12 Contoh Surat Perjanjian Renovasi Rumah DOC & PDF 2022

Contoh Surat Perjanjian Renovasi Rumah – Transaksi jenis tertentu membutuhkan surat perjanjian secara resmi agar semua pihak yang terlibat didalamnya memiliki hak dan kewajiban yang sesuai. Salah satu aktivitas yang membutuhkan surat perjanjian adalah renovasi rumah ketika ditangani oleh pemborong ataupun developer.

Melalui contoh surat perjanjian renovasi rumah akan tertuang hal hal yang bersifat mengikat sehingga semua pihak tidak bisa melanggarnya. Seperti pada contoh surat perjanjian gadai mobil, terdapat pasal yang menjelaskan semua aturan termasuk maksud serta tujuannya.

Menggunakan contoh surat perjanjian kerja borongan sederhana kalian dapat menyusun kesepakatan secara jelas. Dengan diketahui kedua belah pihak maka proses pengerjaan renovasi rumah dapat dijalankan secara lancar tanpa hambatan.

Disisi lain surat perjanjian renovasi rumah tak sedikit melibatkan pihak ketiga dimana dijadikan sebagai saksi dan penguat secara hukum. Sedangkan jika sudah merambah ke badan usaha ataupun perusahaan maka contoh surat perintah kerja renovasi dapat dimanfaatkan untuk menyusun kesepakatannya.

Syarat Perjanjian Renovasi Rumah

Surat perjanjian renovasi rumah memiliki jangka waktu tertentu sesuai dengan kesanggupan pihak penyedia jasa layanannya. Apabila renovasi ringan maka jangka waktunya bisa lebih pendek dibandingkan dengan pembongkaran atau perbaikan total.

Dengan adanya surat kerja dapat memastikan semua pihak terlindungi oleh naungan hukum karena sudah terikat. Berbagai macam renovasi rumah dapat dituangkan dalam surat perjanjian misalnya rumah toko, rumah kantor, rumah tinggal, rumah susun dan lain sebagainya.

Isi dari perjanjian tersebut harus sudah disepakati dan tidak merugikan pihak tertentu yang terlibat didalamnya. Cukup berbeda dengan contoh surat perjanjian membangun rumah terutama dari sisi anggaran dan juga jangka waktu berlakunya.

Menggunakan contoh surat perjanjian renovasi rumah kalian dapat memahami apa saja hal yang perlu dimasukkan kedalamnya. Sebagai referensi silahkan simak apa saja syarat pada surat perjanjian renovasi rumah unhtuk pemilik dan juga kontraktor.

Pemilik Rumah

  • Mempersiapkan dokumen rumah mencakup Izin Mendirikan Bangunan atau IMB, denah rumah, gambar rumah lengkap serta gambar tampak luar.
  • Mempersiapkan dana sesuai hitungan RAB.
  • Bersedia terikat hukum melalui undang undang perdata.
  • Bertemu dan melakukan negosisasi dalam penyusunan surat perjanjian renovasi rumah dengan pihak kontraktor.

Kontraktor atau Penyedia Jasa Properti

  • Bertemu serta negosiasi dalam penyusunan surat perjanjian renovasi rumah.
  • Memberikan informasi secara detail mengenai prosedur renovasi rumah.
  • Paham dan setuju dengan gambar rumah yang diserahkan pemilik.
  • Mempersiapkan jadwal renovasi rumah.
  • Bersedia terikat hukum melalui undang undang perdata.

Bagian Surat Perjanjian Renovasi Rumah

Setelah mengetahui persyaratannya maka kita sebagai pemilik rumah dapat menyusun surat perjanjian menggunakan contoh format yang sudah ada. Pada umumnya format contoh surat perjanjian renovasi rumah terdiri dari bagian pembuka, isi serta penutup.

Pada tiap bagian akan dijelaskan mengenai aturan, hak serta kewajiban semua pihak sehingga wajib ditaati ketika renovasi berlajan. Nantinya semua pihak yang terlibat juga harus tanda tangan diatas materai supaya memiliki kekuatan hukum.

Pembuka

Pada pembuka akan tercantum judul surat perjanjian renovasi rumah, kemudian dibawahnya akan terdapat informasi data dari semua pihak yang terlibat didalamnya. Pihak pertama merupakan pemilik, sedangkan pihak kedua adalah penyedia jasa renovasi rumah.

Nama, nomor KTP/SIM, alamat lengkap wajib dicantumkan agar perjanjian bisa sah dimata hukum. Kemudian akan dijelaskan mengenai tujuan awal dari pembuatan surat perjanjian secara singkat dan tanggal kapan perjanjiannya dimulai.

Isi

Kemudian di bagian isi akan tercantum penjelasan perjanjian dimana pihak pertama menyerahkan renovasi rumah ke pihak kedua. Selain itu juga tercantum alamat lengkap rumah dan juga penjelasan singkat mengenai rencana anggaran biaya.

Kemudian setelahnya akan terdapat pasal perjanjian yang berisi hak serta kewajiban dari semua pihak. Jumlah pasal akan bergantung kepada kesepakatan kedua belah pihak, didalamnya tercantum jelas semua aturan dan juga pelanggarannya.

Penutup

Kemudian pada penutup akan tercantum tanggal perjanjian mulai berlaku. Semua pihak wajib tanda tangan diatas materai supaya surat perjanjian dapat resmi dan memiliki kekuatan hukum. Secara langsung dengan tanda tangan maka kesepakatan sudah dianggap sah dimata hukum.

Contoh Surat Perjanjian Renovasi Rumah

Berbeda halnya dengan contoh surat jual beli saham, pada perjanjian renovasi rumah akan dilampirkan RAB atau rencana anggaran biaya untuk perbaikan. Jadi anggaran dapat dilihat secara jelas dan transparansi keuangan akan tetap terjaga.

Pentingnya surat perjanjian renovasi rumah adalah ketika salah satu pihak tidak menjalankan kewajibannya maka pihak lain berhak untuk menuntut haknya. Bagi kalian yang bingung bagaimana format contoh surat perjanjian renovasi rumah maka silahkan simak sebagai berikut.

contoh surat perjanjian kerja borongan sederhana
contoh surat perjanjian kesepakatan renovasi rumah
contoh surat perjanjian membangun rumah
surat perintah kerja renovasi

Download Contoh Surat Perjanjian Renovasi Rumah

Melalui contoh surat perjanjian renovasi rumah diatas kalian dapat membuat susunan draft perjanjian baru sehingga lebih fleksibel. Selain itu beberapa contoh diatas juga mencantumkan informasi mengenai pasal apa saja yang disepakati.

Kemudian secara langsung kedua belah pihak dapat membaca apa yang menjadi hak serta kewajibannya. Secara langsung kalian juga dapat memenuhi kebutuhan renovasi rumah dengan anggaran yang jelas dan juga terjadwal.

Kesimpulan

Memang surat perjanjian bisa dibuat oleh kontraktor, pemilik rumah, pemegang tender ataupun perusahaan tententu. Namun dalam penyusunannya memang wajib disaksikan dan melalui proses negoisasi terlebih dahulu supaya tidak ada yang dirugikan.

Selain itu pada surat perjanjian setiap pihak juga berhak memasukkan hak maupun kewajibannya dalam pasal yang disepakati. Demikian pembahasan mengenai contoh surat perjanjian dari rkonline.id, semoga dapat membantu kalian dalam proses renovasi bangunan.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *