8 Cara Mendapatkan Mesin EDC Link 2022 : Syarat & Jenis

Cara Mendapatkan Mesin EDC Link – Pembayaran cashless atau non tunai memang semakin banyak digemari karena mudah dilakukan kapan saja. Salah satu alat pembayaran cashless adalah mesin EDC (Electronic Data Capture) dimana mampu secara langsung menghubungkan rekening konsumen dengan pihak seller/merchant.

Mesin EDC Link merupakan yang sering kita jumpai karena mendukung sistem pembayaran dari berbagai lembaga perbankan. Bisa dikatakan Link adalah mesin EDC semua Bank dimana semakin memudahkan setiap transaksi. Sebagai merchant pastinya sudah mengenal apa itu mesin EDC dan banyak menggunakannya untuk bertransaksi tiap harinya.

Citayam

Kemudian untuk cara mendapatkan mesin EDC Link memang diperlukan persayratan serta pengajuan langsung diBank bersangkutan. Hampir semua Bank menerapkan sistem sewa mesin EDC sehingga jika kontraknya habis maka wajib dikembalikan. Selian itu mesin EDC Link dapat dengan mudah dijumpai pada minimarket, cafe, restoran bahkan sampai pusat perbelanjaan.

Lalu kelebihan menggunakan mesin EDC Link adalah dapat melakukan pembelian, pembayaran, transfer bahkan sampai tarik tunai. Jadi konsumen cukup menggunakan kartu debit atau kreditnya untuk bertransaksi tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Selain itu mesin EDC Link juga mendukung QR Code sehingga akan menambah mudah dalam bertransaksi.

Jenis Mesin EDC Link

Untuk pemilik usaha memang sangat membutuhkan mesin EDC Link karena dapat jadi alternatif pembayaran sehingga konsumen merasa puas. Lalu cara mendapatkan mesin EDC Link memang harus melalui jalur resmi sehingga tidak dapat sembarangan. Mesin EDC Link ada yang menggunakan kartu ataupun kabel telepon.

Ketika kalian memilih mesin EDC Link dengan kartu maka dapat memilih provider meluputi Indosat, Telkomsel serta XL. Sedangkan jika menggunakan jalur kabel telepon maka providernya seperti Telkom. Berikut ini penjelasan mengenai tiap jenis mesin EDC Link yang tersedia.

Mesin EDC Link GPRS Mobile

Adalah mesin EDC yang menggunakan jaringan atau sinyal GPRS untuk alat transfer datanya. EDC GPRS Mobile mempunyai baterai sehingga dapat dioperasikan tanpa kabel. Kelebihannya pasti sangat mudah dipindahkan kemanapun sehingga cocok dengan mobilitas usaha kalian.

Mesin EDC Link GPRS

Hampir sama seperti EDC GPRS Mobile, hanya perbedaannya EDC GPRS tidak mempunyai baterai sehingga harus terhubung dengan daya liostrik lewat stop kontak. Kelemahannya memang tidak dapat dipindahkan, namun lebih cocok digunakan pada kasir ataupun loket pembayaran.

Mesin EDC Link Fixed Line

Terakhir adalah EDC Fixed Line dimana harus terhubung dengan kabel telepon serta daya listrik dimana lebih susah lagi dipindahkan. Koneksinya memakai kabel fiber optic dimana disediakan oleh provider seperti Telkom Indihome. Jenis ini termasuk versi lama dimana mungkin lebih jarang dijumpai dibandingkan GPRS.

Syarat Mendapatkan Mesin EDC Link

Memang mesin EDC ATM Bersama ataupun Link menawarkan sistem bayar instan yang lebih menarik konsumen. Kelebihannya apabila memakai kartu kredit maka konsumen akan memburu promo yang didapatkan dari tiap transaksi yang dilakukan. Lantas apa saja mendapatkan mesin EDC Link? Lebih jelasnya simak sebagai berikut.

  • FC KTP/KITAS/Paspor/KITAP dari pemilik usahanya
  • FC TDP, SIUP, anggaran dasar dan NIB
  • Perijinan usaha apabila terkait dengan instanti berwenang
  • FC NPWP
  • Surat izin gangguan (HO)
  • Keterangan tempat usaha/sertifikat pemilik
  • Foto tempat usaha
  • Surat ijin usaha atau profesi
  • Isi formulir pengajuan mesin EDC Link
  • Isi perjanjian kerjasama dengan pihak perbankan
  • Menyerahkan surat pernyataan kuasa settlement merchant apabila memakai nama pribadi/bukan merchant
  • Mempunyai rekening terdaftar di Bank bersangkutan

Cara Mendapatkan Mesin EDC Link

Mesin EDC Link akan berpotensi meningkatkan pendapatan merchant karena ada banyak promo dan mempermudah pembayaran konsumen. Selain itu penggunaan mesin EDC juga akan menghemat waktu karena dana secara otomatis akan masuk ke rekening merchant dan tersimpan riwayatnya. Melalui kode function mesin EDC BCA ataupun bank lainnya riwayat transaksi dapat dilacak.

Lalu cara mendapatkan mesin EDC Link hanya dapat dilakukan pada Bank resmi misalnya Mandiri, BRI, BNI ataupun BCA. Pastikan kalian sudah melengkapi semua syaratnya kemudian dapat melakukan cara pendaftaran sebagai berikut.

1. Persiapakan Syarat & Dokumen

Cara pertama adalah mulai mengumpulkan semua persyaratan serta dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan mesin EDC Link. Seluruh syarat wajib dipenuhi supaya proses pengajuannya akan berjalan lancar. Ketika membutuhkan bantuan lebih detail kalian juga dapat memanfaatkan fasilitas call cnter untuk menanyakannya.

2. Pergi ke Bank yang Diinginkan

Cara selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor cabang BRI, Mandiri, BCA, BNI ataupun lainnya yang paling dekat dengan lokasi kalian. Pastikan membawa seluruh persyaratannya supaya kalian tidak bolak balik dan lebih menghemat waktu.

3. Ambil Antrian Customer Service

Setelah sampai maka kalian dapat meminta bantuan satpam untuk mengambil antrian customer service atau CS. Sampaikan juga tujuan bahwa ingin mendapatkan mesin EDC Link supaya lebih dipermudah. Berikutnya tinggal menunggu sampai dipanggil.

4. Mengajukan Mesin EDC Link

Cara berikutnya ketika kalian sudah dipanggil sesuai nomor urutan maka datangi bagian CS. Ungkapkan bahwa ingin mendapatkan mesin EDC Link. Kemudian kamu akan ditanyai tujuan mendapatkan mesin EDC Link kemudian penggunaannya. Setelahnya kalian akan dijelaskan mengenai prosedur mendapatkan mesin EDC Link.

5. Berikan Persyaratannya

Ketika pihak CS sudah memahami mengapa kalian harus mendapatkan mesin EDC Link maka berikutnya akan diminta persyaratannya. Serahkan semua syarat dan dokumennya kepada CS kemudian akan dilakukan pemeriksaan, jika kurang maka harus menggenapinya.

6. Mengisi Formulir Pengajuan Mesin EDC Link

Selanjutnya kalian akan diminta mengisi formulir pengajuan mesin EDC Link. Silahkan isikan dengan lengkap data pribadi serta usaha. Usahakan memberikan data secara jujur supaya mempermudah dalam proses pengajuannya.

7. Proses Verifikasi

Selanjutnya adalah proses verifikasi dari pihak Bank terhadap pengajuan untuk memperoleh mesin EDC Link. Prosesnya akan memakan waktu berbeda beda, jadi ikuti saja petunjuk dari CS. Kadang pada beberapa kejadian pemohon memang harus pulang dulu dan menunggu sampai dihubungi kembali.

8. Surat Perjanjian & Penyerahan Mesin EDC Link

Terakhir ketika permohonan diterima maka akan ada surat perjanjian yang wajib ditandatangani pemilik usaha. Berikutnya mesin EDC Link akan diserahkan dan dapat mulai digunakan. Beberapa pihak perbankan menerapkan biaya sewa gratis dalam periode tertentu ataupun mengratiskan biaya admin semua bergantung ketetapan masing masing.

Kesimpulan

Bisa dikatakan cara mendapatkan mesin EDC Link memang cukup mudah, apalagi untuk merchant yang sudah usahanya berjalan. Apabila sudah memperoleh mesin EDC Link maka manajemen keuangan akan lebih baik karena semua transaksinya tercatat. Sekian pembahasan dari rkonline.id, semoga dapat membantu kalian saat proses pengajuannya.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles