12 KTA Tanpa Kartu Kredit 2021 : Bunga, Biaya & Syarat Pengajuan

KTA Tanpa Kartu Kredit – Belakangan ini, KTA atau Kredit Tanpa Agunan sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya KTA memudahkan seseorang dalam mendapatkan pinjaman dana tunai cepat cair dengan syarat ringan.

Sebagaimana diketahui, KTA sendiri merupakan sebuah produk pinjaman multiguna yang ditawarkan oleh suatu lembaga perbankan ataupun fintech tanpa mengharuskan konsumennya memberikan jaminan. Di sisi lain, proses pengajuan dan pencairan dananya juga cepat sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali pihak lembaga perbankan ataupun non perbankan yang menawarkan produk KTA. Menariknya lagi, sebagian dari produk KTA tersebut bisa diajukan oleh seseorang tanpa mengharuskan memiliki kartu kredit terlebih dahulu.

Akan tetapi, untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan tersebut tentunya nasabah perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi KTA tanpa kartu kredit baik itu dari lembaga perbankan ataupun fintech.

Apa Itu KTA Tanpa Kartu Kredit?

Apa Itu KTA Tanpa Kartu Kredit

Seperti dijelaskan sebelumnya, KTA tanpa kartu kredit merupakan sebuah pinjaman yang ditawarkan kepada masyarakat tanpa mengharuskan melampirkan jaminan serta kartu kredit. Dimana saat ini produk tersebut sudah disediakan baik itu oleh pihak lembaga perbankan maupun non perbankan.

Jangka waktu yang diberikan oleh penerbit KTA untuk produk tersebut sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, tenor atau jangka waktu angsurannya juga sangat fleksibel, bahkan ada yang mencapai 60 bulan (5 tahun).

Kelebihan dan Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit

Kelebihan dan Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, namun bukan berarti KTA tanpa kartu kredit tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukannya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangannya.

1. Kelebihan

  • Praktis karena tidak membutuhkan jaminan atau agunan.
  • Pinjaman bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan.
  • Proses pengajuan dan pencairan dana cepat.
  • Syarat pengajuan tergolong ringan.
  • Biaya administrasi terbilang ringan.

2. Kekurangan

  • Besar pinjaman tergantung pada profesi serta penghasilan.
  • Suku bunga relatif tinggi.
  • Tenor pinjaman terbatas.

Jenis KTA Tanpa Kartu Kredit

Hingga kini, sudah tersedia cukup banyak produk pinjaman tanpa kartu kredit yang ditawarkan oleh lembaga perbankan maupun non perbankan. Nah, daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rekomendasi daftar KTA tanpa kartu kredit berikut ini.

1. Permata KTA

Permata KTA Tanpa Kartu Kredit

Jenis KTA tanpa kartu kredit pertama yaitu milik Permata Bank. Bank Permata menawarkan produk KTA dengan suku bunga kompetitif, mulai dari 1.79% dengan jangka waktu pinjaman 12 sampai 24 bulan. Menariknya lagi, KTA Permata kini sudah bisa diajukan secara online oleh para nasabahnya.

2. KTA Hana Bank

KTA Hana Bank

Selanjutnya yaitu ada Hana Bank. Hana Bank menawarkan produk pinjaman tanpa jaminan sekaligus tanpa kartu kredit kepada para nasabahnya. Dimana bank tersebut memberlakukan suku bunga flat sebesar 0.95% per bulannya dengan tenor mulai dari 12 bulan, 36 bulan sampai 60 bulan.

3. KTA Bank DBS

KTA Tanpa Kartu Kredit Bank DBS

Sebagai salah satu pelopor bank digital, DBS juga memiliki sebuah produk Kredit Tanpa Agunan dengan suku bunga flat 0.88% sampai 1.49% per bulan. Perlu diketahui, semakin besar plafon pinjaman KTA maka akan semakin kecil bunganya. DBS menawarkan plafon pinjaman KTA mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 300 juta.

4. KTA Instan Dana Cinta CTBC

KTA Instan Dana Cinta CTBC

KTA tanpa kartu kredit selanjutnya yaitu berasal dari Bank CTBC bernama KTA Instan Dana Cinta. KTA BANK CTBC menawarkan suku bunga tergolong rendah, yaitu sekitar 1.89% per bulan dengan tenor angsuran mulai dari 12 bulan, 36 bulan hingga 60 bulan. Untuk besaran plafon pinjamannya sendiri bisa mencapai Rp 200 juta.

5. KTA CIMB Niaga Xtra Dana

KTA CIMB Niaga Xtra Dana

Tidak mau kalah dengan pihak perbankan lainnya, CIMB Niaga juga turut menghadirkan produk KTA bernama Xtra Dana. CIMB Niaga menawarkan produk pinjaman dana tunai cepat cair dengan plafon maksimal Rp 300 juta serta tenor angsuran 60 bulan. Suku bunga yang ditawarkan juga tergolong rendah, yaitu sekitar 1.79% saja.

6. CommBank KTA

CommBank KTA Tanpa Kartu Kredit

Rekomendasi produk KTA tanpa kartu kredit selanjutnya buat kalian yaitu berasal dari CommBank atau Bank Commonwealth. KTA BANK COMMONWEALTH memberlakukan perhitungan suku bunga flat sebesar 1.99% per bulan, tergantung pada tenor pinjamannya. Salah satu keunggulan KTA CommBank yaitu tidak membebankan nasabahnya biaya administrasi.

7. KTA Bank Danamon

KTA Bank Danamon

Bank Danamon juga memiliki produk pinjaman tanpa jaminan bernama KTA Dana Instant. Danamon menawarkan limit pinjaman produk KTA mencapai Rp 200 juta serta bunga mulai 1.19%. KTA Danamon tersebut memang diperuntukkan bagi nasabah berstatus karyawan, profesional maupun pengusaha dengan gaji minimal Rp 3 juta per bulan.

8. KTA BNI Fleksi

KTA BNI Fleksi

BNI Fleksi merupakan sebuah produk Kredit Tanpa Agunan yang ditawarkan kepada pegawai aktif dengan penghasilan tetap setiap bulannya. Maksimal plafon yang dapat diajukan oleh nasabah BNI terkait produk KTA yaitu mencapai Rp 500 juta dengan tenor paling lama 15 tahun. Perlu diingat, fasilitas ini hanya bisa diajukan oleh nasabah yang menyalurkan pembayaran gajinya melalui BNI.

9. KTA BSI

KTA BSI

Apabila kalian menginginkan produk KTA tanpa kartu kredit berprinsip syariah, maka BSI bisa menjadi opsi terbaik. Dimana BSI memiliki produk pinjaman tanpa agunan bernama Mitraguna Online yang bisa diajukan oleh nasabahnya. Akan tetapi, syarat utama supaya proses pengajuan Mitraguna Online bisa diterima dan disetujui yaitu nasabah harus sudah terdaftar sebagai pengguna aktif BSI Mobile.

10. KTA Bank Mandiri

KTA Bank Mandiri

Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, Bank Mandiri juga menghadirkan fasilitas pinjaman tanpa jaminan bernama Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) kepada para nasabahnya. KSM bisa diajukan oleh nasabah Mandiri dengan syarat memiliki masa kerja sebagai pegawai tetap selama 1 tahun serta memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulannya.

11. KTA Asetku Akulaku

KTA Asetku Akulaku

Nah, jika di atas merupakan produk pinjaman tanpa jaminan milik lembaga perbankan, kali ini kami akan memberikan fasilitas KTA milik perusahaan fintech, yaitu Akulaku. Perusahaan tersebut memiliki sebuah layanan pinjaman tanpa jaminan bernama KTA ASETKU AKULAKU.

Mengingat Akulaku merupakan sebuah perusahaan berbasis teknologi digital, tentunya cara pengajuannya juga dilakukan secara online. Tentunya hal ini semakin menguntungkan bagi para penggunanya karena proses pengajuannya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

12. KTA UangTeman

KTA UangTeman

Rekomendasi KTA tanpa kartu kredit terakhir yaitu datang dari perusahaan fintech UangTeman. Jangan khawatir dengan tingkat keamanannya, karena UangTeman sudah diawasi secara langsung serta terdaftar secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

UangTeman menawarkan produk KTA dengan besaran plafon mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 6 juta yang harus dilunasi dalam jangka waktu 10 sampai 30 hari. Salah satu syarat utama ketika mengajukan KTA di UangTeman yaitu konsumen harus memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Cara Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit

Cara Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai kelebihan, kekurangan hingga daftar rekomendasi KTA tanpa kartu kredit. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pengajuannya, entah itu produk KTA dari lembaga perbankan ataupun KTA milik perusahaan fintech.

Untuk produk KTA milik lembaga perbankan, biasanya mereka hanya menerima permohonan pengajuan melalui offline atau mendatangi kantor cabang secara langsung. Namun, beberapa pihak perbankan di atas juga sudah menyediakan fasilitas pengajuan online kepada para nasabahnya sehingga menjadi lebih mudah dan efisien.

Sementara untuk produk KTA milik perusahaan fintech, tentunya proses pengajuan serta pencairan dana pinjamannya sudah dapat dilakukan secara online. Kami ingatkan sekali lagi bahwa supaya pengajuan bisa diterima, sebaiknya lengkapi dan penuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa produk pinjaman tanpa jaminan sekaligus tanpa kartu kredit tersebut sudah ditawarkan oleh sejumlah lembaga, baik itu lembaga perbankan maupun non perbankan. Selain itu, masing-masing produk KTA tersebut juga memiliki sejumlah keunggulan serta kekurangan yang harus diperhatikan.

Itulah sekiranya penjelasan seputar KTA tanpa kartu kredit mulai dari kelebihan dan kekurangan hingga daftar rekomendasi jenis-jenisnya versi Rkonline.id. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan produk pinjaman tanpa jaminan kartu kredit.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *