Apa Itu Paylater : Pengertian, Ciri, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Paylater – Pembelian dengan cara kredit memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang, karena dengan opsi tersebut semua orang bisa memiliki sebuah produk/barang impian meskipun uang tidak mencukupi. Hanya saja untuk pembelian secara online cuma bisa dilakukan apabila pengguna memiliki sebuah kartu kredit, tetapi itu semua sudah tidak berlaku lagi.

Hal tersebut dikarenakan beberapa perusahaan ecommerce yang ada di Indonesia telah menyediakan metode pembayaran dengan sistem kredit tanpa harus menggunakan kartu Kredit karena telah kehadiran paylater. Mungkin sebagian besar bingung dan bertanya tanya apa itu paylater, tetapi berbeda bagi beberapa pengguna yang sering menggunakan aplikasi belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.

Meskipun telah dimudahkan dengan adanya fitur paylater namun tidak semua pengguna bisa mendapatkan, sebab setiap produk sudah tersedia saat ini seperti Shopee Paylater, Lazada Paylater, GoPaylater dan beberapa produk lainnya. Pada umumnya memiliki syarat dan ketentuan wajib untuk dilengkapi terlebih dahulu, setelah itu baru bisa menggunakan untuk pembayaran produk atau barang di merchant yang sudah bekerjasama.

Adapun hal yang perlu kalian ketahui jika limit paylater memang tidak bisa dicairkan ke rekening, meskipun terdapat cara mencairkan paylater namun itu tidak kami sarankan untuk dilakukan. Baiklah lanjut ke pembahasan utama, bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui secara jelas dan detail dapat simak pembahasan mengenai apa itu Paylater telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Apa Itu Paylater

Ada beberapa orang sudah tidak asing dan pernah mendengar kata paylater, namun kebanyakan orang belum begitu paham dengan apa itu Paylater. Maka dari itu pada kesempatan sangat baik ini akan kami informasikan kepada kalian semua mulai dari apa saja keuntungan bisa didapatkan dengan menggunakan fitur tersedia.

Paylater adalah sebuah metode atau fasilitas yang diberikan dari beberapa perusahaan dimana setiap pengguna bisa melakukan pembelian barang di aplikasi belanja online dengan cara beli sekarang bayar nanti maupun pembelian secara kredit dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.

Namun tidak semua fitur bisa melakukan pembelian dengan cara kredit hingga 12 bulan sebagai contoh saja Gopay Paylater hanya bisa beli sekarang bayar nanti. Sedangkan paylater lainnya hampir sebagian besar menyediakan opsi cicilan hingga 12 bulan, namun semua itu terdapat syarat dan ketentuan berlaku.

Setiap fitur pada umumnya memiliki limit yang bisa digunakan, sebagai contoh saja pengguna A berhasil aktivasi produk A maka akan diberikan limit sebesar 1 juta rupiah. Nantinya pengguna bisa melakukan pembelian dan bahkan limit bisa dinaikkan apabila sering menggunakan sebagai metode pembayaran.

Sedangkan untuk suku bunga yang diberikan, setiap produk telah menentukan sesuai dengan ketentuan berlaku. Jadi disini kami tidak bisa memastikan berapa besar bunga yang dikenakan berapa besar, untuk mengetahui itu semua dapat kalian akses di situs resminya masing masing disitu akan tertera berapa besar bunga yang dikenakan.

Adapun untuk mendapatkan fitur tersebut wajib untuk memenuhi semua syarat dan ketentuan, pada umumnya setiap orang akan mendapatkan notifikasi ketika sudah memenuhi semua persyaratan. Dalam melakukan aktivasi wajib mempersiapkan KTP sebagai syarat utama, setelah itu tinggal isi data sesuai dengan kolom sudah disediakan.

Ciri Ciri Paylater

Karena banyak yang bingung antara paylater dengan pinjaman online, maka pada pembahasan kali ini kami informasikan apa saja ciri ciri dari fitur paylater kepada kalian semua. Oleh karena itu silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Pada umumnya setiap fitur paylater hanya bisa digunakan untuk pembelian dalam bentuk barang atau produk saja, tidak jarang juga bisa untuk pembelian produk digital.
  • Limit yang diberikan dapat dipastikan tidak bisa melakukan tarik tunai atau lebih dikenal dengan gestun.
  • Limit bisa kembali digunakan apabila tagihan sebelumnya sudah di bayar atau telah dilunasi.
  • Fitur yang tersedia hanya pembelian di merchant atau aplikasi belanja online tertentu saja.

Fitur Utama Paylater

Diatas juga sudah kami jelaskan kepada kalian semua, jika paylater terdapat beberapa fitur tersedia dimana dapat di manfaatkan oleh pengguna tersebut. Kira kira apa saja fitur yang tersedia, silahkan simak ulasan sebagai berikut.

1. Beli Sekarang Bayar Nanti

Pertama adalah beli sekarang bayar nanti dimana merupakan fitur utama dari sebuah fitur tersebut. Nantinya pengguna bisa melakukan beli sekarang bayar nanti, jadi setiap pengguna bisa melakukan pembayaran di akhir bulan adapun dalam melakukan pembayaran tidak jauh berbeda seperti bayar tagihan setiap bulannya

2. Cicilan

Fitur kedua ialah cicilan, menu tersebut merupakan sebuah opsi pembelian dimana pengguna dapat membeli barang dengan cara kredit mulai dari 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Nantinya setiap tenor yang sudah dipilih akan dikenakan bunga berbeda beda pula, semakin lama tenor dipilih maka semakin besar bunga dibebankan.

3. Limit

Berikutnya adalah limit, dimana fitur tersebut merupakan batasan kredit yang diberikan oleh pihak terkait kepada konsumen. Dengan demikian, jika limit telah habis secara otomatis tidak bisa digunakan untuk melakukan pembelian ketika ingin menggunakan wajib membayar tagihan atau melunasi terlebih dahulu.

4. Tagihan

Terakhir ialah tagihan, nantinya setiap pengguna bisa mengetahui kapan tagihan muncul, akhir tanggal jatuh tempo dan beberapa informasi lainnya. Dengan akses menu tagihan, nantinya setiap pengguna dapat mengetahui info penting tentang tagihan yang dimiliki serta detail tagihan sudah dibayar maupun juga telah dibayar sebelumnya.

Produk Paylater

Bila berbicara soal paylater, sampai saat ini ada banyak produk bisa kalian dapatkan dan tersedia di waktu seperti sekarang ini. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa yang terbaik, untuk lebih jelasnya dapat simak langsung ulasan telah dipersiapkan sebagai berikut.

  • Shopee Paylater
  • Akucicil
  • Gopay Paylater
  • Lazada Paylater
  • Kredivo Paylater
  • BRI Ceria
  • Indodana
  • Homecredit
  • OVO Paylater
  • Julo
  • Cicil ID
  • BlibliPaylater
  • Danakini
  • Kreditmu
  • Adakami

Kelebihan & Kekurangan

Hampir semua produk terdapat kelebihan dan kekurangan masing masing, kira kira apa saja ? Untuk mengetahui itu semua, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan mengenai kelebihan dan kekurangan dapat di simak seperti dibawah ini.

Kelebihan

  • Bisa digunakan sebagai metode pembayaran di aplikasi belanja online.
  • Bunga rendah.
  • Tersedia cicilan hingga 12 bulan.
  • Tagihan bisa dilunasi.

Kekurangan

  • Tidak semua orang bisa menikmati fitur tersebut.
  • Dikenakan denda jika telat bayar tagihan.
  • Pembayaran hanya bisa dilakukan pada aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Bila melihat dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa fitur itu memang sangat membantu sekali, dimana bisa melakukan pembelian tanpa harus memiliki kartu kredit. Namun saran kami agar jangan terlalu sering menggunakan, karena itu bisa menyebabkan tagihan setiap bulannya semakin bertambah tanpa kalian sadari.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai apa itu paylater disertai dengan pengertian, fitur, ciri ciri, kelebihan dan kekurangan dapat rkonline.id sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.