Kartu Kredit Jenius BTPN: Jenis, Limit, Bunga & Biaya

Kartu Kredit Jenius BTPN – Cukup sukses dengan inovasi Flexi Cash Jenius. Belum lama ini Bank BTPN selaku penerbit aplikasi Jenius secara resmi telah mengumumkan inovasi baru dengan merilis Kartu Kredit Jenius guna melengkapi pilihan metode pembayaran bagi para pengguna atau nasabah.

Perilisan layanan baru berupa kartu kredit tersebut, setidaknya akan menjadi langkah baru bagi Jenius untuk bisa melaju ke pasar internasional. Pasalnya kita semua tahu bahwa penggunaan kartu kredit berlabel VISA / Mastercard jelas bisa digunakan di hampir seluruh negara di dunia ini.

Citayam

Tak saja hanya dari sisi fungsionalitas yang tinggi, berbeda dengan jenis layanan kartu kredit pada umumnya. Kartu kredit Jenius BTPN ini memiliki akses yang cukup lengkap mulai dari pengaturan transaksi, serta kendali limit yang bisa kalian gunakan setiap bulannya.

Disamping itu, Kartu Kredit Jenius ini nantinya juga dapat kalian akses langsung dari aplikasi Jenius sama halnya dengan layanan Flexi Cash Jenius. Dan berikut ini adalah informasi lengkap tentang kartu kredit Jenius BTPN dari apa itu, jenis, bagian, limit, bunga dan biaya yang bisa kalian simak.

Apa Itu Kartu Kredit Jenius BTPN?

Mula-mula mari kita kenali dulu apa itu Kartu Kredit Jenius BTPN, karena kami yakin masih banyak orang terutama pengguna Jenius yang masih belum paham betul dengan layanan / produk finansial terbaru yang belum lama ini dihadirkan oleh PT Bank BTPN.

Kartu Kredit Jenius adalah sebuah alat pembayaran secara non tunai yang secara sah dan legal diterbitkan oleh bank BTPN dengan fungsi untuk pembayaran transaksi pembelian secara digital melalui platform mobile aplikasi Jenius BTPN.

Setiap pengguna yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan mengaktifkan layanan kartu kredit Jenius. Nantinya akan mendapatkan limit sesuai ketentuan bank BTPN dengan nominal tertentu. Yang dimana nantinya limit tersebut bisa digunakan untuk belanja dengan sistem tempo mulai dari 3 s/d 36 bulan.

Dan menariknya lagi, dengan melihat pertumbuhan transaksi online yang kini semakin meningkat. Jenius melalui Kartu Kredit terbarunya ini juga menyematkan fitur Split Pay yang tersedia untuk minimal transaksi sebesar Rp 500.000 yang belum termasuk laporan tagihan.

Jenis Kartu Kredit Jenius BTPN

Hampir sama seperti Kartu Kredit JCB atau Kartu Kredit BNI, BCA dan juga Mandiri serta lain sebagainya. PT Bank BTPN juga menawarkan beberapa jenis kartu kredit yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Dimana sesuai dengan informasi di halaman Jenius, disebutkan bahwa Kartu Kredit Jenius BTPN terbagi menjadi dua, diantaranya adalah:

d-Card

Masih mengutip langsung dari halaman yang sama, dijelaskan bahwa jenis kartu kredit Jenius d-Card merupakan tipe kartu kredit utama yang bisa kalian dapatkan setelah melakukan aktivasi hingga selesai.

s-Card

Kemudian jenis kartu kredit yang kedua adalah Jenius s-Card, yang mana jenis ini merupakan kartu kredit tambahan yang bisa kalian minta dengan batas maksimal sebanyak 5 kartu. Gunanya untuk bisa membantu orang lain ketika ingin melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

Kedua jenis kartu kredit tersebut secara garis besar juga tersedia dalam dua bentuk yakni virtual yang bisa diakses di dalam aplikasi Jenius serta bentuk fisik yang bisa kalian minta dan gunakan untuk bertransaksi secara offline di seluruh merchant rekanan Visa / Mastercard.

Dan yang pastinya, seperti halnya kartu kredit pada umumnya. Kartu Kredit Jenius BTPN juga telah dilengkapi adanya kode CVV serta masa berlaku sebagai salah satu bentuk sistem keamanan. Hanya saja semua kode tersebut hanya dapat dilihat melalui aplikasi Jenius atau hanya tersedia di bentuk virtual.

Bagian-Bagian Kartu Kredit Jenius

Meski hanya menyediakan dua jenis kartu kredit saja, akan tetapi fungsionalitas dari semua jenis kartu kredit ini benar-benar sama dan pastinya dapat membantu memudahkan para pengguna dalam melakukan transaksi secara online maupun offline.

Nah setelah kalian mengetahui apa itu kartu kredit Jenius dan juga jenis kartu kredit Jenius yang bisa kalian dapatkan. Berikut ini adalah rincian nama-nama / bagian-bagian dari kartu kredit Jenius BTPN yang harus kalian ketahui.

  1. Contactless Indicator
    Penanda bahwa kartu kredit kalian dapat dipakai untuk transaksi contactless di seluruh merchant Visa.
  2. Chip
    Merupakan bagian pengaman data kartu kredit apabila memilih menggunakan kartu untuk transaksi secara offline.
  3. Nama Pemegang Kartu
    Bagian dimana nama lengkap pemilik / pemegang kartu akan tertulis. Kalian bisa menentukan nama tertulis saat proses desain kartu.
  4. Nomor Kartu
    Nomor kartu kredit baik jenis d-Card / s-Card yang akan digunakan untuk transaksi secara online maupun offline.
  5. Masa Berlaku Kartu
    Detail masa berlaku kartu kredit Jenius baik jenis d-Card / s-Card sepanjang 9 tahun. Hanya tersedia di kartu virtual
  6. Kode CVV
    3 digit kode CVV yang sifatnya sangat rahasia dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain karena ini kode keamanan untuk transaksi online dapat dilakukan. Hanya tersedia di kartu virtual

Limit, Bunga & Biaya

Seperti apa yang sudah kami sampaikan di atas, kartu kredit Jenius BTPN yang di tawarkan sebagai inovasi baru bagi para pengguna / nasabah PT Bank BTPN. Juga memiliki besaran limit yang kemungkinan akan berbeda untuk setiap penggunanya.

Limit Kartu Kredit Jenius BTPN sendiri merupakan limit gabungan antara Flexi Cash dan kartu Kredit Jenius. Yang dimana pembagian limit kedua layanan tersebut dapat di atur sesuai kebutuhan masing-masing pengguna melalui fitur khusus di aplikasi Jenius.

Lantas berapa limit yang bisa kita dapat saat proses aktivasi Kartu Kredit Jenius di terima dan berapa besaran suku bunga serta biaya yang harus kita bayar?. Untuk mengetahui detail masing-masing, silahkan lihat rincian tabel berikut ini.

Limit Kartu Kredit Jenis

Tipe TransaksiNominal
Minimum pembayaran5% dari total tagihan****
Minimum limit kreditRp2.000.000
Maksimum limit kreditRp200.000.000 – Rp500.000.000
Masa berlaku Yay Points24 bulan
Source: https://www.jenius.com/rates-and-limits

Bunga Kartu Kredit Jenius

Tipe TransaksiNominal
Bunga Transaksi21% p.a.*
Bunga Split PayMaks 21% p.a.
Source: https://www.jenius.com/rates-and-limits

Biaya Kartu Kredit Jenius

Tipe TransaksiNominal
Biaya tahunan kartu utama (d-Card)Bebas biaya di tahun pertama, bebas biaya untuk tahun berikutnya dengan transaksi kumulatif ≥ Rp30.000.000/tahun

Rp500.000 apabila transaksi kumulatif < Rp30.000.000/tahun di tahun berikutnya
Biaya tahunan kartu tambahan (s-Card)Bebas biaya di tahun pertama, bebas biaya untuk tahun berikutnya dengan transaksi kumulatif ≥ Rp15.000.000/tahun/kartu

Rp250.000/kartu apabila transaksi kumulatif < Rp15.000.000/tahun/kartu di tahun berikutnya
Penggantian kartuRp50.000/kartu
Permintaan laporan tahunanRp300.000/laporan
Salinan bukti transaksiRp75.000/bukti transaksi
Tarik tunai di ATM2% dari jumlah transaksi (min Rp50.000)
Pembayaran tagihan melalui aplikasi Jenius/ATM BTPNTidak ada biaya
Biaya meteraiBebas biaya untuk pembayaran tagihan ≤ Rp5.000.000

Rp10.000 untuk pembayaran tagihan > Rp5.000.000
Asuransi credit guard0,55%**
Denda pemakaian di luar limitRp100.000/cycle***
Denda keterlambatan pembayaran1% dari total tagihan (maks Rp100.000)
Denda pembayaran Split Pay yang dipercepat3% dari sisa pokok cicilan (min Rp100.000)
Source: https://www.jenius.com/rates-and-limits

Keuntungan Kartu Kredit Jenius BTPN

Bagaimana apakah sampai disini kalian sudah paham dengan apa itu kartu kredit Jenius BTPN dan juga jenis serta info terkait limit, bunga dan biayanya?. Jika sudah dan tertarik menggunakannya berikut ini adalah beberapa keuntungan / kelebihan kartu kredit Jenius.

  • Pengajuan dan aktivasi sepenuhnya digital /online.
  • Praktis atur limit sesuai kebutuhan.
  • Tersedia hingga 5 kartu tambahan.
  • Blokir & buka blokir kartu dari aplikasi.
  • Mudah ubah transaksi ke cicilan.
  • Otomatis bayar tagihan bulanan.
  • Langsung dapat kartu virtual setelah aktivasi.
  • Bebas biaya tahunan untuk tahun pertama.

FAQ

Siapa yang bisa menggunakan kartu kredit Jenius BTPN?

Pengguna Jenius dengan Flexi Cash aktif, Pengguna Jenius yang belum punya Flexi Cash & termasuk pengguna baru Jenius.

Dimana menu kartu kredit Jenius BTPN berada?

Kotak terbaru di halaman Home, Menu Credit di halaman Wealth & Menu Kartu Kredit di halaman Cards.

Kenapa saya tidak melihat penawaran Kartu Kredit Jenius?

Karena penawaran Kartu Kredit Jenius hanya untuk pengguna Jenius terpilih dengan Flexi Cash aktif.

Apa saja jenis kartu kredit Jenius?

d-Card (kartu kredit utama) & s-Card (kartu kredit tambahan)

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat yang dapat rkonline.id bagikan terkait kartu kredit Jenius BTPN dari pengertian, jenis, limit, bunga dan biaya serta info kelebihan / keuntungan memiliki kartu kredit Jenius. Dari penjelasan singkat di atas.

Bisa kita tarik kesimpulan bahwa kartu kredit Jenius benar-benar memberikan kemudahan dalam hal transaksi online dengan metode cicilan. Namun untuk bisa mendapatkannya kalian harus melakukan aktivasi untuk para pengguna terpilih.

Sumber Gambar: rkonline.id, jenius.com

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles