Apa Itu Pinjaman Online : Ciri, Bunga, Limit, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Pinjaman Online – Sekarang ini semua sudah dimudahkan dalam segala hal termasuk dalam mencari pinjaman dana cepat, hal tersebut dikarenakan banyak perusahaan Fintech Landing atau sering disebut juga dengan pinjaman online. Beberapa perusahaan tersebut menawarkan pinjaman dengan syarat mudah serta tanpa agunan, oleh karena itu banyak orang tertarik dan ingin mengajukan pinjaman.

Karena minat pinjaman online semakin tinggi maka banyak perusahaan pinjaman online saling bermunculan saat ini, oleh karena itu kalian wajib mengetahui ciri ciri pinjol legal. Sebab saat ini sedang ramai pinjaman online ilegal yang mana membuat resah banyak orang, untuk itu kalian harus mengetahui detail apa itu pinjaman online agar bisa mencegah yang namanya tipa tipu dalam kedok pinjol.

Seperti sudah kami sebutkan tadi bahwa saat ini ada beberapa pinjaman online terbaik bisa kalian pilih ketika membutuhkan dana cepat, hampir kebanyakan menawarkan pinjaman tanpa agunan. Hanya saja setiap pengajuan terdapat beberapa opsi seperti tenor hingga 22 bulan dan ada juga tenor cicilan sampai 12 bulan, jadi hal ini wajib calon nasabah diperhatikan sekali.

Bagi kalian semakin penasaran dengan perusahaan pinjaman online secara detail, pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semuanya. Untuk mengetahui informasi lebih jelas dan detailnya dapat simak langsung ulasan dari rkonline.id telah persiapkan mengenai apa itu pinjaman online jenis, ciri ciri dan lainnya dapat simak seperti dibawah ini.

Apa Itu Pinjaman Online

Untuk mengawali pembahasan kali langsung saja ke pokok utamanya yaitu apa itu pinjaman online, karena banyak orang penasaran dan ingin mengetahui secara detail. Terutama ciri ciri dari perusahaan pinjol terpercaya dan terdapat jaminan keamanan, untuk itu simak dengan cermat pembahasan kali ini.

Pinjaman online adalah sebuah layanan atau tempat dimana setiap calon nasabah hendak mengajukan pinjaman uang bisa dilakukan secara online baik itu lewat aplikasi maupun situs resminya langsung. Dimana dalam proses pengajuan tidak membutuhkan jaminan seperti pinjaman pada umumnya, karena itu pinjaman online menjadi pilihan utama.

Setiap lembaga fintech landing memberikan limit serta bunga yang sudah ditetapkan, jadi disini kami tidak bisa memastikan secara pastinya berapa. Sedangkan untuk pinjaman online wajib terdaftar dan di awasi Otoritas Jasa Keuangan, karena itu salah satu ciri ciri perusahaan fintech landing terpercaya.

Ciri Ciri Pinjaman Online

Bagi kalian yang masih awam dengan pinjol memang wajib untuk mengetahui ciri ciri agar nantinya tidak terjebak dengan pinjaman ilegal, jika sebelumnya sedikit kami informasikan. Pada pembahasan kali ini akan informasikan ciri ciri yang wajib diketahui, adapun untuk mengetahuinya dapat simak sebagai berikut.

  • Pastikan sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK.
  • Transparan mulai dari bunga serta biaya biaya yang dikenakan.
  • Pastinya memiliki situs resmi yang bisa dikunjungi.
  • Dilengkapi juga dengan sebuah aplikasi dimana akan memudahkan bagi setiap nasabah untuk akses.
  • Terdapat kantor pusat jelas, sehingga membuktikan bahwa itu benar adanya.
  • Proses pengajuan mudah dan pencairan dana tanpa banyak ini itu.

Bunga Pinjaman Online

Tentunya banyak orang semakin penasaran dengan berapa besar bunga pada umumnya ? Jadi disini kami akan informasikan tidak tertuju pada satu perusahaan pinjol saja, melainkan mengambil dari rata rata yang sudah ditetapkan. Namun untuk mengetahui lebih jelasnya bisa di cek langsung lewat situs resminya, dimana kalian bisa mengulik informasi lebih lengkap.

Pada umumnya setiap perusahaan fintech landing menetapkan bunga mulai dari 2% sampai 6% per bulan, meskipun tidak jarang juga menetapkan bunga per hari. Dengan mengetahui bunga seperti tersebut, maka kalian akan lebih mudah untuk menghitung besaran bunga yang dikenakan nantinya.

Sebagai contoh saja nasabah A mengajukan pinjaman 1 juta rupiah maka besaran bunga yang dikenakan, adapun cara menghitungnya cukup mudah yakni Rp 1.000.000 x 2% = Rp 20.000. Kiranya seperti itu cara menghitung bunga yang dikenakan, sampai disini pastinya kalian sudah paham bukan.

Limit Pinjaman Online

Limit pinjaman merupakan batasan pinjaman yang bisa diajukan oleh konsumen, adapun setiap pengguna bisa memaksimalkan pinjaman sesuai dengan limit yang dimiliki saat ini. Oleh karena itu banyak orang mencari tahu cara menaikkan limit, sehingga bisa mengajukan pinjaman lebih tinggi.

Tidak jauh berbeda dengan bunga, beberapa perusahaan memiliki limit masing masing yang akan diberikan ke semua nasabah mulai dari 1 juta untuk pengguna baru. Sedangkan pengguna yang sudah pernah mengajukan pinjaman, sehingga pihak terkait akan memberikan kenaikan limit sesuai dengan ketentuan berlaku.

Ternyata ada banyak cara untuk menaikkan limit pinjaman, salah satunya dengan sering mengajukan pinjaman, melengkapi beberapa data data penting, bayar tagihan tepat waktu dan masih banyak lagi lainnya.

Kelebihan & Kekurangan Pinjaman Online

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua, disini kami akan informasikan kepada kalian semua akan beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan pinjaman online. Dengan mengetahui itu semua maka bisa menjadi bahan pertimbangan nantinya, kira kira apa saja ? Silahkan simak langsung sebagai berikut.

Kelebihan

Menurut pengalaman dari beberapa pengguna yang sering mengajukan pinjaman, memang banyak keuntungan bisa didapatkan. Untuk mengetahui itu semua, kalian bisa simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Setiap pengajuan dilakukan memang mudah dan proses pencairan cepat tidak sampai 5 menit langsung cair.
  • Pengajuan tidak membutuhkan jaminan seperti beberapa lembaga pinjaman berbasis offline.
  • Suku bunga dikenakan terbilang rendah, bahkan setiap perusahaan sangat transparan akan bunga dan biaya biaya dikenakan.
  • Dapat memilih tenor baik itu hingga 22 hari atau juga bisa tenor hingga 12 bulan.
  • Untuk melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya disediakan beberapa pilihan, dimana semuanya terbilang mudah dan langsung terverifikasi.
  • Setiap lembaga pastinya sudah diawasi oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kekurangan

Tidak hanya harus mengetahui kelebihan dari sebuah layanan pinjol, kalian juga wajib mengetahui apa saja kekurangan dari layanan ini. Baiklah guna mempersingkat waktu silahkan simak langsung ulasan sudah kami persiapkan seperti dibawah ini.

  • Setiap kali pengguna telah melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya maka dikenakan denda, adapun besaran yang dikenakan akan disesuaikan dari pihak terkait.
  • Banyak pinjol pinjol ilegal telah beroperasi saat ini.

Kesimpulan

Bila melihat pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa pinjol merupakan sarana bagi mereka yang membutuhkan dana cepat, lebih menariknya tidak ada jaminan yang diberikan. Namun saran kami ketika ingin mengajukan pinjaman, sebaiknya cari tahu lembaga yang memberikan bunga lebih rendah.

Seperti itulah kiranya informasi lengkap mengenai apa itu pinjaman online disertai dengan pengertian, ciri ciri, limit dan bunga dapat rkonline.id sampaikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.