Tabel Angsuran Kredit Guna Bhakti BJB 2022: Syarat & Bunga

Tabel Angsuran Kredit Guna Bhakti BJBPT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bank BJB adalah salah satu perbankan daerah yang mampu menyalurkan berbagai macam pilihan kredit pinjaman bagi masyarakat.

Selain masyarakat umum, sebagai perusahaan daerah, Bank BJB juga mampu menyalurkan pinjaman yang khusus ditawarkan bagi para pegawai, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga para pensiunan yang telah masuk masa pensiun.

Citayam

Menariknya, tak berbeda jauh dengan perbankan lainnya. Bank BJB juga membagi fasilitas pinjaman ke dalam beberapa produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kreditur / nasabah. Dimana salah satu pilihan produk terbaik yang banyak diincar adalah Kredit Guna Bhakti (KGB) BJB.

Apa itu Kredit Guna Bhakti BJB serta apa saja keunggulan dan manfaat menggunakan layanan fasilitas pinjaman yang satu ini serta adakah tabel angsuran kredit guna bhakti BJB terbaru yang bisa dijadikan sebagai referensi / gambaran?.

Apa Itu Kredit Guna Bhakti BJB?

Seperti yang sudah kami singgung di atas, secara garis besar Kredit Guna Bhakti BJB merupakan salah satu fasilitas pinjaman yang ditawarkan perbankan BJB untuk masyarakat / pegawai yang memiliki penghasilan tetap.

Dalam penggunaannya, kredit angsuran ini nantinya akan dapat dipergunakan sebagai pelengkap kebutuhan / keperluan konsumtif multiguna. Adapun kriteria yang berhak menggunakan fasilitas produk pinjaman satu ini meliputi:

  • CPNS
  • PNS
  • PPPK
  • Anggota TNI/POLRI
  • Pegawai BUMN/BUMD
  • Pegawai Tetap Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah Non PNS Kepala Daerah/ Wakil Kepala Daerah
  • Anggota DPRD Provinsi/Kota/ Kabupaten
  • Anggota DPD
  • Direksi

Jenis Pinjaman Kredit Guna Bhakti BJB

Jenis Pinjaman Kredit Guna Bhakti BJB

Sebelum kita membahas tentang tabel angsuran kredit guna bhakti BJB sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini. Perlu kami sampaikan, hampir sama seperti pinjaman KUR Bank BJB yang sempat kami sampaikan sebelumnya.

Pinjaman Kredit Guna Bhakti BJB sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Yang dimana setiap jenis ini memiliki plafond, tenor serta peruntukan yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum kita melihat rincian tabel angsuran kredit guna bhakti BJB beserta plafond yang dimiliki.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang jenis-jenis fasilitas kredit dari KGB / Kredit Guna Bhakti BJB.

1. BJB Kredit Guna Bhakti

BJB Kredit Guna Bhakti adalah pinjaman yang langsung ditawarkan bank BJB kepada debitur / calon debitur berpenghasilan tetap yang penghasilan / gajinya telah disalurkan melalui bank BJB. Produk kredit angsuran pinjaman ini di salurkan BJB dengan menggunakan 3 metode, yaitu:

a. BJB KGB Pola 1

Untuk KGB Pola 1 merupakan fasilitas yang diberikan bank BJB untuk kreditur yang memiliki penghasilan tetap dan gaji / pendapatannya disalurkan melalui bank BJB dan digunakan sebagai keperluan konsumtif multiguna.

Fitur ProdukKeterangann
Sumber PembayaranGaji setiap bulan
PlafondMengikuti perhitungan maksimal angsuran & jangka waktu
Maksimal AngsuranRPC 90% dari gaji bersih
Suku bungaSesuai dengan ketentuan yang berlaku pada saat realisasi kredit
Kriteria DebiturJangka Waktu
PNSMaksimal 25 tahun atau 300 bulan
PPPKSesuai dengan sisa masa kerja/jabatan
CPNSMaksimal 10 tahun atau 120 bulan
Anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Tetap Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah Non PNSMaksimal 15 Tahun atau 180 bulan
Kepala Daerah/ Wakil Kepala Daerah, Anggota DPRD Provinsi/Kota/ Kabupaten, Anggota DPD, DireksiMaksimal sampai dengan masa jabatan berakhir

Harus menyertakan agunan tambahan jika pengajuan kredit untuk plafond > Rp500.000.000

b. BJB KGB Pola 2

Penyaluran produk BJB KGB Pola 2 yakni diperuntukan bagi debitur yang penghasilan & atau tunjangan belum disalurkan melalui rekening bank atau istilah lainnya Non Payrol.

Kriteria DebiturKetentuan
PNSMaksimal 15 Tahun
PPPKSesuai dengan sisa Masa Kerja/Jabatan
CPNSMaksimal 5 Tahun
TNI / POLRIMaksimal 10 Tahun
BUMN/BUMD, Pegawai Tetap Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah Non PNSMaksimal 15 Tahun
Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, Anggota DPRD, Anggota DPD, DireksiMaksimal sampai dengan masa jabatannya berakhir

c. BJB KGB Pola 3

Dan pola penyaluran ketiga ini diperuntukkan bagi debitur yang penghasilan / tunjangannya sudah/belum disalurkan melalui bank BJB atau istilah lainnya Payroll dan Non Payroll.

Kriteria DebiturPayrollNon Payroll
Pegawai Swasta, Yayasan & Unit Usaha YayasanMaksimal 10 TahunMaksimal 5 Tahun
Kepala Desa & Perangkat DesaMaksimal 5 TahunTidak Diperkenankan
Non Pegawai Tetap Instansi/Lembaga PemerintahMaksimal sampai dengan masa kerja berakhirTidak Diperkenankan
DireksiMaksimal sampai dengan jabatan berakhir

2. BJB Kredit Guna Bhakti Ekstra

Kemudian jenis Kredit Guna Bhakti BJB yang berikutnya adalah KGB Ekstra. Dimana sesuai dengan informasi resmi dari pihak bank BJB, disebutkan bahwa layanan ini merupakan fasilitas yang diberikan BJB kepada kreditur dengan sumber pengembalian kredit dari tunjangan.

Yang dimana tunjangan tersebut sudah maupun belum disalurkan lewat bank BJB. Dan nantinya produk ini dapat digunakan untuk keperluan konsumtif multiguna. Adapun penyaluran pola BJB KGB Ekstra ini terbagi menjadi dua yakni BJB KGB Ekstra Pola 1 & BJB KGB Ekstra Pola 2.

3. BJB Kredit Guna Bhakti Tunjangan Profesi Guru

Dan jenis Kredit Guna Bhakti (KGB) BJB yang terakhir adalah BJB KGB Profesi Guru. Dimana ini merupakan fasilitas angsuran kredit yang diberikan BJB kepada ASN Guru. Dimana sumber pengembalian dana berasal dari Tunjangan Profesi Guru yang sudah disalurkan lewat Bank BJB.

Fitur ProdukKeterangan
TunjanganDiperuntukan bagi ASN Guru yang telah Memiliki TGP yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi.
PlafondMaksimal Plafond 200 Juta
Jangka waktuMaksimal kredit 7 Tahun
Angsuran kreditPerhitungan Maksimal 70% x TPG

Tabel Angsuran Kredit Guna Bhakti BJB

Dan setelah kalian tahu apa saja jenis pinjaman kredit guna bhakti BJB seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah tabel angsuran kredit guna bhakti BJB yang bisa kalian jadikan referensi dan gambaran.

Brosur-Angsuran-Kredit-Guna-Bhakti-BJB

Bunga Angsuran Kredit Guna Bhakti BJB

Adapun seperti dapat kalian lihat pada tabel angsuran kredit Guna Bhakti BJB di atas, setidaknya kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mana plafond yang diperlukan dan berapa tenor angsuran yang akan kalian gunakan.

Namun yang pasti, selain hal di atas kalian juga harus paham dengan suku bunga pinjaman KGB BJB ini. Oleh karena itu di bawah ini akan kami rangkum dalam tabel lengkap rincian suku bunga tiap-tiap jenis kredit angsuran Guna Bhakti BJB di atas.

Jenis PinjamanSuku Bunga
Kredit Guna BhaktiSesuai dengan ketentuan yang berlaku saat realisasi kredit
Kredit Guna Bhakti EkstraSesuai dengan ketentuan yang berlaku pada saat realisasi kredit

Syarat Pengajuan Kredit Guna Bhakti BJB

Kemudian untuk melakukan pengajuan kredit, jika kalian tertarik setelah melihat suku bunga, plafond serta tabel angsuran kredit guna bhakti BJB seperti rkonline.id sampaikan di atas. Berikut ini adalah syarat yang perlu dipersiapkan saat ingin mengajukan pinjaman produk ini.

  • Formulir Kredit
  • Asli SK pengangkatan dan SK Terakhir
  • Daftar Gaji yang Dibuatkan Oleh Bendahara
  • Pas Foto Suami Istri 3×4 2 Lembar
  • Copy Karpeg, Surat Nikah/ Akta Cerai, Kartu Keluarga
  • KTP dan NPWP

Kesimpulan

Demikianlah kiranya penjelasan singkat yang dapat rkonline.id sampaikan terkait syarat pengajuan, jenis, plafon, dan suku bunga serta tabel angsuran kredit guna bhakti BJB. Semoga apa yang telah kami rangkum di atas bisa menjadi referensi serta bisa membantu.

Sumber Gambar: rkonline.id, bankbjb.co.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles