Arti M Banking BCA Error 103 Hari Ini & Cara Mengatasinya!

M Banking BCA Error 103 – Memasuki era modern seperti sekarang, jelas kebutuhan masyarakat terkait penggunaan layanan mobile banking menjadi tinggi. Apalagi saat ini pun banyak transaksi online yang hampir setiap hari dilakukan masyarakat baik itu transfer, pembayaran belanja online atau lain sebagainya.

Tidak heran, apabila hampir semua lembaga perbankan kini sudah menawarkan fasilitas mobile baking untuk keperluan transaksi finansial / non-finansial, termasuk salah satu diantaranya adalah bank BCA dengan platform BCA Mobile atau yang lebih dikenal dengan m Banking BCA.

Citayam

Meski dapat dikatakan platform ini begitu membantu, sayangnya tidak sedikit dari nasabah bank BCA yang sudah mengaktifkan dan menggunakan layanan ini mengalami masalah seperti gagal transfer, tidak bisa masuk aplikasi atau bahkan munculnya beberapa kode error 213, error 205 atau error 232.

Bahkan selain kode error BCA Mobile tersebut, ada beberapa pengguna yang juga mengalami kendala atau error 103. Lantas apa arti m Banking BCA Error 103 dan bagaimana cara mengatasinya? silahkan simak penjelasan lengkapnya pada ulasan rkonline.id berikut ini.

Arti Error 103 M Banking BCA

Tidak bisa menggunakan layanan BCA mobile untuk transaksi memang banyak sekali masalah yang bisa menyebabkan hal tersebut terjasi. Bukan saja hanya karena masalah verifikasi gagal dilakukan. Akan tetapi beberapa di antara pengguna juga mengatkan bahwa hal ini bisa terjadi karena masalah jaringan internet.

Hal tersebut pun patut untuk kita sadari, karena pada dasarnya memang M Banking BCA sendiri merupakan platform aplikasi mobile yang hanya dapat kita akses ketika terkoneksi ke jaringan internet. Adapun masalah error terkait jaringan internet pada saat akses BCA Mobile pun ada cukup banyak.

Namun salah satu yang belakangan ini mungkin paling banyak dipertanyakan adalah error 103. Dimana dari penelusuran dan pengalaman pribadi, munculnya kasus error 103 pada aplikasi m Banking BCA / BCA Mobile sendiri biasanya akan dibarengi dengan notifikasi bertuliskan

103(2) – Koneksi internet anda terputus. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.

Yang mana hal ini akan terjadi apabila koneksi jaringan internet yang digunakan baik itu paket data maupun wifi yang dipakai tidak dalam kondisi yang stabil.

Penyebab BCA Mobile Error 103

Nah setelah mengetahui apa arti m Banking BCA error 103 seperti kami jelaskan di atas. Mungkin buat kalian yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut akan langsung bertanya apa sebenarnya penyebab utama munculnya kode error 103 ini?.

Dari beberapa informasi yang kami dapat, penyebab utama dari masalah utama munculnya kode error ini adalah:

  • Koneksi internet yang digunakan tidak stabil.
  • Koneksi internet yang digunakan putus.
  • Penggunaan koneksi baru yang sebelumnya tidak terdeteksi / tidak pernah digunakan untuk mengakses layanan mobile banking BCA.

Cara Mengatasi M Banking BCA Error 103

Dari penjelasan singkat di atas yang jelas masalah error 103 pada aplikasi BCA mobile ini bisa terjadi karena adanya jaringan internet yang kurang baik / stabil. Maka untuk bisa mengatasinya sebenarnya cukup mudah.

Namun untuk membuat kalian lebih paham apa saja hal yang perlu dilakukan silahkan simak penjelasan yang akan kami bagikan dibawah ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Karena masalah tersebut terjadi karena koneksi internet yang digunakan tidak lancar / stabil. Maka salah satu cara paling tepat untuk dapat mengatasi kendala ini jelas kita harus membuat koneksi internet yang akan digunakan untuk akses BCA Mobile lancar terlebih dahulu.

Hal ini dapat kalian lakukan dengan mencoba mengganti koneksi yang sedang digunakan dengan koneksi internet lain. Misal saat ini sedang menggunakan WiFi dari ISP seperti Indihome, Biznet atau lainnya maka silahkan ganti dengan paket data atau sebaliknya.

2. Pastikan Lampu Indikator BCA Mobile Hijau

Setelah mengganti koneksi jaringan yang digunakan, maka kalian bisa mencoba lagi untuk mengakses layanan M Banking BCA. Namun pastikan ketika ingin melakukan transaksi silahkan pastikan terlebih dahulu lampu indikator BCA mobile yang ada di bagian pojok kanan atas sudah berwarna hijau.

3. Force Close Aplikasi BCA Mobile

Apabila cara di atas tetap tidak bisa membuat kalian terhindar dari kendala error 103. Maka cara lain yang bisa digunakan yakni dengan melakukan force close pada aplikasi BCA mobile yang sedang terbuka. Dengan cara ini setidaknya akan secara otomatis memutar koneksi internet BCA mobile.

Setelah itu baru coba buka lagi dan lakukan login dengan menggunakan akun masing-masing dan lakukan transaksi yang sebelumnya akan dilakukan.

4. Restart HP

Kemudian cara lain lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah Error BCA 103 koneksi terputus yakni dengan cara restart HP. Pada umumnya dengan cara ini baik itu koneksi jaringan yang error atau masalah lain pada file aplikasi / sistem yang corrupt akan bisa diatasi.

5. Restart Modem (WiFi)

Sama halnya dengan cara ke-4 di atas, metode lain yang dapat kalian pakai / aplikasikan untuk mengatasi m Banking BCA Error 103 yaitu dengan melakukan restart modem khusus para pengguna wifi dari ISP yang kalian pakai seperti Indihome / Biznet atau lainnya.

Kesimpulan

Seperti itulah kiranya penjelasan yang kali ini dapat kami bagikan dan sampaikan terkait arti m banking BCA Error 103 lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya. Dan yang jelas dari informasi di atas, bisa kita ambil kesimpulan.

Bahwa masalah ini akan terjadi ketika koneksi jaringan yang digunakan untuk membuka / mengakses BCA Mobile tidak stabil / lancar. Jadi solusinya ganti koneksi, restart HP, modem atau force close aplikasi dan buka lagi. Sekian semoga penjelasan rkonline.id di atas bisa bermanfaat & membantu.

Sumber Gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles