17 KPR Paling Murah 2021 Fitur, Bunga, Syarat & Cara Pengajuan

KPR Paling Murah – Sebagaimana diketahui, setiap orang pasti menginginkan rumah atau hunian pribadi yang nyaman untuk ditinggali. Namun, dalam mewujudkan impian tersebut terkadang seseorang mengalami beberapa kendala, terutama karena harga properti setiap tahun semakin meningkat.

Melihat antusiasme masyarakat terkait keinginannya dalam memiliki rumah idaman begitu tinggi, maka beberapa pihak perbankan di Indonesia menghadirkan produk Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Dimana KPR ialah sebuah produk pembiayaan yang dapat digunakan nasabah untuk membeli sebuah rumah.

Salah satu keunggulan dari KPR yaitu jangka waktu atau tenor angsurannya tergolong cukup lama, mulai dari 1 tahun sampai 25 tahun. Akan tetapi, setiap pihak perbankan yang menawarkan fasilitas KPR kepada para nasabahnya pastinya memiliki sejumlah ketentuan, baik itu dari segi bunga, biaya dan lain sebagainya.

Karena banyaknya pilihan KPR itulah membuat sebagian besar masyarakat menjadi bingung mana yang terbaik. Nah, untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap daftar rekomendasi KPR paling murah di Indonesia mulai dari fitur, bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya.

Kelebihan dan Kekurangan KPR

Kelebihan dan Kekurangan KPR

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah ialah sebuah fasilitas pembiayaan yang diterbitkan oleh beberapa pihak perbankan di Indonesia kepada nasabahnya untuk membeli rumah, entah itu baru ataupun bekas. Umumnya, produk KPR hadir dengan tenor atau jangka waktu angsuran mulai dari 1 tahun hingga 25 tahun, tergantung keinginan nasabah.

Meskipun memiliki segudang keunggulan, namun bukan berarti KPR tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Oleh sebab itu, sebelum membahas daftar rekomendasi KPR paling murah lebih lanjut, ada baiknya ketahui beberapa kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

1. Kelebihan

  • Nasabah tidak perlu menyiapkan dana besar.
  • Angsuran bisa meringankan pengeluaran.
  • Uang cicilan berpotensi menjadi lebih murah.
  • Tenor atau jangka waktu pinjaman tergolong lama.
  • Plafon pinjaman terbilang besar.

2. Kekurangan

  • Tenor mempengaruhi besaran bunga.
  • Total uang menjadi lebih banyak apabila dibandingkan membeli secara tunai.
  • Risiko rumah disita.
  • Memberlakukan suku bunga fluktuatif.
  • Adanya penalti.

Daftar KPR Paling Murah

Daftar KPR Paling Murah

Perlu diingat, antara KPR bank konvensional dengan KPR SYARIAH PALING MURAH pastinya memiliki sejumlah perbedaan. Salah satu perbedaannya yaitu KPR bank konvensional memberlakukan perhitungan bunga, sementara KPR syariah memberlakukan sistem bagi hasil.

Seperti dijelaskan sebelumnya, hampir semua pihak perbankan di Indonesia sudah menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah kepada nasabahnya, baik itu Bank BUMN, swasta, komersil hingga daerah. Tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini akan kami berikan daftar rekomendasi KPR paling murah di Indonesia.

1. KPR BTN

Rekomendasi KPR paling murah pertama buat kalian yaitu dari BTN. Perlu diketahui, BTN menjadi salah satu pelopor hadirnya produk Kredit Pemilikan Rumah di Indonesia. BTN menawarkan produk KPR dengan bunga tetap selama 2 tahun sebesar 8.88% dan berlaku untuk plafon sekitar Rp 250 juta sampai Rp 1.5 miliar.

2. KPR BNI

Sebagai salah satu bank BUMN, BNI menawarkan KPR dengan perhitungan bunga murah dan tetap, yaitu mulai dari 6.75% untuk tenor 3 tahun. Salah satu syarat utama agar pengajuan KPR BNI dapat disetujui yaitu nasabah harus memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulannya.

3. KPR Mandiri

Selain BNI, Mandiri juga menawarkan produk KPR paling murah kepada para nasabahnya. Dimana Mandiri memberlakukan perhitungan suku bunga rendah mulai dari 3.88% fixed 1 tahun, 4.88% fixed 3 tahun sampai 8.88% untuk 10 tahun. menariknya lagi, Mandiri saat ini sudah menggandeng lebih dari 900 developer pembangunan di seluruh Indonesia.

4. KPR Standar Chartered

Meskipun Standar Chartered merupakan sebuah bank swasta, namun pihak perbankan tersebut menghadirkan layanan Kredit Pemilikan Rumah paling murah kepada nasabahnya. KPR Standar Chartered memberlakukan perhitungan bunga mulai dari 6.75% sampai 8%, tergantung pada tenor atau jangka waktu pinjamannya.

5. KPR BCA

BCA termasuk ke dalam deretan penyedia KPR paling murah selanjutnya di Indonesia. BCA menawarkan produk KPR kepada nasabah guna pembelian properti baru, bekas ataupun untuk renovasi. Menariknya lagi, KPR BCA menawarkan tenor pinjaman yang terbilang cukup panjang, yaitu maksimal 20 tahun.

6. KPR Maybank

KPR paling murah selanjutnya yaitu dipegang oleh Maybank. KPR Maybank menawarkan produk pembiayaan kepemilikan rumah dengan fixed rate (bunga tetap) sampai 5 tahun. Selain itu, sebenarnya KPR Maybank bisa digunakan oleh nasabahnya untuk membeli rumah, apartemen, ruko/rukan ataupun tanah, asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

7. KPR Bank Panin

Tidak jauh berbeda seperti KPR di atas, Panin menawarkan produk pembiayaan untuk pembelian rumah, ruko/rukan serta apartemen, baik itu dari perorangan, developer maupun agen properti lainnya. Agar pengajuannya bisa diterima, nasabah perlu melengkapi fotokopi dokumen jaminan seperti sertifikat AJB, IMB ataupun PBB.

8. KPR Permata

Rekomendasi KPR paling murah selanjutnya buat kalian yaitu berasal dari Permata . Dimana Permata menawarkan berbagai macam pilihan KPR yang bisa disesuaikan dengan keinginan serta kemampuan nasabahnya. Terlebih lagi, KPR Permata Bank hanya memberlakukan suku bunga dasar kredit sebesar 8.25% saja sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

9. KPR Hana Bank

Tidak mau kalah dengan beberapa pihak perbankan di atas, Hana Bank menghadirkan produk Kredit Pemilikan Rumah kepada nasabahnya. Produk KPR Hana Bank tersebut diperuntukkan bagi nasabah perorangan, karyawan hingga profesional atau wiraswasta. Namun, syarat utamanya yaitu nasabah harus memiliki penghasilan minimal Rp 5 juta seriap bulannya.

10. KPR DBS

DBS menawarkan sebuah produk KPR bernama DBS Home Loan yang bisa dipergunakan untuk membeli rumah tinggal, apartemen, ruko ataupun fasilitas refinancing. DBS Home Loan juga menawarkan jangka waktu angsuran yang cukup bervariasi, mulai dari 1 tahun sampai 20 tahun sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan nasabahnya.

11. KPR Bank DKI

KPR paling murah selanjutnya di Indonesia berasal dari bank daerah, yaitu Bank DKI bernama KPR Griya Monas. KPR Griya Monas diberikan kepada nasabahnya untuk kebutuhan pembelian properti rumah tapak, rumah susun, ruko ataupun kebutuhan konsumtif lainnya. Selain itu, Bank DKI juga sebenarnya sudah melengkapi layanan tersebut dengan fasilitas take over KPR dari bank lain.

12. KPR OCBC NISP

OCBC NISP menawarkan 2 jenis Kredit Pemilikan Rumah pada nasabah, yaitu KPR Easy Start serta KPR Kendali. Dimana kedua jenis KPR paling murah tersebut memberikan pilihan jangka waktu angsuran cukup panjang, yaitu paling lama 25 tahun dengan plafon minimal 100 juta sampai maksimal Rp 2.5 miliar.

13. KPR Bank UOB

KPR Bank UOB juga bisa dijadikan opsi bagi kalian yang menginginkan rumah baru dengan bunga ringan. Secara umum, KPR OUB memang diperuntukkan bagi nasabah perorangan, bukan badan usaha ataupun koperasi. Akan tetapi, nasabah perorangan tersebut diwajibkan memiliki penghasilan tetap minimal Rp 10 juta per bulannya.

14. KPR Nobu Bank

Daftar rekomendasi KPR paling murah berikutnya buat kalian yakni dimiliki oleh Nobu Bank. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabah ketika mengajukan KPR di Nobu yaitu mereka tidak akan dikenai biaya administrasi pengajuan sedikitpun. Di samping itu, bunga angsurannya juga tergolong rendah, yaitu mulai dari 4.5% di tahun pertamanya.

15. KPR Seabank

Belakangan ini, KPR Seabank kerap diperbincangkan oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab, KPR Seabank menawarkan produk KPR dengan suku bunga kompetitif dengan pilihan jangka waktu mencapai 20 tahun. Terlebih lagi proses pengajuannya yang terbilang cepat dan mudah mampu menarik minat masyarakat sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

16. KPR Danamon

Danamon menghadirkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah kepada para nasabah dengan jangka waktu angsuran mulai dari 1 tahun hingga maksimal 20 tahun. Selain itu, Danamon juga memberlakukan perhitungan suku bunga KPR fixed pada periode tertentu selanjutnya floating pada periode selanjutnya, tergantung pada pemilihan tenor angsurannya.

17. KPR CIMB Niaga

Rekomendasi KPR paling murah terakhir buat kalian yaitu berasal dari CIMB Niaga. CIMB Niaga sendiri menawarkan dua jenis KPR, yaitu KPR Xtra CIMB Niaga serta KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga. Kedua produk tersebut sama-sama menawarkan tenor atau jangka waktu angsuran yang cukup panjang, yaitu maksimal 25 tahun dengan suku bunga kompetitif.

Cara Mengajukan KPR Paling Murah

Cara Mengajukan KPR Paling Murah

Di atas sudah dibahas secara tuntas mengenai daftar rekomendasi KPR paling murah di Indonesia mulai dari fitur, suku bunga hingga biaya pengajuannya. Ketika hendak mengajukan KPR, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah sebagai calon debitur, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Melampirkan KTP pemohon (suami & istri jika sudah menikah).
  • Melampirkan Kartu Keluarga.
  • Melampirkan keterangan penghasilan.
  • Melampirkan salinan sertifikat bangunan.
  • Melampirkan salinan IMB.

Untuk saat ini, tata cara pengajuan KPR sebenarnya bisa dilakukan secara offline dengan cara mengunjungi kantor cabangnya. Namun, terdapat juga beberapa pihak perbankan yang sudah menyediakan fasilitas online terkait pengajuan KPR, salah satunya yaitu CIMB Niaga.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan seputar daftar rekomendasi KPR paling murah di Indonesia mulai dari fitur, suku bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya versi Rkonline.id. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan KPR di salah satu pihak perbankan.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *