12 Contoh Surat Perjanjian Pinjaman Uang dengan Jaminan 2021

Contoh Surat Perjanjian Pinjaman Uang – Saling pinjam atau meminjamkan uang memang sudah menjadi hal yang lumrah pada bidang keuangan. Namun apabila pinjaman uang tidak didasari dengan hukum yang kuat maka kemungkinan besar akan terjadi penyimpangan atau bahkan gagal mengembalikan.

Ketika tidak ada bukti pinjaman maka kita akan sulit untuk menagih, oleh karena itu banyak orang lebih memilih membuat surat perjanjian dengan jaminan supaya lebih aman. Berbeda dengan contoh surat perjanjian pinjaman uang tanpa jaminan, pihak peminjam harus menyediakan agunan berupa sertifikat tanah maupun surat kendaraan.

Kebanyakan pinjaman uang dengan jaminan dijumpai pada koperasi, lembaga perbankan ataupun perusahaan keuangan karena jumlahnya besar. Aturan pinjaman dengan jaminan untuk menghindari apabila debitur tidak bisa membayar dan nantinya barang yang dijaminkan menjadi alat pelunasan.

Misalnya pada contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah dimana dibuat sebagai persyaratan mengambil kredit baik dari perseorangan ataupun lembaga. Untuk lebih mengenai surat pinjaman dengan jaminan simak berikut ini.

Apa itu Perjanjian Pinjaman Uang?

Adalah persetujuan tertulis antara pihak peminjam dan pemberi pinjaman yang dibuat supaya kedua belah pihak mengikuti semua hal yang tercantum didalamnya. Dengan adanya perjanjian pinjaman uang maka akan ada aturan yang harus dipenuhi termasuk cara pengembalian ataupun cicilan.

Perjanjian pinjaman utang akan berbentuk surat yang ditandatangani kedua belah pihak dan untuk beberapa kasus menggunakan materai. Untuk contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan mencantumkan data objek yang akan dijaminkan bisa berupa sertifikat tanah, BPKB, STNK dan lain sebagainya.

Tujuan Perjanjian Pinjaman Uang dengan Jaminan

Berbeda dengan contoh surat pinjaman uang perorangan yang tidak memerlukan materai, pada lembaga resmi ataupun perusahaan keuangan membutuhkan persetujuan berdasar hukum sehingga wajib memakai materai. Kemudian untuk surat perjanjian pinjaman uang adalah sebagai berikut.

  • Sebagai tanda bukti bahwa sudah terjadi aktivitas peminjaman uang kepada pihak kreditur dan dapat dipakai untuk alat penagihan.
  • Memperjelas hak maupun kewajibab semua pihan mengenai pinjaman uang.
  • Mengetahui nominal pinjaman uang sehingga tidak terjadi penyimpanngan saat pengembalian.
  • Sebagai dokumen resmi yang mampu menghindari konflik jika peminjam tidak dapat mengembalikan uang karena kreditur bisa mengambil objek jaminan.
  • Memudahkan penyelesaian masalah hukum karena merupakan bukti sah.

Syarat Membuat Surat Perjanjian Pinjaman Uang dengan Jaminan

Untuk dapat membuat surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan memang harus menyertakan beberapa unsur seperti data pihak debitur, pemberi kredit bahkan saksi. Tata cara pinjaman juga wajib dijelaskan supaya kedua belah pihak dapat mengikuti aturannya.

Memang dalam contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan mayoritas menggunakan tanda tangan saja, namun ada pula yang memakai materai. Semua bergantung kepada persetujuan kedua belah pihak, kemudian untuk syarat membuat perjanjian akan seperti berikut.

1. Judul Surat

Pertama ada judul surat, silahkan langsung ke poin misalnya surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah, BPKB, STNK maupun lainnya. Usahakan mencantumkan objek jaminan pada judul supaya terlihat jelas dan mudah dibedakan dengan perjanjian lainnya.

Kemudian dibawah judul sertakan tanggal, hal ini supaya kita dapat mengetahui kapan waktu berlakunya perjanjian. Tanggal juga akan mengingatkan kedua belah pihak kapan uang dipinjam serta sebagai bukti ketika ada permasalahan nantinya.

2. Identitas Debitur dan Pemberi Kredit

Selanjutnya isikan informasi identitas debitur dan juga pemberi kredit secara lengkap mulai nama, tempat tanggal lahir, alamat, pekerjaan, nomor KTP maupun data lainnya yang dibutuhkan. Usahakan jangan sampai salah memasukkan data karena akan menyusahkan ketika terjadi pelanggaran perjanjian.

3.Data Jaminan Pinjaman

Peminjam uang wajib menyertakan informasi jaminan berupa sertifikat rumah, data kendaraan ataupun objek lain yang dijadikan jaminan. Hal ini akan memudahkan pemberi pinjaman melakukan observasi dan menentukan besaran dana yang akan diberikan.

4. Penjelasan Perjanjian

Berikutnya akan berisi penjelasan mengenai perjanjian pinjaman termasuk besaran nominal, tanggal pengembalian, cara mengembalikan serta informasi lain sesuai ketentuan yang disepakati. Penting untuk menyertakan aturan yang tidak merugikan satu pihak supaya semuanya benar benar jelas.

5. Penutup

Selanjutnya bagian penutup wajib ada tanda tangan dari pihak dan juga saksi supaya semua dapat resmi dilakukan. Namun untuk sebagian contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan menyertakan materai apabila memang membutuhkan aturan yang mengikat.

Contoh Surat Perjanjian Pinjaman Uang dengan Jaminan

Pada dasarnya contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan harus menyertakan identitas debitur ataupun kreditur secara lengkap. Selain itu harus ada tanda tangan sebagai bukti persetujuan, supaya lebih jelasnya simak beberapa contoh suratnya dibawah ini.

contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah
download contoh surat perjanjian pinjaman uang
perjanjian hutang piutang diatas materai
pinjaman uang dengan bunga
surat perjanjian pinjaman uang doc

Download Contoh Surat Perjanjian Pinjaman Uang

Pada dasarnya memang contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan memiliki informasi lebih banyak dibandingkan tanpa jaminan. Apabila kalian ingin membuat surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan untuk kebutuhan personal bisa download dibawah ini.

contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai

surat perjanjian pinjaman uang doc

contoh surat perjanjian pinjaman uang pdf

Kesimpulan

Adanya surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan sangat bermanfaat terutama untuk orang yang sulit ataupun sering mangkir melakukan pelunasan. Dengan contoh surat perjanjian diatas dapat dijadikan bukti untuk gugatan melalui jalur hukum.

Melalui surat perjanjian masing masing pihak juga dapat mengetahui kewajiban maupun hak dalam proses peminjaman uang. Semoga penjelasan dari rkonline.id akan membantu kalian untuk membuat surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan secara benar.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *