10 Kode Function Mesin EDC BCA Arti, Fungsi & Kombinasi

Kode Function Mesin EDC BCA – Seiring berkembangnya teknologi digital seperti sekarang ini, transaksi pembayaran tanpa uang tunai semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, hanya bermodalkan kartu debit ataupun kartu kredit, masyarakat sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat.

Agar transaksi tersebut dapat dilakukan, tentunya diperlukan sebuah alat yang dinamakan Electronic Data Capture atau EDC. Mengacu pada pengertiannya, MESIN EDC sendiri merupakan sebuah alat penerima pembayaran yang menghubungkan antar rekening bank, salah satunya Bank BCA.

Di dalam mesin EDC BCA, terdapat sejumlah fitur yang pastinya akan memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi, termasuk kode function. Kode function sendiri merupakan sebuah gabungan ataupun gabungan beberapa tombol di mesin EDC untuk menjalankan sebuah perintah.

Setiap kode function di dalam mesin EDC juga masing-masing mempunyai perintah dalam melakukan sebuah kegiatan. Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu kode function mesin EDC BCA, mulai dari nama hingga fungsi perintahnya.

Apa Itu Kode Function?

Apa Itu Kode Function

Seperti dijelaskan sebelumnya, kode function merupakan sebuah gabungan ataupun kombinasi beberapa tombol di mesin EDC. Ketika pengguna melakukan salah satu kode function, maka secara otomatis mesin EDC akan melaksanakan perintah sesuai dengan kode.

Misalkan pengguna akan melakukan REPRINT EDC BCA, maka mereka harus menggunakan kode Function 73 atau kombinasi F + 7 + 3. Kode tersebut harus ditekan secara bersamaan agar perintah reprint atau cetak ulang bisa dilakukan oleh mesin EDC BCA.

Tipe Mesin EDC BCA

Tipe EDC BCA

Sebelum pembahasan utama mengenai kode function mesin EDC BCA berlanjut, ada baiknya pahami beberapa tipenya terlebih dahulu. Hingga sampai saat ini setidaknya Bank BCA memiliki 3 tipe mesin EDC. Namun, secara garis besar ketiga tipe mesin EDC tersebut memiliki fitur serupa. Adapun beberapa tipe mesin EDC BCA tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mesin EDC type Ingenico.
  • Mesin EDC type Move.
  • Mesin EDC type Castles.

Bagian Mesin EDC BCA

Bagian Mesin EDC BCA

Perlu diketahui, mesin EDC BCA terdiri dari beberapa bagian. Dimana beberapa bagian mesin EDC BCA tersebut pastinya memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan bagian-bagian dari mesin EDC BCA.

  • Layar utama mesin EDC BCA.
  • Tombol perintah Yes (iya) dan No (tidak).
  • Tombol perintah navigasi.
  • Tombol numberpad/keypad untuk memasukkan nominal ataupun PIN.
  • Tempat meletakkan kartu kredit di bagian bawah mesin.
  • Tempat menggesek kartu ATM/debit di bagian kanan mesin.
  • Bagian paling atas sebagai tempat keluarnya struk bukti transaksi.

Fungsi Tombol Mesin EDC BCA

Fungsi Tombol Mesin EDC BCA

Sebagaimana diketahui, setiap tombol di dalam mesin EDC BCA memiliki fungsi atau kegunaannya masing-masing. Nah daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik fungsi beberapa tombol di dalam mesin EDC BCA berikut ini.

  • Tombol hijau (ditekan lama) : Menghidupkan mesin EDC.
  • Tombol hitam sebelah kiri : Perintah No.
  • Tombol hitam sebelah kanan : Perintah Yes.
  • Tombol tengah : Navigasi.
  • Tombol hijau/enter : Untuk mengonfirmasi saat proses transaksi.
  • Tombol merah : Menu cancel/batalkan.
  • Tombol kuning : Mengoreksi nominal ataupun PIN.
  • Tombol F : Function.
  • Tombol titik : Merubah keypad ke mode huruf.

Kode Function Mesin EDC BCA

Daftar Kode Function Mesin EDC BCA

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai bagian hingga fungsi beberapa tombol di dalam mesin EDC BCA. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti apa saja kode function mesin EDC BCA beserta apa kegunaannya.

Perlu diingat, bahwa penggunaan kode function mesin EDC BCA ini harus ditekan secara bersamaan oleh penggunanya supaya perintah bisa berhasil dan lancar. Di bawah ini adalah daftar beberapa kode function yang terdapat di dalam mesin EDC BCA.

NoNama FunctionKode FunctionFungsi
1Function 0F + 0Pengecekan koneksi jaringan
2Function 1F + 1Mengecek penyebab error / reversal
3Function 72F +7 + 2Reprint/cetak ulang transaksi terakhir
4Function 73F +7 + 3Cetak ulang struk atau duplikat
5Function 79F + 7 + 9Menampilkan summary menu
6Function 96F + 9 + 6 + Password 3636Refresh sinyal mesin EDC BCA
7Function 99F + 9 + 9 + 3 angka terakhir nomor mesin EDCReversal mesin EDC BCA

Cara Mengatasi Mesin EDC BCA Error

Cara Mengatasi Mesin EDC BCA Error

Supaya semua transaksi di mesin EDC BCA dapat berhasil serta berjalan lancar, sebaiknya pahami semua kode-kode function di atas. Pasalnya, terdapat beberapa kasus pengguna mesin EDC BCA yang mengalami permasalahan atau mesin error saat hendak bertransaksi.

Apabila mengalami permasalahan tersebut, saran kami sebaiknya segera hubungi Halo BCA di NOMOR TELEPON PENGADUAN MESIN EDC. Atau kalian juga bisa mendatangi kantor cabang Bank BCA terdekat untuk meminta bantuan terhadap gangguan yang terjadi pada mesin EDC.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap kode function di dalam mesin Electronic Data Capture BCA memiliki fungsi berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebaiknya pahami semua kode tersebut supaya nantinya pada saat transaksi semua bisa berjalan dengan lancar sesuai keinginan.

Demikian pembahasan terkait kode function mesin EDC BCA mulai dari nama, kombinasi, hingga fungsi ataupun kegunaannya versi Rkonline.id. Semoga penjelasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai acuan ketika hendak menggunakan kode function di alat EDC Bank BCA.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *