Chip Kartu ATM Tidak Terdeteksi? Penyebab & Cara Mengatasi

Chip Kartu ATM Tidak Terdeteksi – Sebagai pengguna kartu ATM, tentu sudah pernah mengalami berbagai macam masalah ketika memanfaatkan salah satu layanan perbankan ini. Yah tidak bisa kita pungkiri dengan jumlah pengguna yang begitu banyak.

Tentu ada saja masalah yang bisa di dapat pengguna ketika memanfaatkan kartu ATM untuk melakukan transaksi pembayaran, transfer, cek saldo/ mutasi dan juga tarik tunai. Biasanya pun masalah yang dihadapi setiap pengguna akan berbeda-beda.

Namun apakah kalian pernah mengalami masalah chip kartu ATM tidak terdeteksi sama sekali di mesin ATM? jika pernah tentu hal ini akan membuat kita sebagai pengguna sama sekali tidak bisa melakukan transaksi apapun baik itu transaksi finansial maupun non finansial.

Kejadian seperti ini bahkan bisa terjadi pada kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank manapun seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri atau lainnya. Lantas apa sih penyebab dan bagaimana cara mengatasi chip kartu ATM tidak terdeteksi?.

Tentang Chip Kartu ATM

Chip kartu ATM mungkin bisa dibilang masih baru di tanah air. Pasalnya sebagai salah satu bentuk keamanan transaksi perbankan yang dilakukan setiap nasabah dalam menggunakan kartu debit atau kartu ATM.

Beberapa waktu lalu pihak Bank Indonesia (BI) secara resmi telah mewajibkan setiap pengguna kartu ATM untuk mengganti dan menukar kartu ATM yang masih menggunakan magnetic stripe (pita magnetik) untuk beralih ke kartu ATM yang menggunakan teknologi chip.

Pengertian Chip Kartu ATM

Lantas apa sih yang dimaksud dengan chip kartu ATM?.

Nah setelah sebelumnya rkonline.id membahas lebih lanjut mengenai Reversal Tarik Tunai BRI Gagal. Berikut ini adalah pengertian singkat tentang Chip kartu ATM.

Mudahnya bila kalian sudah pernah menggunakan SIM Card (nomor HP) secara garis besar Chip pada kartu ATM juga memiliki bentuk yang tidak berbeda jauh.

Dimana Chip ini nantinya akan berisi sekumpulan data seperti saldo serta informasi lain yang dibutuhkan bank untuk membaca aktivitas pemegang kartu dalam melakukan berbagai macam transaksi.

Kelebihan Chip Kartu ATM

Dalam industri perbankan, istilah tersebut termasuk dalam Standar Nasional Teknologi Chip atau National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS). Yang dimana penerapan chip pada kartu ATM memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Meningkatkan rasa nyaman saat melakukan transaksi dengan menggunakan kartu ATM dimanapun itu dilakukan.
  • Mengurangi risiko terjadinya fraud (kecurangan / tindakan penipuan).
  • Menyetarakan kartu ATM dan atau kartu debit dengan standar Internasional.

Yang jelas dengan adanya perubahan pada sistem penerapan kartu ATM dari magnetic stripe ke chip, setidaknya akan membuat sistem keamanan dalam bertransaksi menggunakan kartu ATM jauh lebih aman.

Karena setiap kali melakukan transaksi menggunakan kartu ATM Chip. Semua data yang terkirim akan berbentuk pesan rahasia (cryptogram) dan akan selalu berubah setiap kali transaksi terjadi. Maka dari itu bagi kalian yang belum beralih ke Chip ATM silahkan datangi kantor bank penerbit secepatnya.

Penyebab Chip Kartu ATM Tidak Terdeteksi

Dari penjelasan singkat di atas bisa dipastikan bahwa keamanan adalah poin utama dari penggunaan kartu ATM Chip. Namun seperti yang sebelumnya sudah kami singgung, penggunaan kartu ATM dengan berbasis teknologi Chip.

Terkadang membuat transaksi tidak bisa dilakukan karena chip kartu ATM tidak terdeteksi di mesin. Pertanyaannya kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa sebenarnya penyebab utama kartu ATM Chip tidak terdeteksi?.

1. Chip Kartu ATM Kotor

Salah satu hal yang seringkali membuat kalian tidak bisa menggunakan kartu ATM Chip karena tidak terbaca di mesin ATM yakni karena kondisi chip tersebut kotor. Sehingga dalam hal ini mesin sama sekali tidak melihat / membaca ada chip yang terkoneksi.

Alhasil mesin pun menganggap tidak ada kartu ATM yang masuk dan membuat penggunaan kartu ATM tersebut tidak dapat dilanjutkan. Kotor disini bisa terjadi karena adanya tumpukan debu / partikel lain yang menempel di bagian chip.

2. Kartu ATM Terblokir

Kemudian masalah lain yang tak jarang menjadi penyebab chip ATM tidak terbaca adalah karena kartu ATM tersebut sudah terblokir. Masalah paling umum karena kalian lupa bahwa kartu ATM yang digunakan sudah salah menggunakan 3x PIN.

3. Mesin ATM Gangguan Jaringan

Selain masalah pada kartu ATM yang digunakan, masalah lain yang juga seringkali menjadi penyebab utama chip kartu ATM tidak terdeteksi adalah karena jaringan pada mesin ATM sedang mengalami gangguan.

Yang sebagaimana kita ketahui, mesin ATM hanya akan dapat bekerja dengan baik ketika jaringan internet yang ada sedang dalam kondisi yang sempurna. Jadi bila jaringan yang digunakan tidak dalam keadaan baik-baik saja. Maka ini akan membuat kartu ATM tidak akan terbaca.

4. Chip Kartu ATM Rusak

Buka saja karena masalah kotor pada bagian chip / kuningan pada kartu ATM. Tidak terbacanya kartu ATM saat digunakan juga bisa terjadi karena tembaga / kuningan chip di kartu ATM tersebut rusak, baik terkena goresan, mengelupas atau lain sebagainya.

5. Mesin ATM Masih Dalam Perbaikan

Terkadang mesin ATM yang kita gunakan setiap hari juga bisa saja mengalami kendala. Dan umumnya pada kondisi ini mesin bisa digunakan meskipun tidak stabil. Bahkan ketika kalian menggunakan kartu ATM yang telah memakai sistem teknologi Chip.

Bisa saja pada saat kondisi mesin ATM tersebut sedang dalam masa perbaikan, ini akan membuat kartu ATM chip tidak terbaca.

Cara Mengatasi Chip Kartu ATM Tidak Terdeteksi

Lalu seperti apa cara mengatasi chip kartu ATM tidak bisa terdeteksi / terbaca di mesin?. Nah dari penjelasan beberapa macam penyebab yang sudah kami sampaikan di atas. Sebenarnya solusi yang perlu dilakukan sangatlah gampang.

  1. Apabila chip kartu ATM tidak terbaca karena masalah kotor, maka kalian bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan penghapus hingga memastikan seluruh bagian chip sudah tak lagi ada kotoran.
  2. Namun apabila hal ini terjadi karena chip kartu ATM Rusak / Terblokir, maka satu-satunya cara dapat digunakan untuk bisa mengatasi hal tersebut yakni mendatangi kantor bank penerbit terdekat untuk meminta bantuan penggantian kartu ATM.
  3. Tunggu sampai benar-benar mesin ATM sudah normal apabila ingin mencobanya kembali baik itu normal dari gangguan jaringan yang tak stabil / gangguan pada kerusakan mesin ATM itu sendiri.
  4. Pindah ke mesin ATM lain adalah solusi paling mudah ketika kalian terkendala chip kartu ATM tidak terdeteksi.
  5. Hubungi Call Center Bank penerbit kartu ATM.

Nah itulah kiranya beberapa langkah cara mudah mengatasi masalah yang terjadi pada saat kalian tak lagi bisa mengakses / menggunakan kartu ATM yang berteknologikan Chip.

Kesimpulan

Kami rasa dengan adanya penjelasan singkat seperti apa yang sudah rkonline.id sampaikan dan jelaskan di atas. Setidaknya hal ini dapat membantu dan memberikan rasa tentang ketika memang saat ini kalian sedang mengalami masalah serupa.

Intinya ketika chip kartu ATM tidak terdeteksi bukan hanya karena itu salah kita, akan tetapi juga bisa dikarenakan adanya malfungsi dari mesin ATM itu sendiri baik karena rusak ataupun karena jaringan internet mesin ATM tidak stabil.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles