12 Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online 100% Berhasil!

Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online – Dengan kondisi perekonomian yang sedang tidak baik-baik saja saat ini. Banyak sekali masyarakat yang tergiur dengan penawaran pinjaman online dari beberapa aplikasi mobile maupun website.

Bagaimana tidak, bukan hanya memberikan pinjaman dalam jumlah besar. Syarat pengajuan yang tidak perlu memberikan jaminan, setidaknya menjadi alasan lain banyak orang memanfaatkannya untuk kebutuhan konsumtif harian maupun kebutuhan mendesak.

Namun sadar atau tidak sadar, ketika melakukan pendaftaran baik melalui website ataupun mobile app. Kita akan dituntut agar memasukkan semua data diri kita guna meninggalkan jejak yang sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan oleh pihak perusahaan pinjaman online.

Bagi beberapa orang mungkin hal tersebut terdengar biasa, namun ternyata ada pula para pengguna pinjaman online yang cukup merasa terganggu dengan hal tersebut. Bahkan banyak pengguna justru mencari info mengenai cara menghilangkan jejak dari pinjaman online.

Kenapa Harus Menghapus Jejak Pinjaman Online?

Jika mengacu pada kebijakan pinjaman online yang ada, setidaknya penyebaran data diri akan tetap dilindungi dan tidak semua pihak bisa mendapatkannya. Meski begitu jika ternyata kalian justru terjebak dalam daftar pinjaman online dan bahkan sampai menggunakannya.

Jangan heran jika semua jejak yang kalian tinggalkan akan digunakan untuk berbagai macam keperluan yang mungkin juga akan dapat merugikan kalian sebagai pengguna. Jika sudah seperti itu maka menghilangkan jejak dari pinjaman online menjadi solusi tepat bisa kalian lakukan.

Disamping itu, resiko terbesar lain yang bisa saja terjadi karena peninggalan jejak di platform pinjaman online yakni peretasan data yang membuat seluruh data kontak, lokasi, kamera dan juga gambar bisa saja tercuri. Jika hal ini terjadi, pencemaran nama baik pun akan mudah dilakukan.

Alasan tersebutlah yang kerap kali membuat banyak masyarakat yang sudah terlanjur menggunakan pinjaman online ilegal, ingin mengetahui cara menghilangkan jejak dari pinjaman online. Baik itu dengan menggunakan jasa hapus data pinjol ataupun hacker hapus data pinjol.

Harus di Waspadai dari Pinjaman Online!

Melihat peliknya masalah yang mungkin saja bisa kita dapati dari penggunaan pinjaman online ilegal seperti di atas kami sampaikan. Setidaknya bila kalian adalah salah satu pengguna pinjaman online resmi maupun ilegal.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus kalian waspadai. Dari begitu banyaknya hal perlu untuk di waspadai adalah izin akses aplikasi pinjol yang ada di HP. Kenapa demikian? karena dari perizinan inilah semua jejak data diri kita akan terbaca oleh aplikasi.

Sebagai informasi saja, biasanya platform pinjaman online akan membuta kita untuk memberikan akses mulai dari Kontak, Lokasi, Gambar (Galeri & Foto), Jaringan WiFi, Panggilan Telepon, Identitas Perangkat dan lain sebagainya.

Melalui akses perizinan tersebutlah semua data yang terdapat didalam HP bisa di gunakan sebagai jejak bagi perusahaan pinjaman online untuk berbagai macam keperluan mereka. Termasuk promosi dan penagihan pembayaran atau lainnya.

Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Setelah mengetahui secara pasti apa saja hal perlu di waspadai saat menggunakan aplikasi pinjaman online seperti di atas kami sampaikan. Bila sebelumnya sudah kami bagikan bagaimana CARA MENGHAPUS DATA DI APLIKASI PINJAMAN ONLINE.

Sesuai dengan judul di atas, kali ini rkonline.id akan membagikan secara detail dan rinci seperti apa saja cara menghilangkan jejak dari pinjaman online. Dengan begitu data pun akan aman dan lebih terjaga.

Nah buat kalian yang sudah tidak lagi sabar, berikut ini panduan cara menghilangkan jejak dari pinjaman online untuk bisa dilakukan.

1. Hapus Aplikasi Pinjaman Online

Cara menghilangkan jejak dari pinjaman online pertama yaitu dengan menghapus aplikasi dari HP. Cara ini otomatis akan membuat beberapa akses izin tidak lagi bisa didapatkan.

Namun untuk bisa menghilangkan secara keseluruhan. Ada baiknya sebelum kalian hapus aplikasi clear cache dan data lebih dulu baru kalian uninstall aplikasi dari handphone.

2. Buang / Ganti SIM Card

Seperti kita ketahui bersama, aplikasi pinjaman online biasanya memanfaatkan nomor HP sebagai identitas diri kita. Untuk itu jika kalian mencari cara untuk menghilangkan jejak diri dari pinjol.

Maka salah satu cara bisa digunakan yakni dengan membuang nomor HP terdaftar dan menggantinya dengan nomor handphone baru dan benar-benar belum pernah sama sekali dipakai untuk daftar pinjaman online.

3. Matikan Akses Lokasi

Dari penjelasan singkat mengenai kenapa harus menghapus data diri dari aplikasi pinjaman online seperti di atas kami sampaikan. Biasanya aplikasi pinjaman online akan meminta akses lokasi.

Oleh karena itu, bila kalian ingin menghilangkan jejak dari pinjaman online, sebaiknya matikan akses lokasi di perangkat untuk aplikasi pinjol tersebut. Dengan begitu jejak lokasi tidak akan bisa lagi di peroleh aplikasi.

4. Ganti HP / Smartphone

Cara lain bisa kalian gunakan ketika ingin menghilangkan jejak dari pinjaman online yakni mengganti HP dengan HP baru atau setidaknya perangkat mobile belum pernah digunakan untuk akses aplikasi pinjaman online.

Bila menginginkan hal lebih baik, setidaknya ganti HP sekaligus ganti sim card sebelumnya digunakan untuk mendaftar aplikasi pinjaman online seperti di atas kami sampaikan.

5. Reset Ulang HP

Apabila mengganti mobile device menjadi hal cukup sulit dilakukan. Maka cara lain bisa kalian gunakan untuk menghilangkan jejak pinjol yakni dengan melakukan reset ulang HP sekaligus microSD pada HP tersebut.

Untuk cara reset ulang, kami rasa tidak perlu kami beritahu detailnya. Hal terpenting hanyalah backup semua data terlebih dahulu. Pastikan data-data penting di dalam HP kalian amankan.

6. Pindah Rumah

Bila memang kalian sudah tidak lagi ingin berurusan dengan pinjaman online apapun itu namun ingin jejak kalian terhapus. Setidaknya selain dengan menggunakan cara menghilangkan jejal dari pinjaman online seperti di atas kami sampaikan.

Cara terakhir dapat kalian gunakan yakni dengan pindah rumah. Yah, setidaknya dengan menggunakan cara ini, jejak kalian tidak akan lagi terlihat dan terdeteksi lagi oleh pinjaman online. Namun dengan catatan, tidak pernah lagi mengajukan pinjaman online lainnya.

Kesimpulan

Itulah kiranya penjelasan dapat rkonline.id sampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara menghilangkan jejal dari pinjaman online. Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa ketika ingin menghilangkan jejak.

Sebaiknya ganti semua perangkat HP & nomor HP pernah dipakai. Bahkan jika memungkinkan segera pindah rumah untuk menghindari gangguan dari pihak-pihak yang mengatasnamakan pinjaman online.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *