Proses e-KYC Gagal BRImo: Kode, Penyebab & Solusi

Proses e-KYC Gagal BRImo – BRI Mobile atau yang kini lebih dikenal dengan nama BRImo merupakan platform aplikasi mobile banking yang dikeluarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia. Dalam pemakaiannya, BRImo merupakan upgrade dari aplikasi BRI Mobile versi lama.

Menariknya tidak hanya sekedar upgrade aplikasi, beragam fitur menarik yang memiliki fungsionalitas tinggi pun disematkan BRI pada BRImo. Salah satunya proses top up dompet digital serta transfer virtual account lebih mudah dan cepat.

Citayam

Hanya saja untuk dapat menggunakan semua fasilitas yang ditawarkan BRImo tersebut, kita diharuskan untuk melakukan registrasi / aktivasi di kantor Cabang untuk mendapatkan userid dan password. Selain itu pendaftaran BRImo juga dapat dilakukan secara online.

Hanya saja akhir-akhir ini proses pendaftaran BRImo online banyak dikeluhkan nasabah karena memiliki banyak masalah. Salah satunya adalah Proses e-KYC Gagal BRImo, bagi yang mengalaminya tentu langsung mencari info apa itu e-KYC BRImo, penyebab gagal dan cara mengatasinya.

Apa itu e-KYC?

Bagi kalian yang baru mendengar istilah e-KYC mungkin akan penasaran dan ingin tahu apa sebenarnya itu. Jadi e-KYT adalah sebuah proses verifikasi data dimiliki nasabah / pelanggan ketika melakukan pendaftaran fasilitas dimiliki sebuah perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk dapat mengurangi resiko hal-hal sama sekali tidak diinginkan baik oleh pelanggan ataupun pihak perusahaan. Dan menariknya seluruh proses e-KYC sendiri dapat dilakukan secara online sehingga tidak perlu lagi mengantri di kantor perusahaan tersebut.

Kode Error & Arti e-KYC Brimo

Dan apabila kalian adalah salah satu pengguna BRI yang saat ini sedang mengalami masalah Proses e-KYC Gagal BRImo saat melakukan aktivasi. Maka kami rasa pembahasan yang akan rkonline.id ini akan bisa menjadi referensi menarik.

Pasalnya seperti tertulis pada judul di atas, kali ini kita akan menjelaskan secara lengkap dan detail arti Proses e-KYC Gagal BRImo, penyebab serta langkah mudah mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum kita masuk ke pembahasan utamnya.

Setidaknya dalam proses gagal e-kyc BRImo ini ada beberapa kode yang akan muncul dan terlihat seperti halnya masalah pada BCA mobile juga cukup sering muncul error termasuk diantaranya Error 103, Error 232 atau lain sebagainya.

Dimana setiap kode tersebut memiliki arti / maksud yang berbeda-beda. Oleh karena itulah di bawah ini akan kami jelaskan lebih dulu arti dari masing-masing kode gagal eKYC BRImo tersebut.

1. Kode SIR2 BRImo

Kode SIR2 BRImo adalah salah satu jenis error akan dialami para pengguna BRImo yang akan melakukan registrasi / aktivasi. Dimana proses error ini akan muncul ketika masuk ke tahap verifikasi data yang dilakukan oleh pihak bank.

2. Kode SIR3 BRImo

Kode SIR3 BRImo sendiri termasuk dalam proses e-KYC yang gagal dilakukan. Dimana kode ini biasanya akan muncul ketika para pengguna baru melakukan pendaftaran / aktivasi BRImo sama seperti error kode SIR2 BRImo di atas.

Penyebab Proses e-KYC Gagal BRImo

Nah setelah mengetahui arti proses e-KYC gagal BRImo seperti apa yang sudah kami sampaikan di atas lengkap dengan penjelasan kode gagal e-KYC yang sering muncul. Tidak bisa kita pungkiri hal ini jelas membuat banyak orang mempertanyakan apa sebenarnya hal yang menjadi penyebab utamanya.

Dan seperti sudah kami singgung di atas, bagi kalian yang penasaran dengan apa saja hal yang menjadi penyebab e-KYC BRImo gagal, tidak perlu khawatir. Karena disini akan kami jelaskan pula beberapa hal yang bisa diindikasikan sebagai penyebab utamanya.

Namun perlu kami sampaikan sekali lagi bahwa proses e-KYC gagal ini hanya akan terjadi ketika kalian melakukan aktivasi / pendaftaran secara online. Dan tanpa panjang lebar lagi berikut ini adalah beberapa faktor penyebab utama proses gagal e-KYC BRImo kode SIR2 / SIR3

  • Koneksi atau jaringan internet tidak stabil
  • Menggunakan aksesoris saat video perekaman
  • Cahaya kurang / terlalu gelap pada hasil foto
  • Nomor telepon yang didaftarkan sudah tidak aktif
  • Jenis tabungan didaftarkan tidak sesuai dengan Kartu ATM
  • Pulsa tidak mencukupi saat proses pendaftaran berlangsung
  • Kartu ATM telah dinonaktifkan
  • Server BRI sedang mengalami masalah baik error / down

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang hal-hal apa saja yang menjadikan kode SIR2 / kode SIR3 pendaftaran BRImo gagal. Sangat kami sarankan untuk menghubungi dan menanyakan langsung ke pihak bank BRI di nomor 14017 / 1500017.

Solusi Proses e-KYC Gagal BRImo

Kemudian setelah mengetahui apa saja penyebab dan juga kode error e-KYC gagal BRImo di atas. Lantas apa sih hal yang perlu dilakukan untuk bisa mengatasi masalah tersebut?. Nah tanpa panjang lebari lagi, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk bisa mengatasi masalah ini.

1. Cek Masa Aktif Kartu ATM

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk dapat mengatasi masalah ini yakni memeriksa masa aktif kartu ATM kalian. Untuk melakukan pengecekan kalian tidak perlu mendatangi kantor bank terdekat, cukup lihat bulan dan tahun pada halaman depan kartu ATM BRI.

2. Memastikan Nomor HP Aktif

Saat proses pendaftaran BRImo secara online maupun offline, kita akan diharuskan untuk memasukkan nomor telepon untuk dihubungkan dengan akun BRImo. Jadi pastikan ketika proses pendaftaran dilakukan nomor HP yang digunakan masih dalam kondisi aktif dan bisa dihubungi.

3. Periksa Sisa Pulsa

Kemudian saat prose pendaftaran / aktivasi pun kita akan diminta untuk mengirimkan SMS berupa kode yang dibuat langsung oleh aplikasi BRImo. Dan itu harus dikirim menggunakan nomor HP yang kita daftarkan. Jadi ketika proses e-KYC gagal BRImo silahkan cek pulsa kalian lebih dulu.

4. Pastikan SIM Terdaftar di Slot 1

Cara lain dapat dilakukan untuk mengatasi masalah proses gagal e-KYC saat pendaftaran atau aktivasi BRImo yakni dengan memastikan sim card / nomor telepon yang digunakan sudah diletakan pada slot sim 1 jika menggunakan HP dengan fitur dual sim.

5. Usahakan Gunakan Koneksi Internet Stabil

Seperti apa yang sudah kami sampaikan di atas, salah satu hal yang membuat error kode SIR2/SIR3 pendaftaran BRImo muncul adalah koneksi internet yang tidak stabil. Jadi saat proses ini pastikan gunakan koneksi internet stabil baik menggunakan paket data atau wifi dari ISP yang dimiliki.

6. Unggah Foto dengan Kualitas Jernih

Usahakan pula agar proses e-KYC gagal BRImo tidak muncul / keluar saat pendaftaran dilakukan, silahkan unggah foto yang diminta seperti KTP atau foto diri dengan kualitas jernih dan jelas. Usahakan juga saat foto mendapatkan pencahayaan yang terang.

7. Hindari Penggunaan Aksesoris Saat Perekaman

Dan cara terakhir mengatasi masalah ini yakni dengan meminimalisir penggunaan aksesoris saat foto dilakukan. Hal ini untuk membuat validasi data yang dilakukan pihak Bank dapat diproses dengan cepat dengan hasil yang sesuai sehingga pendaftaran dapat dilanjutkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas jelas kita hanya perlu melakukan apa yang diminta dan apa yang diharapkan oleh BRI saat proses pendaftaran dilakukan. Mulai dari penggunaan koneksi data yang stabil, foto jelas dan tidak menggunakan aksesoris saat perekaman.

Jika semua hal di atas kalian lakukan dengan benar kemungkinan besar proses e-KYC gagal BRImo tidak akan terjadi. Sekian dan semoga apa yang sudah rkonline.id sampaikan bisa bermanfaat dan membantu.

Sumber gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles