10 Contoh Surat Perjanjian Gadai Mobil Doc & PDF 2022

Contoh Surat Perjanjian Gadai Mobil – Ketika mengalami kesulitan keuangan berbagai cara dapat ditempuh salah satunya adalah dengan gadai kendaraan. Saat ini aktivitas gadai mobil memang bukan sesuatu yang baru karena sering dilakukan ketika membutuhkan dana darurat.

Ketika gadai mobil kita tidak bisa sembarangan, akan lebih aman apabila menggunakan surat perjanjian resmi sehingga tidak mengalami kerugian nantinya. Seperti contoh surat perjanjian jual beli saham, pihak yang terlibat menyepakati aturan yang dibuat bersama sehingga dapat dijadikan dasar hukum kuat.

Ketika tidak adanya surat perjanjian gadai mobil ketika salah satu pihak melanggar maka akan sulit untuk menuntut hak. Kalian bisa melihat contoh surat perjanjian gadai mobil untuk referensi pembuatan kesepakatan, jika perlu dilengkapi dengan pasal mengenai aturan dan langgarannya.

Selain itu surat perjanjian gadai mobil bermaterai lebih dipilih karena memiliki kekuatan hukum sehingga pihak yang terlibat wajib memenuhi hak dan kewajibannya. Surat perjanjian gadai mobil simple bisa digunakan untuk kesepakatan perseorangan, namun berbeda halnya dengan lembaga atau badan usaha resmi yang membutuhkan materai.

Kegunaan Surat Perjanjian Gadai Mobil

Kita juga harus waspada terhadap pegadaian ilegal dengan perjanjian yang tidak jelas karena bisa saja berpotensi sebagai tindak penipuan. Ciri khas lokasi gadai ilegal adalah menerapkan bunga tinggi, tenornya singkat dan juga nilai denda tak masuk akal.

Oleh karena itu penting melihat contoh surat perjanjian gadai mobil supaya kalian mendapatkan referensi surat yang sah. Untuk pegadaian mobil resmi pastinya memiliki format surat perjanjian yang benar dimana isinya transparan untuk menjamin hak dari peminjam.

Pada dasarnya memang pada tiap surat perjanjian akan tercantum identitas serta informasi transaksi secara lengkap sehingga dapat dipahami semua pihak. Supaya lebih jelas berikut ini kegunaan dari surat perjanjian gadai mobil agar tidak mudah tertipu.

Bukti Hukum Sah

Fungsi utama surat perjanjian gadai mobil adalah sebagai bukti sah secara hukum bahwa pihak yang terlibat sudah melakukan transaksi. Surat perjanjian mampu menjamin hak serta kewajiban semua pihak serta mampu meminimalisir tindak penipuan, sengketa dan juga gugatan hukum.

Mendapatkan Hak Sesuai Hukum Berlaku

Surat perjanjian gadai juga berfungsi sebagai jaminan mendapatkan hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Didalam surat perjanjian sudah tertuang pasal pasal mengenai kesepakatan bersama dimana ditandatangani diatas materai sehingga kepastian hukumnya dijamin.

Memperjelas Nilai & Nominal

Pada surat perjanjian akan tertera informasi nominal gadai dan juga jenis mobil apa yang akan digadaikan. Secara langsung sudah tercantum besaran pinjaman yang didapatkan sehingga ketika ada yang tidak sesuai dapat dijadikan bukti resmi.

Memastikan Tenor Pengembalian Gadai Mobil

Dengan adanya surat perjanjian gadai mobil mampu memastikan tenor pengembalian setelah jangka waktu beberapa bulan atau tahun. Cara pembayaran juga biasanya dicantumkan apakah secara tunai ataupun metode angsuran perbulan.

Bagian Surat Perjanjian Gadai Mobil

Hampir sama dengan kredit kendaraan bermotor Bank Jateng, terdapat juga bunga karena gada mobil juga tergolong sebagai pinjaman. Pastikan juga lembaga gadai yang kalian gunakan terdaftar resmi, jika ingin melakukannya dengan pihak perseorangan pastikan gunakan materai.

Pada tiap surat perjanjian pastinya terdapat bagian didalamnya yang memperjelas tujuan dan juga alasan pembuatannya. Kesepakatan oleh semua pihak akan bisa dilihat sehingga mampu memastikan proses gadai mobil berjalanan dengan lancar.

Semua contoh surat perjanjian gadai mobil memiliki format menyesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Didalamnya terdapat beberapa jenis bagian diantaranya pembuka, isi dan penutup, untuk penjelasannya silahkan simak sebagai berikut.

Pembuka

Dibagian pembuka akan tertulis judul surat perjanjian gadai mobil. Selanjutnya terdapat pernyataan pihak yang terlibat dengan menyertakan nama, tempat tanggal lahir, NIK, pekerjaan dan juga alamat lengkap. Semua pihak wajib memberikan identitas lengkap supapa memiliki kekuatan hukum.

Isi

Selanjutnya pada bagian isi akan tercantum informasi mengenai perjanjian mencakup jenis mobil, tahun keluaran, nomor polisi dan juga nominal pinjaman gadai. Berikutnya akan terdapat informasi masa berlaku gadai mobil dengan waktu pengembalian dan juga cara pelunasannya.

Penutup

Kemudian di penutup akan tercantum kota dan tanggal perjanjian gadai dibuat. Semua pihak wajib menandatangani surat perjanjian gadai mobil diatas materai. Namun tidak semua penyedia jasa menawarkan surat perjanjian gadai mobil bermaterai, tergantung kepada kesepakatannya.

Contoh Surat Perjanjian Gadai Mobil

Jika kita lihat contoh surat perjanjian gadai mobil word ataupun pdf masing masing memiliki alur yang sama saja. Format penulisannya memang bisa jadi berbeda, namun untuk inti dari perjanjiannya akan kurang lebih sama sehingga wajib diperhatikan.

Selain itu ada juga surat perjanjian gadai mobil tanpa BPKB jika memang diperlukan. Sebagai pihak yang menggadai mobil kalian wajib membaca semua isi perjanjian supaya lebih mudah untuk kepastikan menerima hak dan menjalankan kewajiban secara baik.

Selanjutnya untuk surat perjanjian gadai mobil pdf kita bisa jadikan sebagai referensi ketika akan menyusun perjanjian berikutnya. Kemudian periksa juga apakah waktu pengembalian dan nominalnya sudah sesuai dengan kesepakatan, lebih jelasnya simak beberapa contoh surat perjanjian gadai mobil dibawah ini.

surat perjanjian gadai mobil simple
contoh surat perjanjian gadai mobil word
surat perjanjian gadai mobil tanpa bpkb
surat perjanjian gadai mobil pdf

Download Surat Perjanjian Gadai Mobil

Dari beberapa contoh surat perjanjian gadai mobil diatas kalian bisa mengamati bahwa untuk membuatnya diperlukan kepastikan dari pihak pertama dan kedua. Dengan aturan pasal maka akan membuat ikatan hukum, ketika dilanggar ada sanksinya.

Kemudian pastikan juga ketika akan menyusun surat perjanjian sudah sesuai dengan tujuan kedua belah pihak. Pastikan juga mendapatkan hak maupun kewajiban setara karena nantinya berpotensi terjadi sengketa ketika perjanjian dibuat dengan salah.

Kesimpulan

Menggunakan semua contoh surat perjanjian gadai mobil kalian akan jadi lebih mudah ketika akan menyusun atau mengajukan pinjaman gadai. Selain itu dengan memahami isinya kita dapat memastikan tidak kehilangan hak sebagai pihak yang terlibat didalamnya.

Pastikan juga isi surat perjanjian tidak ada yang salah karena nantinya bisa jadi merugikan salah satu pihak. Demikian pembahasan mengenai contoh surat perjanjian gadai mobil dari rkonline.id semoga dapat membantu kalian yang ingin menggadaikan kendaraan.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *