Syarat Pengajuan Pinjaman di PNM ULaMM & Cara Pengajuan 2021

Syarat Pengajuan Pinjaman di PNM ULaMM – Pemerintah melalui banyak lembaga keuangan terus menghadirkan sederet inovasi untuk membantu para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) melalui jalur permodalan. Saat ini ada cukup banyak lembaga perbankan & non-perbankan ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan program tersebut.

Satu diantaranya adalah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau lebih dikenal dengan PNM. Menjadi bagian dari BUMN Indonesia, PNM sendiri hadir sebagai solusi yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui fasilitas permodalan, program peningkatan kapasitas pelaku usaha serta pendampingan.

Untuk memberi kemudahan para pelaku UMKM yang mungkin membutuhkan modal pinjaman, PNM menawarkan produk berupa PNM ULaMM atau Unit Layanan Modal Mikro. Yang dimana melalui produk ini memungkinkan para pelaku usaha mikro dan kecil mendapatkan dukungan berupa modal pinjaman, serta dukungan teknis untuk mempercepat pengembangan usaha.

Oleh karena itu, bagi kalian yang saat ini ingin mengajukan pinjaman di PNM ULaMM, setidaknya harus mengetahui syarat pengajuan pinjaman di PNM ULaMM. Oleh karena itu, seperti judul di atas, disini akan kami sampaikan secara rinci apa saja syarat dibutuhkan serta keunggulan dan cara pengajuan pinjaman di PNM ULaMM.

Jenis Pinjaman PNM ULaMM

Seperti di awal kami singgung, selain memberikan fasilitas pinjaman. PNM ULaMM juga dilengkapi dengan pendampingan, jasa konsultasi, dukungan pengelolaan keuangan modal, serta pelatihan. Hal ini diberikan untuk membuat fasilitas pinjaman semakin maksimal dan menarik banyak perhatian masyarakat.

Bahkan tidak sekedar hanya sampai disitu, PNM ULaMM juga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dengan fasilitas pinjaman yang terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

1. PNM ULaMM

PNM ULaMM merupakan fasilitas pembiayaan permodalan yang diberikan PNM untuk masyarakat umum dengan syarat dan ketentuan layaknya PINJAMAN BANK NAGARI maupun Bank konvensional lainnya. Melalui fasilitas ini, setiap pelaku usaha dapat mendapatkan modal dengan syarat pengajuan pinjaman di PNM ULaMM secara mudah.

2. PNM ULaMM Syariah

PNM ULaMM Syariah sendiri merupakan penyaluran pembiayaan yang dilakukan sesuai syarat dan ketentuan prinsip Syariah. Yang dimana syarat pengajuan pinjaman di PNM ULaMM Syariah akan lebih terfokus dengan kaidah islam layaknya syarat pinjaman bank BSI. Adapun akad pinjaman di PNM ULaMM Syariah adalah murabahah.

Keunggulan Pinjaman PNM ULaMM

Setelah mengetahui jenis pinjaman di PNM ULaMM seperti di atas kami sampaikan, setidaknya bagi kalian yang memang ingin mengajukan pinjaman untuk kebutuhan modal kerja. Kami rasa kalian juga perlu untuk mengetahui keunggulan pinjaman di PNM ULaMM berikut ini.

  • Syarat pengajuan pinjaman & pembayaran mudah dilengkapi.
  • Proses pencairan cepat, biasanya hanya butuh waktu 3 hari kerja.
  • Suku bunga pinjaman bersaing.
  • Jaringan ULaMM sudah tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia.
  • Mendapatkan pelatihan pengembangan usaha tiap 3 bulan secara gratis.
  • Tenor pinjaman yang cukup panjang dengan waktu maksimal 4 tahun.
  • Angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan dan hasil usaha.

Syarat Pengajuan Pinjaman di PNM ULaMM

Dari semua kelebihan yang sudah rkonline.id sampaikan di atas, setidaknya bagi kalian yang memang tertarik untuk mengajukan pinjaman modal usaha di PNM ULaMM, bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan. Namun untuk bisa memperoleh pinjaman tersebut, berikut adalah syarat pengajuan pinjaman di PNM ULaMM harus kalian lengkapi.

1. Syarat Umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah serta usia maksimal adalah 65 tahun pada saat kredit lunas.
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun.
  • Siap untuk di survey jaminan dan usahanya.

2. Syarat Dokumen

  1. Fotokopi Buku nikah
  2. Fotokopi KTP suami istri
  3. Fotokopi Kartu keluarga
  4. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  5. Fotokopi surat keterangan usaha
  6. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  7. Fotokopi PBB tahun terakhir
  8. Bukti Kepemilikan Jaminan seperti SHM (Sertifikat Hak Milik), SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) atau Akte Jual Beli

Cara Pengajuan Pinjaman PNM ULaMM

Ketika sudah mengetahui seperti apa syarat harus kalian lengkapi untuk pengajuan pinjaman di PNM ULaMM. Maka buat kalian yang tertarik untuk mengajukan pinjaman untuk kebutuhan modal usaha. Berikut adalah prosedur cara mengajukan pinjaman di PNM ULaMM.

  1. Pertama silahkan siapkan persyaratan pengajuan pinjaman seperti di atas kami sampaikan.
  2. Kunjungi kantor cabang PNM terdekat kemudian temui petugas yang ada.
  3. Beritahu petugas bahwa kalian ingin mengajukan pinjaman ULaMM atau ULaMM Syariah.
  4. Petugas akan memberikan arahan untuk mengisi formulir pengajuan, silahkan isi dengan benar.
  5. Serahkan formulir tersebut bersama berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  6. Sampai disini, kalian hanya perlu menunggu dirumah sampai survey dilakukan oleh petugas Marketing Officer ULaMM.
  7. Apabila dianggap memenuhi kriteria, maka kalian akan di beri kabar untuk mengunjungi kantor ULaMM guna pencairan dana pinjaman.

Pertanyaan Seputar Syarat Pengajuan Pinjaman di PNM ULaMM

Apakah di PNM bisa pinjam uang?

Bisa.

Apakah pinjaman PNM ULaMM butuh jaminan?

Jaminan dibutuhkan jika pengajuan lebih dari Rp 50 juta rupiah.

Apakan NPWP diperlukan untuk pengajuan pinjaman di PNM ULaMM?

Diperlukan jika pinjaman diatas Rp 50 juta rupiah.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa syarat pengajuan pinjaman di PNM ULaMM cukup mudah dipenuhi dan dilengkapi. Mengingat semua persyaratan dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan SYARAT PINJAMAN BANK BSI maupun bank lainnya.

Maka dari itu, ketika kalian membutuhkan modal usaha untuk keberlangsungan bisnis UMKM sedang kalian jalani. Tidak ada salahnya menjadikan pinjaman PNM ULaMM sebagai pilihan utamanya.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *