15 Contoh Surat Pinjaman Uang Perorangan & Pribadi Sederhana 2021

Contoh Surat Pinjaman Uang Perorangan – Kebutuhan uang di kehidupan sehari-hari memang sangat diperlukan untuk berbagai macam kepentingan. Kondisi tersebut membuat aktivitas pinjam-meminjam uang sudah menjadi hal lurah yang mungkin sering kita jumpai.

Berbagai macam jenis pinjaman pun terus bermunculan seiring meningkatnya kebutuhan ekonomi masyarakat. Bahkan untuk sekarang, pinjaman online atau Pinjol yang umumnya tidak mengharuskan adanya jaminan pun semakin marak kita jumpai. Disisi lain pinjaman dari lembaga perbankan terus menawarkan promo serta produk menarik.

Namun di sisi lain, jenis pinjaman uang perorangan mungkin menjadi salah satu alternatif yang bisa kita gunakan untuk kepentingan mendesak. Pada jenis pinjaman uang satu ini, seringkali dilakukan atas asas pertemanan, kekeluargaan atau lainnya. Sehingga jarang kita jumpai pinjaman uang perorangan menggunakan surat perjanjian.

Kendari demikian, bukan berarti surat pinjaman uang perorangan itu tidak ada. Karena dalam kenyataannya, banyak masyarakat yang membutuhkan surat pinjaman uang pribadi untuk mereka pakai. Jika mungkin kalian adalah salah satu diantaranya, dibawah ini ada beberapa contoh surat pinjaman uang perorangan yang bisa kalian pakai.

Apa Itu Surat Pinjaman Uang Perorangan?

Apa-Itu-Surat-Pinjaman-Uang-Perorangan

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang contoh surat pinjaman uang perorangan. Tidak ada salahnya kita pahami dulu pengertiannya. Secara sederhana, surat pinjaman uang perorangan merupakan sebuah acuan tertulis dan resmi yang didalamnya melibatkan dua belah pihak untuk menyepakati suatu kesepakatan.

Yang mana, dalam surat tersebut nantinya akan menerangkan bahwa pihak peminjam serta penerima pinjaman akan membuat sebuah kesepakatan terkait aktivitas pinjam meminjam uang tanpa perantara. Selain itu, juga akan tertulis peraturan yang harus disepakati kedua belah pihak.

Sehingga saat ada pihak yang melenceng dari isi surat, maka surat ini dapat igunakan sebagai bukti sah dan kuat untuk menggugat. Bahkan bisa pula digunakan sebagai bukti jika memang harus di bawah ke meja hijau.

Tujuan Surat Pinjaman Uang Perorangan

Tujuan-Surat-Pinjaman-Uang-Perorangan

Bukan semata hanya digunakan sebagai salah satu syarat aman terjadinya aktivitas pinjam meminjam uang. Namun dibuatnya surat pinjaman uang perorangan juga atas dasar beberapa tujuan. Nah tujuan atau fungsi dibuatnya surat pinjaman uang pribadi ini antara lain untuk:

  • Sebagai bukti tertulis & sah adanya transaksi pinjam meminjam uang antara dua belah pihak.
  • Memberi kejelasan mengenai pihak-pihak terkait.
  • Untuk meminimalisir terjadinya permasalahan suatu hari nanti.
  • Mengunci serta menghindari resiko buruk yang mungkin saja bisa terjadi.

Wajib Ada Dalam Surat Pinjaman Uang Perorangan

Wajib-Ada-Dalam-Surat-Pinjaman-Uang-Perorangan

Untuk dapat dikatakan menjadi surat pinjaman uang perorangan resmi dan punya kekuatan hukum seperti halnya SURAT PERJANJIAN PINJAMAN UANG TANPA JAMINAN. Maka dalam proses pembuatan surat pinjaman uang perorangan ini ada beberapa hal yang harus dan perlu dimasukkan ke dalam isi.

Dengan begitu ketika nantinya akan dipakai sebagai salah satu bukti kuat dan sah, surat ini dapat kita gunakan sebagai lembar bukti kuat & sah secara hukum. Maka dari itu sebelum kita masuk ke beberapa contoh surat pinjaman uang perorangan. Berikut adalah beberapa hal wajib yang harus ada di dalam surat / dokumen ini.

1. Judul Surat

Salah satu hal penting yang harus ada di dalam surat pinjaman perorangan yakni judul, sebagai contoh “Surat Pinjaman Uang Perorangan Tanpa Jaminan” atau “Surat Perjanjian Pinjam Meminjam Uang Pribadi”. Tujuan harus ada judul surat sendiri untuk memudahkan para pembaca memahami semua keterangan dan isi di dalam surat tersebut.

2. Identitas Diri

Contoh lain poin wajib yang harus ada di dalam surat pinjam meminjam uang pribadi atau perorangan adalah identitas diri dari pihak-pihak terkait & ditulis secara jelas dan detail. Termasuk di di dalamnya adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, nomor HP, nomor KTP dan juga status pekerjaan.

3. Isi / Keterangan perjanjian

Kemudian hal lain juga tidak kalah pentingnya dan wajib tersemat di dalam isi surat pinjaman uang perorangan yakni keterangan atau isi dari perjanjian. Biasanya dalam hal ini dijelaskan maksud serta tujuan dan berbagai macam keperluan lain, termasuk diantaranya mekanisme penyelesaian jika terjadi sengketa.

4. Nominal Pinjaman Uang

Selain itu contoh lain hal tak bisa di hilangkan dari surat pinjaman uang pribadi / perorangan adalah nominal uang yang akan dipinjam atau dipinjamkan. Usahakan penulisan nominal sejelas mungkin mulai dari penyebutan dalam bentuk tulisan huruf ataupun angka.

5. Tanda Tangan di Atas Materai

Untuk bisa dikatakan sah dan berguna jika dibawa ke ranah hijau atau pengadilan. Maka pembuatan surat perjanjian harus dibubuhi dengan materai yang tepat di atasnya tergambar tanda tangan dari kedua belah pihak, bahkan saksi jika ada.

Penting Sebelum Penandatanganan

Penting-Sebelum-Penandatanganan

Dengan masuknya contoh surat pinjaman uang perorangan ini ke dalam jenis dokumen penting. Maka sudah seharusnya sebelum kalian melakukan penandatanganan surat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, bahkan bisa dibilang menjadi point penting agar tidak terjadi hal-hal diluar dugaan. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Isi kesepakatan benar-benar harus dibaca sampai mengerti dan paham.
  2. Denda / hukuman akan didapat jika melanggar.
  3. Serta klausul lain yang memang menjadi bagian penting di dalam surat.

Contoh Surat Pinjaman Uang Perorangan

Melakukan pinjam meminjam uang perorangan dengan menggunakan surat pinjaman setidaknya hal ini akan membuat kedua belah pihak akan saling terkait kuat. Maka dari itu jika memang kalian membutuhkan contoh surat pinjaman uang perorangan, dan berikut ini adalah contoh bisa kalian pakai.

Contoh-Surat-Pinjaman-Uang-Perorangan
Contoh-Surat-Pinjam-Meminjam-Uang-Pribadi

Download Contoh Surat Pinjaman Uang Perorangan

Download-Contoh-Surat-Pinjaman-Uang-Perorangan

Namun jika memang kalian membutuhkan contoh surat pinjaman uang perorangan dalam bentuk atau format lain. Kalian juga bisa download beberapa file dibawah ini untuk digunakan. Cukup tap download contoh surat format doc di bawah ini, kemudian buka dan isi sesuai kebutuhan lalu gunakan.

Kesimpulan

Secara garis besar proses dan cara membuat surat pinjaman uang perorangan maupun pribadi dapat dilakukan dengan mudah dan harus dilakukan secara terang-terangan di hadapan kedua belah pihak terkait. Dan untuk membuat contoh surat pinjaman uang perorangan lebih kuat, maka sebaiknya gunakan materai.

Kiranya demikian informasi yang dapat Rkonline.id sampaikan. Semoga apa yang telah kami rangkum dan jelaskan diatas bisa menjadi referensi yang menarik serta mudah untuk kalian pahami.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *