Apa Itu KTA : Fungsi, Jenis, Limit, Syarat, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu KTA – Seiring berjalannya waktu, kebutuhan sehari-hari manusia terus mengalami kenaikan atau peningkatan. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi, sebab kebutuhan manusia pastinya akan semakin bertambah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor tertentu.

Sebagai contoh sepasang kekasih baru saja melangsungkan pernikahan sehingga mereka harus mempersiapkan rencana-rencana finansial di masa depan. Adapun beberapa rencana finansial tersebut diantaranya yaitu seperti membeli rumah, biaya pendidikan anak dan lain sebagainya.

Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak sekali pihak perbankan ataupun fintech yang menyediakan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, salah satunya yaitu Kredit Tanpa Agunan atau biasa disebut KTA. Dengan hadirnya KTA, para nasabah ataupun konsumen dapat mengajukan hutangan tanpa adanya jaminan.

Meskipun kehadiran KTA di Indonesia terbilang sudah cukup lama, namun masih ada sebagian besar orang yang belum mengerti apa kegunaan dari KTA. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu KTA mulai dari pengertian, fungsi, jenis serta kelebihan sampai kekurangannya.

Apa Itu KTA ?

APA ITU KREDIT TANPA AGUNAN

Sebelum membahas fungsi KTA, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu KTA. KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan sebuah produk layanan dari pihak perbankan ataupun lembaga finansial non bank yang menawarkan fasilitas hutangan dana tunai pribadi kepada para nasabah tanpa membutuhkan aset sebagai jaminannya.

Dengan kata lain, Kredit Tanpa Agunan memang diperuntukkan bagi nasabah yang tidak memiliki aset untuk dijadikan sebagai jaminan pinjaman, entah itu karyawan, wirausaha ataupun profesional. Akan tetapi, periode pelunasan angsuran non jaminan tersebut biasanya lebih pendek apabila dibandingkan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) milik pihak perbankan.

Fungsi KTA

FUNGSI KTA

Setelah mengetahui apa itu KTA, selanjutnya kalian juga harus mengerti fungsi ataupun kegunaannya. Seperti dijelaskan di atas, kehadiran KTA sangat membantu seseorang di keadaan-keadaan mendesak maupun khusus seperti biaya pengobatan, biaya pendidikan dan lain sebagainya.

Sifat Kredit Tanpa Agunan ini yaitu sebagai produk kredit konsumtif sehingga membuatnya tidak terpatok pada suatu kebutuhan tertentu seperti halnya angsuran khusus rumah ataupun kendaraan. Selain itu, KTA juga meringankan nasabah yang tidak memiliki kartu kredit namun ingin mengajukan pinjaman dengan plafon ringan sampai sedang.

Limit Pinjaman

LIMIT PINJAMAN

Limit plafon serta tenor pinjaman yang disediakan oleh para penyedia KTA cukup bervariatif, mulai dari tingkatan rendah sampai sedang. Di Indonesia, umumnya KTA diberikan kepada para nasabah dengan minimal pinjaman sebesar Rp 5 juta hingga maksimal Rp 300 juta.

Untuk tenor atau durasi waktu yang diberikan dalam pelunasan cicilan tanpa jaminan oleh bank seperti KTA BNI berkisar antara 1 tahun (12 bulan) sampai 5 tahun (60 bulan). Di samping itu, bank tersebut juga menetapkan suku bunga tetap sehingga menguntungkan bagi para nasabahnya.

Kelebihan dan Kekurangan

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Sebagaimana diketahui, setiap produk pinjaman entah itu dari lembaga perbankan ataupun non perbankan tentunya memiliki sejumlah keunggulan serta kekurangan, termasuk layanan pinjaman non jaminan. Maka dari itu, kalian perlu mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Tidak diberlakukan syarat jaminan atau agunan.
  • Persyaratan pengajuan cicilan mudah serta proses pencairannya cepat.
  • Penggunaan pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
  • Suku bunga tetap selama masa kontrak angsuran.
  • Periode tenor atau jangka waktu angsuran bisa disesuaikan mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.
  • Beberapa jenis KTA memberikan fasilitas perlindungan asuransi kepada para nasabahnya.
  • Limit pinjaman tanpa jaminan terbilang cukup besar, hingga Rp 500 juta.
  • Proses pembayaran cicilan dapat dilakukan dengan mudah, baik itu melalui ATM, transfer antar bank sampai auto debit.
  • Biaya administrasi tergolong ringan.

Kekurangan

  • Suku bunga tergolong cukup tinggi.
  • Plafon tergantung pada profesi serta penghasilan nasabah.
  • Plafon dan tenor pinjaman cukup terbatas.
  • Adanya denda percepatan pelunasan kredit.

Jenis KTA

JENIS KTA

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap apa saja kelebihan serta kekurangan dari Kredit Tanpa Agunan. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti apa saja jenis-jenisnya. Umumnya, Kredit Tanpa Agunan digolongkan menjadi dua macam, yaitu KTA Reguler dan Payroll.

KTA Reguler

Angsuran tanpa agunan Reguler ialah sebuah pinjaman yang disediakan oleh lembaga fintech kepada masyarakat umum dari golongan apa saja, dari karyawan, wirausaha hingga profesional. Jenis cicilan ini kerap dijadikan opsi hutangan karena seseorang tidak perlu menjadi nasabah suatu bank terlebih dahulu karena siapapun bisa mendapatkannya.

KTA Payroll

Seperti diketahui, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem Payroll dari bank tertentu untuk mendistribusikan gaji kepada para pegawainya. Jadi, KTA Payroll merupakan jenis hutangan yang hanya bisa diajukan oleh pegawai ataupun karyawan dari perusahaan tertentu yang mengunakan sistem Payroll pada suatu lembaga seperti perbankan.

Syarat Mengajukan KTA

SYARAT MENGAJUKAN KTA

Seseorang yang hendak mengajukan Kredit Tanpa Agunan di lembaga tertentu pastinya wajib memenuhi semua syarat beserta ketentuannya, seperti pada KTA MAYBANK. Oleh sebab itu, sebelum mengajukannya sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syarat utama pengajuannya di bawah ini.

  • Pemohon berkedudukan sebagai Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan.
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Di samping itu, terdapat juga beberapa dokumen ataupun berkas pendukung lainnya dalam pengajuan kredit non jaminan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah dokumen pendukung pengajuan cicilan tersebut.

  • Fotokopi KTP/KITAS.
  • Fotokopi NPWP.
  • Bukti penghasilan seperti slip gaji/SKP/SPT (karyawan dan profesional).
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP (wirausaha).
  • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir (wirausaha).
  • Fotokopi surat izin profesi (profesional).

Tips Memilih KTA

TIPS MEMILIH KTA

Nah, setelah memahami seluk beluk dari Kredit Tanpa Agunan mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga kelebihan serta kekurangannya, kalian juga harus mengerti bagaimana cara memilih penyedia kredit berkualitas. Di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips dan trik dalam memilih penyedia pinjaman tanpa jaminan terpercaya.

  • Pilih penyedia cicilan yang memiliki izin resmi dari OJK.
  • Miliki tujuan pengajuan yang jelas.
  • Perhatikan kondisi keuangan kalian.
  • Lakukan perbandingan produk KTA.
  • Pilih tenor sesuai kebutuhan dan kemampuan.
  • Jangan lupa lakukan simulasi angsuran terlebih dahulu sebelum mengajukannya.

Kesimpulan

Sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan di lembaga tertentu, sebaiknya pahami dan cermati terlebih dahulu apa fungsinya serta apa saja kelebihan sampai kekurangannya. Hal itu bertujuan agar nantinya kalian bisa mengatasi kemungkinan hal-hal buruk di masa mendatang. Selain itu, usahakan penuhi semua syarat dan ketentuannya agar pengajuan bisa disetujui.

Demikian penjelasan dari RKonline seputar apa itu KTA mulai dari pengertian, fungsi, jenis, syarat pengajuan, kelebihan dan kekurangan sampai tips memilihnya. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat kalian jadikan pedoman ketika hendak mengajukan Kredit Tanpa Agunan di suatu lembaga tertentu.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *