Batas Waktu Settlement Mesin EDC BCA 2021, Wajib Tahu!

Batas Waktu Settlement Mesin EDC BCA – Mesin Electronic Data Capture atau biasa disebut dengan EDC telah digunakan di berbagai merchant, toko, supermarket, mall, cafe dan lain sebagainya. Dimana mesin tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan bisnis, khususnya bisnis seperti supermarket yang setiap harinya melakukan banyak transaksi.

Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang mengeluarkan mesin EDC yaitu BCA. Tentunya Bank BCA mengeluarkan mesin EDC berteknologi canggih dengan segudang manfaat di dalamnya, salah satunya yaitu untuk melakukan settlement.

Dimana settlement ialah sebuah proses akhir dari sebuah transaksi yang mencakup pengiriman transaksi pada mesin EDC BCA ke sistem BCA supaya mendapatkan klaim atas transaksi harian. Tentunya mesin Electronik Data Capture BCA yang digunakan untuk settlement juga memiliki ketentuan mengenai batas waktunya.

Secara garis besar, satu settlement mesin EDC BCA akan merekap 1 hingga 2 hari transaksi receive payment konsumennya. Nah, untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya perhatikan baik-baik pembahasan terkait batas waktu settlement mesin EDC BCA di bawah ini.

Apa Itu Settlement?

APA ITU SETTLEMENT

Sebelum membahas batas waktu settlement mesin EDC BCA lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Seperti dijelaskan di atas, settlement merupakan sebuah fitur transfer dari pihak perbankan ke merchant ataupun toko yang sudah menjalin kerjasama.

Dimana settlement tersebut nantinya akan menampilkan jumlah transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu satu hari. Fitur ini biasanya di transfer oleh BCA untuk toko maupun merchant yang sudah menggunakan mesin EDC BCA dalam melayani transaksi konsumennya.

Batas Waktu Settlement Mesin EDC BCA

KETENTUAN BATAS WAKTU SETTLEMENT MESIN EDC BCA

Sementara batas waktu settlement mesin EDC BCA merupakan proses penyelesaian dari akhir sebuah transaksi pembayaran yang dilakukan per transaksi, entah itu diproses secara individual ataupun penyelesaian kotor bersifat real time elekrtronik.

Rekening merchant atau toko dapat di debit maupun di kredit berulang kali dalam jangka waktu satu haru sesuai perintah pembayaran serta penerimaan transaksi dari BCA. Oleh sebab itu, merchant harus melakukan settlement setiap harinya. Berikut adalah ketentuan batas waktu settlement mesin EDC BCA.

1. Proses Settlement Mesin EDC BCA

Seluruh merchant rekanan wajib melakukan proses settlement kepada pihak BCA minimal satu kali dalam satu hari, terkecuali dalam jangka waktu 1 hari merchant tersebut tidak melakukan transaksi sama sekali. Bank BCA berhak membebankan atas kerugian yang terjadi jika toko rekanan lalai dalam melakukan settlement.

2. Jenis Transaksi Pembayaran

Jika pembayaran yang dilakukan ke merchant atau toko rekanan menggunakan uang elektronik ataupun kartu kredit, maka merchant harus melakukan proses settlement dengan batas waktu paling lama 7 hari (1 pekan) sejak tanggal transaksi. Apabila proses settlement mesin EDC melebihi batas waktu tersebut, maka pihak Bank BCA tidak memiliki kewajiban dalam melakukan pembayaran kepada toko.

3. Rekap Rekonsiliasi

Selanjutnya, merchant juga wajib membuat rekap rekonsiliasi dari data penagihan sampai data pembayaran. Jika terdapat perbedaan data, toko harus melaporkannya secara tertulis kepada pihak Bank BCA paling lambat 14 hari sejak tanggal pembayaran.

4. Ketentuan Tuntutan

Pihak BCA akan melakukan proses pembayaran settlement sesuai ketentuannya, lalu dana dari hasil settlement hanya bisa efektif di hari berikutnya. Perlu diingat, merchant tidak bisa melakukan klaim atau tuntutan bentuk apapun terhadap bank BCA mengenai nilai settlement apabila melebihi batas waktu, dalam hal ini yaitu melewati 14 hari setelah tanggal terakhir transaksi.

5. Tanggung Jawab Merchant

Merchant harus bertanggung jawab apabila terdapat tuntutan dari pemegang kartu ataupun pengguna uang elektronik saat terjadi sebuah masalah. Toko rekanan BCA harus bertanggung jawab apabila mereka tidak melakukan proses settlement sesuai dengan poin yang tertuang di nomor 1.

Selain itu, jika terjadi kegagalan dalam melakukan proses settlement karena disebabkan oleh kelalaian toko dalam melakukan settlement mesin EDC BCA dari batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, maka toko rekanan tersebut juga harus bertanggung jawab.

6. Kebijakan Bank BCA

Terakhir, pihak Bank BCA berhak menolak maupun menunda pembayaran tagihan ke merchant terkait transaksi yang sedang di klaim ke bank penerbit kartu kredit karena adanya masalah ataupun gangguan tertentu.

Cara Settlement Mesin EDC BCA

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ketentuan batas waktu settlement mesin EDC Bank BCA kepada pada rekanannya. Selanjutnya, di bawah ini juga akan kami berikan bagaimana tata cara settlement mesin EDC BCA.

1. Hidupkan Mesin EDC BCA

HIDUPKAN MESIN EDC BCA

Langkah pertama, silahkan hidupkan mesin EDC dengan menekan tombol Enter berwarna hijau. Sebelumnya, pastikan salesdraft pada mesin EDC BCA telah terisi penuh sebab struk settlement tidak dapat diprint ulang atau reprint.

2. Pilih Settlement

PILIH SETTLEMENT

Kemudian akan muncul beberapa pilihan dari mesin EDC BCA. Silahkan pilih menu Settlement.

3. Masukkan Password

MASUKKAN PASSWORD

Langkah selanjutnya yaitu masukkan PIN atau Password settlement. Dimana pada langkah ini kalian harus memasukkan password 3636.

4. Proses Settlement

PROSES SETTLEMENT

Tahap terakhir silahkan tekan Enter. Maka secara otomatis mesin EDC BCA akan mengeluarkan struk hasil settlement yang berisikan transaksi toko rekanan pada hari tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa proses settlement mesin EDC BCA harus dilakukan minimal setiap hari. Hal ini bertujuan untuk memproses semua pembayaran yang terjadi dalam jangka waktu satu hari oleh merchant ataupun toko rekanan Bank BCA.

Itulah sekiranya penjelasan dari Rkonline.id seputar ketentuan batas waktu settlement mesin EDC BCA dilengkapi tata cara melakukannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bias dijadikan gambaran ketika hendak memproses settlement di mesin EDC BCA.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *