Arti M Banking BCA Error 213 Hari Ini & Cara Mengatasinya!

M Banking BCA Error 213 – Penggunaan layanan mobile banking di era sekarang mungkin menjadi hal yang penting. Mengingat keberadaan salah satu alat transaksi perbankan ini membuat kita sebagai nasabah jauh lebih mudah, fleksibel dan juga cepat ketika melakukan transaksi.

Melihat hal tersebut, seiring berjalannya waktu hampir semua bank saat ini sudah menyediakan fasilitas mobile banking bagi para nasabah. Salah satu di antaranya adalah PT Bank Central Asia atau yang lebih kita kenal dengan bank BCA dengan layanannya bernama M Banking BCA / BCA Mobile.

Citayam

Tidak sekedar bisa kita gunakan untuk cek saldo atau mutasi rekening. Yang jelas salah satu fungsi utama dari M Banking BCA adalah untuk transfer saldo ke sesama rekening BCA maupun ke beda bank dengan memanfaatkan sistem online / real time.

Hanya saja dengan semakin banyaknya jumlah pengguna, terkadang ada saja masalah yang bisa didapat setiap pengguna, salah satunya adalah aplikasi M Banking BCA error 213. Lalu apa itu arti M Banking BCA Error 213 dan apa penyebab serta bagaimana cara mengatasinya?.

Arti M Banking BCA Error 213

Kondisi dimana error 213 m Banking BCA muncul memang tidak terjadi pada semua pengguna. Namun munculnya error ini akan membuat transaksi sama sekali tidak bisa dilakukan, baik itu cek saldo, transfer atau transaksi finansial / non finansial lainnya.

Dari pengalaman pribadi, ketika error tersebut muncul biasanya akan ada notifikasi bertuliskan:

213 – Data tidak sesuai. Silakan lakukan verifikasi ulang BCA mobile melalui meni about” / “213 – Unable to authenticate your identity”.

Meski hal ini cukup merepotkan, akan tetapi kalian tidak perlu merasa cemas, karena munculnya mBanking BCA Error 213 sendiri biasanya hanya terjadi karena adanya file corrupt pada aplikasi maupun smartphone yang sedang kalian gunakan.

Penyebab M Banking BCA Error 213

Sampai saat ini mungkin ada cukup banyak orang yang sudah pernah mengalami masalah ini ketika menggunakan mobile banking BCA untuk transaksi setiap harinya. Namun munculnya error 213 tentu jelas akan menghambat transaksi tersebut.

Namun seperti apa yang sudah rkonline.id sampaikan di atas bagi kalian yangmungkin sedang mengalami masalah seperti ini, kami rasa tidak perlu khawatir karena seluruh data kalian akan tetap aman. Mengingat hal ini terjadi karena ada file corrupt.

Akan tetapi, tidak hanya bisa terjadi karena file corrupt. Setelah kami telusuri ternyata ada beberapa penyebab lain yang membuat m Banking BCA error 213, nah beberapa penyebab tersebut antara lain seperti:

  • File aplikasi Corrupt.
  • Sistem Operasi (OS) smartphone yang digunakan bermasalah.
  • Buruk / kurang baiknya kualitas jaringan internet yang digunakan untuk mengakses layanan mBanking BCA.
  • Ada kendala pada sistem server BCA mobile.
  • Atau bisa jadi karena sim card (SIM 1) pada smartphone tidak terbaca.

Cara Mengatasi M Banking BCA Error 213

Setelah paham dan tahu apa saja kiranya penyebab masalah error 213 pada aplikasi BCA mobile seperti di atas kami sampaikan. Lalu apa saja sih hal yang perlu dilakukan / kita lakukan agar dapat memperbaiki masalah tersebut?.

1. Gunakan / Pastikan Internet Lancar

Sebagai salah satu platform aplikasi berbasis online, jelas untuk bisa menjalankan aplikasi m Banking BCA harus menggunakan koneksi internet. Namun yang perlu kalian catat disini, pastikan saat akan mengngunakannya.

Pastikan bahwa koneksi internet yang kalian gunakan sudah cukup bagus / setidaknya lancar & stabil. Kalian bisa menggunakan koneksi paket data ataupun wifi, dengan begitu masalah error 213 pada BCA mobile tidak akan kalian dapati.

2. Uninstal Aplikasi BCA Mobile

Mengutip langsung dari tweet Halo BCA, masalah error BCA Mobile 213 ini dapat diatasi cukup mudah dengan hanya melakukan uninstall aplikasi dari smaratphone kemudian lakukan penginstalan lagi melalui Play Store / App Store.

Hal ini setidaknya akan dapat membuang masalah error 213 yang muncul karena adanya file corrupt pada aplikasi. Namun pastikan ketika kalian melakukan cara ini, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi,

  • Pertama setelah aplikasi berhasil di install ulang otomatis akan meminta data login.
  • Persiapkan nomor rekening dan nomor kartu ATM yang terdaftar.
  • Pastikan pulsa tersedia untuk proses aktivasi ulang aplikasi mBCA.

3. Update Aplikasi M Banking BCA

Selain dengan menggunakan kedua cara yang sudah kami sampaikan di atas, cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah BCA Mobile error 213 adalah dengan melakukan update aplikasi BCA mobile yang terinstal pada HP masing-masing.

Dengan cara ini setidaknya aplikasi yang sebelumnya mengalami corrupt / masalah pada file sistem di dalamnya akan dapat teratasi. Ketika memilih menggunakan cara ini, kalian tidak perlu khawatir masalah login ulang, karena hal ini tidak akan membuat aplikasi tereset.

4. Restart HP / Smartphone

Cara mengatasi M Banking BCA error 213 yang terakhir adalah dengan mencoba melakukan restart HP / smartphone yang sedang kalian gunakan untuk mengakses aplikasi Mobile Banking BCA. Dengan cara ini setidaknya akan dapat membuat file aplikasi / file sistem yang corrupt bisa teratasi.

Dengan begitu kalian akan bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile untuk transaksi. Yang jelas munculnya kode error tersebut harus kalian pahami arti dan cara mengatasinya, sama seperti ketika mengalami masalah error di mesin EDC BCA, kalian juga harus paham dengan arti Kode Function Mesin EDC BCA.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah rkonline.id sampaikan di atas, jelas bisa kita ambil kesimpulan bahwa masalah m Banking tidak bisa digunakan karena error 213 muncul tidak perlu kalian cemaskan / khawatirkan.

Karena error ini tidak akan memperngaruhi keamanan data. Karena secara garis besar m Banking BCA Error 213 hanya akan terjadi apabila ada corrupt pada file sistem operasi / aplikasi. Dan pastikan cara mengatasi masalah ini pun bisa dibilang cukup mudah.

Sumber Gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles