Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan? Penyebab & Cara Mengatasi

Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan – Ada cukup banyak e-Commerce di Indonesia. Hampir semuanya memberikan pelayanan dan metode pembayaran yang cukup lengkap untuk dapat digunakan setiap pengguna. Bahkan trend paylater juga membuat beberapa e-Commerce memberikan fasilitas tersebut di metode pembayarannya.

Selain ada Shopee dengan layanan SPaylater (Shopee Paylater), buat kalian yang sering melakukan belanja atau transaksi di Lazada juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman menggunakan Lazada Paylater. Yah, hadirnya Lazada Paylater tentu menjadi kabar cukup menggembirakan.

Sebab sebagai pengguna toko online yang satu ini. Kita akan bisa membeli semua barang kebutuhan dengan menggunakan limit Lazada Paylater dengan metode tempo 30 hari. Atau bahkan dengan sistem cicilan yang dapat dipilih mulai dari 3, 6, 9 dan 12 bulan sesuai dengan kemampuan kita untuk membayar cicilan tiap bulannya.

Bicara mengenai Lazada Paylater, salah satu fasilitas pembayaran yang dimiliki Lazada ini juga tidak luput dari error maupun masalah. Karena belakangan ini topik mengenai limit Lazada Paylater tidak bisa digunakan cukup meningkat pencariannya. Nah kenapa bisa begitu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?.

Apa Itu Lazada Paylater ?

Apa-Itu-Lazada-Paylater

Lazada paylater merupakan sebuah metode pembayaran yang ditawarkan oleh pihak Lazada kepada para pengguna terpilih untuk mendapatkan limit kredit dengan dukungan dari Akulaku. Dengan limit kredit tersebut setiap pelanggan terpilih dan telah melakukan aktivasi akan bisa belanja di Lazada sekarang bayar belakangan.

Tidak berbeda jauh dengan sistem paylater milik Shopee. Ketika kita memanfaatkan fasilitas ini. Maka setiap bulan kita harus membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak dikenai denda keterlambatan bayar Lazada Paylater. Namun bagaimana jika ternyata Lazada Paylater tidak bisa digunakan?.

Kenapa Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan?

Menjawab pertanyaan mengenai kenapa dan apa penyebab paylater Lazada tidak bisa digunakan, setelah sebelumnya kita membahas mengenai BUNGA SHOPEE PAYLATER. Sesuai pembahasan, kali ini rkonline.id akan menjelaskan secara rinci apa saja penyebab Paylater Lazada error dan tidak bisa di gunakan.

Jadi buat kalian yang bisa dibilang cukup sering memanfaatkan Lazada untuk membeli barang kebutuhan dengan menggunakan Lazada Payalter namun tiba-tiba metode tersebut tidak muncul saat checkout. Mari kita cari tahu bersama apa saja sebenarnya penyebab paylater Lazada tidak bisa digunakan di bawah ini.

Baca  Bunga Shopee Paylater Perbulan, 3, 6 Bulan & Perhitungan 2021

1. Lazada Paylater Belum Terverifikasi

Lazada-Paylater-Belum-Terverifikasi

Salah satu indikasi faktor yang menjadi penyebab Lazada Paylater tidak bisa digunakan adalah karena akun kalian belum terverifikasi secara penuh. Sebagai informasi tambahan, proses verifikasi Lazada Paylater mengharuskan para pengguna mengupload foto eKTP dan foto selfie.

Dan perlu di ingat untuk satu NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat di eKTP hanya bisa digunakan untuk proses verifikasi satu akun. Jadi pastikan untuk menggunakan eKTP yang benar-benar belum dipakai dan sesuai dengan nama di pengajuan aktivasi. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 1 x 24 jam.

2. Limit Lazada Paylater Tidak Mencukupi

Limit-Lazada-Paylater-Tidak-Mencukupi

Limit Lazada Paylater merupakan satu-satunya faktor yang akan membuat kalian bisa memanfaatkan metode pembayaran ini. Jadi saat limit tersisa tidak mencukupi untuk membayar pembelian, otomatis Lazada paylater tidak bisa digunakan saat proses checkout dilakukan.

3. Masih Ada Cicilan Belum Terbayar

Masih-Ada-Cicilan-Belum-Terbayar

Sedikit berbeda dengan Shopee Paylater, penggunaan Lazada Paylater hanya bisa kita pakai untuk satu kali transaksi. Jadi tanpa disadari jika cicilan masih ada maka Lazada Paylater tidak akan bisa dipakai. Maka dari itu, ada baiknya untuk melunasi semua cicilan terlebih dahulu agar bisa menggunakannya kembali.

4. Sering Telat Bayar Tagihan

Sering-Telat-Bayar-Tagihan

Sama halnya dengan kartu kredit ataupun fasilitas pinjaman lainnya. Pembayaran angsuran atau cicilan yang sering tidak tepat waktu atau bahkan nunggak otomatis akan membuat catatan buruk di pihak penyedia. Hal tersebut pun juga berlaku untuk penggunaan Lazada Paylater.

Jika kalian sering melakukan pembayaran cicilan telat, maka garis merah sudah pasti akan diberikan Lazada kepada akun Paylater kalian. Nah jika sudah seperti itu, maka Lazada paylater pun tidak bisa digunakan lagi untuk menjadi metode pembayaran saat kalian ingin belanja.

5. Perbedaan Nomor HP di Lazada Paylater & Akulaku

Perbedaan-Nomor-HP-di-Lazada-Paylater-&-Akulaku

Seperti sebelumnya sudah kami sampaikan, bahwa Paylater Lazada merupakan hasil dari kerjasama antara Lazada dan juga Akulaku. Maka dari itu sudah seharusnya ketika melakukan aktivasi di layanan Paylater Lazada kalian harus menyamakan nomor HP terdaftar dengan Akulaku.

Hal tersebut karena secara sistem nomor HP akan menjadi jembatan untuk proses sinkronisasi. Atau jika ingin lebih mudahnya, sebaiknya lakukan pendaftaran akun Akulaku terlebih dahulu dan pastikan menggunakan nomor yang sama saat proses aktivasi layanan Paylater Lazada.

6. Lazada Paylater Sedang Error

Lazada-Paylater-Sedang-Error

Penyebab lain yang membuat paylater Lazada tidak bisa digunakan bisa jadi karena sistem aplikasi Lazada itu sendiri yang sedang mengalami gangguan atau error. Jika hal ini memang menjadi penyebabnya. Maka mau tidak mau kita harus menunggu sampai pihak Lazada memperbaikinya agar bisa menggunakan kembali Paylater saat checkout.

Baca  15 Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater 2021 (Sisa & Jumlah)

Cara Mengatasi Paylater Lazada Tidak Bisa Digunakan

Cara-Mengatasi-Paylater-Lazada-Tidak-Bisa-Digunakan

Dari penjelasan singkat diatas bisa kita ketahui bahwa penyebab paylater Lazada tidak bisa digunakan ada cukup banyak. Namun kira-kira apakah ada cara mengatasi Paylater Lazada yang tidak bisa dipakai? Tentu saja ada, dan berikut beberapa hal yang bisa kalian coba untuk pakai guna mengatasi masalah ini.

  1. Pertama kalian bisa coba dengan melakukan hal simple yakni mengupdate aplikasi Lazada ke versi terbaru karena bisa jadi ada crash saat aplikasi versi lama masih digunakan.
  2. Kemudian silahkan pastikan lebih dulu bahwa sisa limit yang ada di dalam akun Lazada Payalter kalian masih mencukupi untuk membayar belanjaan.
  3. Jangan lupa untuk cek juga bagian cicilan atau tagihan, pastikan bahwa sudah tidak ada lagi tagihan yang terlewati dan belum dibayarkan.
  4. Selama penggunaan fasilitas Lazada paylater, sebaiknya selalu pastikan bahwa pembayaran angsuran cicilan atau tagihan selalu tepat waktu.
  5. Jika mengacu pada penyebab paylater Lazada tidak bisa digunakan seperti di atas, apabila memang ada perbedaan nomor HP dengan Akulaku, sebaiknya segara update nomor HP dan pastikan kedua layanan sama-sama punya No HP serupa.
  6. Solusi terakhir jika kalian tidak juga bisa menggunakan Lazada Paylater, silahkan bayar cicilan tersisa hingga status lunas terlihat.

Seperti itu kiranya proses bagaimana cara mengatasi masalah ketika Lazada Paylater tidak bisa digunakan untuk belanja dan untuk membayar pesanan. Silahkan pahami dan pelajari satu-per satu penjelasan di atas agar kalian bisa kembali mendapatkan pengalaman seru menggunakan Lazada Paylater.

Call Center Lazada

Call-Center-Lazada

Namun jika memang semua cara yang sudah kami sampaikan tidak juga bisa menjadi solusi bagi kalian dan tetap tidak bisa menggunakan Lazada Paylater. Maka saran terakhir yang dapat kami berikan yakni dengan menghubungi pihak Lazada lewat layanan call center berikut ini:

  • Hotline : +622180640090 (Senin – Minggu 09:00 – 17:00)
  • Live Chat : https://www.lazada.co.id/contact/
  • Twitter : @lazadacare_id

Kesimpulan

Mengacu ke penjelasan yang telah rkonline.id sampaikan di atas, bisa kita tarik atau ambil kesimpulan bahwa penyebab paylater Lazada tidak bisa digunakan dan cara mengatasi masalah tersebut tergolong cukup mudah karena hampir semuanya bisa dilakukan secara mandiri. Nah kiranya cukup sekian pembahasan kita kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

5/5 - (1 vote)

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *