Arti M Banking BCA Error 205 Hari Ini & Cara Mengatasinya!

M Banking BCA Error 205 – Bisa dibilang menjadi salah satu terobosan bagus bagai nasabah perbankan. Hadirnya layanan mobile banking / lebih dikenal dengan mBanking yang di tawarkan hampir setiap lembaga perbankan di tanah air termasuk Bank BCA membuat transaksi finansial jauh lebih mudah.

Merupakan aplikasi berbasis android dan ios, M Banking BCA membuat mobilitas dalam transaksi perbankan jauh lebih cepat. Selain bisa dilakukan dimanapun berada, keberadaan BCA Mobile juga menjadikan aktivitas bisnis semakin sempurna.

Citayam

Bahkan di era seperti sekarang, hampir sebagian besar generasi millennial sudah menjadikan BCA mobile / aplikasi perbankan lain sebagai salah satu aplikasi wajib yang ada di dalam HP mereka. Hanya saja, semakin banyaknya pengguna aktif.

Setidaknya sampai dengan saat ini ada pula banyak masalah yang dikeluhkan nasabah ketika menggunakan aplikasi yang satu ini. Salah satunya seperti M Banking BCA Error 205, bagi kalian yang mengalaminya jangan panik, disini akan rkonline.id jelaskan arti dan cara mengatasinya.

Arti M Banking BCA Error 205

Menjadi salah satu permasalahan yang belakangan ini cukup banyak di alami pengguna. Notifikasi bertuliskan “BCA 205 sementara transaksi tidak dapat diproses silahkan ulangi beberapa saat lagi dan error 205 – Unable to Authenticate your Identity”.

memang membuat kita sebagai nasabah tidak akan bisa mengakses / melakukan banyak hal termasuk ketika ingin melakukan transaksi transfer, cek saldo maupun lainnya. Munculnya masalah ini jelas hampir sama seperti ketika BCA Mobile Error 213.

Lalu apa sih arti M Banking BCA Error 205 itu sebenarnya?.

Ada dua penjelasan yang akan kami sampaikan terkait masalah error 205 pada BCA mobile. Jadi pastikan kalian simak secara lengkap informasinya di bawah ini yah, karena setiap info pada notifikasi yang muncul terkait error 205 punya arti yang berbeda.

Error 205 – Unable to Authenticate your Identity

Ketika menggunakan M Banking BCA untuk transaksi dan muncul notifikasi error 205 – Unable to Authenticate your Identity. Itu artinya aplikasi BCA mobile sama sekali tidak mendeteksi adanya SIM Card yang terdaftar di akun Mobile BCA.

BCA 205 Sementara Transaksi Tidak Dapat Diproses Silahkan Ulangi Beberapa Saat Lagi

Berbeda dari notifikasi di atas, di saat melakukan transaksi di M Banking BCA dan muncul info BCA 205 sementara transaksi tidak dapat diproses silahkan ulangi beberapa saat lagi. Itu artinya bahwa sistem jaringan / server BCA Mobile sedang dalam perbaikan (maintenance).

BCA Mobile Error 205 Aman / Tidak?

Lantas apakah M banking BCA Error 205 aman? secara garis besar seperti apa yang sudah rkonline.id sampaikan di atas. Ketika permasalahan ini muncul kalian tidak perlu merasa khawatir / cemas. Karena saat error 205 BCA Mobile muncul.

Hal tersebut tidak akan membuat akun / data perbankan kalian bocor dan masalah lainnya yang kalian takutkan. Karena ini hanya terjadi ketika sim card tidak terbaca / sedang ada perbaikan pada server Mobile BCA. Jadi BCA mobile Error 205 itu aman yah.

Penyebab BCA Mobile Error 205

Meski di atas sudah kami jelaskan apa saja hal yang menjadi penyebab utama masalah M Banking BCA Error 205. Namun untuk membuat kalian lebih jelas berikut ini adalah beberapa hal utama yang menjadikan aplikasi BCA Mobile Error ini adalah.

  • Pertama karena sedang ada perbaikan masalah pad jaringan / server BCA.
  • Kedua karena SIM Card yang terdaftar di m Banking BCA tidak terbaca oleh HP.

Cara Mengatasi M Banking BCA Error 205

Setelah paham apa saja hal yang menjadikan transaksi BCA Mobile ini gagal dan keluar error 205. Kami katakan sekali lagi kalian tidak perlu merasa khawatir, karena hal ini akan tetap membuat aman akun mBanking BCA kalian.

Meskipun begitu, kami paham tentu ada dari kalian yang tetap ingin segera mengatasi masalah tersebut bukan?. Jika iya, maka seperti tertulis pada judul artikel di atas, berikut akan rkonlin.id sampaikan pula cara mengatasi masalah m Banking BCA Error 205?.

1. Pastikan SIM Card Terdeteksi

Masalah error 205 pada aplikasi mobile banking BCA terjadi karena sistem tidak membaca adanya nomor yang terdaftar di aplikasi di HP / Smartphone yang sedang digunakan. Jadi solusi paling mudah yakni dengan memastikan nomor HP terdaftar terbaca oleh HP / m Banking BCA.

2. Pastikan SIM Card Ada di Slot SIM 1

Disaat melakukan registrasi dan aktivasi BCA Mobile di kantor bank BCA terdekat, kita akan diberitahu bahwa penggunaan nomor HP terdaftar harus terdapat di HP yang sama dan harus terdapat di Slot SIM 1. Jadi ketika error 205 M Banking BCA muncul.

Silahkan kalian periksa posisi sim card yang terdaftar di layanan BCA Mobile sudah ada di lot sim 1 atau belum. Khususnya bagi para pengguna HP dengan fitur dual sim. Jika memang belum, silahkan kalian pindahkan sim slot tersebut sesuai dengan apa yang sudah kami sampaikan.

3. Menunggu Sampai Perbaikan Selesai

Dari penjelasan penyebab utama m Banking BCA Error 205 di atas, kita tahu bahwa tidak bisa melakukannya transaksi karena masalah tersebut terjadi ketika sedang ada perbaikan jaringan / sistem pada server BCA mobile yang dilakukan oleh pihak Bank BCA.

Maka dari itu, ketika saat ini kalian sedang mengalami masalah tersebut. Maka satu-satunya hal yang bisa kalian lakukan yakni menunggu perbaikan / maintenance pada server Mobile Banking BCA selesai di perbaiki. Alternatifnya kalian bisa melakukan transaksi di mesin ATM.

4. Ulangi Verifikasi BCA Mobile

Kemudian salah satu cara mengatasi masalah M Banking BCA Error 205 yang paling mudah dilakukan yakni dengan mencoba mengatur ulang verifikasi BCA Mobile di HP dengan memanfaatkan fitur about, adapun langkah yang perlu dilakukan antara lain seperti:

  • Masuk aplikasi M BCA Mobile.
  • Kemudian pilih ikon (i) / About di kanan atas.
  • Pilih tombol / menu Verifikasi Ulang > Simpan.
  • Masukkan 16 digit nomor kartu debit ATM BCA dan klik OK.
  • Masukkan kode akses dan PIN M Bangking BCA dengan benar lalu klik OK.
  • Selesai.

Ketika melakukan cara ini pastikan kalian paham dan tahu data login mBCA dan juga memiliki akses internet cepat serta pulsa .

5. Update Aplikasi BCA Mobile

Selanjutnya cara lain yang dapat kita lakukan untuk dapat mengatasi M Banking BCA Error 205 adalah dengan melakukan update aplikasi BCA Mobile yang terinstal di aplikasi. Pastikan ketika melakukan cara ini usahakan download langsung di Play Store / App Store.

6. Hubungi Call Center

Nah cara terakhir untuk mengatasi masalah BCA Mobile error 205 yakni dengan menanyakan langsung kepada pihak Call Center dan meminta bantuan kepada mereka. Untuk menghubunginya kalian bisa menggunakan beberapa metode seperti:

  • Halo BCA: 1500888 
  • Email: halobca@bca.co.id
  • Twitter: @HaloBCA
  • WhatsApp Bank BCA: 08111500998

Kesimpulan

Bagi para pengguna aplikasi BCA mobile yang saat ini sedang mengalami masalah serupa, kalian tidak perlu merasa khawatir / takut terkait keamanan data / lainnya. Hal ini seperti kami jelaskan di atas, masalah BCA Mobile Error 205 terjadi karena ada perbaikan server dan SIM Card yang tidak terbaca.

Oleh karena itu, jika saat ini sedang mengalami masalah tersebut, silahkan segera lakukan hal-hal yang sudah rkonline.id jelaskan di atas untuk membuat kalian bisa mengatasi masalah ini. Sekian dan semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat & membantu.

Sumber Gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles