5 Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua – Usia anak sekolah ataupun kuliah memang masih menjadi tanggung jawab penuh dari orang tua. Tak hanya bagi urusan pendidikan, dalam soal ekonomi karena anak belum memiliki penghasilan sendiri maka masih ditanggung orang tua. Dalam saat tertentu anak akan membutuhkan dokumen yang membutuhkan nama serta perijinan orang tua.

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai contoh surat keterangan kerja dimana yang memberikannya adalah pihak instansi ataupun perusahaan secara resmi. Sedangkan untuk surat keterangan penghasilan orang tua dibutuhkan oleh pihak sekolah, universitas ataupun pihak penyedia beasiswa. Surat ini dapat diterbitkan oleh desa, kelurahan ataupuin kecamatan setempat.

Citayam

Pada dasarnya dalam menyusunnya akan lebih mudah jika melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua. Penggunaanya bisa saat anak akan mendaftar kuliah, sekolah, UKT ataupun KIP. Secara langsung dengan menjelaskan sumber penghasilan yang didapatkan perbulannya maka akan memudahkan untuk menilai apakah bisa melunasi biaya pendidikan per semesternya.

Melalui contoh surat keterangan penghasilan orang tua juga dapat dicantumkan secara lengkap informasi nama, alamat, pekerjaan maupun detail data lainnya. Kemudian dalam penyusunannya memang data yang dimasukkan harus benar supaya dapat ditertanggung jawabkan kedepannya.

Pengertian Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Surat keterangan penghasilan orang tua merupakan surat resmi dimana didalamnya memiliki informasi gaji/penghasilan perbulannya. Pada surat keterangan penghasilan juga dicantumkan nama, pekerjaan, alamat bahkan profesi orang tua. Misalnya tani, PNS, pedagang, pengusaha, TNI, POLRI ataupun pekerja seni.

Kemudian pada rincian penghasilan akan tercantum juga informasi tambahan mengenai pengeluaran bulanan, tanggungan maupun pengeluaran lainnya. Pada umumnya memang lembaga pendidikan ataupun universitas telah menyediakan formulir yang bisa diunduh online kemudian tinggal diisi. Berikutnya untuk pengesahannya dapat meminta ke RT, Lurah ataupun kepala desa.

Kegunaan Surat Keterangan Penghasilan

Pada dasarnya surat keterangan penghasilan orang tua juga bisa menggantikan slip gaji/rekening koran dimana menjadi syarat wajib. Dengan adanya surat keterangan penghasilan orang tua mampu dimanfaatkan untuk pekerja non formal seperti misalnya pedagang, penatik, kili, pembantu ataupun lainnya. Kemudian untuk kegunaan surat keterangan penghasilan orang tua adalah sebagai berikut.

  • Pendaftaran kuliah dimana orang tua harus menyertakan surat keterangan penghasilan. Hal ini untuk menentukan apakah orang tua mahasiswa memiliki tingkat keuangan yang cukup untuk membayar biaya kuliah.
  • Untuk menentukan biaya UKT atau Uang Kuliah Tunggal dimana wajib dibayarkan diawal masuk ke universitas.
  • Dipakai sebagai syarat mendaftar beasiswa dimana membutuhkan surat keterangan penghasilan orang tua.
  • Fungsinya untuk daftar KIP atau Kartu Indonesia Pintar dimana termasuk program pemerintah untuk siswa SMA berprestasi yang tidak mampu membayar kuliah.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Dari contoh surat keterangan penghasilan orang tua dapat dilihat bahwa dibagian atas terdapat informasi kop dimana menerangkan asal surat. Kemudian dibawahnya terdapat nama serta nomor surat dimana dikeluarkan oleh instansi tertentu. Bagian berikutnya adalah penjelasan mengenai data diri orang tua disusul dengan identitas calon mahasiswa/siswa.

Kemudian akan dirincikan penghasilan orang tua mulai dari gaji pokok sampai tambahan. Kalian juga dapat menambahkan jika ada tanggungan keluarga ataupun biaya pengeluarannya. Dibawahnya juga tercantum tujuan surat entah untuk daftar kuliah, UKT, KIP maupun lainnya. Bagian penutup akan dilengkapi dengan tanda tangan orang tua dan instansi berikut materai serta cap stempel.

1. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Daftar Kuliah

Pertama ada contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk daftar kuliah dimana dimanfaatkan ketika awal proses registrasi. Pada umumnya pihak universitas sudah menyediakan formulirnya, orang tua tinggal mengunduh kemudian mengisi dan meminta tanda tangan instansi terkait.

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA

Yang bertanda tangan di bawah ini, kami:

Nama :
Umur :
Pekerjaan :
Alamat :

adalah orang tua

Nama Mahasiswa :
Jenis Kelamin :
Tempat Tgl. Lahir :
Program Studi :
Fakultas :

Menyatakan bahwa saat ini, kami selaku orang tua mempunyai penghasilan keluarga rata-rata sebesar………./bulan dengan bukti-bukti sebagaimana telah kami unggah di…………. Demikian, pemyataan ini kami buat dengan sebenar benarnya dan penuh rasa tanggung jawab.

Jika surat keterangan tidak sebenarnya kami bersedia untuk menerima sanksi pembatalan status mahasiswa di…………






Mengetahui Ketua RT


(nama)
(Kota), (tanggal pembuatan surat)
Yang membuat Pernyataan


(nama orang tua)

Mengetahui Kepala Desa


(nama)

2. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dari Kelurahan atau Desa

Berikutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua dari desa ataupun kelurahan dimana dapat diterbitkan jika ada permintaan. Menggunakan kop serta nomor surat keluar dari desa dimana akan menerangkan mengenai penghasilan orang tua yang bersangkutan.

PEMERINTAH KABUPATEN………..KECAMATAN……
KELURAHAN/DESA…………

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA
Nomor : ………

Pemerintah Kelurahan/Desa……., dengan ini menerangkan bahwa :
Nama Wali:
Tempat Tanggal Lahir :
Pekerjaan :
Agama :
Alamat :

Adalah benar orang tua kandung dari :
Nama :
Tempat Tanggal Lahir :
Pekerjaan :
NIM :
Alamat :

Benar bahwa yang bersangkutan adalah penduduk keluarahan/desa…. Menurut pengamatan kami orang tua yang bersangkutan memiliki penghasilan rata rata………. perbulan. Orang tua yang bersangkutan menanggung………..orang anggota keluarga

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami buat dengan sebenar benarnya serta dapat dipergunakan dengan baik

Kota, tanggal pembuatan
Lurah/Kepala Desa………..



(nama)

3. Surat Keterangan Penghasilan Untuk KIP

Berikutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk KIP atau Kartu Indonesia Pintar. Program KIP memang diperuntukkan bagi keluarga miskin dimana ingin anaknya bersekolah dari umur 7 hingga 18 tahun dengan gratis. Secara rutin nantinya keluarga akan diberikan bantuan dana lewat kartu KIP sehingga meringankan beban orang tua.

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA
CALON PENERIMA BEASISWA KARTU INDONEASIA PINTAR (KIP) KULIAH

Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama :
NIK :
TTL :
Alamat HP/TIP :

Adalah wali/orang tua calon penerima Kartu Indonesia Pintar untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera dari mahasiswa/mahasiswi:
Nama :
NIK :
TTL :
Alamat :

Dengan ini menyatakan bahwa saya:
1.Tidak mampu secara ekonomi
2.Pendapatan kotor gabungan dibawah…………
3.Pendapatan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga dibawah……………

Apabila saya melanggar hal hal yang telah dinyatakan maka saya bersedia dikenakan sanksi sesuai peraturan berlaku.

Mengetahui, Kepala Desa/Lurah/RW/RT


(nama)
………………….2022
Hormat Saya,


(nama)

4. Surat Keterangan Penghasilan Untuk UKT

Berikutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Biaya ini akan dibayarkan saat pertama kali mahasiswa mendaftar. Jadi formulirnya sudah disediakan universitas/perguruan tinggi kemudian tinggal diisi dan dimintakan tanda tangan.

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama : ……………
Pekerjaan : ……………..

Orang tua dari :
Nama : ………………
Nomor SNMPTN/SBMPTN/Mandiri : ……………….
Program Studi : ……………..

Menerangkan bahwa :
1. Penghasilan perbulan yang diperoleh dari pekerjaan kami adalah :
a. Gaji pokok suami : ………………….
b. Penghasilan tambahan suami :……………..
c. Gaji pokok istri : …………….
d. Penghasilan tambahan istri : ……………………
e. Total penghasilan : …………….
2. Penghasilan berasal dari…………….sesuai biodata calon mahasiswa baru saat registrasi di……………….
3. Informasi penghasilan adalah bemar, apabila terbukti ada yang tidak sesuai maka kami siap menerima sanksi dari…………………………

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat dengan sebenar benarnya sebagai syarat UKT……………
Mengetahui,
Lurah



(……………………………………)
……….., 2022
Pembuat Pernyataan



(……………………………………)

5. Download Surat Keterangan Penghasilan DOC

Terakhir adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua yang dapat kalian download dengan format doc. Misalnya untuk contoh surat keterangan penghasilan orang tua dari RT, kelurahan ataupun desa dapat menggunakan satu format saja. Kemudian dengan mengunduhnya kalian dapat mengedit sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Kami juga pernah membahas mengenai contoh surat jual beli tanah dimana harus memakai materai. Untuk surat keterangan penghasilan orang tua memang tidak wajib, namun ada beberapa perguruan tinggi yang mewajibkan tanda tangan diatas materai. Selain itu kamu juga dapat download surat keterangan penghasilan orang tua supaya memudahkan dalam menyusun dokumennya.

Sumber gambar : rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles