30 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Saham Doc & PDF 2022

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Saham – Kita pastinya mengenal surat perjanjian jual beli sebagai bukti resmi bahwa sudah terjadi transaksi pada barang bernilai tinggi. Demikian pula pada aktivitas jual beli saham dimana membutuhkan surat perjanjian untuk memperkuat bukti dari sisi hukum.

Terlebih karena saham memang berperan penting sebagai bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan dimana nantinya berhak memperoleh dividen. Seperti contoh surat perjanjian pinjaman uang dengan jaminan, terdapat beberapa pihak yang terlibat dan menyetujui aktivitas sesuai aturan berlaku.

Citayam

Dengan adanya surat perjanjian jual beli saham maka pemilik bisa melakukan klaim atas suatu perusahaan secara terbuka. Surat perjanjian juga menjamin hak pemilik saham untuk hadir dalam pada rapat umum pemegang saham secara resmi.

Selain itu saham perusahaan memang tidak terlihat secara kasat mata karena bersifat hak milik sehingga harus dibuktikan secara langsung melalui surat perjanjian. Apalagi jika saham yang kita beli nilainya terus naik pastinya banyak keuntungan yang dapat diperoleh, surat perjanjian bisa menjadi jembatan mendapatkannya.

Apa itu Surat Perjanjian Jual Beli Saham?

Surat perjanjian jual beli saham adalah dokumen yang resmi dimana wajib ditandatangi pihak penjual maupun pembeli untuk sepakat terhadap transaksi lembar atau nilai saham. Secara langsung surat perjanjian jual beli saham akan menjadi bukti transaksi yang sah dimata hukum dan dapat djjadikan alat klaim perusahaan.

Contoh surat perjanjian bisa didapatkan secara mudah, namun kalian tetap harus memperhatikan pokok transaksi dan juga aturannya. Tentunya pada contoh surat perjanjian sudah tercantum hak maupun kewajiban dari semua pihak seperti penyerahan saham dan juga pemberian imbalan misalnya uang.

Pihak perseorangan bisa menggunakan contoh surat perjanjian jual beli saham untuk menyusun pernyataan secara jelas. Namun ada pula contoh akta jual beli saham notaris dimana melalui jalur hukum sehingga memiliki dasar yang lebih kuat.

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Saham

Kegunaan utama dari surat perjanjian jual beli saham adalah sebagai pengikat kedua belah pihak secara hukum yang sah. Apabila ada hal yang tidak sesuai dengan perjanjian maka pihak tertentu berhak untuk mengajukan gugatan secara perdata.

Pada umumnya notaris maupun pengacara memakai surat perjanjian jual beli saham untuk bukti resmi pada saat salah satu pihak tidak memenuhi hak maupun kewajibannya. Kemudian untuk fungsi surat perjanjian jual beli saham lainnya seperti dibawah ini.

Perjanjian Lebih Profesional

Dengan adanya surat perjanjian jual beli saham maka secara otomatis profesionalitas akan tetap terjaga. Apabila hanya jual beli dengan cara lisan maka resiko akan bisa terjadi. Hal ini juga memastikan bahwa semua pihak menjalankan perjanjian dengan baik.

Menjamin Secara Hukum Transaksi Saham

Menggunakan surat perjanjian jual beli saham akan menjamin keamanan dari sisi hukum karena sudah ada kesepakatan tertulis. Baik penjual ataupun pembeli saham akan bisa menghindari hal buruk kedepannya, apabila ada yang tidak sesuai maka bisa mengajukan gugatan.

Meningkatkan Kepercayaan Semua Pihak

Berikutnya dalah mampu meningkatkan kepercayaan dari semua pihak yang terlibat karena disusun bersama sama dan juga tertulis jelas. Jadi kepercayaan akan tetap terjaga dan akan lebih mudah melakukan transaksi saham berikutnya dalam waktu depan.

Meningkatkan Integritas Bisnis

Kemudian fungsi lain dari surat perjanjian jual beli saham adalah dapat meningkatkan integritas bisnis terutama apabila nominalnya besar. Pastinya pihak penjual ataupun pembeli akan merasa nyaman karena citra sebuah perusahaan dan mitra bisninya terjaga dengan baik.

Bagian Surat Perjanjian Jual Beli Saham

Memang ada contoh perjanjian jual beli saham bersyarat dimana terdapat pasal dan juga ketentuan didalamnya yang disepakati semua pihak terlibat. Selain itu dengan perjanjian pengikatan jual beli saham semuanya akan berjalan lancar dan jika terjadi masalah mudah ditangani.

Hampir semua contoh surat perjanjian jual beli saham dibawah tangan ataupun jenis perjanjian lainnya memiliki format yang sama. Untuk kalian yang ingin mengetahui apa saja bagian dari surat perjanjian jual beli saham maka silahkan simak dibawah ini.

Pembuka

Pertama adalah bagian pembuka dimana mencantumkan nama perjanjian jual beli saham. Kemudian akan ada pihak yang mengadakan surat perjanjian jual beli dimana mencakup identitas diri perseorangan ataupun badan usaha. Identitas yang dimaksud mencakup nama sesuai KTP/ SIM/ Paspor dari penjual dan pembeli saham.

Isi

Kemudian dibagian isis surat perjanjian jual beli saham akan tercantum informasi objek transaksi yaitu saham dan juga besaran nominalnya. Kesepakatan jual beli saham juga wajib ditulis kemudian soal cara pembayarannya bisa tunai, non tunai ataupun cicilan. Untuk informasi lainnya padaperjanjian meliputi.

  • Isi surat perjanjian mengenai jual beli saham.
  • Jangka waktu pembayaran apabila dicicil.
  • Arbitrase serta cara penyelesaian perjanjian.
  • Sanksi untuk pihak yang melanggar.
  • Beban biaya yang muncul.

Penutup

Kemudian bagian terakhir adalah penutup dimana berisi pihak pembuat perjanjian kemudian tanda tangan diatas materai sebagai bukti hukum yang sah. Semua pihak yang terlibat dan juga menyetujuinya paling sering harus tanda tangan diatas materai ataupun memakai cap jari.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Saham

Memang contoh surat pernyataan pengalihan saham hampir sama isinya dengan jual beli saham karena didalamnya terdapat format penulisan yang sama. Pada dasarnya contoh surat perjanjian jual beli saham dapat dicontek siapapun kemudian diubah isinya sesuai jenis transaksi dan identitas diri yang sesuai.

Menggunakan contoh jual beli saham kalian bisa menambahkan jenis perjanjian dan juga aturan yang sesuai dengan kesepakatan bersama. Seperti juga terdapat pada refinancing KPR, semua pihak harus menandatangani persetujuan diatas materai.

surat perjanjian jual beli saham doc
perjanjian pengikatan jual beli saham
pernyataan pengalihan saham
contoh akta jual beli saham notaris
perjanjian

Download Surat Perjanjian Jual Beli Saham

Memang dalam menyusun surat perjanjian jual beli saham diperlukan ketelitian dan juga pemahaman mengenai semua transaksinya. Usahakan memastikan semua informasi data diri benar, objek, nominal saham maupun isi dari perjanjian sudah benar.

Jangan sampai kalian tidak membaca surat perjanjian karena bisa saja merugikan pihak tertentu. Pastikan terlibat dalam pembuatannya agar semuanya terbuka dan tidak ada pihak yang rugi. Supaya lebih jelas silahkan kalian unduh contoh surat perjanjian jual beli saham yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Kesimpulan

Dari semua contoh surat perjanjian jual beli saham memiliki format yang sama namun tujuannya memang berbeda beda. Ada yang khusus untuk jual beli saham, pengalihan bahkan sampai pengikatan sehiingga kamu bisa pilih sesuai kebutuhan.

Memakai contoh surat perjanjian jual beli saham dapat jadi bukti resmi transaksi sehingga jika ada gugatan ataupun komplain kalian dapat lebih aman. Sekian ulasan mengenai contoh surat perjanjian jual beli saham dari rkonline.id semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles