12 KPR Syariah Paling Murah 2021 Fitur, Syarat & Cara Pengajuan

KPR Syariah Paling Murah – Seperti diketahui, Kredit Pemilikan Rumah atau KPR merupakan salah satu opsi yang kerap dipilih kebanyakan orang ketika hendak membeli rumah. Selain bank-bank konvensional, saat ini bank-bank syariah di Indonesia juga sudah menyediakan fasilitas atau layanan kredit tersebut.

Menurut beberapa orang, KPR milik pihak bank syariah diklaim memiliki segudang keunggulan ketimbang KPR konvensional. Selain itu, masyarakat juga menilai bahwa pengajuan KPR melalui skema syariah lebih aman sebab tidak memakai bunga dengan cicilan naik turun setiap bulannya.

Sesuai namanya, tentunya KPR syariah juga tidak diperbolehkan adanya unsur-unsur yang dilarang dalam agama Islam. Hampir seluruh bank syariah di Indonesia sudah menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah kepada para nasabahnya yang pastinya sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur.

Meskipun demikian, masih ada sebagian besar orang di luar sana kebingungan dalam memilih serta mengajukan KPR di bank syariah. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi KPR syariah paling murah mulai dari fitur, keunggulan hingga syarat pengajuannya.

Apa Itu KPR Syariah?

Apa Itu KPR Syariah

Sebelum pembahasan daftar KPR syariah paling murah berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertian dari Kredit Pemilikan Rumah. Secara garis besar, KPR syariah mempunyai teknis serta pelaksanaan serupa seperti KPR pada bank-bank konvensional, akan tetapi terdapat perbedaan dalam sistem balas jasa.

Dimana balas jasa di dalam produk KPR syariah yaitu sistem hasil, pasalnya layaknya lembaga keuangan dan sistem syariah diwajibkan untuk terbebas dari riba. Perlu diingat, KPR tentu berbeda dengan KREDIT TANPA AGUNAN, karena KPR membutuhkan adanya sebuah jaminan atau agunan.

Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah

Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah

Setiap produk atau fasilitas dari bank syariah, tentunya sudah dilengkapi berbagai macam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut nantinya bisa menjadi keuntungan atau bahkan kerugian bagi pada nasabah. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan KPR syariah.

1. Kelebihan

  • Tidak adanya perhitungan bunga.
  • Uang muka atau DP menjadi lebih ringan.
  • Jumlah cicilan flat setiap bulannya.
  • Tidak membebankan penalti kepada para nasabahnya.
  • Dapat melakukan perencanaan keuangan.

2. Kekurangan

  • Adanya denda keterlambatan pembayaran angsuran.
  • Umumnya periode pinjaman pendek.
  • Tidak mengalami penurunan bunga.

Daftar KPR Syariah Paling Murah

Di dalam pengajuan KPR syariah, biasanya terdapat dua perjanjian atau akad yang sering digunakan, yaitu akad Murabahah serta Musyarakah. Akad Murabahah ialah fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada calon debitur menggunakan skema atau sistem jual beli.

Sementara akad Musyarakah yaitu kerja sama antar bank dan nasabah dalam memiliki sebuah properti dengan pembayaran hasil sewa sesuai dengan besarnya kepemilikan modal masing-masing pihak. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa rekomendasi daftar KPR syariah paling murah di Indonesia.

1. BSI Griya Hasanah

BSI Griya Hasanah

Jenis KPR syariah paling murah pertama yaitu dimiliki oleh Bank Syariah Indonesia bernama BSI Griya Hasanah. BSI Griya Hasanah ialah sebuah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada para nasabah dan pastinya berprinsip syariah. Dimana BSI Griya Hasanah memberlakukan ketentuan angsuran ringan serta tetap setiap bulannya. Selain itu, nasabah juga tidak dibebankan biaya provisi, penalti serta mendapatkan appraisal hingga Rp 5 miliar.

2. BSI Griya Mabrur

BSI Griya Mabrur

BSI Griya Mabrur merupakan produk kredit kepemilikan rumah berhadiah porsi Haji, asalkan pembayaran angsurannya lancar selama 2 tahun. Plafon yang ditawarkan di dalam program BSI Griya Mabrur yaitu minimal Rp 300 juta dengan tenor paling sedikit 15 tahun atau 120 bulan.

3. BSI Griya Simuda

BSI Griya Simuda

Sesuai namanya, BSI Griya Simuda merupakan sebuah layanan Kredit Pemilikan Rumah bagi nasabah berusia muda, yaitu antara 21 sampai 40 tahun. salah satu keunggulan dari KPR syariah paling murah ini yaitu memiliki ekstra tenor sampai dengan 30 tahun. Menariknya lagi, nasabah juga akan dibebaskan biaya provisi serta biaya penalti.

4. BSI Griya Swakarya

BSI Griya Swakarya

Daftar KPR syariah paling murah selanjutnya juga masih dipegang oleh produk dari Bank Syariah Indonesia. Dimana di dalam BSI Griya Swakarya ini diferensiasi bank syariah lebih kuat serta ketersediaan rumah terkontrol. Syarat utama ketika hendak mangajukan KPR BSI Griya Swakarya yaitu nasabah harus memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

5. KPR BTN Platinum iB

KPR BTN Platinum iB

KPR BTN Platinum iB merupakan produk kredit kepemilikan rumah, ruko hingga apartemen, entah itu untuk yang pertama kali, kedua atau bahkan ketiga. Dimana proses pengajuan KPR BTN Platinum iB dinilai mudah dan cepat dengan uang muka ringan serta angsuran tetap selama jangka waktu cicilannya. Ketika hendak mengajukan KPR BTN Platinum iB, nasabah diharuskan menyerahkan sertifikat sebagai bukti Hak Guna Bangunan ataupun Hak Milik.

6. KPR iB Muamalat

KPR iB Muamalat

KPR iB Muamalat hadir dengan akad Murabahah serta memberlakukan sistem angsuran tetap sampai akhir masa pembiayaan. Muamalat juga membebaskan nasabahnya dalam memilih skema angsuran, baik itu Angsuran Super Ringan ataupun Angsuran Fix n Fix terkait produk KPR. Sementara jangka waktu pembiayaannya sendiri maksimal mencapai 15 tahun.

7. KPR iB Fix CIMB Niaga

KPR iB Fix CIMB Niaga

Daftar rekomendasi KPR syariah paling murah selanjutnya buat kalian yaitu KPR iB Fix CIMB Niaga. KPR iB Fix CIMB Niaga menawarkan fasilitas kredit kepemilikan rumah kepada para nasabahnya dengan tenor atau jangka waktu angsuran maksimal 15 tahun. Namun, selama masa pembiayaan tersebut, besaran angsurannya akan tetap sama setiap bulannya.

8. KPR iB Flexi CIMB Niaga

KPR iB Flexi CIMB Niaga

Selanjutnya yaitu masih dengan produk KPR syariah paling murah dari CIMB Niaga bernama KPR iB Flexi. Sebenarnya KPR iB Flexi CIMB Niaga tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, hanya saja jenis ini lebih difokuskan ke pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah yang lebih fleksibel. Nasabah akan dibebaskan dalam memilih jangka waktu angsuran maksimal 25 tahun. Namun, nasabah tersebut juga perlu membayar uang muka sebesar 5% dati total pembiayaan.

9. KPR iB BCA Syariah

KPR iB BCA Syariah

BCA Syariah menawarkan produk pembiayaan kepemilikan rumah kepada para nasabahnya bernama KPR iB BCA Syariah. Dimana di dalam produk tersebut nasabah bisa menikmati pembiayaan dengan jangka waktu terbilang sangat panjang, yaitu maksimal 30 tahun. Menariknya lagi, KPR BCA Syariah menyediakan angsuran berjenjang sehingga semakin memudahkan nasabahnya dalam masa pembayaran angsuran hingga akhir.

10. Pembiayaan Properti BTN iB

Pembiayaan Properti BTN iB

Deretan KPR syariah paling murah selanjutnya dimiliki oleh produk Pembiayaan Properti BTN iB. Dimana fasilitas tersebut menawarkan Kredit Pemilikan Rumah kepada masyarakat yang menginginkan kepemilikan atas properti baru ataupun hendak merenovasi rumah mereka. Produk KPR tersebut menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah dengan angsuran tetap sampai akhir masa pembiayaan.

11. KPR Mandiri Syariah

KPR Mandiri Syariah

Meskipun Mandiri Syariah sudah bergabung atau merger menjadi Bank Syariah Indonesia, namun bank tersebut masih menawarkan produk kepemilikan rumah bernama Pembiayaan Griya Berkah. Pembiayaan Griya Berkah milik Mandiri Syariah ini menggunakan akad Murabahah dengan jangka waktu maksimal 20 tahun. Akan tetapi, nasabah perlu mempersiapkan uang muka sebesar 305 dari harga rumah ketika hendak mengajukannya.

12. KPR BRI Syariah

KPR BRI Syariah

Daftar KPR syariah paling murah terakhir yaitu dimiliki oleh BRI Syariah. BRI Syariah menawarkan produk Kredit Pemilikan Rumah kepada nasabahnya bernama Griya Faedah iB Syariah. Fasilitas tersebut bisa nasabah manfaatkan untuk membeli rumah, ruko, apartemen, tanah hingga renovasi rumah maupun take over KPR. Plafon pembiayaannya juga terbilang cukup tinggi, mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 3.5 miliar.

Cara Mengajukan KPR Syariah

Cara Mengajukan KPR Syariah

Di atas sudah dibahas secara tuntas mengenai daftar rekomendasi KPR syariah paling murah di Indonesia. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengajukan produk KPR di bank syariah. Sebelum mengajukan, sebaiknya penuhi beberapa syarat utama pengajuannya di bawah ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 21 tahun serta maksimal 55 tahun saat jatuh tempo pembiayaan.
  • Besar angsuran tidak melebihi 40% dari total penghasilan bersih bulanan.

Untuk saat ini, kebanyakan bank syariah di Indonesia hanya menyediakan pelayanan pengajuan KPR secara offline melalui kantor cabangnya. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa pihak bank syariah yang sudah menyediakan layanan online dalam pengajuan produk KPR, salah satunya yaitu BSI.

Ketika hendak mengajukannya, pastikan kalian sudah memenuhi semua dokumen persyaratannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dokumen persyaratan tersebut juga menjadi syarat utama supaya pengajuan Kredit Pemilikan Rumah di bank syariah bisa diterima dan disetujui.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa pilihan KPR syariah paling murah di Indonesia sebenarnya cukup beragam, mulai dari BUMN, swasta ataupun umum. Tentunya setiap produk KPR milik bank syariah tersebut memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing yang harus diperhatikan.

Itulah sekiranya informasi dari Rkonline.id seputar daftar rekomendasi KPR syariah paling murah di Indonesia mulai dari fitur, syarat pengajuan hingga tata cara pengajuannya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan KPR berprinsip syariah.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *