7 Sebab Kenapa Pengajuan Atome Ditolak & Cara Mengatasi 2022

Kenapa Pengajuan Atome Ditolak – Sistem pembayaran cicilan dan juga paylater memang menawarkan kemudahan bagi tiap pengguna untuk berbelanja. Atome merupakan aplikasi pembayaran yang menawarkan fasilitas cicilan tanpa memerlukan kartu kredit mulai dikenal sebagian masyarakat Indonesia. Atome paylater dapat digunakan di beberapa marketplace online seperti JD.ID, Zalora, ZARA, Dinomarket, H&M, Agoda dan masih banyak lainnya.

Ditengah banyak pilihan paylater, Atome menghadirkan kemudahan berbelanja tanpa DP dengan tenor cicilan 3 dan juga 6 bulan. Namun ketika mendaftar sebagian orang bertanya kenapa pengajuan Atome ditolak. Seperti masalah upgrade Kredivo Premium gagal pastinya ada beberapa penyebab misalnya data yang kurang ataupun tidak dinilai layak mendapatkan pinjaman.

Citayam

Mengetahui kenapa pengajuan Atome ditolak penting supaya dapat mengambil tindakan sesuai. Selain itu pelanggan juga dapat melakukan pengajuan ulang dengan melengkapi semua persyaratan yang ada. Untuk beberapa kasus memang diberikan notifikasi kenapa pengajuan Atome ditolak, namun bagi sebagian orang dirasa singkat dan kurang jelas.

Pengajuan ditolak memang dapat saja terjadi karena kurangnya persyaratan dan dokumen pendukung. Namun ada faktor lainnya misalnya riwayat pembayaran bahkan sampai cicilan sedang berjalan. Lebih jelasnya kenapa pengajuan Atome ditolak dan cara mengatasinya silahkan simak rangkuman pembahasan dibawah ini.

Kenapa Pengajuan Atome Ditolak ?

Atome memang menawarkan fasilitas belanja di banyak merchant online dan juga offline sehingga memudahkan pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan. Terdapat juga fasilitas bebas biaya admin, bunga serta uang muka jadi bisa semakin hemat. Semuanya diawali dengan proses pendaftaran di aplikasi Atome dimana harus melengkapi informasi dan diri dan unggah dokumen.

Seringkali ada kesalahan informasi dimasukkan atau bahkan dokumen yang diunggah kurang jelas sehingga menyebabkan ditolak. Selain pendaftaran akun, pengajuan pinjaman atau cicilan juga kadang mengalami penolakan. Berikut ini beberapa penyebab kenapa pengajuan Atome ditolak yang sering terjadi.

1. Atome Ditolak Karena Data Tidak Lengkap

Pengajuan Atome Ditolak

Sebab pertama adalah data pribadi pengguna yang tidak lengkap ketika mendaftar di Atome. Pada langkah pendaftaran ada kesalahan misalnya salah memasukkan nama dimana tidak sama dengan KTP, email atau KTP sudah terdaftar sebelumnya, kesalahan penulisan alamat, nama ibu kandung, NIK, nama perusahaan, pendapatan bulanan, status pernikahan dan pendidikan terkahir.

2. Foto KTP & Selfie Tidak Jelas

Penyebab berikutnya pengajuan ditolak adalah karena foto KTP dan selfie yang diambil dari kamera hasilnya tidak jelas. Biasanya gambar blur, tidak mendapatkan pencahayaan cukup, terlalu gelap bahkan sampai tulisan terbaca. Selain itu KTP sudah rusak ataupun retak juga sering menyebabkan pengajuan ditolak.

3. Pengajuan Pinjaman Ditolak Karena Melebihi Limit

Atome Ditolak

Sebab kenapa pengajuan pinjaman ditolak paling sering adalah karena jumlah limit pengguna lebih sedikit dibandingkan jumlah transaksinya. Sebagai informasi minimal penggunaan limit Atome adalah sebesar Rp.100.000, pengguna memang bebas memakai limit yang diberikan namun usahakan jangan melebihi batasannya.

4. Ditolak Karena Telat Bayar Tagihan Atome

Penyebab Pengajuan Atome Ditolak

Kemudian sebab lainnya kenapa ditolak adalah karena terjadi telat bayar tagihan di Atome. Dengan hal ini maka Atome tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman karena tercatat pelanggan masih memiliki tanggungan. Secara otomatis sistem Atome akan membaca bahwa akun kalian beresiko gagal bayar lebih tinggi sehingga sulit melakukan pengajuan dalam waktu dekat.

5. Mempunyai Catatan Kredit Kurang Baik

Jika sebelumnya sudah menggunakan Atome dan memiliki catatan pembayaran kurang baik misalnya sering telat bayar, membeli barang palsu/bersifat penipuan bahkan tindakan gesek tunai. Hal tersebut akan mengakibatkan tim penilai Atome akan sulit memberikan akses cicilan kepada kalian karena dianggap tidak terpercaya.

6. Ada Cicilan Atome yang Berjalan

Sebab kenapa kenapa pengajuan Atome ditolak adalah karena memiliki cicilan yang berjalan. Dalam satu periode memang beberapa pelanggan Atome hanya bisa mengajukan satu cicilan saja apabila nominalnya dinilai besar. Pastinya ketika pengajuan ulang kembali akan ditolak karena alasan pinjaman berjalan.

7. Sistem Mengalami Gangguan

Sebab terakhir mengapa kenapa pengajuan Atome ditolak adalah karena adanya gangguan pada sistem. Memang hal ini cukup jarang terjadi, misalnya ketika kalian upload foto KTP atau selfie namun hasilnya tidak terunggah karena kesalahan sistem. Ataupun permasalahan dari tim verifikasi yang salah menilai data pelanggan.

Langkah Mengatasi Pengajuan Atome Ditolak

Dalam setiap proses pengajuan cicilan ataupun proses pendaftaran memang pelanggan Atome wajib memenuhi seluruh persyaratan yang ada. Dengan syarat yang lengkap dan menghindari beberapa faktor penyebab kenapa pengajuan Atome ditolak akan menjamin pengajuan diterima.

Setelah mengetahui kenapa pengajuan Atome ditolak maka dapat diambil beberapa tindakan untuk menyelesaikannya. Pelanggan memang masih diberikan kesempatan untuk mendaftar ulang ataupun melakukan pengajuan cicilan kembali sesyuai ketentuan berlaku. Lebih jelasnya simak beberapa cara dibawah ini.

1. Mempersiapkan Persyaratan Lengkap

Ketika kalian gagal mendaftar Atome maka silahkan mempersiapkan syarat lengkap untuk pengajuan berikutnya. Pastikan mengisi formulir pengajuan dengan benar serta unggah dokumen secara jelas. Berikut ini beberapa syarat yang sudah sewajibnya kamu penuhi.

  • KTP dengan masa berlaku aktif dan terdaftar sebagai WNI
  • Pastikan domisili berada di Indonesia
  • Berusia 21 hingga 65 tahun
  • Mengambil foto selfie secara jelas dan tidak blur
  • Mempersiapkan informasi data diri, kontak darurat, nama ibu kandung, pekerjaan dan penghasilan secara lengkap
  • Mempersipakan email & nomor HP yang masih aktif

2. Melakukan Pengajuan Ulang Pendaftaran Atome

Setelah pengajuan Atome ditolak maka kalian dapat mengajukan kembali selang waktu minimal 30 hari sampai maksimal 60 hari kedepannya. Usahakan jangan langsung mengajukan kembali, berikan waktu jeda minimal 30 hari. Dalam jangka waktu tersebut kalian dapat mencoba melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

3. Menghindari Keterlambatan Pembayaran Atome

Ketika pengajuan ditolak maka kedepannya hindari keterlambatan pembayaran tagihan Atome. Biasanya ketika terjadi keterlambatan secara otomatis Atome tidak bisa memproses transaksi karena tercatat dalam riwayat. Dengan tepat waktu bayar maka kalian tidak akan dianggap memiliki resiko gagal bayar.

4. Melunasi Tagihan Atome

Penyebab kenapa pengajuan Atome ditolak salah satunya adalah memiliki cicilan belum dilunasi dan masih berjalan. Kamu dapat melunasi semua tagihan Atome supaya limit kembali utuh. Berikutnya kamu bisa mengajukan kembali dalam jangka waktu minimal 30 menit sesudah pelunasannya.

5. Meminta Bantuan CS Atome

Ketika semua langkah sudah dilakukan namun tidak mengetahui kenapa pengajuan Atome masih saja ditolak maka kalian dapat meminta bantuan ke customer service. Tersedia layanan telepon, email dan juga sosial media dimana dapat dimanfaatkan untuk bertanya kenapa pengajuannya ditolak.

Kesimpulan

Pada dasarnya Atome memang menawarkan banyak kelebihan diantaranya bebas biaya admin, DP serta bunga sehingga menguntungkan pelanggan. Selain itu dukungan merchant juga luas termasuk toko online maupun offline. Sesudah memahami penjelasan dari rkonline.id tentang kenapa pengajuan Atome ditolak serta langkah mengatasinya maka kalian dapat mudah menjadikannya referensi.

gambar : atome.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.