10 Penyebab Pengajuan BRI Ceria Ditolak & Cara Mengatasinya

BRI Ceria Ditolak – BRI memiliki banyak sekali produk pinjaman yang dapat di andalkan untuk berbagai macam kebutuhan finansial. Bermodal jaringan begitu luas, setidaknya BRI lebih dikenal sebagai bank yang memiliki fokus pinjaman mikro. Salah satunya adalah KUR BRI atau Kredit Usaha Rakyat.

Bahkan jika dilihat secara skala penyaluran pinjaman KUR, BRI masih menduduki peringkat teratas sebagai penyalur KUR terbesar bila dibandingkan dengan lembaga bank BUMN lainnya. Meski sudah memiliki trust atau kepercayaan tinggi dari masyarakat untuk masalah kebutuhan finansial.

Nyatanya hal tersebut bukan membuat BRI bersantai, melainkan mereka juga terus memberikan inovasi segar berkaitan dengan pinjaman online dengan mulai menjajaki bisnis Fintech atau Financial Technology. Dan untuk langkah awal, mereka memperkenalkan layanan bernama BRI Ceria.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, setiap pengguna harus melakukan pengajuan. Dimana ketika pengajuan diterima para nasabah dapat membelanjakan limit kredit yang dimiliki untuk membeli kebutuhan. Namun tidak sedikit pengajuan BRI Ceria ditolak bank BRI dengan berbagai macam alasan.

BRI Ceria Adalah?

Ditolak atau tidak diterimanya pengajuan BRI Ceria memang menjadi masalah cukup memusingkan bagi sebagian besar pengguna. Pasalnya dengan penolakan tersebut, tentunya kalian tidak akan bisa memanfaatkannya sebagai metode pembayaran maupun kebutuhan lainnya.

Namun BRI Ceria itu apa sih? BRI Ceria adalah sebuah platform pinjaman digital yang ditawarkan bagi para nasabah bank BRI dengan memanfaatkan teknologi berbasis Android. Bahkan tidak tanggung-tanggung bagi para nasabah yang mencoba melakukan pengajuan.

Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan fasilitas limit kredit mencapai Rp 20 juta rupiah. Nantinya limit dimiliki akan dapat digunakan untuk digunakan membayar berbagai macam belanjaan dengan sistem cicilan tenor mulai 1 sampai 12 bulan.

Bisa dibilang, BRI Ceria lebih mirip dengan layanan Paylater. Jadi ketika menggunakannya untuk belanja, setiap bulan kalian harus membayar cicilan dengan bunga flat sebesar 1.42%. Namun meski penawaran diberikan begitu menarik tidak sedikit pengajuan BRI Ceria ditolak. Kenapa itu?

Penyebab BRI Ceria Ditolak & Solusinya

Jika di tanya kenapa ditolak, tentunya ada banyak sekali hal yang mungkin menjadi penyebab pengajuan pinjaman BRI Ceria ditolak. Dan setiap alasan ditolaknya tersebut tentu ada solusi yang harus kalian lakukan. Apa saja serta seperti apa mengatasinya, berikut sudah rkonline.id siapkan penjelasannya.

1. SLIK OJK Merah

Melakukan pengajuan pinjaman online memang bisa dibilang cukup mudah dan cepat. Namun tahukah bahwa setiap kredit yang dilakukan harus selalu di bayar dengan tepat waktu?. Jika tidak di bayar sesuai dengan tanggal jatuh tempo, hal ini akan membuat kalian mendapat denda keterlambatan pembayaran.

Parahnya, ketika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang selama masa kredit masih berjalan. Setidaknya ini akan membuat skor kredit serta catatan SLIK OJK buruh atau dicap merah. Jika sudah seperti itu, mungkin untuk mengajukan kredit di lembaga perbankan akan dipersulit.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak pengajuan BRI Ceria ditolak. Dan solusi untuk mengatasi masalah rapor merah di SLIK OJK yaitu mau tidak mau kita harus menunggu adanya pemutihan data atau pengembalian data seperti sediakala yang umumnya dilakukan setelah 24 – 60 bulan.

2. Info Data Diri Kurang Lengkap

Penyebab lain mungkin saja membuat pengajuan BRI Ceria di tolak adalah kurangnya data diri atau identitas dibutuhkan pihak Bank BRI untuk melihat semua data pinjaman yang pernah dilakukan oleh para calon nasabah BRI Ceria.

Solusi mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan pengisian formulir ulang pengajuan kredit BRI Ceria. Dan pastikan pula bahwa semua data sudah sesuai, terutama pada bagian identitas diri serta tanda tangan.

3. Foto Selfie Kurang Jelas

Ditolak atau gagalnya pengajuan BRI Ceria ternyata juga bisa dikarenakan kualitas foto selfie wajah serta KTP masih kurang jelas. Kenapa bisa begitu? Karna secara sistem foto KTP dan juga Selfie ini nantinya akan digunakan oleh pihak bank guna keperluan proses verifikasi.

Jadi buat kalian yang memiliki masalah gagal pengajuan pinjaman BRI Ceria karena masalah foto selfie, kami sangat menyarankan untuk kembali melakukan foto selfie wajah dan KTP namun dengan memastikan kualitas hasil foto yang akan dikirim sudah cukup jelas.

4. Penghasilan Kurang dari 3 Juta

Salah satu syarat harus dipenuhi para calon pengguna BRI Ceria adalah memiliki pekerjaan. Dimana batas minimal penghasilan yang diperbolehkan adalah Rp 3 juta rupiah. Jadi jika kalian melakukan pendaftaran dan menuliskan penghasilan kurang dari 3 juta.

Maka besar kemungkinan pengajuan pinjaman BRI Ceria ditolak. Solusi mengatasi masalah ini tentu sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menuliskan penghasilan yang kalian miliki di atas Rp 3 juta rupiah. Sehingga pengajuan pun akan dapat langsung diterima & kalian bisa menggunakannya.

5. Masih Belum Memenuhi Syarat

Penyebab lain mengakibatkan pengajuan ditolak yaitu karena semua berkas persyaratan administrasi tidak memenuhi. Dimana di saat kalian akan melakukan pengajuan melalui aplikasi BRI Ceria, maka setiap calon pengguna harus menyertakan beberapa persyaratan administrasi seperti:

  • Merupakan WNI
  • Mempunyai KTP aktif.
  • Usia minimum 21 & maksimal 50 tahun.
  • Memiliki rekening Bank BRI.
  • Foto guna keperluan verifikasi pada aplikasi BRI Ceria.

6. Tidak Memiliki Rekening BRI

Seperti sudah kami sampaikan di awal, penggunaan BRI Ceria diperuntukkan bagi semua nasabah bank BRI yang telah terdaftar dan memiliki nomor rekening atas nama sendiri. Jadi ketika kalian melakukan pendaftaran dan sama sekali belum memiliki rekening, maka itu menjadi penyebab pengajuan ditolak.

Solusi paling tepat untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan pembukaan rekening bank BRI terlebih dahulu apapun itu jenisnya. Dan setelah rekening dinyatakan aktif serta bisa digunakan, kalian pun sudah dapat melakukan pendaftaran sekaligus pengajuan BRI Ceria.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah rkonline.id sampaikan di atas, setidaknya bisa kita ambil kesimpulan bahwa tidak berhasilnya pengajuan kredit BRI Ceria atau pengajuan BRI Ceria ditolak banyak sekali penyebabnya.

Maka dari itu pastikan bahwa sebelum melakukan pengajuan atau pendaftaran, kalian bisa mencari referensi terlebih dahulu. Atau bisa juga menghubungi call center BRI di 14017 / 1500017 untuk menanyakan apa saja hal yang diperlukan saat pengajuan BRI Ceria agar tidak ditolak.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.