Tabel Angsuran BJB Syariah 2022: Syarat, Bunga & Biaya

Tabel Angsuran BJB Syariah – Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin melakukan pengajuan pinjaman ke lembaga perbankan. Mulai dari suku bunga, tenor angsuran, hingga nominal angsuran yang harus dibayar setiap bulan serta syarat dan ketentuannya.

Disamping itu, hampir setiap lembaga perbankan pun punya keunggulan masing-masing dalam hal pembiayaan. Oleh karena itulah memilih lembaga perbankan dengan loyalitas tinggi dan sudah banyak dipercaya masyarakat merupakan pilihan yang paling tepat untuk kalian gunakan.

Citayam

Nah apabila kalian sedang mencari pinjaman untuk melengkapi kebutuhan, mungkin produk pinjaman dari bank BJB Syariah bisa menjadi pilihannya. Selain menawarkan cukup banyak produk pinjaman yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan memakai pinjaman yang menggunakan akad Islami / syariah, setidaknya akan mendapatkan kesepakatan yang transparan. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan sama sekali. Untuk itu, sesuai dengan judul di atas kali ini rkonline.id akan membagikan daftar brosur tabel angsuran BJB Syariah.

Jenis Pinjaman BJB Syariah & Syarat Pengajuan

Namun untuk bisa menentukan mana pilihan produk pembiayaan yang tepat untuk kalian gunakan ketika memilih bank BJB Syariah sebagai pilihan utamanya. Maka seperti sudah kami sampaikan di atas, dengan adanya cukup banyak produk bisa dipilih.

Setidaknya sebelum kita melihat rincian tabel angsuran BJB Syariah, tentu hal paling penting untuk kita pahami yakni jenis-jenis pinjaman yang ditawarkan oleh bank BJB Syariah. Untuk itulah dibawah ini sudah kami rangkum beberapa jenis pinjaman dari BJB Syariah.

1. Pembiayaan Serbaguna

Bank BJB menawarkan produk pinjaman serbaguna merupakan fasilitas pembiayaan bersifat konsumtif / istilah mudahnya pembiayaan yang dipergunakan untuk membatu perekonomian kreditur dalam kehidupan sehari-hari.

Pembiayaan Serbaguna Bank BJB Syariah sendiri terbagi menjadi dua yakni:

a. Multijasa

Multijasa sendiri adalah pembiayaan yang diberikan bank ke nasabah untuk membantu membiayai kebutuhan nasabah guna mendapatkan manfaat / jasa. Beberapa contoh penggunaan produk ini yakni:

  • Biaya perjalanan Ibadah Haji
  • Biaya perjalanan Ibadah Umrah
  • Biaya Kesehatan
  • Biaya Pendidikan

b. Multiguna

Sedangkan multiguna merupakan pembiayaan yang diperuntukkan bagi nasabah dalam membiayai kebutuhan nasabah dalam mendapatkan barang selain kendaraan bermotor, mobil, tanah dan atau bangunan maupun logam mulia.

Adapun kedua jenis pembiayaan serbaguna tersebut memiliki besaran plafond mulai dari Rp5 juta rupiah hingga Rp200 juta rupiah dengan maksimal pembiayaan sebesar 90% dari harga perolehan barang / manfaat layanan jasa.

Syarat Pengajuan

2. Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP)

Selanjutnya, jenis pinjaman di tawarkan oleh bank BJB adalah Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai atau PKP. Produk ini adalah jenis yang akan diberikan kepada pegawai dengan penghasilan tetap.

Dimana penghasilannya tersebut telah /pun belum disalurkan melalui bank. Namun jenis pembiayaan ini hanya dapat digunakan apabila perusahaan tempat nasabah bekerja telah bekerjasama dengan Bank BJB.

3. Pemilikan Kendaraan

Berikutnya ada produk pembiayaan pemilikan kendaraan. Yah sesuai dengan namanya, produk ini bisa digunakan masyarakat umum untuk membantu mereka dalam melakukan pembelian kendaraan bermotor dalam bentuk mobil / motor.

4. Pemilikan Rumah

Produk / fasilitas pinjaman yang ditawarkan Bank BJB berikutnya adalah pemilikan rumah. Dimana sesuai informasi resmi dari halaman resmi bjbsyariah.co.id, produk ini memungkinkan para nasabah / kreditur bisa memanfaatkan pinjaman dana untuk:

  • Membeli rumah
  • Membangun rumah
  • Renovasi Rumah
  • Renovasi Toko, Ruko & Rukan
  • Renovasi Apartmen

5. Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) Pra Pensiun

Terakhir ada produk pinjaman / Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) Pra Pensiun. Dimana masih mengutip halaman sama, dijelaskan bahwa produk ini merupakan pembiayaan yang diberikan kepada pegawai masih aktif serta memiliki penghasilan tetap dalam waktu 3 tahu masuk masa pensiun.

Tabel Angsuran BJB Syariah

Setelah mengetahui apa saja jenis pinjaman yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut ini adalah daftar lengkap tabel angsuran BJB Syariah sesuai dengan masing-masing jenis pembiayaan sudah rkonline.id sampaikan di atas.

1. Tabel Angsuran Pembiayaan Serbaguna Bank BJB

2. Brosur Tabel Angsuran BJB Syariah Pemilikan Rumah

Syarat Pengajuan Pinjaman BJB Syariah

Bagaimana apakah makin tertarik mengajukan kredit setelah mengetahui rincian brosur tabel angsuran BJB Syariah seperti kami jelaskan sebelumnya?. Jika tertarik dan ingin mencoba mengajukan pinjaman di bank BJB Syariah setidaknya ada syarat yang perlu untuk kalian lengkapi.

Adapun persyaratan kami maksud antara lain:

Syarat Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di Indonesia.
  2. Cakap Hukum.
  3. Usia Minimum pada saat pengajuan pembiayaan 21 Tahun
  4. Usia Maksimum  pada saat  Jatuh Tempo Pembiayaan :
    • Karyawan : Maksimal 60 tahun
    • Professional & pengusaha : Maksimal 65 tahun.
    • Pegawai Negeri Sipil : Sesuai dengan peraturan yang berlaku mengenai usia pensiun Pegawai Negeri Sipil
  5.  Memiliki pengalaman kerja minimum :
    • Karyawan : 2 tahun (termasuk pekerjaan sebelumnya)
    • Profesional / Pengusaha : 3 tahun dalam bidang yang sama
  6. Usia Maksimum pada saat Jatuh Tempo Pembiayaan:
    • PNS, TNI dan POLRI, Karyawan tetap : 6 bulan sebelum masa pensiun

Syarat Dokumen

  1. Kartu Identitas Diri (KTP/SIM/Passport) masih berlaku.
  2. Mempunyai / membuka rekening di bank BJB Syariah.
  3. Fotokopi SPT PPH 21.
  4. Fotocopy surat ijin Praktek untuk Profesional
  5. Menyampaikan NPWP untuk pinjaman memiliki nilai plafon tertentu.
  6. Menyerahkan barang jaminan / agunan sesuai persyaratan.
  7. Mengisi Formulir Permohonan Gadai (FPG).
  8. Menandatangani akad & dokumen pendukung lainnya.
  9. Slip gaji asli 3 bulan terakhir (karyawan) / laporan keuangan asli 3 bulan terakhir (profesional & pengusaha).

Suku Bunga & Biaya BJB Syariah

Kemudian untuk masalah suku bunga, umumnya pinjaman berbasis syariah tidak menggunakan hal tersebut. Karena hal ini akan langsung bergantung pada jenis akad yang digunakan dimana paling banyak digunakan adalah sistem bagi hasil.

Sementara untuk biaya, dari semua jenis pembiayaan yang sudah kami buatkan tabel angsuran BJB Syariah di atas. Tidak semuanya sama untuk itu kami sarankan agar kalian mendatangi langsung kantor bank BJB di wilayah masing-masing untuk menanyakannya.

Kesimpulan

Nah itulah kiranya penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait tabel angsuran BJB Syariah untuk berbagai macam jenis produk pinjaman yang dimiliki. Jika ingin menggunakan pinjaman reguler.

Kalian bisa memanfaatkan program KUR Bank BJB. Dan kiranya sekian penjelasan rkonline.id semoga apa yang sudah kami bagikan bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Sumber Gambar: rkonline.id, google.com

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles