Membership Fee Kartu Kredit Mandiri: Biaya & Menghilangkan

Membership Fee Kartu Kredit Mandiri – Keberadaan kartu kredit sebagai alat pembayaran di era modern seperti sekarang menjadi hal mungkin dianggap penting sebagian besar orang. Terutama bagi kalian yang sering melakukan perjalanan keluar negeri / belanja bulanan dalam jumlah besar.

Melihat hal tersebut, saat ini hampir setiap lembaga perbankan bisa menerbitkan kartu kredit kepada nasabah yang mengajukan aktivasi, termasuk salah satunya adalah PT Bank Mandiri. Tercatat untuk saat ini sudah ada banyak pilihan jenis kartu kredit Mandiri yang bisa dipilih.

Citayam

Terbaru, bank Mandiri yang melakukan kerjasama khusus dengan Shopee berhasil menghadirkan kartu kredit Mandiri Shopee. Pun begitu bagi kalian yang tertarik / saat ini sudah memiliki kartu kredit Mandiri, perlu kami ingatkan bahwa ada iuran tahunan yang harus kalian bayar.

Yang mana, dalam bahasa perbankan iuran tahunan tersebut dikenal dengan Annual Fee atau membership fee kartu kredit Mandiri. Lantas berapa dan apa sebenarnya arti membership fee kartu kredit Mandiri? itu? silahkan temukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Arti Membership Fee Kartu Kredit Mandiri

Tercatat memiliki pengguna kartu kredit Mandiri begitu banyak. Akan tetapi nyatanya tidak semua pemegang kartu kredit Mandiri tersebut tahu atau paham dengan biaya tahunan / membership fee kartu kredit Mandiri.

Bahkan tidak sedikit yang menanyakan langsung kepada pihak bank Mandiri / melalui forum, grup-grup di internet tentang arti membership fee. Nah jika ternyata kalian juga masih belum paham apa yang dimaksud dengan membership fee tersebut.

Kami rasa berada pada artikel rkonline.id ini akan menjadi hal yang cukup tepat. Karena selain akan memberikan rincian biaya annual fee atau biaya iuran tahunan kartu kredit Mandiri. Disini kami juga akan membagikan pengertian membership fee kartu kredit.

Jadi Membership Fee Kartu Kredit Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama annual fee merupakan istilah yang digunakan bank Mandiri untuk biaya iuran tahunan. Sesuai namanya, biaya keanggotaan & kepemilikan kartu kredit Mandiri ini akan dibayarkan setiap tahun oleh para pemegang / pemilik.

Besaran nominal biaya Membership Fee sendiri akan berbeda-beda untuk setiap jenis kartu kredit yang dimiliki. Hal ini karena setiap jenis kartu kredit Mandiri juga memiliki kelebihan masing-masing. Selain itu golongan kartu kredit Mandiri dari silver, gold hingga platinum.

Pun juga memiliki biaya iuran tahunan / annual fee yang berbeda. Yang mana semakin tinggi jenis & golongan kartu kredit yang kalian miliki. Maka umumnya biaya tahunan / membership fee kartu kredit Mandiri tersebut akan semakin mahal.

Biaya Iuran Tahunan Kartu Kredit Mandiri

Nah setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan annual fee kepemilikan kartu kredit Mandiri seperti di atas kami sampaikan. Kami paham bahwa kalian yang berencana untuk membuat kartu kredit ini pun bertanya berapa besaran iuran tahunan yang harus dibayar tersebut.

Nah bicara tentang besaran biaya tahunan kepemilikan kartu kredit Mandiri, setidaknya hampir sama seperti biaya tahunan kartu kredit BCA yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan. Dimana dalam hal in biaya tahunan terbagi menjadi dua jenis yakni:

  • Membership Fee Kartu Utama
  • Membership Fee Kartu Tambahan

Dan berikut ini adalah detail rincian membership fee kartu kredit Mandiri utama maupun tambahan dari semua jenis kartu kredit yang dimiliki oleh PT Bank Mandiri.

Jenis Kartu Kredit MandiriMembership Fee Kartu UtamaMembership Fee Kartu Tambahan
Mandiri SignatureRp. 900.000Rp. 450.000
Mandiri TravelokaRp. 500.000Rp. 250.000
Mandiri SKYZRp. 300.000Rp. 180.000
Mandiri Co Brand PertaminaRp. 400.000Rp. 250.000
Mandiri Golf SignatureRp. 1.500.000Rp. 1.000.000
Mandiri Golf PlatinumRp. 600.000Rp. 250.000
Mandiri PlatinumRp. 500.000Rp. 250.000
Mandiri PreciousRp 500.000Rp 250.000
Mandiri Kartu Kredit ShopeeRp 300.000Rp 150.000
Mandiri World EliteTidak dikenakan selama menjadi nasabah Private Banking Bank MandiriTidak dikenakan selama menjadi nasabah Private Banking Bank Mandiri
Mandiri PrioritasTidak dikenakan selama menjadi nasabah Prioritas Bank MandiriTidak dikenakan selama menjadi nasabah Prioritas Bank Mandiri
Mandiri Corporate CardRp. 500.000 (Platinum)
Rp. 350.000 (Gold)
N/A
Mandiri SME CardRp. 250.000N/A
Kartu Kredit Pemerintah
Mandiri Kartu Kredit Pemerintah Domestik
Source: https://www.mandirikartukredit.com/produk

Seperti itulah rincian biaya annual fee kepemilikan kartu kredit Mandiri terbaru yang kami rangkum langsung dari situs resmi bank Mandiri di mandirikartukredit.com. Dan yang jelas serta pasti, biaya yang kami rangkum di dalam tabel.

Merupakan biaya yang harus kalian keluarkan setiap tahun selama menggunakan / memegang kartu kredit tersebut selama masih aktif dan digunakan.

Cara Menghilangkan Membership Fee Kartu Kredit Mandiri

Dapat kalian lihat membership fee kartu kredit Mandiri di atas memang bisa dibilang tinggi / mahal. Namun tentu saja hal ini memang sudah disesuaikan dengan keuntungan yang bisa didapat setiap penggunanya.

Meskipun begitu, tidak sedikit dari pengguna yang tetap merasa terbebani dengan adanya layanan membership fee tersebut. Tak heran apabila banyak dari mereka yang juga menanyakan bagaimana cara menghilangkan membership fee kartu kredit Mandiri.

Buat kalian yang ingin menghapus / menghilangkan membership fee tersebut, berikut ini adalah beberapa langkah dan cara yang bisa digunakan.

1. Mengajukan Penghapusan Annual Free Tak Bersyarat

Salah satu cara paling sering dilakukan para pemegang kartu kredit Mandiri ketika ingin menghapus biaya iuran tahunan yakni dengan mengajukan permohonan penghapusan tak bersyarat langsung kepada pihak Bank Mandiri sebagai penerbit.

Mudahnya cara ini dapat dilakukan tanpa harus mendatangi kantor bank Mandiri, kalian bisa langsung menghubungi call center di 14000. Hanya saja tidak semua permintaan permohonan penghapusan ini dapat langsung diterima karena ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh pihak Bank.

2. Meminta “Challenge” Kepada Pihak Penerbit

Cara kedua yang dapat digunakan untuk menghapus annual fee kartu kredit Mandiri yakni dengan meminta “challenge” kepada pihak Bank Mandiri. Sama seperti cara di atas kalian juga hanya perlu menghubungi lewat call center Mandiri.

Dan ketika challenge yang diminta disetujui, maka kalian akan diberi tantangan oleh pihak bank untuk diselesaikan. Setiap nasabah umumnya memiliki tantangan yang berbeda-beda sesuai ketentuan dari pihak Bank itu sendiri.

3. Melakukan “Ancaman” Penutupan Kartu Kredit

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk menghapus membership fee kartu kredit Mandiri yakni dengan memberikan ancaman kepada pihak bank bahwa kalian akan menutup kartu. Namun cara ini mengharuskan kita sebagai pemegan untuk bersiap.

Karena ketika permintaan kalian untuk penutupan kartu dihapus hanya karena tidak disetujui permintaan penghapusan annual fee. Maka kalian tidak akan lagi terdaftar sebagai pemilik dan pengguna kartu kredit Bank Mandiri,

Kesimpulan

Jadi seperti itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat rkonline.id sampaikan terkait arti membership fee kartu kredit Mandiri, biaya iuran hingga cara menghapus annual fee kartu kredit Mandiri. Dari penjelasan di atas setidaknya bisa kita tarik kesimpulan bahwa

Setiap jenis kartu kredit bank Mandiri memiliki biaya annual fee tahunan yang berbeda-beda. Jadi pastikan apabila kalian ingin melakukan pembukaan kartu kredit Mandiri pilih sesuai dengan kemampuan kalian yah.

Sumber Gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles