15 Contoh Surat Keterangan Kerja Word & PDF Simple

Contoh Surat Keterangan Kerja – Dalam dunia kerja memang tidak lepas dari berbagai dokumen sebagai salah satu syarat administrasi. Salah satunya adalah surat keterangan kerja dimana memiliki fungsi yang penting bagi karyawan atau pegawai. Surat keterangan kerja termasuk kedalam surat resmi dimana dikeluarkan oleh pihak perusahaan, instansi ataupun lembaga terkait.

Kami juga pernah membahas mengenai contoh surat keterangan penghasilan dimana bentuknya memang berbeda dengan keterangan kerja. Surat keterangan kerja lebih menitik beratkan ke informasi karyawan/pegawai dimana menjelaskan posisi maupun masa aktif pekerjaannya. Jadi pihak tertentu bisa menjadikannya sebagai bukti otentik bahwa orang yang bersangkutan memiliki pekerjaan resmi.

Citayam

Penggunaan jenis surat ini juga cukup beragam, dapat menjadi bukti saat akan mengajukan pinjaman, beasiswa bahkan sampai melamar pekerjaan diperusahaan lainnya. Kebanyakan surat ini juga dipakai sebagai alat bukti serta memiliki kekuatan hukum. Pihak tertentu juga dapat mengkonfirmasi profesi seseorang secara gamblang karena ada penjelasan terperinci.

Pada keterangan kerja juga dicantumkan waktu kapan mulai bekerja serta tanggal berhenti jika ada. Penggunaan keterangan kerja memang dapat beragam, namun perlu diketahui bahwa suratnya bersifat rahasia sehingga tidak boleh disalahgunakan. Supaya lebih jelasnya rkonline.id sudah menyiapkan informasi mengenai contoh surat keterangan kerja sebagai berikut.

Apa itu Surat Keterangan Pekerjaan

Surat keterangan kerja adalah surat resmi yang memiliki informasi bahwa yang bersangkutan bekerja diperusahaan, instansi ataupun lembaga terkait. Surat keterangan kerja mayoritas diterbitkan secara resmi oleh bagian HRD, personalia, badan kepegawaian ataupun pihak yang mengurus tenaga kerja. Jadi dalam isi suratnya akan tercantum informasi orang yang menyatakan atas nama perusahaan dan nama yang bersangkutan.

Kemudian akan tercantum informasi data diri, tanggal bekerja, tujuan pembuatan surat dan juga tanda tangan resmi. Dengan adanya keterangan kerja maka orang yang disebutkan dipastikan memiliki hubungan kerja secara resmi. Kebanyakan keterangan kerja digunakan untuk syarat untuk memastikan bahwa karyawan memang benar benar bekerja pada perusahaan/instansi yang dimaksudkan.

Kegunaan

Bentuk dari contoh surat keterangan kerja karyawan memang memakai format surat resmi dimana penyusunannya dapat secara bebas dilakukan. Namun hanya pihak instansi/perusahaan saja yang dapat mengeluarkannya karena bersifat menerangkan orang tersebut. Lantas apa saja kegunaannya? Siulahkan simak sebagai berikut.

  • Sebagai syarat dalam mengajukan beasiswa, kebanyakan dijumpai pada karyawan ataupun PNS. Jadi saat mengajukan beasiswa lembaga pendidikan akan meminta keterangan bahwa orang tua wali bekerja supaya mengetahui kelayakannya.
  • Untuk persyaratan mendaftar mahasiswa baru, di beberapa kampus diwajibkan menyerahkan surat keterangan kerja. Hal tersebut demi menjamin orang tua mampu membiayai anak didiknya dengan pekerjaan pasti.
  • Syarat untuk mengajukan pinjaman seperti KTA maupun bentuk pembiayaan lainnya. Pihak Bank akan meminta informasi pekerjaan debitur supaya menjamin bahwa pembayaran cicilan dapat dilakukan.
  • Persyaratan pengajuan KPR atau kredit rumah dimana pihak bank akan memastikan bahwa karyawan memang bekerja pada perusahaan/instansi.
  • Dipakai untuk melamar kerja dimana dibutuhkan perusahaan tujuan. Sangat penting karena untuk mempertimbangan berapa gaji yang akan diberikan.

Komponen Surat Keterangan Kerja

Secara langsung keterangan kerja memang memiliki banyak kegunaan sehingga selalu dibutuhkan. Dalam membuat surat keterangan kerja tentunya perusahaan wajib memenuhi semua komponen yang ada supaya resmi. Meskipun penyusunan kalimatnya bisa bebas, namun untuk format komponen harus ada seperti berikut.

  • Kop/kepala surat dimana menjelaskan informasi nama perusahaan, alamat serta kontak.
  • Headline surat dimana berisi judul surat keterangan kerja dimana dibawahnya juga dilengkapi dengan nomor surat keluar.
  • Bagian berikutnya adalah isi dimana menerangkan bahwa wakil perusahaan dengan nama, jabatan, kontak dan alamat menyatakan bahwa karyawan bersangkutan masih aktif/sudah berhenti bekerja. Kemudian juga akan dilengkapi dengan informasi lama waktu bekerja dan tujuan pembuatan surat.
  • Dibagian penutup akan diberikan info tanggal dibuat dan siapa yang mengesahkan.

Contoh Surat Keterangan Kerja Word & PDF Simple

Sekarang memang banyak contoh surat keterangan kerja simple yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Menggunakan contoh surat maka akan sangat membantu pihak HRD ataupun personalia menyusun keterangan kerja dengan mudah. Kemudian dari tiap contoh juga memiliki penggunaan berbeda beda.

Bentuk surat keterangan kerja perusahaan juga bermacam macam, kadang juga ada yang menggunakan desain khusus seperti menambahkan logo pada kop surat. Supaya tidak bingung berikut ini contoh surat keterangan kerja.

1. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan

Pertama adalah keterangan kerja untuk karyawan dimana dapat digunakan oleh berbagai perusahaan. Pada dasarnya memang simple karena HRD yang menyatakan bahwa karyawan memang benar benar bekerja untuk perusahaan dalam waktu tertentu.

NAMA PERUSAHAAN PT
Alamat Perusahaan

SURAT KETERANGAN
(Nomor Surat)

PT. …………… menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama :…………………
Tempat, Tanggal Lahir :…………………
Alamat :…………………

Adalah benar-benar karyawan PT………..yang bekerja di bagian …… sebagai ……. Surat keterangan ini dibuat sebagai syarat …………………………..

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat supaya digunakan sebagai mana mestinya

Jakarta, ……………..
PT ……………………….

(Nama)
HRD Manager

2. Contoh Surat Keterangan Kerja Simple

Berikutnya ketika kalian tidak ingin keterangannya terlalu panjang maka dapat membuat surat dengan format simple. Jadi akan ada pihak wakil dari perusahaan dimana akan menjelaskan bahwa nama karyawannya benar benar masih/pernah bekerja.

SURAT KETERANGAN KERJA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama lengkap :
Jabatan :
Alamat :

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama :
Jenis Kelamin :
Alamat :

Adalah benar karyawan di ……….. Semoga surat keterangan kerja bisa digunakan sesuai keperluan yang bersangkutan

Surabaya,……………………………..
HRD Personalia

(Nama lengkap)

3. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk KPR

Lalu ada contoh surat keterangan kerja untuk KPR dimana banyak dipakai sebagai syarat dalam mengajukan pembiayaan rumah, Biasanya surat ini diminta oleh pihak Bank sebagai syarat pengajuan dan menandakan bahwa karyawannya masih bekerja.

PT…………………..
Alamat

SURAT KETERANGAN KERJA
No.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Jabatan :
Alamat :

Menerangkan bahwa identitas dibawah ini:
Nama :
Jabatan :
Alamat :

Menyatakan yang bersangkutan adalah karyawan PT…………… dengan jabatan sebagai ……………. Bekerja mulai dari……………hingga saat ini. Surat keterangan kerja dibuat untuk syarat mengajukan KPR oleh yang bersangkutan

Demikian surat ini dibuat dan bisa digunakan dengan semestinya

Bandung, …………
(jabatan perusahaan)

(nama)

4. Contoh Surat Keterangan Kerja Koperasi

Kemudian ada contoh surat keterangan kerja koperasi dimana dapat pula menjadi informasi untuk melamar kerja. Secara langsung memang bentuknya hampir sama, namun akan ada nomor surat keluar berdasarkan ketentuan koperasi.

KOPERASI…………………
Cabang……….

SURAT KETERANGAN KERJA
NO :………..

Dengan Hormat, Yang bertandatangan dibawah ini:
Nama :
Jabatan :

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama :
Jenis Kelamin :
Jabatan :
Alamat :

Adalah karyawan yang bekerja di……. mulai ….. sampai saat ini. Demikian surat keterangan ini di buat agar dapat digunakan semestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

(kota), (tanggal)
(jabatan di koperasi)

(nama)

5. Surat Keterangan Kerja Perusahaan

Perusahaan memang akan memberikan keterangan jika ada permohonan dari karyawannya lewat HRD. Kemudian jika kalian pernah ataupun sedang bekerja kemudian membutuhkan keterangan maka bentuknya akan seperti dibawah ini.

PT…..
Alamat……..

Surat Keterangan Kerja
No:….

Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama :
Jabatan :

Dengan ini menerangkan bahwa
Nama :
Alamat :
Jabatan :
NIP :

Menjelaskan bahwa saudara……. menjadi karyawan tetap di…. Yang bersangkutan sudah bekerja sejak…. sampai…….

Surat keterangan kerja ini sebagai syarat pengajuan KPR Semua dan atas tagihannya menjadi tanggung jawab yang bersangkutan.
Demikian surat keterangan kerja ini dibuat agar dapat dipakai semestinya

Hormat Kami
Direktur PT……….

[nama]

6. Surat Keterangan Kerja Word

Kamu juga bisa memanfaatkan surat keterangan kerja word dimana dapat diedit sesuai dengan kebutuhan. Melalui contoh surat yang sudah disediakan kalian akan jauh lebih mudah jika memiliki kewajiban membuat keterangan kerja.

7. Contoh Surat Keterangan Kerja PDF

Kemudian untuk format file PDF memang banyak digunakan untuk pengiriman persyaratan secara online. Selain filenya lebih ringan, beberapa pihak juga mewajibkannya mengirimkan lewat email karena mudah untuk dibuka.

8. Keterangan Kerja PNS

Selanjutnya PNS juga akan memiliki masa kerja aktif ataupun pensiun. Keterangannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya mengajukan pinjaman ataupun syarat kepada pihak tertentu.

surat keterangan kerja word

9. Keterangan Kerja Untuk Lamaran

Keterangan kerja juga bisa dimanfaatkan sebagai syarat lamaran ke perusahaan baru. Fungsi lainnya adalah sebagai bukti pengalaman kerja sehingga tercatat secara resmi. Pihak penerima kerja juga dapat menjadikannya bahan pertimbangan untuk menerima kalian.

contoh surat keterangan kerja karyawan

10. Keterangan Kerja di Bank

Bekerja di Bank memang jadi profesi impian, dengan adanya keterangan resmi maka dapat menjadi bukti otentik. Bagi yang membutuhkan contoh keterangan pekerjaan Bank baik untuk karyawan aktif maupun nonaktif maka bentuknya seperti dibawah ini.

 keterangan simple

11. Keterangan Kerja Klaim BPJS

Ketika akan klaim asuransi BPJS kadangkala juga membutuhkan keterangan kerja. Paling sering saat akan klaim JHT ataupun jaminan kematian dimana wajib menerangkan bahwa karyawan memang benar benar bekerja diperusahaan tersebut.

keterangan pdf

12. Keterangan Kerja Untuk Ijin Kuliah

Keterangan kerja juga bisa digunakan ketika kalian ingin ijin kuliah ataupun sekolah. Menggunakan keterangan kerja maka kamu akan mendapatkan ijin resmi sehingga lebih memudahkan dalam mendapatkan perizinan dari lembaga.

keterangan perusahaan

13. Keterangan Kerja Pengajuan Beasiswa

Keterangan kerja juga dipakai sebagai syarat beasiswa karena untuk menjelaskan pekerjaan orang tua dari anak didik. Jadi secara langsung dalam suratnya akan tertera informasi orang tua serta pekerjaannya dan tujuan pengajuan beasiswa.

Keterangan Kerja

14. Surat Keterangan Kerja Manager

Lalu contoh surat keterangan kerja berikutnya adalah yang dikeluarkan oleh manager. Memang kebanyakan soal surat menyurat ditangani personalia, namun untuk kebutuhan tertentu dibutuhkan keterangan dengan jabatan lebih tinggi yaitu manager.

contoh surat untuk kpr

15. Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Terakhir adalah contoh surat keterangan kerja dengan bahasa Inggris dimana didapatkan ketika kalian bekerja diluar negeri. Penggunaannya memang bisa beragam tergantung kepada permohonan atau tujuan surat dibuat.

surat keterangan

Kesimpulan

Berbeda dengan surat perjanjian gadai mobil, penggunaan keterangan kerja memang lebih luas karena juga dipakai untuk kebutuhan akademis dan ekonomi. Dalam pembuatannya memang hanya dapat lewat instansi ataupun perusahaan terkait dimana tidak dapat dipalsukan. Selain itu keterangan kerja juga digunakan unetuk memenuhi persyaratan tertentu.

Sumber gambar : google.com, rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles