7 Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS 2021 : Syarat, Simulasi & Bunga

Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS – BRI memiliki berbagai jenis pinjaman untuk kalangan pengusaha, UMKN, karyawan bahkan sampai PNS. Pinjaman Bank BRI untuk PNS banyak dicari karena mudah dalam proses pengajuan dengan sistem potong gaji.

Apabila dibandingkan dengan syarat pinjaman PNM Mekaar dokumen yang dibutuhkan PNS memang sedikit lebih banyak. Meskipun begitu pinjaman yang dapat diperoleh memiliki plafon tak terbatas khususnya untuk program KUR dan BRIguna.

Melalui tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS kita dapat memperoleh informasi plafond dana yang disediakan dan cicilan perbulan. Kelebihan pinjaman untuk PNS adalah tidak memerlukan jaminan ataupun agunan dalam bentuk sertifikat tanah dan surat kendaraan.

PNS cukup menyiapkan SK pengangkatan atau pensiun sehingga tidak beresiko terlalu besar. Dalam prosesnya juga akan berjalan lebih cepat ditambah memperoleh suku bunga cukup rendah dimana dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Jenis Pinjaman Bank BRI untuk PNS

Pada umumnya BRI memberikan pinjaman khusus PNS maupun anggota TNI atau Polri mencakup KPR, BRIGuna Karya, Briguna Purna serta BRIGuna Umum. Masing masing pinjaman bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk produktif ataupun non prodfuktif.

Tujuan pinjaman bisa jadi untuk modal kerja, kredit rumah, perbaikan bangunan, pengobatan, pendidikan, biaya pernikahan serta banyak lainnya. Untuk penjelasan semua program pinjaman Bank BRI untuk PNS simak seperti berikut ini.

KPR

KPR BRI menawarkan kemudahan untuk proses kepemilikan bangunan berupa rumah tinggal, ruko, rukan, apartemen maupun condotel. Prosesnya cepat dengan biaya kredit ringan dimana berlaku untuk refinancing, take over, pembelian bangunan baru dan bekas.

BRIguna Karya

Merupakan fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang dapat dinikmati oleh debitur yang memiliki penghasilan tetap ataupun gaji perbulan menggunakan sistem repayment. Pinjaman ini dapat digunakan PNS untuk pembelian barang, perbaikan rumah, biaya sekolah, pernikahan, kebutuhan pengobatan serta banyak manfaat lainnya.

BRIguna Purna

Adalah kredit yang diberikan ke debitur dengan penghasilan tetap dari gaji pensiun dimana memakai sistem repayment dari uang pensiunan. Pensiunan PNS dapat menggunakannya untuk berbagai jenis kebutuhan dengan pengajuan pinjaman yang mudah.

BRIguna Umum

Merupakan kredit yang diberikan ke debitur dengan penghasilan tetap memakai sistem repayment dimana jangka waktunya mengikuti status pegawai aktif hingga masa pensiun. Memiliki fungsi yang sama dengan pinjaman lainnya dimana dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Syarat Pengajuan Pinjaman untuk PNS

Sebelum mengetahui tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS, kita perlu mengetahui syarat pengajuan untuk semua produk kredit diatas. Tentunya untuk pensiunan dan yang masih aktif menjadi PNS akan berbeda persyaratannya, supaya lebih jelas simak berikut ini.

  • SK pengangkatan PNS, SK terakhir atau pensiun.
  • Salinan slip gaji baik pensiunan ataupun pegawai aktif.
  • Minimal usia 21 tahun.
  • Maksimal 60 tahun untuk KPR dan Briguna Karya, 75 tahun untuk BRIGuna Purna serta Umum.
  • Mempunyai rekening BRI.
  • Fotocopy KTP suami istri.
  • Fotocopy NPWP.
  • Fotocopy KK.
  • Fotocopy surat nikah.
  • Fotocopy buku tabungan BRI.
  • Salinan KARIP/ buku pensiunan khusus BRIguna Purna
  • Pas Photo 4×6 2 lembar untuk suami serta istri.

Bunga Pinjaman Bank BRI

Pinjaman Bank BRI untuk PNS memiliki bunga yang dinilai cukup rendah dengan minimal 1,46% bersifat flat. Kemudian selain bunga kalian dapat mengajuan plafond tidak terbatas mengikuti kemampuan dan kondisi keuangan. Lebih jelasnya simak pada tabel berikut ini.

Jenis PinjamanBungaPlafond
KPR 7,25%Tidak terbatas sesuai kemampuan debitur
Briguna Umum7,2% – 10%Rp.50.000.000 – Rp.1.000.000.000
Briguna PurnaMinimal 1,46%Tidak terbatas sesuai kemampuan debitur
Briguna Karya13% – 13,5%          Tidak terbatas sesuai kemampuan debitur

Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS

Apabila dibandingkan dengan tabel angsuran KUR Bank Jatim memang pinjaman dari BRI jauh lebih terjangkau bunganya. Selain itu cicilan per bulannya juga ringan ditambah sistem potong gaji sehingga debitur tinggal terima beres saja.

Selain itu kelebihan utama dari pinjaman Bank BRI untuk PNS adalah dipastikan aman dari lonjakan tagihan karena menggunakan sistem bunga flat. Lebih jelasnya simak beberapa tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS seperti dibawah ini.

pinjaman bank bri untuk pns
angsuran bri untuk pns
daftar angsuran bri untuk pns
kredit pns
kredit pns bank bri
daftar angsuran bri
daftar angsuran

Simulasi Kredit PNS Bank BRI

Supaya lebih detail kalian juga dapat mencoba menggunakan simulasi kredit PNS Bank BRI melalui website resminya. Dengan begitu perhitungan akan dilakukan secara otomatis berdasarkan pada gaji per bulan, bunga maupun tenor cicilannya.

1. Pertama silahkan kalian kunjungi situs simulasi kredit PNS Bank BRI untuk dapat melakukan perhitungan otomatis. Lanjutkan dengan memilih jenis kredit atau pinjaman, kami contohkan Briguna Karya

Simulasi Kredit PNS Bank BRI

2. Setelah memilih Briguna Karya lanjutkan dengan menekan tombol OK untuk memulai simulasi.

kredit pns bri

3. Mulai masukkan jumlah gaji per bulan sesuai SK PNS terakhir. Lanjutkan memilih jangka waktu pinjaman mau berapa tahun dan terakhir masukkan suku bunga efektifnya.

simulasi briguna pns

4. Setelah informasi sudah lengkap dimasukkan lanjutkan dengan menekan tombol HITUNG

simulasi briguna untuk pns

5. Akan muncul estimasi pinjaman maksimal yang dapat diambil oleh PNS.

total angsuran bulanan

Kesimpulan

Dapat dilihat pada tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS diatas memiliki besaran berbeda beda berdasarkan program yang akan diambil oleh debitur. Menggunakan tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS akan memudahkan perhitungan angsuran sesuai kebutuhan.

Meskipun memang Bank BRI masih belum menawarkan banyak jenis pinjaman terutama dengan sifat mikro namun PNS tetap dapat memperoleh kemudahan dalam pengajuannya. Sekian informasi tabel pinjaman dari rkonline.id semoga akan membantu pegawai negeri sipil mendapatkan angsuran yangs esuai.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *