8 Cara Membatalkan Pinjaman di Akulaku & Call Center 2022

Cara Membatalkan Pinjaman di Akulaku – Hingga kini Akulaku dikatakan sebagai salah satu perusahaan finansial teknologi dengan banyak pengguna di Indonesia. Secara langsung Akulaku menawarkan beberapa jenis fasilitas meliputi pinjaman tunai, Dana Cicil dan juga paylater untuk belanja dengan cara cicilan tanpa kartu kredit. Karena syarat pengajuannya yang cukup mudah maka banyak orang tertarik untuk menggunakan fasilitasnya.

Namun pada kasus tertentu cara membatalkan pinjaman di Akulaku justru dilakukan oleh pelanggan karena berbagai alasan. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah bunga pinjaman Akulaku dinilai cukup tinggi sehingga membebani cicilan perbulan. Kami sebelumnya sudah membahas cara membatalkan pinjaman di Kredit Pintar dimana masih mungkin dilakukan selama belum ada pencairan.

Citayam

Lantas bagaimana dengan cara membatalkan pinjaman di Akulaku? Pertama kalian harus punya alasan yang kuat mengapa ingin membatalkan, misalnya biaya cicilan terlalu tinggi, sudah mendapatkan pinjaman dari penyedia kredit lain, tenor kurang panjang ataupun sudah tidak membutuhkan pinjaman. Kemudian kamu juga bisa melakukan cara cek pinjaman di Akulaku untuk memastikan apakah dananya sudah ditransfer ataupun belum.

Jika pembatalan dilakukan secara sembarangan maka efek buruknya kalian akan mendapatkan penurunan skor kredit yang berakibat limit dikurangi bahkan hilang. Oleh karena itu jika sudah terlanjur pinjam maka dapat segera meminta pembatalan. Ikuti semua syarat serta prosedurnya supaya dalam langkah membatalkan pinjaman tidak terkendala.

Syarat Membatalkan Pinjaman di Akulaku

Supaya permintaan pembatalan disetujui terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh debitur. Semuanya harus sesuai dengan prosedur serta proses berlaku, jika tidak maka cicilan akan tetap berjalan. Apalagi jika akun Akulaku digunakan orang lain tanpa sepengetahuan kalian maka harus segera dilaporkan.

  • Pengajuan pinjaman berada pada proses verifikasi dan belum disetujui pihak Akulaku. Biasanya ketika pengajuan akan ada verifikasi dimana memakan waktu 5 sampai 20 menit, disinilah pengguna bisa membatalkan pinjaman.
  • Pinjaman belum dicatat sistem Akulaku, untuk statusnya biasanya disetujui namun dibutuhkan proses untuk mencairkan ke rekening. Batas waktunya antara 1 sampai 10 menit dimana kalian dapat langsung meminta membatalkan pinjaman.
  • Menyiapkan alasan membatalkan pinjaman misalnya sudah mendapatkan pinjaman dari fasilitas kredit lain, biaya bunga terlalu tinggi, tenor kurang panjang, nominalnya kurang dan alasan lain yang rasional.
  • Pembatalan dapat dilakukan melalui call center Akulaku, email, akun sosial media resmi, mengisi formulir pengaduan bahkan sampai lapor ke Otoritas Jasa Keuangan.
  • Ketika ada syarat yang tidak lengkap maka secara otomatis pinjaman dibatalkan.

Biaya Pembatalan Akulaku

Pada dasarnya memang biaya pembatalan Akulaku gratis alias tidak dikenakan biaya apapun sehingga kalian dapat tenang. Namun memang akan ada biaya lain yaitu pulsa untuk menelpon call center dimana besarannya minimal Rp.20.000 supaya mempermudah proses pelayanan pembatalan pinjaman.

Cara Membatalkan Pinjaman di Akulaku

Kemudian untuk cara membatalkan pinjaman di Akulaku dapat ditempuh dengan beberapa langkah asalkan kalian memenuhi semua syarat dan ketentuan berlaku. Pastikan juga sudah mengetahui status pengajuan pinjaman kalian supaya memudahkan dalam proses membatalkan. Seperti cara membatalkan pinjaman di Pinjam Yuk kamu dapat memanfaatkan call center sebagai langkah awal.

1. Cek Status Pengajuan Pinjaman di Akulaku

Cara pertama adalah mengecek status pengajuan pinjaman kalian langsung di aplikasi Akulaku. Kamu akan menjumpai status pinjaman sehingga memudahkan dalam proses pelacakan prosesnya sudah sampai mana. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa cara cek pengajuannya dibawah ini.

  • Buka Akulaku kemudian login.
  • Masuk kebagian Keuangan disebelah kiri paling bawah.
  • Lanjutkan masuk Tagihan Saya
  • Jika belum muncul tagihan artinya pinjaman masih dalam proses. Kemudian jika sudah muncul maka pinjaman disetujui dan kalian harus secepatnya membatalkan.

Biasanya jika pinjaman belum disetujui untuk akun baru tidak akan muncul pada menu tagihan dan membutuhkan verifikasi antara 1 hingga 3 hari kerja. Sedangkan untuk akun Akulaku lama maka waktu verifikasinya lebih singkat antara 5 sampai dengan 20 menit sehingga kalian wajib secepatnya meminta pembatalan. Kamu tidak bisa membatalkan pinjaman ketika Akulaku sudah mengirimkan uang ke rekening Bank lewat transfer.

2. Kontak Call Center Akulaku

Cara berikutnya yang harus diambil adalah menghubungi call center Akulaku di nomor 1500920 ataupun Hotline 021-24112009 pada jam operasional. Jam kerja Akulaku adalah senin sampai dengan jumat mulai dari 08.00-21.00. Segera hubungi saat jam kerja karena jika tidak maka pembatalan pinjaman di Akulaku tidak dapat dilakukan.

  • Siapkan pulsa minimal Rp.20.000, kontak call center Akulaku.
  • Berikutnya setelah terhubung minta membatalkan pinjaman di Akulaku.
  • CS akan menanyakan data diri kalian, silahkan berikan untuk langkah verifikasi.
  • Proses pengecekan akan dilakukan dan tunggu sampai selesai.
  • Ketika CS menyatakan bisa dibatalkan maka ikuti petunjuk berikutnya.
  • Biasanya proses pembatalan memakan waktu paling cepat 1 sampai 3 hari.

3. Kirimkan Email Pembatalan

Lalu cara membatalkan pinjaman di Akulaku selanjutnya dapat mengirimkan email langsung kealamat cs.id@akulaku.com. Kalian dapat menggunakan berbagai jenis email kemudian membuat laporan singkat dengan menyertakan data diri sebagai berikut.

Kepada : cs.id@akulaku.com
Subjek : Pembatalan Pinjaman di Akulaku

Isi :
Selamat Siang

Saya Budi Hartanto ditanggal 20 Mei 2022 tidak sengaja mengajukan pinjaman di Akulaku karena kesalahan memencet tombol. Oleh karena itu saya ingin membatalkan pinjaman di Akulaku, sebagai berikut data diri saya.

Nama : Budi Hartanto
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 1 Mei 1998
Nomor HP : 08765677898

Mohon untuk menangani masalah yang saya hadapi, terima kasih.

4. Kontak WhatsApp Akulaku

Akulaku juga mempunyai layanan WhatsApp yang dapat kalian manfaatkan secara langsung untuk membatalkan pinjaman. Cara menggunakannya cukup mudah, silahkan kalian save nomor 081119120548 kemudian lanjutkan dengan mengirimkan chat. Disitu akan ada layanan chatbot dimana dapat dimanfaatkan sebagai pelayanan pengaduan konsumen.

5. Membatalkan via Live Chat Akulaku

Cara membatalkan pinjaman di Akulaku juga bisa dilakukan melalui live chat selama 24 jam penuh. Kalian dapat memanfaatkannya secara gratis tanpa perlu membayar apapun, cukup buka menu pada aplikasi Akulaku maka semuanya dapat teratasi. Namun memang respon live chat lebih lamban dibanding jalur telepon.

  • Di Akulaku masuk ke menu Akun
  • Lanjutkan scroll kebawah kemudan masih ke CS Livechat
  • Silahkan kirimkan pesan untuk membatalkan pinjaman di Akulaku.

6. Membatalkan dari Akun Sosial Media Akulaku

Cara membatalkan berikutnya adalah menggunakan akun sosial media resmi dari Akulaku. Kalian perlu mempersiapkan syarat seperti informasi data diri dan nomor HP terdaftar. Berikutnya admin sosmed akan membantu proses pembatalan pinjaman, terlebih kamu bisa memilih lewat Facebook, Instagram atau Twitter.

7. Cara Membatalkan dari Formulir Pengaduan

Kamu bisa langsung masuk ke website resmi Akulaku kemudian masuk formulir pengaduan. Silahkan secara langsung isi semua data dan informasi yang dibutuhkan dengan lengkap. Berikan penjelasan secara langsung mengapa membatalkan pinjaman dan alasan yang kuat.

8. Pergi ke Kantor Akulaku

Cara terakhir adalah mendatangi kantor Akulaku khusus untuk kalian yang tinggal diwilayah Jakarta Selatan. Disana kalian cukup membawa KTP dan smartphone yang sudah diinstal Akulaku kemudian minta membatalkan pinjaman.

Sahid Sudirman Center lantai 18 Unit A-H

Jl.Jend. Sudirman No.86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 10250, Indonesia

Kesimpulan

Pada dasarnya cara diatas hampir sama dengan cara membatalkan asuransi Akulaku ataupun bahkan cara membatalkan pengajuan limit kredit Akulaku. Perbedaannya cara membatalkan pinjaman di Akulaku akan mengikuti statusnya apakah dana sudah ditransfer ataupun belum. Semoga dengan penjelasan yang rkonline.id berikan mampu membantu kalian.

gambar : rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.