10 Pinjaman BPD DIY 2022 : Syarat & Simulasi Kredit

Pinjaman BPD DIY – Untuk masyarakat yang tinggal diwilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya pastinya sudah mengenal BPD DIY sebagai salah satu Bank lokal yang memenuhi berbagai jenis kebutuhan keuangan. BPD DIY memiliki produk tabungan dan juga pinjaman yang dapat dimanfaatkan oleh nasabahnya.

Seperti halnya pinjaman Bank BPD Bali, BPD DIY juga menawarkan berbagai jenis produk kredit untuk memenuhi semua kebutuhan kalangan mulai perseorangan sampai badan usaha. BPD DIY memiliki fungsi sebagai penggerak serta pendorong pembangunan daerah. BPD DIY juga menjadi salah satu sumber penghasilan daerah dimana menjalankan usaha sebagai lembaga perbankan pada umumnya.

Citayam

BPD DIY juga sudah memiliki ijin untuk menyalurkan berbagai jenis pinjaman dengan suku bunga yang sudah ditentukan. Kelebihannya bunga pinjaman bank BPD DIY termasuk rendah sehingga mampu bersaing dengan lembaga perbankan lainnya. Kemudian tiap jenis pinjaman dapat digunakan untuk kebutuhan modal, investasi, pembelian rumah, take over KPR bahkan sampai konsumtif.

Pinjaman seperti KUR, KPR, Swaguna, Mikro maupun Purnakarya adalah yang sering dikenal oleh masyarakat. Kemudian syarat pengajuan pinjaman BPD DIY termasuk sangat mudah dipenuhi kemudian proses pencairannya cukup cepat.

Pinjaman BPD DIY

Saat ini ada beberapa jenis pinjaman BPD DIY yang dapat kamu ambil sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa memenuhi kebutuhan konsumtif seperti misalnya pembelian kendaraan, biaya pendidikan, pernikahan bahkan sampai renovasi rumah.

Lalu untuk yang memiliki usaha bisa mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan dan membeli peralatan pendukung. Kalian tidak perlu kawatir karena suku bunga pinjamannya masih mampu bersaing dengan lembaga perbankan lainnya.

1. Kredit Swaguna BPD DIY

Adalah pinjaman konsumtif yang dapat digunakan untuk kebutuhan seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, membeli kendaraan dan lain sebagainya. Memiliki plafon disesuaikan dengan kemampuan debitur yaitu maksimal 90% dari gaji perbulan. Kalian dapat mengambil pinjaman dengan tenor maksimal 20 tahun atau 1 bulan sebelum pensiunan lunas.

Memiliki suku bunga 9,5% pertahun ataupun 0,43% perbulan sehingga termasuk sangat terjangkau. Lalu biaya provisinya juga rendah karena hanya 0,25% dari total pinjaman dan digratiskan apabila kalian memilih jenis produk take over.

2. Kredit Usaha Rakyat BPD DIY

Merupakan pinjaman BPD DIY untuk tujuan modal kerja dan investasi dimana mampu meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil serta menengah. Debitur dapat memberikan jaminan berupa sertifikat tanah, BPKB kendaraan ataupun los/kios/lapak pasar.

Untuk KUR Mikro memiliki nominal pinjaman maksimal Rp.25.000.000, sedangkan KUR kecil/ritel nominalnya Rp.25.000.000 sampai Rp.500.000.000. Kelebihan terdapat dari bunganya yang termasuk rendah yaitu 7% pertahun saja.

3. Pinjaman Mikro Makarya

Adalah pinjaman untuk pegadang pasar dimana berguna sebagai modal kerja, investasi ataupun pembelian kios baru. Memiliki sistem angsuran harian, mingguan, pasaran dan bulanan dimana jemput bola atau penagihan dilakukan petugas BPD DIY langsung. Memiliki bunga 16% pertahun efektif ataupun 0,74% perbulan.

4. Pinjaman KMU (Kredit Multi Usaha) BPD DIY

Pinjaman BPD DIY untuk kebutuhan usaha dimana plafonnya menyesuaikan kemampuan pembayaran nasabah dengan nilai maksimal 90% dari gaji perbulan. Mempunyai tenor maksimal 15 tahun dan bunganya sebesar 10.5% pertahun.

5. KPR FLPP BPD DIY

Merupakan Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dimana termasuk kedalam salah satu program pemerintah yang berbentuk dana subsidi perumahan untuk kategori masyarakat dengan penghasilan rendah (MBR). Memiliki ketentuanh harga rumah maksimal Rp.150.500.000 dengan DP 1% sebagai subsidi uang muka kemudian bunga 6% serta tenor maksimalnya 20 tahun.

6. Pinjaman Purnakarya

Adalah pinjaman untuk pensiunan dengan tujuan konsumtif misalnya membeli kendaraan, biaya pendidikan, perbaikan rumah dan lain sebagainya. Mempunyai bunga 10,5% per tahun dengan tenor maksimal 15 tahun (usia 78 tahun).

7. Pinjaman KRIDAMAS-KOP (Kredit Kepada Masyarakat Koperasi)

Berikutnya adalah pinjaman BPD DIY untuk koperasi simpan pinjam ataupun unit simpan pinjam dengan tujuan memperkuat modal. Memberikan suku bunga 10% per tahun efektif, kemudian sumber dananya akan berasal dari LPDB-KUMKM (Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUMKM)

8. Pinjaman PUNDI (Pembinaan Usaha Keluarga Sejahtera Mandiri)

Merupakan pinjaman BPD DIY untuk modal kerja serta investasi yang diberikan kepada perseorangan/kelopon dengan anggota 5 sampai 10 orang. Memiliki plafond dana maksimal Rp.100.000.000 dengan tenor modal kerja 24 bulan dan investasi 48 bulan.

9. Pinjaman KKP-E (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi)

Adalah pinjaman BPD DIY untuk meningkatkan pertahanan pangan dimana mengikuti program pengembangan tanaman yang diberikan untuk kelompok tani ataupun koperasi. Untuk pembudidaya ikan, petani, nelayan, peternak serta pekebunbisa meminjam sampai Rp.50.000.000.

Sedangkan koperasi pengadaan pangan berupa gabah, jagung, kedelai diberikan plafon sampai Rp.500.000.000. Kemudian untuk kelompok tani yang ingin mengadan alat, mesin ataupun menambah sarana lainnya diberikan dana maksimal Rp.500.000.000. Semuanya memiliki tenor 5 tahun, untuk petani tebu bunganya 7% per tahun efektif, sedangkan non tebu 6% per tahun efektif.

10. Pinjaman KUPS BPD DIY

Adalah pinjaman untuk pengembangan usaha pembibitan sapi dengan sistem berkelanjutan yang diberikanh untuk kelompok/gabungan, koperasi dan juga perusahaan. Mendapat subsidi dari pemerintah dengan suku bunga 5% efektif per tahun dan tenor maksimum 6 tahun.

Syarat Pinjaman di BPD DIY

Lantas apa saja syarat kredit swaguna BPD DIY maupun kredit lainnya? Pada dasarnya kalian perlu mengisi formulir pengajuan dengan melengkapi semua informasi kemudian mengumpulkan dokumen yang dibutuhan seperti dibawah ini.

  • Mengisi formulir pengajuan pinjaman
  • FC KTP suami istri
  • FC Kartu Keluarga
  • FC Surat nikah/akta cerai/surat kematian
  • Jaminan berupa BPKB & sertifikat tanah
  • Surat Keterangan usaha/SIUP/TDP
  • NPWP untuk pinjaman > Rp.50.000.000

Simulasi Kredit BPD DIY

Lantas bagaimana untuk mengetahui nominal cicilan perbulan dari setiap produk pinjaman diatas? Kalian bisa memanfatkan fasilitas simulasi kredit BPD DIY dimana dapat diakses secara online langsung dari perangkat mobile. Melalui simulasi akan secara otomatis didapatkan nominal cicilan yang harus dibayarkan perbulannya.

Kamu akan mendapatkan tabel kredit hampir sama seperti pada tabel angsuran Pusat Gadai Indonesia dimana tertera tenor dan cicilan perbulan. Supaya kalian lebih jelas bisa langsung melakukan simulasi dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan sebagai berikut.

  • Buka laman simulasi kredit BPD DIY maka tampil seperti dibawah ini. Mulai dengan mengisikan nominal pinjaman kemudian suku bunga dan janga waktu cicilannya.
syarat pinjaman di bpd
  • Pastikan kamu memasukkan bunga sesuai dengan produk kredit yang diinginkan, setelah itu tekan Proses
syarat kredit swaguna bpd diy
  • Akan muncul tabel pinjaman BPD DIY dimana menjelaskan angsuran pertama sampai terakhir disertai perhitungan bunga dan nominalnya.
simulasi kredit bpd diy

Kesimpulan

Dari berbagai jenis pinjaman diatas kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhankarena memangh cukup lengkap. Untuk kebutuhan personal, koperasi, kelompok usaha bahkan sampai perusahaan sudah tersedia produk pinjamannya.

Terlebih melalui fasilitas simulasi kalian bisa menampilkan tabel pinjaman bank BPD sehingga memudahkan mengetahui nominal angsuran perbulannya. Demikian penjelasan dari rkonline.id, semoga dapat jadi referensi untuk kalian dalam memilih pinjaman.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles