Syarat Pinjaman PNM Mekaar 2021 : Aturan, Janji & Pengajuan

Syarat Pinjaman PNM Mekaar – Meningkatnya sektor bisnis kecil dan mikro yang dilakukan banyak masyarakat Indonesia. Setidaknya membuat PT Permodalan Nasional Madani atau PNM, memberikan fasilitas permodalan usaha dengan sistem cicilan / kredit bagi nasabah Mekaar.

Mekaar sendiri merupakan singkatan dari “Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera”. Yang mana secara keseluruhan pinjaman PNM Mekaar lebih difokuskan bagi perempuan prasejahtera yang menjalankan usaha ultra mikro namun terhimpit modal untuk dapat mengembangkan usaha.

Melalui program permodalan usaha PNM Mekaar, setidaknya perempuan pelaku usaha akan dapat memperoleh pinjaman modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis mereka. Pinjaman awal PNM Mekaar memberikan plafon sebesar Rp 2 juta rupiah.

Kemudian dengan berjalannya waktu, pinjaman yang di dapat akan naik lebih besar mencapai Rp 5 juta rupiah. Sama seperti PINJAMAN PNM ULAMM, pengajuan kredit juga diharuskan setiap nasabah melengkapi syarat pinjaman PNM Mekaar serta memenuhi kewajiban, janji dan juga aturan yang diberikan.

Jenis Pinjaman PNM Mekaar

Lewat fasilitas pinjaman PNM Mekaar ini, setiap nasabah dapat memperoleh limit kredit maksimal hingga Rp 25 juta rupiah tanpa jaminan. Asalkan syarat & ketentuan terpenuhi dengan sempurna. Bahkan ketika usaha yang dijalani terus berkembang, nasabah PNM Mekaar akan di upgrade ke PNM Mekaar Plus.

Pinjaman PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) sendiri hadir sejak 2015 lalu dan sampai dengan saat ini sudah ada dua produk pinjaman Mekaar dapat digunakan. Kedua fasilitas kredit atau cicilan tersebut antara lain:

1. PNM Mekaar

Diperuntukkan secara khusus bagi perempuan dengan sistem kredit secara umum layaknya PINJAMAN BANK JATIM atau lainnya. PNM Mekaar menawarkan kredit paling kecil sebesar Rp 2 juta untuk pemula dengan tenor 50 minggu. Sementara maksimal pinjaman bisa di dapat mencapai Rp 15-25 juta rupiah.

2. PNM Mekaar Syariah

Selanjutnya ada pinjaman Mekaar Syaraiah. Sesuai dengan namanya, kredit angsuran ini mengacu pada syarat dan ketentuan hukum Islam dengan menggunakan akad Murabahah, Wakalah atau Wadiah. Yang mana, plafon, bunga dan tenor tetap akan sama.

Syarat Pinjaman PNM Mekaar

Syarat pengajuan pinjaman PNM Mekaar dapat rkonline katakan cukup mudah. Terlebih lagi, dengan melihat modal kerja yang diberikan PNM Mekaar juga khusus diperuntukkan bagi peremepuan pelaku usaha. Dan berikut adalah rincian syarat pinjaman PNM Mekaar harus kalian pahami,.

1. Syarat Umum

  • Merupakan seorang perempuan dengan minimal usia 21 dan maksimal 58 tahun
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan setidaknya 6 bulan
  • Membuat Kelompok dengan minimal 10 anggota
  • Ada ketua yang memimpin
  • Pembayaran angsuran mingguan

2. Syarat Dokumen

  • Fotokopi e-KTP aktif dan masih berlaku
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Keunggulan Pinjaman PNM Mekaar

Setelah mengetahui apa saja syarat pinjaman PNM Mekaar harus dipenuhi para wanita ketika ingin mengajukan kredit modal kerja dan usaha seperti di atas kami sampaikan.

Perlu diketahui pula bahwa dengan menjadikan PNM Mekaar ataupun PNM Mekaar Syariah kalian akan dapat memperoleh banyak keunggulan, beberapa di antaranya seperti:

  • Syarat pinjaman PPN Mekaar mudah.
  • Suku bunga yang rendah.
  • Cicilan dilakukan setiap minggu.
  • Memperoleh bimbingan usaha secara langsung.
  • Sama sekali tidak menggunakan agunan / jaminan.
  • Pembelajaran terkait peningkatan pengelolaan keuangan agar dapat mewujudkan cita-cita & kesejahteraan keluarga.
  • Pembiasaan budaya menabung.
  • Peningkatan kompetensi kewirausahaan dalam mengembangkan bisnis.

Janji & Aturan Nasabah PNM Mekaar

Meski tergolong mudah untuk memenuhi syarat pinjaman PNM Mekaar. Akan tetapi perlu untuk kalian ketahui, bahwa PNM juga menerapkan aturan atau kewajiban harus dibaca nasabah ketika melakukan pembayaran angsuran setiap minggunya.

Setidaknya ada 5 aturan janji nasabah PNM Mekaar harus kalian ketahui:

  1. Selalu hadir tepat waktu ketika waktu pembayaran datang.
  2. Harus membayar angsuran sesuai dengan kewajiban nasabah.
  3. Kredit yang di dapat harus digunakan untuk pembiayaan & pengembangan usaha.
  4. Bertanggungjawab bersama apabila ada nasabah tidak memenuhi kewajiban.
  5. Hasil usaha akan digunakan untuk mensejahterakan keluarga kami.

Cara Pengajuan Pinjaman PNM Mekaar

Ketika sudah mengetahui apa saja syarat dibutuhkan ketika ingin melakukan pengajuan pinjaman di PNM Mekaar. Maka bagi kalian para perempuan yang ingin mendapatkan modal pinjaman ini. Berikut adalah cara pengajuan pinjaman PNM Mekaar.

  1. Pastikan kalian sudah membentuk kelompok dengan minimal 10 orang dengan 1 ketua.
  2. Ketua harus mendatangi kantor PNM terdekat dengan membawa semua berkas syarat pinjaman di atas.
  3. Temui petugas kemudian sampaikan bahwa kalian akan mengajukan pinjaman PNM Mekaar.
  4. Isi formulir pengajuan dengan lengkap dan berikan kepada petugas.
  5. Dalam kurun waktu beberapa hari, pihak PNM Mekaar akan melakukan survey kelayakan usaha.
  6. Setelah proses survey selesai, setiap anggota kelompok akan mendapatkan bimbingan dan pembekalan ilmu pengetahuan berwirausaha selama 5 hari.
  7. Di hari ke-5 Kepala pimpinan cabang PNM akan memberikan putusan terkait pencairan dana.
  8. Jika pencairan disetujui, maka ketua / semua anggota akan diberitahu untuk proses pencairan dana pinjaman.
  9. Setelah pencairan selesai, kalian diwajibkan untuk melakukan penyetoran pembayaran kredit sesuai syarat dan ketentuan.

Call Center PNM Mekaar

Jika masih ada pertanyaan yang ingin kalian ajukan, silahkan kalian tanyakan langsung ke PNM Mekaar lewat layanan call center berikut ini:

  • Email : antifraud@ymail.com
  • SMS : 0821 1234 5555

Pertanyaan Seputar Syarat Pinjaman PNM Mekaar

Apa saja syarat pinjaman PNM Mekaar?

Harus berkelompok dengan beranggotakan 10 orang, KTP, Usia debitur 21-58 tahun.

Berapa bunga pinjaman PNM Mekaar?

Suku bunga flexibel antara 1% – 2% dari jumlah pinjaman diajukan.

Berapa lama proses pembinaan PNM Mekar?

5 hari.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari penjelasan di atas, setidaknya pengajuan dan juga syarat pinjaman PNM Mekaar dapat dilakukan dan dipenuhi dengan cukup mudah. Namun pastikan ke 5 aturan nasabah PNM Mekaar di atas benar-benar kalian pahami.

Nah sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah rkonline sampaikan terkait cara pengajuan, jenis, janji dan aturan serta syarat pinjaman PNM Mekaar dapat menjadi referensi menarik dan membantu.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *