Arti Reversal dalam Mesin EDC BRI : Cara Mengatasi & Penyebab

Arti Reversal dalam Mesin EDC BRI – Penggunaan mesin EDC dalam transaksi memang sudah sering dijumpai pada berbagai tempat seperti restoran, toko, pusat perbelanjaan bahkan sampai cafe. EDC atau memiliki arti Electronic Data Capture berguna sebagai alat pembayaran non tunai dimana bisa terhubung langsung dengan rekening bank.

Namun seringkali ada arti kode operasional dalam mesin EDC yang kurang dipahami sehingga cukup membingungkan. Banyak orang ingin mengetahui arti reversal dalam mesin EDC BRI dimana sering dialami dan menyebabkan tidak dapat bertransaksi. Sebelumnya kami sudah membahas cara mengatasi alert irruption pada mesin EDC dimana lebih berat karena harus melakukan pergantian perangkat karena sudah habis waktu pemakaiannya.

Citayam

Masalah reversal dalam mesin EDC BRI biasanya sering terjadi dan berhubungan erat dengan transaksi. Jadi arti reversal dalam mesin EDC BRI tidak akan jauh dari operasional sehingga dapat diketahui penyebab serta cara mengatasinya. Pada dasarnya ketika mesin EDC BRI memunculkan notifikasi reversal kalian masih dapat mengakses menu namun untuk transaksinya akan dibatalkan.

Dalam penggunaan mesin EDC BRI memang wajar dijumpai karena termasuk barang elektronik yang bisa error ataupun bermasalah. Namun sebagai pengguna mesin EDC wajib tahu apa arti serta penyebabnya. Supaya lebih jelas kami sudah merangkum arti reversal dalam mesin EDC BRI serta bagaimana mengatasinya sebagai berikut.

Arti Reversal dalam Mesin EDC BRI

Arti reversal dalam mesin EDC BRI adalah terjadi kegagalan transaksi karena alasan tertentu sehingga dilakukan pengembalian saldo. Sedangkan reversal rekening adalah proses pengembalian uang ke rekening setelah transaksinya dilakukan. Kurang lebih hampir sama dengan arti reversal dalam SMS Banking namun untuk prosedur mesin EDC BRI akan sedikit berbeda.

Kemudian dengan adanya transaksi reversal artinya pembayaran akan dibatalkan dan membutuhkan waktu untuk mengembalikan saldo ke rekening. Biasanya ketika mengaktifkan notifikasi SMS kalian akan mendapatkan pemberitahuan dan informasi lebih lanjut. Jadi setelah tahu arti reversal dalam mesin EDC BRI kalian dapat melihat beberapa jenis penyebab serta bagaimana langkah penanganannya.

Pembatalan sepenuhnya dilakukan pihak Bank BRI sehingga nasabah hanya perlu menunggu prosesnya selesai. Reversal juga berlaku untuk semua produk Bank BRI seperti misalnya ATM, BRImo, internet, mobile ataupun SMS banking.

Reversal BRI Berapa Lama

Lantas berapa lama proses reversal dalam mesin EDC BRI? Proses reversal memakan waktu paling cepat 2 hingga 5 menit, namun tak jarang ketika banyak antrian dapat mencapai 30 menit. Pengguna memang dapat mengecek saldonya apakah sudah kembali ataupun tidak. Cara mengeceknya dapat menggunakan SMS, email ataupun BRImo.

Sesudah memahami arti reversal dalam mesin EDC pastinya pelanggan wajib memastikan uangnya kembali supaya tidak ada saldo macet. Selain itu kalian juga perlu waspada terhadap beberapa alasan yang menyebabkan reversal dalam mesin EDC terjadi.

Penyebab Reversal dalam Mesin EDC BRI

Memang ada beberapa alasan mengapa arti reversal dalam mesin EDC dapat muncul dan terjadi. Sebagai pelanggan yang cermat kalian wajib mengetahuinya supaya dapat melakukan langkah penanganan. Secara umum terjadinya reversal berhubungan erat dengan transaksi yang dilakukan sehingga wajib diperhatikan.

Penyebabnya termasuk waktu time out, pembatalan dari pihak Bank maupun faktor lain yang berasal dari pengguna mesin EDC. Supaya kalian tidak bingung berikut ini beberapa penyebab reversal dalam mesin EDC yang sering terjadi.

  • Rekening tujuan nomornya salah sehingga mengakibatkan reversal dalam mesin EDC BRI terjadi. Umumnya karena kesalahan mengetikkan nomor rekening, namun perlu berhati hati jika rekening ada yang punya maka transaksinya tidak dapat dibatalkan dan saldo tak kembali.
  • Pembatalan oleh BRI karena masalah tertentu semisal pulsanya tidak masuk.
  • Nomor handphone salah dimana terjadi ketika pengisian pulsa, paket data maupun pembayaran tagihan internet.
  • Nomor pelanggan PLN salah dimana terjadi ketika pembelian token ataupun pembayaran listrik.
  • Waktu time out dimana bersumber dari sistem yang mengalami gangguan.
  • Nomor diluar jangkauan sehingga tidak dapat dikenali atau disebut outer. Dalam masalah ini bisa saja karena nomornya tidak dikenali ataupun tidak menambahkan kode tertentu.
  • Gangguan teknis dari server sehingga menyebabkan terjadinya reversal.
  • Sofware dalam mesin EDC BRI mengalami crash.
  • Hardware dalam mesin EDC BRI rusak ataupun bermasalah.
  • Gangguan sinyal dar provider internet.

Cara Mengatasi Reversal dalam Mesin EDC BRI

Sebelumnya kami sudah membahas cara mendapatkan mesin EDC Link dimana diperlukan syarat serta prosedur yang cukup panjang. Kemudian setelah tahu arti reversal dalam mesin EDC lalu penyebabnya maka berikutnya kalian dapat mengatasi masalahnya. Lebih jelasnya simak beberapa cara sebagai berikut ini.

cara mengatasi reversal bri mesin EDC

1. Mengecek Rekening Tujuan

Silahkan kalian cek lagi rekening tujuannya apakah sudah benar dimasukkan. Apabila transaksinya memakai rekening konsumen maka usahakan mengetikannya dengan benar, kemudian pastikan juga masih aktif dan dapat digunakan. Jangan sampai rekeningnya sudah diblokir ataupun aktif atas nama orang lain karena kamu akan mengalami kerugian.

2. Memastikan Sinyal Stabil dalam mesin EDC

Selanjutnya kamu bisa cek langsung apakah sinyal stabil sehingga transaksinya dapat dilanjutkan. Baik untuk mesin EDC Mobile ataupun Fixed Line wajib mendapatkan koneksi stabil supaya transfer data dapat dilakukan.

3. Menggunakan Notifikasi SMS

Kamu dapat menggunakan fasilitas notifikasi SMS dari BRI dimana transaksinya berada diatas Rp.500.000. Namun memang harus ada biaya yang dikeluarkan yaitu Rp.500 untuk tiap SMS notifikasi. Kelebihannya apabila ada reversal maka prosesnya dapat dipantau langsung.

4. Membersihkan Reversal dalam mesin EDC

Langkah berikutnya adalah membersihkan catatan reversal dalam mesin EDC BRI. Langkah ini mampu membersihkan riwayat transaksi sebelumnya sehingga mesin EDC dapat dipergunakan kembali. Kamu cukup mengakses tombol function dengan cara sebagai berikut.

  • Tekan huruf F atau function
  • Masukkan kode 99 kemudian ENTER
  • masukkan password kemudian ENTER
  • Pilih CLEAR RVERSAL atau CLEAR REVERSAL
  • Konfirmasi dengan menekan YES

5. Pengaduan Reversal BRI

Berikutnya saat reversal tidak kunjung selesai baik prosesnya ataupun pengembalian dananya kalian dapat melaporkannya langsung. Segera hubungi Contact Center BRI dinomor 14017 atau 1500017 untuk menyampaikan masalahnya. Selain itu kamu juga dapat langsung datang ke kantor BRI terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung.

Kesimpulan

Dengan memahami arti reversal dalam mesin EDC serta bagaimana mengatasinya maka kamu akan mudah ketika mengahadapi masalahnya. Pada dasarnya masalah error dalam mesin EDC BRI memang dapat kapan saja terjadi, sehingga kamu dapat memperoleh gambaran mengatasinya. Demikian pembahasan rkonline.id mengenai arti reversal dalam mesin EDC, semoga bermanfaat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles