10 Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online!

Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online – Berada di masa penuh teknologi canggih seperti sekarang menjadi sebuah keuntungan bagi kita. Ada banyak sekali hal yang dapat kita lakukan dengan mudah dan cepat melalui bantuan teknologi tersebut.

Salah satunya terkait pengajuan pinjaman online atau lebih dikenal dengan Fintech (Financial Technology). Dimana kita bisa melakukan pinjaman dana tunai tanpa harus keluar rumah atau hanya memanfaatkan aplikasi Pinjaman Online terinstal di HP.

Memanfaatkan aplikasi tersebut. Tentunya semua data yang dibutuhkan oleh perusahaan pinjaman online harus dimasukkan, mulai dari nama lengkap, nomor HP, alamat rumah, email, kontak keluarga dan juga lain sebagainya.

Mau tidak mau pun harus mengisinya sebagai syarat untuk bisa mengajukan pinjaman online. Namun sadar atau tidak sadar, data tersebut mungkin akan tersebar dan cukup membuat kita terganggu. Tidak heran jika banyak pertanyaan bagaimana cara menghapus data di aplikasi pinjaman online?.

Apa Itu Pinjaman Online?

Apa Itu Pinjaman Online

Penyebaran data diri yang kita masukkan ke aplikasi pinjaman online (Pinjol) biasanya dilakukan perusahaan ilegal. Karena perusahaan yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) akan di lindungi oleh hukum dan tidak akan disebarluaskan secara sembarangan.

Untuk itu pastikan mencari info lebih dulu tentang data-data perusahaan pinjaman online tersebut sebelum menggunakannya. Namun apa sih sebenarnya pinjaman online itu? Nah sebelum masuk ke poin pembahasan kali ini, mari kenali dulu apa itu pinjaman online.

Sesuai seperti namanya, pinjaman online merupakan sebuah jenis pinjaman yang dalam proses pengajuan dan pencairan dana dilakukan secara online (lewat aplikasi / situs) tanpa melakukan tatap muka. Jadi kalian bisa melakukan pengajuan hanya dari rumah / dimanapun berada.

Umumnya pinjaman online sendiri menawarkan produk pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) namun dengan batas pinjaman terbatas. Tidak seperti pinjaman KUR maupun KPR dari lembaga perbankan atau non-perbankan.

Kenapa Data di Aplikasi Pinjaman Online Harus Dihapus?

Kenapa Data di Aplikasi Pinjaman Online Harus Dihapus

Meminjam sejumlah uang dari pinjaman online, merupakan salah satu hal mudah dilakukan. Karena kalian hanya perlu mengisi data diri serta memberikan foto KTP serta foto diri. Namun sadar atau tidak sadar, mungkin setelah pengajuan tersebut.

Kalian akan selalu mendapatkan panggilan telepon atau SMS penawaran pinjaman yang cukup mengganggu. Parahnya lagi, bukan hanya soal penawaran pinjaman di SMS. Melainkan banyak perusahaan melakukan penawaran atau bahan penagihan dengan cara kurang etis.

Karena seringkali didapati beberapa perusahaan pinjaman online langsung menghubungi kontak kita melalui chatting ke WhatsApp yang notabenya merupakan akun chat pribadi dan hanya orang-orang tertentu yang mengetahuinya.

Di lain sisi, beberapa aplikasi pinjaman online ilegal bahkan sering mengambil nomor HP dari daftar kontak kita tanpa disadari. Hal ini membuat banyak Debt Collector (DC) selalu menghubungi nomor yang mungkin tidak kita daftarkan sebagai kontak darurat.

Tentunya selain cukup meresahkan, hal tersebut juga membuat nama baik tercemar. Dari sinilah kita bisa tahu bahwa kenapa menghapus data di aplikasi pinjaman online ilegal yang mungkin kita pakai harus dilakukan.

Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online

Bicara mengenai cara menghapus data di aplikasi pinjaman online, sebenarnya cara caranya cukup mudah. Namun sebelum kita jelaskan seperti apa prosesnya. Mungkin ada dari kalian yang bertanya darimana pinjaman online tersebut memperoleh data penting kita?.

Jika kalian belum tahu, ketika menginstall dan membuka aplikasi pinjaman di HP, kalian tentu akan diminta untuk memberi izin aplikasi untuk mengakses beberapa data seperti :

  • Kontak
  • Lokasi
  • Sambungan koneksi WiFi
  • Gambar (akses kamera & foto)
  • Izin penyimpanan file
  • Panggilan telepon langsung
  • Pembacaan identitas serta status HP
  • Memberikan izin aplikasi untuk membaca ID perangkat

Dari semua data tersebut pihak pinjaman online akan dapat memperoleh semua data penting kita. Oleh karena itu, jika kalian ingin hapus data di aplikasi pinjaman online. Maka silahkan lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk menghapus data di aplikasi pinjaman online.

1. Hapus Akses Data Perizinan di Aplikasi

Hapus Akses Data Perizinan di Aplikasi

Cara pertama bisa digunakan untuk menghapus data dari aplikasi pinjaman online yakni dengan menghapus semua perizinan aplikasi tersebut dari HP. Adapun cara dapat kalian lakukan yaitu :

  1. Masuk ke menu pengaturan di HP kalian.
  2. Setelah itu silahkan pilih menu Manajemen Aplikasi.
  3. Lanjutkan memiliki Apl / Aplikasi.
  4. Pilih kelola aplikasi dan cari aplikasi pinjaman online yang dimaksud.
  5. Setelah berada pada data aplikasi, cari dan pilih menu Perizinan Apl.
  6. Sampai disini, matikan semua izin data diperlukan aplikasi.

Dengan menggunakan cara tersebut, setidaknya kalian tidak akan lagi memberikan data diri kepada pihak perusahaan pinjaman online terkait data-data penting sekaligus menghapus semua data yang ada di aplikasi pinjaman online.

2. Ajukan Permohonan Penghapusan Data

Ajukan Permohonan Penghapusan Data

Selain cara di atas, cara menghapus data di aplikasi pinjaman online juga bisa dilakukan dengan menghubungi pihak perusahaan. Dimana kita akan meminta baik-baik kepada perusahaan untuk menghapus data penting.

Namun pastikan ketika melakukan cara ini, kalian sudah melunasi semua tagihan tersisa. Setelah dipastikan tidak ada lagi tagihan, silahkan hubungi petugas call center aplikasi pinjol tersebut.

3. Uninstall Aplikasi Pinjaman Online

Uninstall Aplikasi Pinjaman Online

Solusi berikutnya yang dapat digunakan untuk menghapus data di aplikasi pinjaman online yaitu dengan menghapus atau uninstall aplikasi dari HP kalian. Dengan begitu pihak pinjaman online tidak akan lagi bisa mengakses data penting secara tersembunyi.

4. Reset HP ke Setelan Pabrik

Reset HP ke Setelan Pabrik

Jika masih tidak mempan, cara menghapus data yang ada di dalam aplikasi pinjol berikutnya dapat digunakan yakni melakukan reset HP ke setelan pabrik. Dengan begitu cache dari aplikasi pun akan ikut terhapus bersama dengan file-file sampah menumpuk.

5. Laporkan Penyalahgunaan Data ke OJK

Laporkan Penyalahgunaan Data ke OJK

cara terakhir bisa kalian gunakan yakni dengan melaporkan penyalahgunaan data ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) melalui beberapa form pengaduan OJK. Atau bisa juga bisa menghubungi call center OJK di:

  • Kontak OJK : 157
  • Telepon : (021) 2960 0000 / (021) 385 8321
  • Email : humas@ojk.go.id

Kesimpulan

Mengambil kesimpulan dari penjelasan di atas, secara garis besar jika belum terlambat, menghapus data di aplikasi pinjaman online bisa dilakukan dengan cara mematikan semua akses izin aplikasi di HP kita.

Selain itu bisa juga dengan meminta kepada perusahaan untuk menghapus semua data pribadi yang kita miliki atau melaporkan penyalahgunaan data pribadi ke OJK agar dibantu secara langsung oleh pihak berwenang.

Kiranya cukup sekian informasi dapat kami sampaikan terkait cara menghapus data di aplikasi pinjaman online. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa menjadi referensi dan gambaran membantu.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *