Kode FP2714 BRImo: Arti, Penyebab & Solusinya!

Kode FP2714 BRImo – Memasuki era modern seperti sekarang, tidak bisa kita pungkiri bahwa layanan perbankan berbasis mobile banking atau internet banking kini mulai banyak di andalkan masyarakat. Hal ini tak terlepas karena proses yang dilakukan cukup mudah dan cepat.

Dengan meningkatnya aktivatas layanan transaksi online yang dilakukan masyarakat. Saat ini hampir semua bank di Indonesia telah merilis dan memperkenalkan satu layanan mobile banking / mBanking. Tidak terkecuali bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Citayam

Namun jika dulu BRI lebih mengandalkan BRI Mobile, memasuki era teknologi yang canggih, semua layanan tersebut telah dialihkan menjadi BRImo / BRI mobile yang jauh lebih fungsionalitas. Dimana dalam layanan ini kini sudah tersedia cukup banyak fitur yang bisa digunakan.

Termasuk fitur top up dompet digital seperti GoPay, Dana atau ShopeePay dll. Hanya saja akhir akhir ini banyak pengguna BRImo mengeluhkan tentang munculnya kode FP2714 BRImo saat melakukan transaksi top up Dana. Lantas apa itu dan apa penyebab serta bagaimana cara mengatasinya?.

Arti Kode FP2714 BRImo

Meski tidak dialami semua pengguna BRImo, akan tetapi munculnya pesan bertuliskan:

Mohon maaf fitur ini sedang maintenance. Silahkan coba beberapa saat lagi. (Kode : FP2714 atau Kode : FP2799)

Tentu saja menjadi hal yang cukup menyebalkan. Apalagi bagi para pengguna BRImo yang baru mengalami hal ini, jelas mereka akan menanyakan arti kode FP2714 tersebut.

Jadi sebelum kita bahas lebih lanjut tentang penyebab dan solusi mengatasi error kode FP 2714 BRImo. Tidak ada salahnya jika kita pahami dulu arti dari error tersebut. Sehingga pembahasan di bawah ini akan dapat lebih mudah untuk kalian pahami.

Jadi arti error kode FP 2714 BRImo sendiri merupakan proses gagalnya transaksi top up dompet digital DANA yang kalian lakukan. Dengan kata lain, jika hal ini kalian alami maka deposit saldo yang dilakukan tidak akan masuk ke rekening DANA.

Penyebab Kode FP2714 BRImo

Proses gagalnya top up saldo dompet digital DANA dengan muncul pesan error kode FP2714 seperti di atas kami sampaikan tentu saja bisa terjadi karena ada penyebab utamanya. Namun nyatanya tidak semua pengguna mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut.

Nah jika saat ini kalian juga sedang mengalami masalah tersebut, dan ingin mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Kami rasa pembahasan berikut ini akan bisa menjadi hal yang bisa menjawab rasa penasaran kalian.

Namun sebelum kita masuk ke langkah cara mengatasi munculnya kode FP2714 BRImo, berikut ini adalah beberapa penyebab utama yang mungkin memiliki indikasi paling kuat.

  • Salah memasukkan nomor DANA
  • Saldo BRImo tidak mencukupi / kurang
  • Koneksi internet yang digunakan tidak stabil
  • Bisa juga karena akun BRImo yang dimiliki bermasalah
  • Atau server / sistem BRImo sedang maintenance

Secara garis besar sebenarnya jika mengalami masalah ini kalian tidak perlu merasa khawatir. Karena jika gagalnya top up saldo DANA lewat BRImo terjadi saldo di rekening BRI tetap akan aman dan tidak terpotong.

Nah bicara tentang masalah error pada aplikasi BRImo, selain masalah munculnya kode FP2714 BRImo seperti di atas. Ada juga beberapa masalah lain yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan, salah satunya adalah Proses e-KYC Gagal BRImo.

Solusi Mengatasi Kode FP2714 BRImo

Setelah mengetahui apa arti kode FP2714 BRImo seperti kami sampaikan beserta beberapa penyebab utama munculnya pesan gagap top up saldo DANA di BRImo dengan error ini. Berikut adalah cara paling mudah dan simple yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Restart HP

Salah satu cara paling mudah dan paling simple untuk dapat mengatasi masalah transaksi gagal kode FP2714 di BRImo yakni dengan melakukan restart HP. Dengan cara ini setidaknya kalian akan dapat memulihkan beragam masalah / error yang terjadi pada saat HP digunakan.

2. Lepas Pasang SIM Card

Selain itu juga bisa diatasi dengan cara melepas dan memasang SIM Card terdaftar di BRImo. Hal ini memungkinkan BRImo akan membaca ulang keberadaan kartu SIM yang digunakan untuk aktivasi. Karena kita tahu bahwa kebanyakan mobile banking mengharuskan aplikasi & nomor HP dalam 1 perangkat.

3. Cek Sisa Saldo Rekening

Seperti yang sudah kami sebut di atas, masalah utama yang membuat kode FP2714 BRImo muncul saat melakukan Top Up saldo DANA yakni karena kurangnya saldo di dalam rekening BRI kalian atau istilah lainnya saldo rekening tidak cukup untuk melakukan top up. Jadi silahkan cek terlebih dahulu saldo yang ada yah.

4. Ganti Koneksi Internet

Masalah lain yang menyebabkan gagal top up saldo DANA di BRImo dan muncul kode error FP2471 adalah koneksi jaringan internet yang kurang stabil. Maka dari itu, untuk mengatasinya kalian bisa mencoba ganti koneksi internet yang digunakan.

5. Tunggu Proses Maintenance BRImo Selesai

Jika masalah ini terjadi karena sedang ada perbaikan pada sistem server / jaringan BRImo yang dilakukan oleh pihak BRI. Maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menunggu proses perbaikan / maintenance ini selesai.

Cara Alternatif Gagal Top Up DANA di BRImo

Jika semua langkah di atas tetap tidak bisa membuat kalian dapat melakukan top up saldo DANA langsung di aplikasi BRImo. Maka alternatiaf lain yagn bisa digunakan jika tetap ingin top up DANA lewat BRImo yakni dengan mengandalkan marketplace Bukalapak.

  • Pertama login aplikasi BRImo
  • Pilih menu BRIVA
  • Kemudian masukkan kode Bukalapak (800) + nomor HP DANA, contohnya 800081234567890
  • Setelah itu klik lanjutkan
  • Lalu akan tampil konfirmasi pembayaran, silahkan periksa semua detail pembayaran yang ada
  • Jika benar klik lanjutkan dan masukkan PIN BRImo
  • Selesai dan saldo DANA masuk

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman pribadi, top up DANA di BRImo memang terkadang sulit dilakukan. Hal ini entah karena integrasi yang belum sempurna atau memang karena kesalahan kami sendiri. Namun dari situ, kami juga menyadari bahwa alternatif lain seperti top up DANA lewat Bukalapak.

Namun dengan metode pembayaran menggunakan BRImo adalah solusi terbaik yang bisa diandalkan. Jadi apabila kalian sedang mengalami kode FP2714 BRImo dan sudah menggunakan metode 1 – 5 di atas. Sangat rkonline.id sarankan untuk menggunakan alternatif di Bukalapak.

Sumber gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles