KTA Bank BNI 2021 : Bunga, Biaya, Syarat & Cara Pengajuan

KTA Bank BNI 2021 – Saat ini pinjaman atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank pemerintah memang sangat dinanti oleh masyarakat. Pasalnya, fungsi utama dari KTA sendiri yaitu untuk memenuhi semua kebutuhan para nasabahnya, entah itu dari kebutuhan konsumtif maupun produktif.

Salah satu pihak perbankan milik pemerintah yang kini sudah menyediakan fasilitas KTA untuk para nasabahnya yaitu Bank BNI. Dimana melalui KTA BNI ini nasabah berkesempatan mendapatkan pinjaman dengan plafon mencapai Rp 500 juta serta tenor maksimal 15 tahun.

KTA Bank BNI bisa menjadi opsi pinjaman bagi seseorang yang sedang membutuhkan pinjaman dana untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan namun tidak memiliki jaminan. Namun, agar bisa mendapatkan pinjaman tersebut, kalian juga perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak mengajukan KTA di Bank BNI, ada baiknya pahami terlebih dahulu syarat beserta prosedur pengajuannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai seluk beluk KTA Bank BNI 2021 mulai dari jenis, fitur, suku bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya.

Jenis KTA Bank BNI

JENIS KTA BANK BNI

Untuk saat ini, setidaknya Bank BNI memiliki 2 jenis Kredit Tanpa Agunan, yaitu BNI Fleksi serta BNI Cerdas. Tentunya kedua jenis KTA BNI tersebut memiliki sedikit perbedaan, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. BNI Fleksi

BNI Fleksi merupakan salah satu jenis KTA yang diperuntukkan bagi nasabah dengan status pegawai aktif (fixed income). Jenis KTA ini juga kerap disebut sebagai KTA BNI Payroll, sebab debitur mendapatkan gaji dari perusahaan melalui bank BNI.

2. BNI Cerdas

Sementara BNI Cerdas merupakan sebuah produk KTA yang berfokus untuk biaya pendidikan pre-school sampai pascasarjana pada lembaga pendidikan di dalam negeri. Dengan kata lain, Kredit Tanpa Agunan jenis ini termasuk ke dalam pinjaman Non Payroll, karena pinjaman ini bisa didapatkan meskipun perusahaan tempat nasabah bekerja tidak menggunakan jasa Bank BNI.

Fitur & Keuntungan KTA Bank BNI

FITUR KEUNTUNGAN KTA BANK BNI

Seperti dijelaskan sebelumnya, KTA Bank BNI memiliki sejumlah keunggulan yang pastinya menguntungkan bagi para nasabahnya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan sejumlah fitur dan keuntungan dari KTA Bank BNI 2021.

  • Plafon pinjaman tergolong besar, yaitu maksimal Rp 500 juta.
  • Tenor pinjaman panjang, bahkan mencapai 15 tahun.
  • Suku bunga dan biaya KTA BNI terbilang rendah.
  • Syarat pengajuannya mudah.

Suku Bunga KTA Bank BNI 2021

SUKU BUNGA KTA BANK BNI 2021

Perhitungan suku bunga KTA Bank BNI yang diberlakukan yaitu bunga tetap mulai dari 10.5% sampai 12.5%. Akan tetapi, besaran suku bunga tersebut juga dibedakan berdasarkan tenor yang nasabah ambil. Berikut adalah rincian suku bunga KTA Bank BNI 2021.

TenorSuku Bunga Per BulanTingkat Bunga Tetap (Flat)
1 Tahun0.88%10.5%
2 Tahun0.92%11%
3 Tahun0.96%11.5%
4 Tahun1.09%12%
5 Tahun1.04%12.5%

Biaya KTA Bank BNI 2021

BIAYA KTA BANK BNI 2021

Selain mempunyai ketentuan terkait suku bunga KTA, Bank BNI juga memiliki peraturan mengenai biaya di dalam proses pengajuannya. Tentunya biaya tersebut juga wajib dibayarkan oleh debitur saat proses pengajuan KTA BNI diterima ataupun disetujui.

  • Biaya provisi sebesar 1% dari total KTA BNI yang disetujui.
  • Biaya administrasi sebesar Rp 100.000.
  • Biaya pelunasan dipercepat sebesar 0.5% dari sisa pokok pengajuan pinjaman.
  • Biaya keterlambatan angsuran sebesar 2.5% dari sisa pengajuan pinjaman.
  • Debitur diharuskan memiliki asuransi jiwa selama masa kredit serta premi asuransi dibayarkan oleh debitur.

Syarat Pengajuan KTA Bank BNI 2021

SYARAT PENGAJUAN KTA

Seperti dijelaskan sebelumnya, agar proses pengajuan KTA di Bank BNI dapat diterima, tentunya nasabah diharuskan mematuhi semua syarat beserta ketentuannya. Adapun beberapa syarat serta ketentuan pengajuan KTA Bank BNI 2021 tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Memiliki status sah sebagai Warga Negara Indonesia dan tinggal di Indoneisa.
  • Sudah menyalurkan fasilitas Payroll di Bank BNI.
  • Nasabah merupakan pegawai aktif dengan level minimum staf (pegawai tetap).
  • Memiliki penghasilan minimal Rp 2.500.000 per bulan.
  • Nasabah berusia minimal 21 tahun saat pengajuan serta maksimal 65 tahun saat tenor berakhir.
  • Mengisi formulir aplikasi pengajuan KTA Bank BNI.

Selain beberapa syarat utama di atas, nasabah juga diwajibkan memenuhi semua dokumen pendukungnya. Umumnya dokumen pendukung ini dibedakan berdasarkan golongan nasabahnya, entah itu karyawan, wirausaha ataupun profesional.

KeteranganKaryawanWirausahaProfesional
Fotokopi KTPYaYaYa
Fotokopi NPWPYaYaYa
Fotokopi Rekening Koran 3 Bulan TerakhirYaYa
Surat Keterangan Kerja dan Slip GajiYa
Foto 4×6Ya
Surat Keterangan Masa/Waktu Kerja dari AtasanYa
Fotokopi Kartu KreditYaYa
Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDPYa
Bukti PenghasilanYa
Fotokopi Surat Izin ProfesiYa

Cara Pengajuan KTA Bank BNI 2021

Sama halnya seperti pengajuan KTA MAYBANK, proses pengajuan KTA Bank BNI juga saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Dimana pengajuan secara online tersebut dilakukan melalui website resminya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara pengajuan KTA Bank BNI 2021 berikut ini.

1. Kunjungi Situs Resmi Bank BNI

KUNJUNGI SITUS RESMI BANK BNI

Tahap pertama silahkan kunjungi website resmi eform Bank BNI melalui smartphone, laptop ataupun komputer kalian. Usahakan koneksi jaringan internet lancar dan stabil.

2. Cari Menu BNI Fleksi

CARI MENU BNI FLEKSI

Selanjutnya akan muncul beberapa produk yang ditawarkan oleh Bank BNI. Silahkan pilih BNI Fleksi dan klik Daftar.

3. Ajukan KTA BNI Fleksi

AJUKAN KTA BNI FLEKSI

Kemudian akan muncul kembali dua pilihan KTA Bank BNI, yaitu BNI Fleksi Aktif serta BNI Fleksi Pensiun. Karena kali ini kami mencontohkan pengajuan untuk pegawai usia produktif, maka silahkan pilih BNI Fleksi Aktif.

4. Jawab Semua Pertanyaan

JAWAB SEMUA PERTANYAAN

Setelah itu, kalian biasanya akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari pihak BNI. Jawab pertanyaan tersebut dengan benar.

5. Pahami Semua Syarat dan Ketentuan Pengajuan

PAHAMI SEMUA SYARAT DAN KETENTUAN PENGAJUAN

Lalu, secara otomatis akan muncul mengenai syarat dan ketentuan terkait produk layanan KTA Bank BNI. Pahami semua syarat beserta ketentuan tersebut. Jika sudah, centang kolom yang tersedia dan klik Lanjutkan.

6. Mengisi Informasi Calon Debitur

MENGISI INFORMASI CALON DEBITUR

Cara berikutnya yaitu masukkan nomor rekening BNI serta tanggal lahir sesuai dengan kartu identitas diri. Kemudian, masukkan kode captcha yang muncul di atas kolom jawaban.

7. Proses Pengajuan KTA Bank BNI

PROSES PENGAJUAN KTA BANK BNI

Setelah semua terisi dengan benar, silahkan klik tombol Proses. Umumnya proses persetujuan pengajuan KTA BNI Fleksi ini membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 7 hari kerja. Sementara untuk proses pencairannya biasa memakan waktu paling lama 14 hari kerja.

Tabel Angsuran KTA Bank BNI 2021

Perlu diketahui, Bank BNI juga biasanya mengeluarkan tabel angsuran mengenai produk KTA, entah itu BNI Fleksi ataupun BNI Fleksi Pensiun. Sebagai gambaran, berikut akan kami berikan beberapa tabel angsuran KTA Bank BNI 2021.

TABEL ANGSURAN KTA BANK BNI 2021
TABEL ANGSURAN KTA BANK 2

Cara Simulasi Online KTA Bank BNI

CARA SIMULASI ONLINE KTA BANK BNI

Selain menyediakan tabel angsuran, Bank BNI juga menyediakan fasilitas perhitungan ataupun simulasi angsuran KTA. Dimana simulasi ini dapat dilakukan secara online melalui website resmi Bank BNI. Nah, di bawah ini akan kami berikan tata cara simulasi online KTA Bank BNI.

  1. Pertama, silahkan buka website resmi Bank BNI.
  2. Kemudian silahkan cari produk BNI Fleksi.
  3. Lalu, pilihlah menu Simulasi.
  4. Pada halaman simulasi, kalian dibebaskan untuk menghitung angsuran dari segi penghasilan ataupun nominal pinjaman.
  5. Isi semua kolom yang tersedia dengan benar.
  6. Jika sudah, silahkan klik Kalkulasi.
  7. Maka secara otomatis akan keluar hasil simulasi atau perhitungan angsuran KTA BNI.

Call Center Bank BNI

CALL CENTER BANK BNI

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai KTA Bank BNI 2021 mulai dari jenis, suku bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya. Apabila masih merasa kebingungan, ada baiknya tanyakan secara langsung kepada pihak customer care Bank BNI di beberapa contact center berikut ini.

  • BNI Call : 1500046
  • Telepon : +62-21-30500046
  • Fax : +62-21-25541203
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Twitter : @BNICustomerCare
  • Facebook : @BNI

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa KTA Bank BNI dapat diajukan oleh seluruh kalangan nasabah, mulai dari karyawan, wiraswasta hingga profesional. Selain itu, proses pengajuannya yang mudah juga bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi pada nasabahnya.

Demikian sekiranya penjelasan dari RKonline mengenai seluk beluk KTA Bank BNI 2021 mulai dari jenis, suku bunga, biaya, tabel angsuran hingga prosedur pengajuannya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai acuan ketika hendak mengajukan KTA di Bank BNI.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *