10 Cara Agar Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online Perlu Kamu Tahu!

Cara Agar Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online – Trend aktivitas pinjaman online semakin haru terus meningkat. Ada banyak perusahaan pinjaman online atau Pinjol yang terus memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa memperoleh pinjaman modal dana segar.

Selain tidak membutuhkan jaminan untuk dapat mengajukan pinjaman. Melalui fasilitas ini, tiap kreditur pun tidak perlu keluar rumah untuk dapat mengajukan kredit. Pasalnya untuk proses pengajuan pihak pinjaman online sudah menyediakan aplikasi maupun situs khusus.

Hanya saja seiring penggunaan makin tinggi, saat ini ada banyak perusahaan pinjaman online “ilegal” yang menyalahgunakan data nasabah. Biasanya pihak pinjol menggunakan data seperti nomor telepon untuk menyebarkan promosi lewat SMS langsung ke nomor pribadi.

Parahnya lagi promosi penawaran pinjaman dilakukan dengan cara telepon langsung. Hal tersebut tentunya membuat risih sebagian besar orang. Jika kalian adalah salah satunya, berikut ini beberapa cara agar kontak tidak disadap pinjaman online.

Bagaimana Kontak Bisa Disadap Pinjaman Online?

Mendapatkan teror berupa promosi dan penawaran pinjaman mudah cepat cair melalui nomor pribadi dari kontak asing. Setidaknya membuat setidaknya pertanyaan bagaimana bisa kontak disadap pinjaman online?.

Sebelum kita masuk ke panduan cara agar kontak tidak disadap pinjaman online. Berikut ini akan sedikit rkonline sampaikan bagaimana hal tersebut mungkin saja terjadi.

Seperti kita ketahui bersama, pinjaman online bisanya dapat diakses melalui mobile apps yang kita install di HP. Sadar maupun tidak sadar, saat pertama kali kita buka aplikasi tersebut kita akan selalu memberikan izin akses ke kamera, kontak, lokasi dan gambar.

Dari sinilah pihak pinjaman online bisa mendapatkan kontak kita termasuk seluruh kontak di dalam HP. Jika tidak ingin kontak kita disadap pinjaman online. Sebaiknya matikan izin akses tersebut untuk menghapus data dari aplikasi pinjaman online.

Cara Agar Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online

Nah setelah mengetahui apa saja hal perlu kalian perhatikan ketika kontak tidak ingin disadap seperti di atas. Berikut adalah beberapa cara agar kontak tidak disadap pinjaman online dapat kalian lakukan.

1. Pastikan Bukan Pinjaman Online Ilegal

Hal pertama harus kalian lakukan agar kontak tidak disadap pinjaman online yaitu memastikan bahwa aplikasi atau situs pemberi pinjaman tersebut bukan merupakan pinjaman ilegal.

Untuk memastikan hal tersebut biasanya kalian harus memperhatikan apakah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika sudah, biasanya pinjaman tersebut bisa diartikan sudah resmi dan bukan ilegal.

2. Ketahui Eksistensi Pinjaman Tersebut

Cara lain dapat kalian gunakan agar kontak tidak disadap pinjaman online berikutnya yaitu mengetahui eksistensi pinjaman online tersebut. Biasanya semakin terkenal pinjaman online atau semakin banyaknya pengguna yang menginstal aplikasi pinjol akan semakin terkenal pula pinjaman tersebut.

Selain itu, ketika ingin mengetahui apakah suatu pinjaman online sudah terkenal dan banyak digunakan. Yaitu dengan melihat review dari para pengguna yang sudah memakainya. Baik itu dari artikel referensi, maupun langsung dari review di play store atau app store.

3. Gunakan Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Cara agar kontak tidak disadap pinjol berikutnya yaitu memastikan bahwa platform digunakan resmi atau langsung dikeluarkan oleh pihak pinjaman onine dengan menyediakannya langsung di play store maupun app store.

Biasanya hal ini akan selalu diberitahu pinjaman online lewat situs resmi mereka. Jangan pernah sekali-kali menginstal aplikasi pinjaman online dari luar. Hal ini akan sangat berbahaya bahkan akan dapat membuat kontak mudah disadap.

4. Jangan Memberikan Akses ke Aplikasi

Sama seperti pembahasan mengenai cara menghilangkan jejak dari pinjaman online. Cara agar kontak tidak disadap pinjaman online berikutnya yakni dengan menghentikan pemberian akses ke aplikasi.

Sebagai informasi, pemberian akses izin ke aplikasi pinjaman online biasanya akan dilakukan ketika pertama kali kalian menginstal dan membukanya. Beberapa akses pasti akan diminta meliputi kontak, gambar, kamera, penyimpanan, lokasi dan lain sebagainya.

5. Memahami Syarat & Ketentuan Pinjol

Saat ini ada begitu banyak pinjaman online yang bisa digunakan dengan mudah. Namun tidak semuanya merupakan pinjaman online legal karena ada saja beberapa pinjol ilegal.

Nah salah satu cara agar kontak tidak disadap pinjaman online yaitu dengan memahami syarat dan ketentuan pinjol tersebut. Jadi pastikan sebelum kalian menggunakan pastikan lebih dulu bahwa kalian sudah memahami syarat dan ketentuan yang diberikan agar tidak ada kesalahpahaman.

6. Bedakan Pinjaman Online Resmi & Ilegal

Seperti di atas kami sampaikan, mengetahui kepastian dan kejelasan pinjaman online yang akan digunakan menjadi salah satu hal penting. Mengingat untuk saat ini ada cukup banyak pinjaman online ilegal beroperasi.

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa salah satu hal yang pasti dapat meminimalisir pencurian kontak yakni dengan membedakan pinjol ilegal maupun legal. Caranya dengan memastikan bahwa pinjol tersebut telah terdaftar di layanan OJK.

7. Ganti Kartu SIM

Cara terakhir dapat dipakai untuk meminimalisir terjadinya pencurian data kontak oleh pinjaman online yaitu mengganti nomor telepon atau kartu sim. Biasanya hal ini dilakukan ketika benar-benar sudah tidak ingin lagi berurusan dengan pinjol.

Selain itu dengan mengganti kartu SIM, setidaknya penawaran hutang cepat cair yang masuk ke pesan pribadi baik SMS maupun WhatsApp dapat dihindari.

FAQ

Bisakah pinjol mengakses kontak?

Selama kalian memberi izin aplikasi pinjol tersebut, maka pihak pinjaman online akan dapat mengakses kontak HP.

Bagaimana pinjaman online bisa menyadap nomor HP?

Pinjol akan menyadap semua daftar kontak di HP ketika diberi akses untuk membaca daftar kontak.

Apakah mengganti nomor HP bisa terhindar dari teror pinjol?

Tentu saja bisa, karena nomor baru tidak akan bisa diketahui pinjaman online selama kalian tidak menggunakannya untuk mendaftar.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah kami sampaikan di atas, setidaknya jika memang kalian sudah tidak ingin lagi berurusan dengan pinjaman online. Ada baiknya ganti kartu SIM, perangkat yang digunakan dan juga jangan pernah menggunakan aplikasi pinjol.

Dengan begitu kalian tidak akan lagi mendapatkan teror penawaran pinjaman online yang meresahkan. Nah seperti itu kiranya beberapa cara agar kontak tidak disadap pinjaman online bisa kalian lakukan yang kali ini bisa rkonline.id sampaikan.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *