KPR Kendali OCBC NISP 2022 : Suku Bunga, Simulasi & Syarat

KPR Kendali OCBC NISP – Memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR akan memudahkan banyak orang mendapatkan hunian impian secara cepat. Salah satu pilihan hybrid yang sedang diminati adalah KPR Kendali OCBC NISP karena memberikan pengendalian penuh terhadap suku bunganya.

KPR Kendali OCBC NISP mampu menggunakan sampai dengan 80% saldo tabungan untuk meringankan bunga harian sehingga cicilannya bisa lebih sedikit. Layaknya KPR Bank Jatim, OCBC NISP juga memberikan tenor cicilan panjang sampai dengan 25 tahun.

Kemudian KPR Kendali OCBC NISP memberikan fasilitas pembiayan mulai dari 50 juta sampai maksimal 15 milyar rupiah sehingga jumlahnya sangat besar. Selain itu debitur juga bisa memilih jenis properti meliputi rumah, ruko, rukan, rumah usaha, rumah multiguna, SOHO maupun apartemen.

Pinjamannya akan cepat lunas karena menggunakan porsi pokok yang lebih besar. Selain itu kamu tidak perlu kawatir karena tabungan tidak di hold ataupun ditahan sehingga tetap bisa dipakai untuk berbagai jenis transaksi.

Apa itu KPR Kendali?

KPR kendali adalah kredit pemilikan rumah yang terdapat gabungan ataupun bundling antara pinjaman dan juga tabungan sehingga membuat nasabah bisa mengendalikan buka serta tenor pinjaman lewat saldo tabungannya. Dengan gabungan KPR maka porsi tabungan bisa secara otomatis mengurangi beban cicilan serta suku bunga pinjaman.

Memang KPR OCBC NISP review cukup kompetitif karena memberikan suku bunga yang bisa saja turun mengikuti saldo tabungan debitur. Bisa dipakai untuk tujuan pembelian rumah jenis primary maupun secondary.

Namun perlu diperhatikan saat cara pelunasan KPR OCBC NISP karena jika dilakukan diawal maka akan ada biaya penalti yang harus dibayarkan. Kemudian ketika ada keterlambatan pembayaran atau tunggakan maka langsung dicatat pada sistem SLIK OJK.

Suku Bunga KPR OCBC NISP Kendali

Pada dasarnya KPR Kendali OCBC NISP memiliki bunga fixed, eketif dan juga floating dimana menyesuaikan dengan jumlah saldo tabungan debitur. Memang benefit menyimpan saldo berapapun nominalnya akan diperhitungkan dalam pinjaman.

Kemudian saldo mengendap tabungan 80% memiliki harga setara dengan suku bunga dimana dipakai untuk mengurangi porsi bunga angsuran. Lebih jelasnya untuk suku bunga KPR OCBC NISP simak pada tabel dibawah ini.

Jenis BungaSuku BungaTenor
Suku Bunga (Fixed & Float)5,50%Fixed 1 tahun
Effektif6,50%Fixed 2 tahun
 6,50%Fixed 3 tahun
 13,75%floating
Suku Bunga Fixed all Tenor10,50%jangka waktu kredit 2 tahun
Effektif10,00%jangka waktu kredit 3 tahun

Biaya KPR

Seperti halnya KTA ANZ, produk KPR Kendali OCBC NISP juga memiliki sistem biaya yang dikenakan kepada debiturnya. Biaya yang ada termasuk administrasi, denda, notaris, penalti, akta pengikatan kredit, asuransi maupun provisi.

Besarannya sudah ditentukan pihak OCBC NISP dimana memang untuk tiap nasabah ada yang berbeda. Semuanya menyesuaikan dengan kebijakan internal Bank OCBC NISP dan juga rekanannya, sebagai gambaran simak ditabel berikut.

Jenis BiayaBiaya
AdminTenor < 10 tahun : 0,1% x plafond kredit (minimal Rp.250.000)
Tenor ≥ 10 tahun : 0,1% x plafond kredit (minimal Rp.500.000)
Akta Pengikatan KreditSesuai kebijakan internal Bank
Denda0,1% perhari dari total tagihan
NotarisMenyesuaikan tarif asuransi rekanan Bank OCBC NISP
Penalti3% dari nominal pelunasan
Penyimpanan SertifikatSesuai tarif Safe Deposit Box atau SDB jika agunan tidak diambil selama 30 hari sesudah pelunasan
Premi AsuransiMenyesuaikan tarif asuransi rekanan Bank OCBC NISP
ProvisiTenor ≤ 10 tahun : 1% x plafond kredit
Tenor > 10 tahun : 1,5% x plafond kredit
TaksasiRp.750.000 menyesuaikan biaya KJPP

Syarat Pengajuan KPR

Sebagai debitur yang ingin mengajukan KPR Kendali OCBC NISP kalian wajib melengkapi syarat dan juga dokumen yang dibutuhkan. Kurang lebih memang persyaratan pengajuan sama seperti produk KPR dari bank lainnya sehingga cukup mudah dipenuhi.

Karena KPR Kendali OCBC NISP diperuntukkan bagi karyawan, pengusaha maupun profesional maka akan ada dokumen resmi yang dijadikan agunan. Supaya kalian lebih jelas simak persyaratan KPR Kendali OCBC NISP dibawah ini.

Syarat Umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Mempunyai pendapatan tetap.
  • Usia minimal 21 tahun ataupun sudah menikah.
  • Untuk karyawan usia maksimal 58 tahun saat kredit berakhir.
  • Untuk pengusaha dan profesional usia maksimal 70 tahun saat kredit berakhir.

Syarat Dokumen

Jenis DokumenKaryawanPengusahaProfesional
Formulir pengajuan KPR dengan tanda tangan calon Debitur
Fotocopy KTP Pemohon dan Suami/Istri
Fotocopy Kartu Keluarga
Fotocopy Akta Nikah/Cerai/Pisah Harta
Fotocopy NPWP
Surat pernyataan fasilitas kredit
Fotocopy surat keterangan kerja
Bukti pelunasan uang muka/down payment
Rekening tabungan/rekening Koran3Bulan6Bulan6Bulan
Slip gaji asli 1 bulan terakhir
Surat Perintah Kerja 1 tahun/sedang berjalan ✖
Fotocopy Surat Keterangan Domisili/SIUP/TDP/NIB
Fotocopy SIP(Surat Ijin Praktek)/SK Pengangkatan ✖

Simulasi KPR Kendali OCBC NISP

Setelah mengetahui semua syarat pengajuannya kalian tinggal melakukan pengajuan secara langsung di kantor bank OCBC NISP. Kemudian untuk perhitungannya kalian bisa memanfaatkan KPR OCBC simulasi melalui website resminya.

Kamu bisa mengatur sendiri jumlah uang muka, tenor dan juga nominal pembiayaan yang dibutuhkan. Kemudian dari simulasi akan didapatkan hasil angsuran perbulan kemudian total pengembalian dana selama tenor berlaku.

1. Buka website simulasi KPR OCBC NISP kemudian muncul tampilan seperti dibawah ini. Lanjutkan dengan tekan Mulai Simulasi

KPR OCBC simulasi

2. Silahkan kalian pilih tenor dengan geser slidenya, kemudian masukkan dana saat ini ataupun besaran uang muka. Lanjutkan memasukkan return tahunan dan juga penghasilan perbulan.

suku bunga KPR OCBC NISP

3. Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah sesuai kemudian tekan Hitung

KPR OCBC NISP review

4. Akan tampil informasi pembiayaan berupa angsuran perbulan, total pelunasan dan lainnya.

tabel KPR

Kesimpulan

Perlu diperhatikan Bank OCBC NISP memiliki hak penuh untuk mengambil alih agunan ketika debitur tidak membayar angsuran ataupun memiliki tunggakan menyesuaikan perjanjian kredit. Bisa diambil kesimpulan KPR Kendali OCBC NISP memang memudahkan debitur mendapatkan properti bunga rendah dengan bantuan saldo tabungan.

Selain itu KPR Kendali OCBC NISP termasuk memiliki biaya administrasi yang minim sehingga tidak akan membuat debitur rugi. Sekian pembahasan KPR Kendali dari rkonline.id, semoga kalian bisa menjadikannya referensi.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.