6 Surat Kuasa Penagihan Hutang Download Contoh Word & PDF

Surat Kuasa Penagihan Hutang – Sampai saat ini hutang memang menjadi hal yang erat dengan kondisi sehari hari. Seringkali karena ingin lari dari tanggung jawab sebagian orang tidak melunasi hutang sesuai yang dijanjikan. Pada saat penagihan hutang dilakukan hal yang paling menyebalkan adalah orang yang selalu berkelit kemudian mencari cari alasan supaya bisa memperpanjang jangka waktunya.

Namun beda halnya jika kalian sudah menyiapkan surat kuasa penagihan hutang dimana secara resmi memiliki kekuatan hukum. Sama halnya seperti contoh surat purchase order, akan tercantum nominal uang yang menjadi kewajiban untuk pembayarannya. Dengan mengumpulkan bukti serta lewat surat perjanjian resmi pihak penagih dapat melimpahkan ke orang tertentu bahkan sampai kuasa hukum atau advokat.

Citayam

Melalui surat kuasa pengurusan hutang maka pihak yang diberikan tanggung jawab dapat melakukan cara cara yang baik untuk mengingatkan kewajiban debitur/peminjam. Jika memang uang kalian dipinjang dan ada perjanjian resminya maka dapat langsung membuat surat kuasa apabila tidak mampu menagih. Dengan berbekal dokumen penagihan resmi maka debitur/peminjamnya dapat terkena jeratan hukum.

Kemudian surat kuasa penagihan hutang perusahaan juga sering dijumpai dimana dilimpahkan kepada perseorangan bahkan debt collector. Sesuai aturan yang dicantumkan kalian dapat menjelaskan bahwa yang bersangkutan memiliki hutang dengan nominal tertentu dan harus mengembalikan sesuai jangka waktu yang diberikan.

Apa itu Surat Kuasa Penagihan Hutang

Surat kuasa penagihan hutang adalah surat yang dibuat oleh penyedia pinjaman dimana memberikan hak kepada pihak lain untuk melakukan penagihan kepada peminjamnya. Pembuatan surat ini wajib mengikuti kesepakatan/perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya. Jika pihak debitur ingkar maka penyedia pinjaman berhak melimpahkan penagihannya ke pihak lain.

Fungsi

Pada dasarnya fungsi surat kuasa penagihan hutang adalah untuk memberikan kekuasaan bagi pihak tertentu untuk menagih sesuai aturan hukum berlaku di Indonesia. Jadi dengan dilimpahkannya kuasa maka pihak lain dapat melakukan cara penagihan, memberikan nasehat, menjelaskan bagian hukum serta mengingatkan peminjam untuk membayar.

Kemudian fungsi lainnya adalah untuk memberitahukan ke debitur saat tidak membayar tepat waktu dengan nominal yang disebutkan. Tentunya debiturnya wajib memenuhi perjanjian sebelumnya untuk membayar hutang. Lalu fungsinya sebagai alat dalam penagihan dengan menyertakan bukti resmi. Jadi jika tidak mau membayar maka dapat dibawa ke meja hukum.

Surat Kuasa Penagihan Hutang

Memang surat penagihan kebanyakan dikeluarkan bagi orang yang memang susah membayarkan hutang kemudian melewati tanggal jatuh tempo. Dijelaskan secara rinci mengenai nominal hutang serta bukti bukti bahwa debiturnya tidak mematuhi aturan. Didalamnya juga akan terdapat tindakan yang diambil jika hutang tidak dibayar.

Pada dasarnya surat penagihan hutang memang harus dibuat dengan sebenar benarnya. Bagi yang bingung bisa download contoh surat kuasa penagihan hutang sebagai gambarannya. Rkonline.id juga sudah menyediakan contoh surat penagihan hutang doc maupun pdf sebagai berikut.

1. Surat Kuasa Penagihan Hutang Perusahaan

Pertama adalah surat yang dibuat oleh perusahaan untuk menagih hutang dimana diserahkan kepada seseorang. Dengan memberikan kuasa maka secara langsung penerimanya dapat bertindak sesuai dengan koridor dan aturan berlaku.


PT……………
Alamat……………..
Telp………………. Fax………e-mail………………


SURAT TUGAS PENAGIHAN HUTANG
No……..

Yang bertanda tangan dibawah ini,

  • Nama :
  • Jabatan :

Dengan ini menugaskan kepada:

  • Nama :
  • No.KTP :
  • Alamat :

Untuk melakukan penagihan kepada :

  • Nama :
  • Alamat :
  • No.akta kredit :
  • Jumlah tagihan :

Demikian surat tugas ini dbuat supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya

(kota), (tanggal)

Pemberi Tugas                                                                                                  Penerima Tugas

……………….                                                                                                           ……………….


2. Surat Kuasa Penagihan Hutang Perseorangan

Lalu surat kuasa penagihan hutang juga dapat dibuat oleh perseorangan dimana bertujuan melimpahkan tugas menagih. Jadi data diri harus dimasukkan secara lengkap berikut dengan jumlah hutang serta bukti perjanjiannya.


SURAT KUASA PENAGIHAN

Saya yang bertandatangan dibawah ini

  • Nama:
  • Tempal Tanggal Lahir :
  • Alamat :
  • Pekerjaan :

Untuk selanjutnya d sebut sebagai pihak Pertama.

Memberikan kuasa kepada :

  • Nama  :
  • Alamat :

Untuk selanjutnya disebut sebagai pihak Kedua.

Bahwa dengan ini pihak pertama memberikan kuasa kepada Pihak kedua untuk menagih, meminta dan menerima uang dari total sisa hutang sejumlah ……………… kepada :

  • Nama:
  • Tempal Tanggal Lahir :
  • Pekerjaan :
  • No.KTP :

Dimana adalah uang pinjaman dari pihak pertama sesuai dengan surat………..pada tanggal………………………..

Demikian Surat Kuasa ini dibuat untuk bisat digunakan sebagaimana mestinya.

(kota), (tanggal pembuatan surat)

Yang Memberi Kuasa                                                                               Yang Menerima Kuasa


(………………………………)                                                                            (…………………………………..)


3. Surat Kuasa Penagihan Hutang Advokat

Ada juga surat kuasa penagihan hutang advokat dimana digunakan ketika ingin menggunakan jasa pengacara ataupun kuasa hukum. Surat ini banyak digunakan pada kasus dengan nominal uang besar serta sulit dikembalikan.


SURAT KUASA

Yang bertandatangan di bawah ini :

  • Nama                                  :
  • Tempat & Tanggal Lahir     :
  • Pekerjaan                           :
  • Alamat                                :

Selanjutnya disebut PEMBERI KUASA, memilih &menunjuk kuasa hukum :

  1. ………………………  S.H., M.H.
  2. ………………………  S.H., MH

Semuanya adalah Advokat & Konsultan Hukum pada Kantor Hukum…… yang beralamatkan di ……………….  …………………………………………………………………………………….

Selanjutnya disebut  PENERIMA/PEMEGANG KUASA.

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa, Mewakili Pemberi Kuasa dalam pengurusan dan penyelesaian Hutang Piutang kepada pihak ………………………………. yang berkaitan dengan pemberi kuasa sesuai perjanjian nomor ……………………………….Tanggal ………. (……..)  Bulan ……. Tahun ………… (………..).

Penerima/Pemegang Kuasa diberikan wewenang untuk :

memberi nasehat hukum, mendampingi serta mewakili Pemberi Kuasa berbicara dengan pejabat/aparat bersangkutan, pemerintahan, melaporkan kepihak berwajib serta mengajukan upaya hukum memperjuangkan kepentingan dan hak dari Pemberi Kuasa.

Kuasai diberikan hak substitusi secara sebagian ataupun keseluruhan untuk orang lain & hak retensi.

                                                                                                                         ……… , …………20..

Penerima Kuasa                                                                                   Pemberi Kuasa

1………………….. S.H., M.H.                                                                   ……………………..

2………………….. S.H., M.H.


4. Contoh Surat Kuasa Penagihan Invoice

Ada juga contoh surat kuasa penagihan invoice dimana dikeluarkan perusahaan ataupun penjual. Hubungannya adalah sebagai alat pengingat pembayaran kepada pembeli ataupun pengguna layanannya.


PT……………..

Nomor :                                                                                                                          ……… , …………20..
Lamp :
Hal :

Kepada
…………………………

Dengan hormat

Bersama ini kami beritahukan bahwa menurut data kami , bapak masih memilki kewajiban pembayaran sebesar…………..sesuai faktur nomor………… dimana salinanya kami sertakan pada lampiran.

Mengingat saat ini sudah……..bulan melewati batas waktu yang telah disepakati sebelumnya, maka dengan ini kami sangat berbarap bapak akan segera melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas  perhatian bapak kami ucapkan terirna kasih

Hormat Kami,


……………………………..


5. Download Contoh Surat Kuasa Word

download contoh surat kuasa penagihan hutang

Dengan melihat contoh suratnya kamu akan bisa menyusun kuasa penagihannya sendiri. Pastikan melengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Ketika sedang mencari surat kuasa utang piutang doc maka kamu bisa unduh beberapa file dibawah ini.

6. Download Contoh Surat Kuasa PDF

surat kuasa penagihan hutang perusahaan

Kami juga menyediakan surat penagihan hutang dengan format PDF dimana banyak dibutuhkan sebagai referensi. Meskipun filenya tidak dapat diedit langsung namun bisa dicontoh ketika penyusunan surat kuasa penagihan hutang.

Kesimpulan

Layaknya surat jual beli tanah, jenis surat penagihan hutang juga memiliki kekuatan hukum sehingga tidak dapat disepelekan. Ketika debitur masih berkeras untuk tidak membayarkan hutangnya maka tindakan hukum dapat diambil untuk memberikan efek jera. Pihak penyedia pinjaman juga dapat lebih tenang karena semua urusan penagihan sudah ada yang menangani.

Sumber gambar : rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles