Berapa Lama Bisa Pinjam Lagi di Akulaku Setelah Melunasi Pinjaman?

Berapa Lama Bisa Pinjam Lagi di Akulaku – Jika bicara soal paylater ternama maka Akulaku sudah cukup lama dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Akulaku memudahkan belanja tanpa memerlukan kartu kredit dengan sistem cicilan dan juga fasilitas pinjaman online. Lantas berapa lama bisa pinjam lagi di Akulaku setelah melunasi?

Pertanyaan tersebut memang masih membingungkan bagi sebagian pelanggan karena ada yang melakukan pelunasan cepat atau bahkan mengalami keterlambatan pembayaran. Sebelumnya kami sudah membahas Shopee Paylater tidak bisa digunakan dimana kemungkinan besar juga dijumpai langsung pada Akulaku.

Citayam

Produk Akulaku saat ini tersedia seperti pinjaman (KTA Asetku), Dana Cicil dan juga paylater dimana masing masing memiliki sistem berbeda. Untuk pinjaman serta dana cicil uang akan ditransfer langsung ke rekening debitur sesuai nominal yang diajukan. Sedangkan fasilitas cicilan paylater dipakai untuk berbelanja di aplikasi Akulaku serta marketplace seperti Shopee, Alfacart, Blibli, JD.iD, Tiket.com, Zenius, Bukalapak serta Klik Indomaret.

Masing masing layanannya menawarkan tenor berbeda beda, demikian pula dengan aturan peminjamannya. Jadi pelanggan dapat pinjam sesuai limit kredit yang disediakan kemudian mengembalikan sesuai tenornya. Namun jika terjadi pelunasan awal maka akan ada waktu jeda sebelum pinjaman dapat kembali diajukan.

Setelah Melunasi Akulaku Apakah Bisa Pinjam Lagi?

Banyak orang menanyakan apakah setelah melunasi Akulaku atau pelunasan dipercepat apakah bisa pinjam lagi? Jawabannya tidak bisa langsung karena harus menunggu sampai tenor atau masa cicilannya berakhir. Untuk KTA Asetku tenornya 30, 15, 22 hari dan Dana Cicil 2, 3, 6, 9 dan 12 bulan. Jadi kalian harus menunggu sampai dengan masa tenor pinjamannya berakhir.

setelah melunasi akulaku apakah bisa pinjam lagi

Namun berbeda halnya jika mengalami telat bayar Akulaku karena akan ada sanksi berupa pengurangan limit bahkan sampai pembekuan akun. Semisal kalian sudah melunasi pinjaman namun terlambat maka untuk sementara waktu pengajuan tidak dapat dilakukan. Hal ini karena skor kredit pengguna menurun diakibatkan riwayat transaksi yang tidak beres.

Jadi apabila melunasi lebih awal dan juga keterlambatan pelunasan akan sama sama memiliki efek belum bisa pinjam lagi. Namun untuk pelunasan lebih awal hanya perlu menunggu hingga masa cicilan berakhir, sedangkan untuk keterlambatan tidak pasti karena mengikuti penilaian skor kredit dari penggunanya. Kemudian perlu diperhatikan juga riwayat pembayaran cicilannya, usahakan jangan sampai terlambat melunasinya.

Berapa Lama Bisa Pinjam Lagi di Akulaku

Lantas berapa lama bisa pinjam lagi di Akulaku? Apabila melunasi lebih awal maka jawabannya setelah masa tenornya cicilannya berakhir. Silahkan coba ajukan pinjaman ketika sudah jatuh tempo, namun jika gagal kamu dapat memberikan jeda waktu yaitu 3 hari. Setelah sudah sampai hari ketiga maka coba pinjam lagi di Akulaku dan tunggu apakah disetujui.

Biasanya jika skor akun kalian baik maka dalam waktu 3 hari pinjaman dapat sukses diajukan. Namun jika pengajuannya gagal silahkan mengajukan lagi pada hari ke 7. Akulaku membutuhkan proses serta verifikasi untuk menilai apakah akun dari pengguna layak mendapatkan fasilitas pinjam sesuai dengan skor kredit dan juga riwayat pembayarannya.

Kenapa Pinjaman Akulaku Menurun

Lantas kenapa pinjaman Akulaku menurun? Hal ini paling sering terjadi pada akun yang mengalami keterlambatan pembayaran sehingga skor kredit akan turun. Akulaku memang menggunakan penilaian kredit poin, jadi tak heran jika terjadi keterlambatan waktu satu hari saja maka skor akan menurun drastis dan merugikan pelanggan.

Lalu berapa limit pertama Akulaku? Pelanggan akan diberikan nominal limit dengan jumlah berbeda beda berdasarkan skor kreditnya. Penilaian skor kredit dilihat dari penghasilan bulanan, pekerjaan, riwayat transaksi bahkan sampai ke riwayat SLIK OJK. Banyak pula yang bertanya kenapa pinjaman Akulaku hanya 600 ribu? Terdapat beberapa penyebab penurunan limit diantaranya sebagai berikut.

  • Telat bayar tagihan Akulaku
  • Ada tagihan yang belum dibayar
  • Pengguna tidak memakai dan bertransaksi dengan limit Akulaku dalam waktu lama
  • Login Akulaku pada banyak perangkat sehingga dicurigai sebagai tindak penipuan
  • Melanggar aturan Akulaku seperti melakukan gestun ataupun aktivitas berbahaya lainnya
  • Terjadi gangguan dari server sehingga membuat limit berkurang atau bahkan tidak muncul

Memang dari semua penyebabnya paling utama adalah keterlambatan pembayaran dimana tak hanya mempengaruhi limit namun juga aktivitas pinjam lagi di Akulaku. Ketika sudah terjadi penurunan maka kamu bisa menerapkan waktu jeda untuk berapa lama supaya bisa pinjam lagi di Akulaku.

Kenapa Tidak Bisa Pinjam Lagi di Akulaku

Selain berapa lama bisa pinjam lagi di Akulaku sebagian orang juga ingin mengetahui mengapa tak dapat mengajukan lagi. Pada dasarnya hal ini juga berhubungan erat dengan akun Akulaku pengguna dimana ketika ada riwayat yang tidak beres akan mengakibatkan dibekukan bahkan sampai ditutup akunnya. Berikut ini beberapa penyebab mengapa tidak bisa pinjam lagi di Akulaku.

  • Skor kredit menurun sehingga tidak dapat pinjam lagi di Akulaku. Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan transaksi memakai limit Akulaku seperti pembelian pulsa, paket data, listrik ataupun kebutuhan lainnya secara rutin.
  • Dianggap tidak memenuhi syarat baik dari kelengkapan dokumen ataupun dalam pendaftarannya. Silahkan unggah foto NPWP serta BPJS supaya mengembalikan fitur pinjaman seperti semula. Dengan bukti dokumen tambahan maka dapat jadi penguat bahwa pelanggan benar benar kredibel dan layak.
  • Memiliki masa pinjaman aktif, kalian harus menunggu berapa lama sesuai tenor berakhir. Semisal diawal mengambil tenor 30 hari maka tunggu sampai waktu jatuh temponya.
  • Terjadi kesalahan dari sistem Akulaku sehingga membuat pinjaman ditolak, kalian dapat langsung kontak call center dinomor 1500920, Hotline Collection 02124112009 ataupun email collection.indonesia@akulaku.com.

Kesimpulan

Memang limit pinjaman Akulaku dapat saja berubah kelebih tinggi ataupun rendah mengikuti penilaian skor poin pelanggan. Terlebih kini dilarang pinjam uang di Akulaku pakai rekening orang lain karena menggunakan verifikasi data pribadi termasuk rekening Bank. Jadi pastikan kalian memenuhi semua syarat pinjaman Akulaku supaya tidak mengalami kesulitan dalam pengajuannya.

Dari informasi berapa lama bisa pinjam lagi di Akulaku diatas kalian dapat memberikan selang waktu sebelum melakukan pengajuan kembali. Demikian penjelasan rkonline.id, semoga dapat dijadikan refrensi serta gambaran.

gambar : akulaku.com, rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles