25 Cara Reprint EDC BCA : Transaksi Baru & Sudah Terlewat

Cara Reprint EDC BCA – Salah satu pihak perbankan terbesar di Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas mesin EDC yaitu Bank BCA. Dimana melalui mesin tersebut, pembeli hanya perlu mempersiapkan Kartu Kredit ataupun Debit yang nantinya akan di gesekan oleh pemilik EDC BCA lalu menginput besaran total transaksi.

Pengguna mesin EDC BCA juga wajib melakukan penyelesaian atau settlement setiap harinya supaya tidak ada pembayaran terlewat ataupun tidak tercatat. Pasalnya, pihak Bank BCA memiliki ketentuan mengenai BATAS WAKTU SETTLEMENT EDC BCA bagi para penggunanya.

Di lain sisi, pemilik EDC BCA juga harus melakukan pencetakan ulang atau reprint struk pembayaran yang dilakukan melalui mesin tersebut. Hal ini ditujukan untuk mencatat kas keluar masuk dalam catatan keuangan merchant, mulai dari toko, supermarket, cafe dan lain sebagainya.

Namun, sebagian besar penggunanya masih bingung bagaimana cara melakukan pencetakan ulang struk di EDC BCA. Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara reprint EDC BCA baik itu untuk pembayaran terbaru ataupun pembayaran sudah terlewat.

Apa Itu Reprint BCA?

Apa Itu Reprint BCA

Sebelum membahas cara reprint EDC BCA lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Reprint EDC BCA sendiri merupakan sebuah kegiatan mencetak ulang struk transaksi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh penggunanya.

Dimana tujuan reprint tersebut yaitu untuk mencatat kas keluar masuk dalam catatan ataupun laporan keuangan toko. Umumnya struk yang pertama akan diberikan kepada pembeli, sementara struk kedua nantinya akan disimpan oleh pihak toko sebagai bukti sah transaksi pembayaran dari konsumen.

Syarat Reprint EDC BCA

Syarat Reprint EDC BCA

Secara garis besar, tidak ada syarat khusus yang perlu dipenuhi oleh pemilik atau pengguna saat hendak melakukan reprint EDC BCA. Hanya saja, pengguna harus memastikan bahwa struk ataupun sales draft di dalam mesin EDC BCA sudah terisi penuh.

Selain itu, jika pengguna EDC BCA hendak melakukan print ulang transaksi lama, maka mereka juga pastinya harus mengetahui Invoice Number atau nomor trace yang akan dicetak ulang. Biasanya Invoice Number tersebut terdapat pada struk pembayaran terdahulu.

Cara Reprint EDC BCA

Setelah mengetahui syarat beserta ketentuan mencetak ulang EDC BCA, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Sebenarnya cara reprint EDC BCA dapat dilakukan melalui 3 opsi, yaitu reprint transaksi terbaru, sudah terlewat serta transaksi lama. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan tutorialnya berikut ini.

Reprint Transaksi Terbaru

Mencetak ulang struk bukti transaksi terbaru di mesin EDC BCA sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Sebab, pengguna EDC BCA hanya perlu menekan tombol F atau Function lalu mencetaknya. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan tahapan-tahapannya.

  1. Cara pertama, pastikan sales draft di mesin EDC BCA masih terisi dengan penuh.
  2. Selanjutnya, silahkan tekan tombol F (Function).
    Tekan Tombol F
  3. Kemudian masukkan kode 73.
    Masukkan Kode 73
  4. Terakhir ketuk Enter, maka secara otomatis struk akan keluar dari EDC BCA.
    Ketuk Enter

Reprint Transaksi Sudah Terlewat

Cara selanjutnya ini dapat dilakukan oleh pengguna EDC BCA saat hendak reprint bukti pembayaran beberapa jam sebelumnya. Biasanya cara ini akan sangat diperlukan apabila pemilik toko lupa mencetak struk namun sudah melayani konsumen baru.

  1. Pertama-tama, silahkan ketuk tombol berwarna Hijau pada bagian pojok kanan bawah EDC.
    Ketuk Tombol Hijau
  2. Lalu, pilihlah menu Batch dan ketuk OK.
    Pilih Menu Batch Cara Reprint
  3. Cara berikutnya silahkan masuk menu Review dan tekan OK.
    Masuk Menu Review
  4. Pilih salah satu tagihan yang akan dicetak ulang bukti transaksinya.
    Pilih Tagihan EDC BCA
  5. Cara terakhir silahkan pilih tombol Print, maka struk otomatis akan keluar dari EDC BCA.
    Pilih Tombol Print

Reprint Transaksi Lama

Cara reprint EDC BCA terakhir ini dapat dimanfaatkan untuk mencetak ulang pembayaran lama. Namun, syaratnya pemilik EDC BCA harus mengetahui Invoice Number pada transaksi yang akan dicetak ulang struk pembayarannya. Sebenarnya tahapan-tahapan mencetak ulang EDC BCA menggunakan Invoice Number hampir sama seperti cara pertama.

  1. Silahkan ketuk tombol F (Function) di keypad EDC BCA.
    Ketuk Tombol Function EDC BCA
  2. Kemudian silahkan masukkan kode 76.
    Masukkan Kode 76 EDC BCA
  3. Setelah itu, masukkan Invoice Number transaksi lama.
    Masukkan Invoice Number
  4. Lalu, ketuk tombol berwarna Hijau.
    Pilih Tombol Berwarna Hijau
  5. Nantinya EDC BCA secara otomatis mengeluarkan struk pembayaran sesuai Invoice Number.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa mencetak ulang struk dari EDC BCA merupakan salah satu hal wajib yang perlu dilakukan oleh pemilik toko ataupun merchant lainnya. Sebab, struk tersebut nantinya berguna sebagai laporan yang masuk ke dalam catatan keuangan toko.

Demikian penjelasan dari Rkonline.id seputar tata cara reprint EDC BCA untuk transaksi terbaru, sudah terlewat ataupun transaksi lama. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu kalian ketika hendak mencetak ulang struk bukti pembayaran dari mesin EDC BCA.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *