8 Sebab Pinjaman Tunai Kredivo Ditolak & Cara Mengatasi 2022

Pinjaman Tunai Kredivo Ditolak – Pengguna aplikasi Kredivo di Indonesia memang cukup banyak, hal tersebut karena fasilitas dan kemudahan yang diberikan untuk berbagai jenis transaksi. Kredivo menawarkan layanan cicilan yang dapat digunakan pada merchant online maupun offline serta pinjaman tunai.

Fasilitas pinjaman tunai memang sering dimanfaatkan karena memiliki suku bunga cukup rendah yaitu 4% untuk akun Basic dan 2,6% bagi Kredivo Premuim perbulannya. Namun karena berbagai faktor seringkali kita menjumpai pinjaman tunai Kredivo ditolak tanpa diberikan keterangan secara jelas. Hal ini sama dengan KTA AsetKU Akulaku tidak bisa pinjam dimana membuat konsumen merasa kecewa dan malas untuk mengajukan kembali.

Citayam

Memang isu keamanan transaksi Kredivo juga dapat menjadi salah satu alasannya dimana ketika terjadi transaksi mencurigakan maka menyebabkan pinjaman ditolak. Sesuai ketentuan penggunaan Kredivo memang dilarang untuk melakukan aktivitas gesek tunai, mencairkan limit maupun tindakan yang mengarah ke kriminal.

Kredivo memang memiliki sistem untuk menilai kelayakan debitur untuk mendapatkan pinjaman melalui skor kredit. Tak jarang karena skor kredit rendah maka menyebabkan Kredivo ditolak 3 bulan bahkan akun diblokir sementara. Sebenarnya pinjaman tunai Kredivo ditolak dapat diatasi apabila mengetahui beberapa faktor penyebabnya.

Apa itu Pinjaman Tunai Kredivo?

Pinjaman tunai adalah fasilitas pinjaman personal loan yang diberikan oleh PT FinAccel Digital Indonesia atau sering dikenal dengan KrediFazz. Pinjaman tunai termasuk dalam jneis pinjaman tanpa jaminan atau agunan dimana diajukan langsung lewat aplikasi Kredivo. Tersedia tenor 3 dan juga 6 bulan sehingga memudahkan dalam proses pelunasan pinjaman.

Untuk akun Kredivo Basic akan diberikan tenor 3 bulan, sedangkan tenor 6 bulan hanya akan tersedia bagi pemilik akun Premium saja. Pengguna bisa mengajukan pinjaman dengan nilai minimal Rp.400.000 kemudian maksimalnya akan mengikuti sisa limitnya yang ada diakun Kredivo. Pengajuannya sangat mudah karena cukup memasukkan nomor rekening dan tujuan peminjamannya.

Sebab Pinjaman Tunai Kredivo Ditolak

Pinjaman tunai Kredivo diberikan oleh KrediFazz dimana akan melihgat beberapa faktor mulai skor kredit, riwayat transaksi, pelanggaran maupun syarat kelengkapan identitas. Jika sudah bayar Kredivo tapi tidak bisa pinjaman tunai maka dapat dicek kembali riwayat transaksinya, apakah ada keterlambatan dalam pembayaran atau bahan beresiko gagal bayar.

Pengguna memang wajib mengikuti syarat dan ketentuan berlaku kemudian Kredivo akan menilai kelayakan untuk mendapatkan pinjaman atau tidak. Berdasarkan pengalaman pinjaman tunai Kredivo terdapat beberapa penyebab mengapa ditolak, supaya lebih jelasnya simak beberapa faktornya dibawah ini.

1. Ditolak Karena Belum Terdaftar Kredivo Basic atau Premium

Karena pinjaman tunai hanya bisa diakses oleh pemilik akun Kredivo Basic dan Premium maka ketika syaratnya tidak dipenuhi maka dipastikan ditolak. Kredivo Basic bisa mengajukan pinjaman dengan tenor 3 bulan, sedangkan Premium diberikan tenor 6 bulan. Oleh karena itu silahkan cek kembali status akun kalian untuk memastikannya.

2. Pinjaman Tunai Melebihi 50% Maksimal Limit

Sesuai dengan aturan pinjaman tunai, pengguna hanya dapat mengajukan 50% dari maksimal limitnya yang dimiliki. Jadi ketika ada transaksi atau cicilan berjalan akan tetap dihitung mengurangi limit totalnya. Hal ini juga berpengaruh kepada nilai maksimal pinjaman yang bisa diajukan yaitu sesuai batas maksimum 50% dari limit akun keseluruhan. Sebagai tambahan minimal pinjaman tunai adalah sebesar Rp.400.000.

3. Nama Rekening Tidak Sama Dengan KTP

Kredivo mewajibkan memasukkan nomor rekening untuk pencairan pinjaman tunai. Nama yang terdaftar pada nomor rekening harus sama dengan KTP pada aplikasi Kredivo. Jika ada perbedaan nama maka secara otomatis pengajuan pinjaman akan ditolak. Jadi silahkan menggunakan rekening pribadi supaya prosesnya berjalan lancar.

4. Mempunyai Pinjaman Aktif

Ketika kalian memiliki pinjaman aktif seperti misalnya cicilan atau bahkan pinjaman tunai maka kemungkinan besar ditolak. Apalagi memang aturannya pinjaman tunai hanya bisa digunakan sekali dalam satu periode cicilan. Tentunya kalian harus menunggu sampai tanggal jatuh tempo pelunasannya berakhir.

5. Pernah Telat Bayar Tagihan

Ketika telat bayar tagihan Kredivo maka akan tercatat pada riwayat transaksi buruk sehingga mempengaruhi proses verifikasi pengajuan pinjaman. Sekali saja pelanggan mengalami keterlambatan pelunasan cicilan maka akan memiliki efek buruk, terutama dalam penilaian skor kreditnya.

6. Penilaian Skor Kredit Buruk

Ketika skor kredit Kredivo e ataupun tergolong rendah maka dijamin sulit untuk mengajukan pinjaman tunai. Penilaian skor kredit akan berdasarkan pada pelunasan tagihan, riwayat transaksi, gagal bayar, penghasilan debitur bahkan sampai kelengkapan dokumen pendukung seperti NPWP atau BPJS.

7. Melakukan Pelanggaran Aturan Kredivo

Berikutnya adalah hal yang sering kita jumpai pada notifikasi ketika pinjaman ditolak. Beberapa faktor yang menyebabkannya seperti melakukan gesek tunai/gestun, mencairkan saldo Kredivo secara ilegal, membeli barang palsu, aktivitas mencurigakan pada akun seperti sering login maupun menggunakan identitas milik orang lain.

8. Sistem Kredivo Bermasalah

Penyebab pinjaman tunai Kredivo ditolak terakhir adalah dari sisi sistem dimana terjadi kesalahan. Seringkali dijumpai saat sedang maintenance ataupun update aplikasi ke versi terbaru. Kadang sistem mengalami error sehingga mengakibatkan kita tidak bisa mengakses bahkan mengajukan pinjaman tunai.

Cara Mengatasi Pinjaman Tunai Kredivo Ditolak

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai berapa lama bisa pinjaman lagi di Akulaku, hal ini juga berlaku di Kredivo. Jadi pelanggan tidak dapat mengajukan langsung pinjaman ketika melakukan pelunasan lebih awal karena Kredivo hanya memperbolehkannya saat sudah masa akhir pelunasan. Semisal kamu pinjam 3 bulan kemudian melunasi diawal maka tetap harus menbunggu 3 bulan hingga tanggal jatuh temponya. Lebih jelasnya untuk cara mengatasi pinjaman Kredivo ditolak simak dibawah ini.

1. Mengajukan Pinjaman Sesuai Limit

Seperti yang sudah dibahas diatas dimana maksimal pinjaman tunai adalah 50% dari sisa limit di akun Kredivo kalian. Jadi silahkan perhitungkan nominal yang sesuai dengan batas maksimal pengajuannya. Sebagai contohnya kalian mempunyai limit Rp.1.000.000 kemudian untuk menghitung nilai pinjaman maksimalnya sebagai berikut.

Sisa Limit = Limit Maksimal (tidak ada transaksi berjalan)

  • Limit maksimal = Rp.1.000.000
  • Nominal Pinjaman = 50% x Rp.1.000.000 = Rp.500.000

Sisa Limit > 50% Limit Maksimal (transaksi berjalan)

  • Limit maksimal = Rp.1.000.000
  • Pemakaian = Rp.400.000
  • Sisa limitnya = Rp.1.000.000 – Rp.400.000 = Rp.600.000 (lebih dari 50%)
  • Nominal Pinjaman = 50% x Rp.1.000.000 = Rp.500.000

Sisa Limit < 50% Limit Maksimal (transaksi berjalan)

  • Limit maksimal = Rp.1.000.000
  • Pemakaian = Rp.700.000 (kurang dari 50%)
  • Sisa limitnya = Rp.1.000.000 – Rp.700.000 = Rp.300.000
  • Nominal Pinjaman = Rp.300.000 (sisa limitnya)

2. Menunggu Sampai Periode Cicilan Berakhir

Berikutnya ketika melakukan pelunasan diawal maka pinjaman berikutnya hanya bisa dilakukan pada jatuh tempo. Jadi silahkan menunggu sampai periode cicilannya berakhir yaitu 3 atau 6 bulan baru bisa mengajukan kembali pinjaman. Saat sudah menunggu namun pinjaman tunai Kredivo tetap ditolak maka berikan jeda waktu antara 3 sampai dengan 7 hari.

3. Melakukan Pelunasan Tagihan

Cara berikutnya adalah dengan melunasi semua pinjaman dan cicilan Kredivo sesuai dengan tanggal jatuh temponya. Hindari keterlambatan pembayaran karena beresiko membuat akun kalian mengalami penurunan skor kredit. Dengan melunasi tagihan maka akun kalian dinilai siap untuk mengajukan pinjaman kembali.

4. Hindari Melakukan Pembelian Produk Digital & Emas

Kredivo memang kurang menyenangi transaksi pembelian produk digital serta emas karena ditengarai menuju ke tindakan gesek tunai. Berbagai aktivitas yang berusaha mencairkan limit Kredivo kedalam bentuk uang ataupun emas. Sebagai pengguna hindari melakukan tindakan ilegal karena justru merugikan diri sendiri.

5. Melakukan Perubahan Data

Silahkan samakan nama pemilik nomor rekening bank dengan KTP yang terdaftar di Kredivo. Kemudian pastikan memasukkan informasi secara benar dan valid. Pada sebagian kasus jika muncul pelanggaran maka kalian dapat mengganti nomor atau kode keamanan ke yang baru. Kredivo akan mendeteksi jika ada transaksi atau aktivitas mencurigakan, jadi silahkan amankan akun kalian.

6. Banyak Transaksi Cicilan dengan Kredivo

Jika masalahnya skor kredit rendah ataupun tidak memenuhi kelayakan maka cara paling efektif adalah menggunakan limit kredivo untuk bertransaksi secara rutin. Kamu bisa membeli barang fisik seperti misalnya baju, sepatu, aksesoris, gadget ataupun perangkat elektronik. Selain itu jangan lupa untuk melunasi tagihannya tepaty waktu dan jangan sampai terlambat.

7. Minta Bantuan ke Customer Service

Langkah terakhir ketika tidak dapat mengatasi pinjaman tunai Kredivo ditolak adalah menanyakannya langsung ke customer service. Kamu dapat memanfaatkan email, WhatsApp ataupun nomor telepon untuk menyampaikan masalah pinjaman ditolak.

  • Email : support@kredifazz.com
  • Telepon : 021 50890517
  • WhatsApp : 082122030334

Kesimpulan

Jika juga mengalami pinjaman jumbo Kredivo ditolak maka cara ditas juga dapat dilakukan untuk mengatasinya. Setelah memahami faktor dan penyebabnya maka akan memudahkan kalian dalam mengambil tindakah penanganan. Semoga penjelasan pinjaman tunai Kredivo ditolak dari rkonline.id dapat membantu kamu menyelesaikannya.

gambar : google.com

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles