7 Contoh Surat Purchase Order Word & Excel Simple

Contoh Surat Purchase Order – Dalam aktivitas bisnis surat purchase order atau pesanan memang penting karena mempengaruhi kegiatan usaha. Mulai dari usaha skala kecil sampai dengan besar menggunakan surat purchase order sebagai alat untuk mendapatkan supply barang. Seringkali purchase order juga disebutkan dengan nama faktor pembelian barang dimana harus ada pada tiap transaksi.

Memiliki kesamaan dengan contoh surat jual beli tanah dimana untuk objeknya akan disebutuhkan dan terdapat perjanjian dari pembeli dan penjual. Lalu secara langsung purchase order juga dapat dimanfaatkan untuk bukti bahwa sudah terjadi transaksi pembelian dilengkapi detail informasi barang. Bagi yang membutuhkan supplier ataupun pemasok produk pastinya sangat penting menggunakan purchase order.

Citayam

Terdapat juga informasi harga serta kuantitas barang dimana dapat dijadikan sebagai alat pembukuan masuk dan keluar. Tak hanya dipakai oleh perusahaan besar, contoh surat purchase order juga dapat dimanfaatkan oleh perseorangan ataupun usaha UMKM. Dengan contoh surat purchase order kamu akan mudah ketika membuat tanda bukti pemesanannya.

Kemudian contoh surat purchase order memang ada berbagai jenis format, namun kebanyakan menyertakan tabel sehingga lebih jelas dilihat. Lebih jelasnya mengenai contoh purchase order bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris silahkan simak rangkuman rkonline.id dibawah ini.

Apa itu Surat Purchase Order

Surat purchase order adalah dokumen dengan isi permintaan dari pihak pembeli untuk kebutuhan barang yang dikirimkan kepada penjual ataupun supplier. Dalam surat ini akan tercantum informasi jenis barang, harga, nomor purchase order, kuantitas maupun data pembelian lainnya. Dengan detail yang semakin lengkap maka akan memudahkan penjual/supplier untuk mengirim semua barangnya.

Surat purchase order juga dapat berfungsi sebagai perjanjian/kontrak dimana pihak penyedia barang wajib mengirimkan sesuai dengan permintaannya. Dalam suratnya juga beberapa dilengkapi dengan persyaratan dimana wajib dipatuhi oleh kedua belah pihak. Saat ini contoh surat purchase order ada berbagai macam jenis serta kegunaannya.

Fungsi Surat Pesanan

Pada dasarnya pemesanan akan dilakukan pihak konsumen/pembeli kemudian menyertakan detail barangnya dengan lengkap. Dapat dikatakan proses pemesanan menggunakan contoh purchase form akan memperjelas apa saja yang harus dipenuhi penyedia barangnya. Kemudian untuk fungsi lain dari surat purchase order adalah sebagai berikut.

  • Akan memudahkan pesanan masuk dimana pendataannya sudah tercantum kedalam purchase order. Pihak penyedia barangnya akan lebih mudah mengirimkan produk sesuai permintaan.
  • Setelah informasi orderan didapatkan maka jika ada pemesanan ganda mudah diketahui. Tentunya hal ini mampu menghindari kerugian kedua belah pihak.
  • Menjadi dokumen resmi dimana mempunyai kekuatan hukum, ketika ada pihak yang tidak menaati isi suratnya maka dapat dikenakan sanksi.
  • Sebagai tanda bukti pembelian yang sah sehingga memudahkan dalam pembukuan.

Komponen Surat Purchase Order

Ketika melihat contoh po perorangan maupun perusahaan terdapat beberapa komponen penting yang wajib diperhatikan. Setiap komponen wajib dilengkapi supaya memudahkan aktivitas bisnis serta usaha. Jadi sebelum melihat contoh surat purchase order silahkan ketahui terlebih dahulu komponen yang harus ada sebagai berikut.

  • Mencantumkan nama barang/produk secara lengkap.
  • Mencantumkan nomor purchase order.
  • Menuliskan tanggal transaksinya.
  • Menjelaskan sistem pembayaran dan pengiriman barang.
  • Memberikan informasi perusahaan ataupun persorangan yang melakukan pemesanan.
  • Memberikan informasi jumlah produk/barang yang akan dipesan.
  • Mencantumkan harga satuan produk/barangnya.
  • Memberikan total harga keseluruhan pesanan.
  • Menambahkan pajak apabila transaksinya dikenakan pajak.
  • Ada tanda tangan resmi dari pihak pembeli.

Contoh Surat Purchase Order

Ketika menggunakan contoh form purchase order manual maka suratnya dapat dibuat dengan mudah. Dengan melihat contoh maka kalian jadi lebih tahu mengenai informasi apa saja yang wajib disertakan. Kemudian dalam pembuatan suratnya usahakan memberi informasi lengkap agar memudahkan penjual/penyedia barangnya.

Dalam proses penyusunannya pastikan menjelaskan tujuan serta informasinya dengan jelas. Kalian dapat memanfaatkan contoh surat purchase order word ataupun contoh format purchase order excel dimana sudah kami sediakan dibawah ini.

1. Contoh PO Simple

Pertama adalah contoh po simple dimana akan langsung mengarah pada data barangnya. Melalui purchase order dengan format simple maka penerimanya dapat mengetahui informasi barang apa saja yang akan dibeli. Kurang lebih contohnya akan seperti berikut.


PURCHASE ORDER
No………………….

Nomor :
Tanggal :
Kepada :
Alamat :
Dikirim ke :

KodeDeskripsiJumlahUnitHargaDiscSub TotalPajak
        
        
        
        

Total Pajak :
Biaya Kirim:
Total Dibayar :
Saldo :

( PENERIMA )                                                                                                   (PERUSAHAAN)

…………………………..                                                                                      …………………………..   


2. Contoh PO Perorangan

Berikutnya adalah contoh surat purchase order perorangan dimana dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi bahkan sampai UMKM. Dengan membuat surat purchase order maka kamu akan mudah dapat mendapatkan barang pesanan sesuai kebutuhan.


PURCHASE ORDER

Nomor:
Hal:
 
Yang terhormat,
…………………………….
(alamat)
 
Dengan hormat,
Menindaklanjuti surat penawaran……………tanggal…………., kami bermaksud memesan produk sebagai berikut :

1. ……………..seharga Rp…………………….
2. ……………..seharga Rp…………………….
3. ……………..seharga Rp…………………….

Adapun pembayaran dilakukan secara…………….. Kami harap produk tersebut dapat diantar sebelum…………

Demikian surat purchase order ini kami sampaikan. Untuk perhatian & kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.
 
Hormat kami,
 

……………………….


3. Contoh Purchase Order Bahasa Indonesia

Selanjutnya adalah contoh surat purchase order bahasa Indonesia dimana banyak dipakai perusahaan lokal. Oleh karena itu dalam isi suratnya akan dicantumkan informasi perusahaan dengan lengkap. Kebanyakan digunakan untuk aktvitas bisnis demi mendapatkan stock barang maupun bahan baku.


KOP SURAT/LOGO PERUSAHAAN

Nomor:
Lampiran:
Hal:

Yang terhormat,
……………………………..
di (alamat)

Dengan hormat,

Sesuai informasi surat penawaran yang sudah diajukan, kami memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan produk seperti berikut:

No.ProdukMerkJumlah (unit)
1   
2   
3   
4   
5   

Untuk pembayaran dilakukan dengan……………………… Pembayaran pertama dilakukan pada…………………… Paling lambat produk dikirim tanggal……….

Untuk perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

……………………………


4. Contoh Form Purchase Order Manual

Lalu contoh surat purchase order berbentuk form memang sering dimanfaatkan dalam kegiatan bisnis. Disini memakai bahasa Inggris dimana banyak dipakai untuk ekspor impor barang. Kemudian informasinya juga lengkap berikut juga syarat perjanjiannya.


PURCHASE ORDER
To:Vendor Name:
Address:
Telephone:
Fax:
P.O.No.:
P.O.Date:
Delvery Date:
Payment Terms:
P.R. No.:
Requested By:
Item CodeQTYUnitItem DescriptionUnit PriceTotal
      
      
      
      
      
      
      
  • All deliveries must be made to the………..Pre-Opening Receiving located at …….. between ……. and ………..
  • All invoices must be addressed to ……….NPWP No. ……………………
  • Invoices must accompany all deliveries or be mailed at the time of shipment.
  • Acceptance of deliveries are subject to inspection of quality, count, weight, measure and approval of …………………
  • The Purchase Order Number must appear on the invoice, delivery note, and in all packages
  • …………….. reserves the right to return all items of generally incorrect description, is lesser in quantity or of inferior quality, damaged or defective.and to demand full compensation for any losses and/ or expenses incurred.
  • ……………… further reserves the right to cancel the order in whole or in part in the event of the supplier not complying with the conditionsof the order.
  •  Approved deliveries are subject to return if items delivered are subsequently found by ……….. to be damaged or defective or of inferior quality or generally of incorrect description.

Prepared by: Purchasing Manager                                                            Approved by:General Manager


               ……………………..                                                                                   …………………….. 


5. Contoh Surat Purchase Order Word

contoh surat purchase order word

Kemudian jika masih kurang maka kami sudah menyediakan contoh surat purchase order dengan file word. Jadi kalian tinggal download saja dibawah ini kemudian diedit sesuai dengan setiap kebutuhan masing masing.

6. Contoh Surat Purchase Order Excel

contoh format purchase order excel

Berikutnya adalah contoh surat purchase order excel dimana juga dibutuhkan untuk berbagai transaksi. Tentunya kalian hanya perlu download kemudian mengeditnya secara mudah sehingga mendapatkan format surat purchase order terbaik.

7. Contoh PO PDF

contoh po pdf

Kemudian terakhir adalah contoh po pdf dimana memang tidak dapat diedit secara langsung. Pada dasarnya file berformat pdf dibawah ini bisa dijadikan referensi dan juga inspirasi ketika akan menyusun surat purchase order.

Kesimpulan

Berbeda dengan contoh surat keterangan penghasilan orang tua, purchase order memang lebih condong dimanfaatkan untuk aktivitas jual beli bisnis. Dengan berbagai format diatas kamu bisa menyusun suratnya secara mudah dan juga cepat. Selain itu ketika ingin praktis tinggal unduh saja file yang sudah kami sediakan.

Sumber gambar : rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles