KPR Bank Jatim 2022 : Syarat, Bunga, Angsuran & Pengajuan

KPR Bank Jatim – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau Bank Jatim merupakan bank terbesar di Jawa Timur yang masih menjadi andalah bagi masyarakat sekitar. Melalui bank Jatim masyarakat bisa mendapatkan bantuan finansial mulai dari tabungan, deposito, pinjaman dan pembiayaan.

Salah satu jenis produk layanan yang sampai saat ini masih menjadi pilihan masyarakat sekitar adalah KUR Bank Jatim serta KPR Bank Jatim. Dengan fasilitas tersebut, kalian akan dapat dengan mudah memperoleh pinjaman modal usaha dan juga pinjaman kepemilikan rumah.

Bicara mengenai Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR bank Jatim. Untuk saat ini ada beberapa jenis KPR yang bisa dimanfaatkan dengan suku bunga rendah. Salah satu diantaranya adalah KPR Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).

KPR tersebut akan memberikan kemudahan kepada setiap orang untuk bisa memiliki rumah impian dengan angsuran murah, tenor panjang dan juga suku bunga rendah. Selain KPR Sejahtera FLPP, bank Jatim juga memiliki beberapa jenis KPR lain yang bisa kalian gunakan.

Jenis KPR Bank Jatim

Dengan dimilikinya beberapa jenis KPR, setidaknya setiap orang akan bisa memilih dan menyesuaikan sendiri mana pilihan KPR bank Jawa Timur yang cocok dengan kondisi finansial mereka. Dan berikut ini adalah beberapa jenis KPR bank Jatim yang bisa kalian gunakan.

1. KPR Sejahtera FLPP

Jenis KPR pertama adalah KPR Sejahtera FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan. Jenis KPR ini lebih diperuntukkan bagi masyarakat dengan penghasilan rendah (MBR) / setidaknya paling banyak sekitar Rp 8 juta rupiah per bulan untuk dapat sesegera mungkin memiliki rumah impian dan sejahtera.

Namun semua rumah yang dibeli pun harus sudah bekerjasama dengan Badan Hukum maupun bisa langsung ke perorangan yang juga sudah bekerjasama dengan Badan Hukum dengan menyerahkan DP sebesar 1%. Adapun kriteria rumah yang bisa dibeli melalui KPR ini yaitu sebagai berikut :

  • Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan bekasi) Rp 150.500.000
  • Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) Rp 168.000.000
  • Kepulauan Riau (Batam) Rp 156.500.000
  • Rumah Susun yang dapat dibeli maksimal seharga Rp 284.400.000,00

2. KPR iB Barokah

Dan jenis KPR bank Jatim yang berikutnya dapat kalian gunakan adalah KPR iB Barokah. Lewat KPR yang satu ini, setiap nasabah dapat memilih membeli rumah dengan jangka waktu pembiayaan pendek, menengah, ataupun panjang. Yang tentu dapat kalian sesuaikan dengan kondisi keuangan sendiri.

Bahkan dengan KPR iB Barokah bank Jatim ini, kalian juga bisa memilih jenis layanan yang diberikan. Termasuk untuk renovasi rumah baru maupun bekas baik dilingkungan developer maupun non developer dengan prinsip syariah.

Suku Bunga KPR Bank Jatim

Seperti apa yang sudah kami singgung dan sampaikan di atas. Setidaknya dengan memanfaatkan produk KPR di atas, kalian akan bisa memiliki rumah impian dan sejahtera sesuai dengan harapan. Namun tidak bisa kita pungkiri, suku bunga KPR menjadi hal pasti menjadi keresahan.

Namun di KPR bank Jawa Timur, kalian tidak perlu lagi merasa khawatir akan hal tersebut. Karena seperti kami singgung sebelumnya, suku bunga KPR bank Jawa Timur tergolong sangat kompetitif yaitu sekitar 5% pa efektif rate bersifat tetap selama jangka waktu kredit (fixed rate).

Syarat Pengajuan KPR Bank Jatim

Nah untuk kalian yang tertarik untuk melakukan pengajuan KPR bank Jawa Timur, maka berikut ini adalah beberapa syarat pengajuan yang harus kalian lengkapi.

Syarat Umum

  • Belum memiliki rumah dan menerima subsidi pemilikan rumah
  • Memiliki KTP dan NPWP
  • Bagi PNS / TNI / POLRI yang pindah domisili karena keperluan dinas dikecualikan dari ketentuan belum memiliki rumah

Syarat Dokumen

  • Foto ukuran 4×6
  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi atau surat pernyataan penghasilan diketahui: Pimpinan instansi tempat bekerja untuk masyarakat berpenghasilan tetap, Kepala Desa/Lurah untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap
  • Surat keterangan penghasilan dari instansi tempat bekerja / slip gaji untuk masyarakat berpenghasilan tetap
  • Surat Keterangan belum memiliki rumah dari RT/RW setempat / Instansi tempat bekerja atau Surat Keterangan Sewa / kuitansi sewa rumah
  • Syarat lainnya sesuai ketentuan Bank Jatim

Cara Pengajuan KPR Bank Jatim

Apabila sudah mengetahui apa saja jenis KPR bank Jatim serta suku bunga dan biaya serta syarat pengajuan seperti rkonline.id sampaikan di atas. Bagi kalian yang tertarik dan menginginkan untuk segera memiliki rumah dengan menggunakan KPR maka berikut adalah prosedur pengajuan KPR di bank Jawa Timur.

  • Pertama silahkan siapkan semua berkas persyaratan seperti yang sudah kami sebutkan di atas,.
  • Kemudian silahkan datangi kantor cabang Bank Jatim terdekat di wilayah kalian.
  • Dan ketika sudah sampai di lokasi bank Jatim, silahkan kalian ambil nomor antrian untuk bertemu dengan CS dan tunggu sampai nomor dipanggil.
  • Saat di panggil, silahkan datangi petugas dan katakan bahwa kalian ingin melakukan pengajuan kredit kepemilikan rumah atau KPR.
  • Maka petugas pun akan langsung meminta beberapa berkas persyaratan untuk dilakukan pemeriksaan.
  • Saat melakukan pemeriksaan biasanya petugas akan memberikan informasi terkait produk KPR bank Jatim mulai dari suku bunga, tenor dan plafon.
  • Jika kalian sudah memahami dan proses pemeriksaan data telah selesai, petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan.
  • Sampai disini proses pengajuan pun sudah berhasil dan kalian akan diperbolehkan pulang.
  • Proses evaluasi pun dilakukan dengan melihat semua data formulir dan berkas persyaratan oleh pihak bank.
  • Kalian cukup menunggu beberapa hari sejak pengajuan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank.

Pastikan untuk nomor HP terdaftar aktif dan dapat tetap dihubungi. Karena proses pengajuan biasanya akan memakan waktu antara 7 – 14 haru atau sekitar 2 minggu maksimalnya. Dan jika pihak ban memberikan kabar baik bahwa pengajuan diterima.

Maka kalian pun akan diminta untuk mendatangi kantor bank Jatim terdekat untuk melakukan proses lanjutan sebelum rumah benar-benar kalian dapatkan. Seperti itu kiranya proses cara pengajuan KPR bank Jatim yang harus dilakukan.

Simulasi Angsuran KPR Bank Jatim

Dan untuk memberikan gambaran terkait simulasi kredit kepemilikan rumah di bank Jatim, berikut adalah simulasi tabel angsuran KPR bank Jatim yang bisa kalian jadikan gambaran.

Plafon Rp 150 juta / 5 Tahun

150 Juta 5 Tahun

Plafon Rp 150 juta / 10 Tahun

150 Juta 10 Tahun

Plafon Rp 300 juta / 5 Tahun

300 Juta 5 Tahun

Plafon Rp 300 juta / 10 Tahun

300 Juta 10 Tahun

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah rkonline.id sampaikan di atas, setidaknya kalian akan dapat memiliki rumah dengan biaya yang ringan serta suku bunga rendah ketika menjadikan KPR bank Jatim sebagai pilihannya.

Namun jika memang kalian ingin memilih KPR dari bank lain, kami memiliki beberapa rekomendasi artikel yang bisa kalian simak terkait KPR Maybank ataupun KPR Tanpa BI Checking. Sekian dan semoga bisa menjadi referensi yang menarik.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.