unggah dokumen seperti KTP, BPJS serta NPWP supaya mempermudah verifikasi. Kalian juga dapat menambahkan rekening bank serta akun marketplace online.

3. Sering Transaksi di Akulaku

Usahakan menggunakan fasilitas belanja ataupun pembayaran minimal 2 kali dalam waktu 1 bulan. Hal ini akan membuat kalian menjadi pelanggan aktif sehingga masalah KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam dapat diatasi. Selain itu seringnya transaksi juga akan meningkatkan skor poin kredit penggunanya.

4. Kontak Call Center Akulaku

Ketika ada masalah dalam cara menaikan limit KTA Asetku Akulaku atau tidak bisa meminjam maka kamu bisa menghubungi call center. Langsung saja kontak CS Akulaku 150092, Hotline 02124112009 serta email collection.indonesia@akulaku.com.

5. Berikan Jeda

Setelah melunasi tagihannya silahkan berikan jeda untuk pinjam lagi di Akulaku. Berikan waktu 3 hari kemudian silahkan coba mengajukan lagi, ketika masih ditolak maka pengajuannya setelah 7 hari kemudian. Perhatikan juga tanggal jatuh tempo ketika kalian melunasi lebih awal karena hanya bisa pinjam lagi ketika sudah melewati akhir periode.

Kesimpulan

Dari permasalahan KTA Asetku Akulaku tidak bisa pinjam memang dapat diselesaikan apabila akun kalian tidak mengalami pelanggaran dan juga skor kredit rendah. Akulaku memang mengutamakan riwayat pembayaran berdasarkan transaksi, ketepatan waktu pelunasan, penghasilan pelanggan dan kelengkapan dokumen. Demikian penjelasan rkonline.id, semoga dapat dijadikan gambaran ketika pengajuannya ditolak.

gambar : akulaku.com, youtube.com, rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles